News Ticker

Tips Mengurus Visa Studi Di Jerman

Mencoba berbagi sedikit tips tentang hal-hal kecil yang mungkin bakal berguna di dalam mengurus visa studi di Jerman.

1. Lengkapi dokumen yang dibutuhkan, dengan mencicil.

Tips yang paling dasar: Jangan sampe ada dokumen kita yang gak lengkap! Dan jangan berani-berani datang ