News Ticker

(UPDATE) Studienkolleg Sachsen (Uni Leipzig): Pertama Kali Masuk sampai Sekarang Part 2

Pertama – tama saya ucapkan selamat berpuasa bagi teman – teman yang menjalankannya, semoga lancar, jangan mau kalah ya sama yang lagi puasa di Jerman (+- 19 jam dan pas Sommer yang notabene panasnya ga kalah sama di Bali)  haha. Karena semester II Studkol baru dimulai 17 September ( berarti dapet libur hampir 3 bulanan, alhamdulillah haha), dan mulai bingung apa yang harus dilakukan, jadi aku memutuskan untuk melanjutkan ke bagian ke 2, pasti udah pada nungguin ya yang part 2, ya kan? Oh enggak, yaudah deh gapapa. Bakal tetep di post gimana pun juga. :p

Oke, jadi sekarang aku mau ngasih tau, gimana sih sistem belajar di Studienkolleg?  Ujian? Materi? Nilai? Bahasa?

  • UJIAN – UJIAN DI STUDIENKOLLEG

Kalian pasti sudah tahu kalau Studienkolleg itu terdiri dari 2 Semester. Di setiap akhir semester terdapat 2 kali Klausur, yang jaraknya mepet. Nilai rata – rata dari 2 Klausur semester I cuma dipakai untuk memutuskan, apakah kamu mampu untuk melanjutkan ke semester II (naik kelas), atau mengulang lagi semester tersebut (Wiederholen), nilai ini tidak akan berpengaruh dengan nilai FSP (ujian akhir studkol). Dan kalian harus tahu kalau di Jerman, nilai berkisar dari  0,7 (sempurna) (terdapat di beberapa studkol) atau 1 (bagus) sampai 5 atau juga 6 (paling jelek).  Di sini khususnya di Leipzig, kamu akan lulus jika minimal mendapatkan nilai 4. Kedengarannya mudah? Buktikan sendiri :p

Di sela – sela pelajaran terkadang diadakan kuis dadakan yang sering disebut Kontrolle. Di beberapa studkol, tingkat keseringannya konsisten, bisa saja setiap akhir bab, atau malah sebelum Klausur (Materinya jadi banyak :’) ) Nilai Kontrolle mempengaruhi jika nilai rata – rata 2 Klausur kamu berisi ,5. jadi hal ini menentukan misalnya, Klausur I dapet 2, Klausur II 3, rata – rata menjadi 2,5. Kalau nilai Kontrolle kamu bagus, mereka akan membulatkan ke 2, dan ketika jelek, mereka akan membulatkannya ke 3. Mereka juga bakal liat keseharian kalian dalam kelas, apakah aktif atau enggak.

Saat minggu ujian (-e Klausurwoche) kalian akan mendapati perpustakaan Uni  penuh dengan murid – murid yang terkadang menginap semalaman di sana. Di Leipzig, Klausur memang disediakan waktu khusus, seperti di Indonesia, 1 minggu isinya ujiaaaan semua haha. kalau di tempat lain, tergantung pelajaran itu sudah selesai materinya atau belum dan kapan kalian akan dapet mata pelajaran tersebut berikutnya. 1 hari bisa 1 atau 2 pelajaran. Yang waktunya sekitar 1,5 jam. Dalam pelajaran yang melibatkan angka dan rumus, mereka memperbolehkan : Kalkulator, Tafelwerk (Buku kumpulan rumus) dan Kamus Deutsch – Deutsch.

Kalau masalah FSP, nanti aku akan perbarui lagi saat saya punya cukup informasi soal ini, karena saya sendiri belum mengalami. Tapi ini bisa dibilang ujian terakhir yang menentukan segalanya.

  • MATERI & BAHASA

Kebanyakan materi dari SMA, campuran ada dari kelas 1, 2 dan 3. Contohnya biologi, materinya dari ciri – ciri makhluk hidup, sampai tentang otot. Kalau masalah bahasa, pasti banyak yang khawatir, iya dulu saya juga, pertama juga takut tidak bisa mengikuti omongan guru. Awalnya cuma akan ngerti kata – kata kunci, tapi lama – lama pasti bakal terbiasa kok, inget yang lain aja bisa, kenapa kita enggak 🙂

Sementara segitu dulu ya, kalau ada pertanyaan silahkan, saya juga masih mau nyari bahan buat dibahas lagi nih, mungkin kalau ada yang punya ide sila langsung komen di bawah ini ya~ Terimakasih! 🙂

UPDATE

Kali ini saya bakal jelaskan ketentuan soal ujian Klausur semester I, yang menentukan kalau kamu bisa melanjutkan ke semester berikutnya atau tidak. Jadi, ada 4. Ini adalah nilai rata – rata dari 2 Klausur semester I:

  1. 2 Mata pelajaran tidak lulus = HARUS WIEDERHOLEN
  2. 1 Mata pelajaran tidak lulus selain Deutsch= Nach Klausur (Remidi, dan harus mengikuti kelas tambahan mengenai mata pelajaran selama 2 minggu, waktu liburan terpotong man)
  3. 1 Mata pelajaran tidak lulus (DEUTSCH) = HARUS WIEDERHOLEN
  4. Lebih dari 2 pelajaran tidak lulus = EXMATRIKULASI, dikeluarkan dari Studkol dan tidak bisa mendaftar di Studkol yang sama di semester berikutnya

Last 5 posts by rara5494

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
About rara5494 (16 Articles)
Nama: Indira Ayu Daranindra Tinggal di Jerman: 3 Februari 2013 – Sekarang Kota di Jerman: Leipzig Sekolah/Pendidikan di Jerman: M-Kurs Studienkolleg Sachsen (Universität Leipzig) Hobi: membaca, mendengar, mengomentari (film, musik, buku) , menyasarkan diri Website/Blog Pribadi: heyhellorara.tumblr.com |ask.fm/rara5494 @rara5494 Pesan dan Kesan: Sama sekali tidak tertarik dengan Jerman sampai akhirnya mencoba untuk mengikuti tes untuk Sommerkurs 1 bulan gratis di Walbeck tahun 2010 yang diadakan oleh PASCH – Schulen : Partner der Zukunft di sekolah. Setelah berhasil lolos, mulai jatuh cinta perlahan dengan Jerman. Pada saat itu juga saya bertekad untuk kembali, dan di sini lah saya mencoba bertahan hidup demi mengejar cita – cita :D Terimakasih sudah menerima saya walaupun saya masih minim pengalaman, semoga tulisan saya bisa sedikit banyak membantu teman – teman semua. so, sehen wir uns später in Deutschland? :D
  • theresia

    kak rara,bisa gk stk nya 1 semester aja,kl bs gimana caranya,mau ngebut nih biar cepet selesai.danke

    • Bisa kok, tapi nilai semester kamu harus minimal 1 semua, kalo ga salah gurunya juga nentuin apa kamu bisa loncat semester apa enggak 🙂

  • dimas

    mau tanya, punya contoh soal Mathe untk Aufnahmetest Studkoll nga ?

    • Di websitenya masing – masing studkol ada kok , silahkan dicari sendiri, aku juga udah pernah post kumpulan linknya kok 🙂

  • Rosyid

    Mbak Rara mau tanya… Kira2 biaya buat Studkoll di Jerman sma di Serpong mahalan mn ya?? Sama kira2 Plus minusnya apa aja ya kak?? Mohon pnjelasannya

    • Err kalau masalah biaya sih.. silahkan dicek aja yang sudah saya tulis sama mungkin cek website Studienkolleg Indonesia, tapi saya pribadi ya milih di Jerman karena setiap hari kan “terpaksa” berbahasa Jerman jadi ya gitu, sebenarnya ya sama saja sih..

  • Rosyid

    Ohh gitu ya.. klo mbak Rara sndiri gmn pengeluaran per bulannya?? Boleh kasih taw?? Hehe maaf ya mbak banya Kepo

    • sekitar 400 Euro sudah termasuk biaya asuransi 30 Euro sama Wohnung pro Monat 195 Euro 🙂

  • theresia

    Tanya lg ya kak,Echtheitsbestaetigung ijazah itu maksudnya apa ya kak.

    • Fotokopi ijazah bhs indo yang udah dilegalisir dari sekolah

  • lufi

    maaf ka sebelumnya,
    saya mau tanya ,di studkol itu kan lamanya 2 semester, nah yang mau saya tanya 2 semester itu satu tahun / dua tahun atau ada libur-libur yang memperpanjang waktu studkol ?

    • Pas 1 tahun, sudah termasuk libur musim panas dan lainnya, malah sebenarnya kurang 🙂

      • lufi

        ohh ,terima kasih ka 🙂

  • oka

    hai rara, salam kenal, kalo batas umur utk ikut studkol itu ada batasannya gak?? misalnya bole gak orang yg umurnya 35 tahun gitu ikut studkol??

    • Tidak ada 🙂

      • Denis Mekel

        Ka klo di friedrichshafen negara bagian mana yah ka?
        Terus saya kan lulusan SMK, apa di friedrichshafen STK nya menerima lulusan SMK? Thanks before…

        • Hallo, sudah pernah denger ada yang namanya Google Maps? Cari di situ 🙂
          Masalahnya saya bukan yang punya STK di sana, jadi gatau, tapi kamu bisa cari di komen di postku yang sebelah yaaa ~

  • Natalia Citra

    Hallo,

    Mau kasi tambahan, gue kurang tau gimana sistem stk-stk lainnya, tp untuk di Darmstadt, selama lo punya 1 Note “1/2” atau 3 Note “3”, nilai tersebut bisa nutupin nilai yang galulus (Note >4), yang disebut juga Ausgleichen.

    Jadi dengan contoh seperti ini:
    Mathe : 5
    Physik : 5
    Chemie : 2
    Informatik : 3
    Deutsch : 2

    Masih bisa naik kok, gaharus wiederholen bahkan kena exmat karena Note Mathe dan Physik yg galulus udah di-Ausgleichen dgn nilai Chemie dan Deutsch.

    Lain hal dengan Deutsch, Note Deutsch gabisa di-Ausgleichen dengan nilai Fach apapun. Contohnya:

    Mathe : 2
    Physik : 1
    Chemie : 2
    Informatik : 1
    Deutsch : 5

    Karena ketentuan dr Ausgleichen di atas ngga berlaku di Deutsch. Deutsch galulus=wiederholen.

    Semoga berguna ya infonya! 🙂

    • Natalia Citra

      Ralat, bukan Note>4, sondern 6>Note>4. jadi kalo Note masih di kisaran 5 (5/5+/5-), ketentuan Ausgleichen masih berlaku. Lain kasus dengan “6”, kalo ada 1 Note “6”, kalian mutlak harus wiederholen semester itu, tapi kalo ada lebih dari 1 Note “6”, Fall kalian bakal dibahas di Prüfungskonferenz terlebih dahulu buat ngambil keputusan selanjutnya. Entweder kalian masih boleh wiederholen semester tersebut di stk Darmstadt atau terpaksa kena exmat. Danke!

  • Fanny Yudris

    Salam kenal, Kak Rara.
    Numpang tanya,nih. Klo misalnya kita mau masuk Uni di Berlin, tp Studkoll nya ambil di kota lain (misal di Marburg), masih bisa keterima ga ya ? (dg pengandaian Uni Berlin tsb juga punya Studkoll). Vielen Dank.

    • Bisa, yang penting nilai pas FSP bagus aja, mau daftar di mana pun ga masalah 🙂

      • O,gitu. Klo misalnya kita ingin menempuh tes studkoll di tempat yg agak jauh2, enaknya tranportnya pakai apa , Kak?

        • Pake kereta bisa, pake mitfahr bisa 🙂

  • Gladys

    kak Rara, aku mau tanya, libur musim panas di sana berapa lama ya? dan biasanya liburnya bulan apa sampai bulan apa? tiap negara bagian sama nggak waktu liburnya? Vielen Dank 😀

    • Gladys

      oh iya, terus kalau surat bukti keaslian ijazahnya kalau sudah dalam bahasa inggris masih perlu ditranslate ke bahasa jerman? lalu kalau kopian surat bukti keaslian ijazah harus dilegalisir lagi sama sekolah atau bagaimana? maaf nanyanya banyak 😀

      • Hmm kalo aku gapake surat keaslian ijazah sih, jadi aku gabegitu tahu, kayaknya gausah, tapi kalau fotokopian dokumen dari sekolah, biasanya ya harus dilegalisir sama sekolah 🙂

  • Cindy M P T

    hai ka mau tanyaa dong, kira-kira total waktu yg dibutuhin buat lulus S1 berapa taun ya mulai dari lulus SMA, (kursus, daftar, surat”, dsb), studienkolleg, sampai lulus S1?? terimakasih :))

  • Amaar

    ka biaya studkol yang di nordy sama si leipzig berapa tuh? hehe kok gak free tuition fee sih?

    • Kalo yang di Nordy lupa, karena pas aku immatrikulasi sengaja ga bayar, kalo Leipzig kan udah ada foto rinciannya di post pertama :))
      Iya ga dapet beasiswa soalnya haha, emang banyak yang bilang kuliah di Jerman gratis, tapi yang udah aku alami ya bayarnya segitu 🙂

  • Pingback: FAQ tentang Studienkolleg (Untuk Lulusan SMA) | JERMAN-NDES!!!!!()

  • kak rara, cara perpanja visa di jerman gimana ya kak? berkas-berkas apa aja yang diperluin? thankyou before

  • Yazdanyar Fajri Halimi

    ketika akan melaksanakan tes itwu apakah ada kisi2nya sehingga dapat mempersiapkannya lebih awal…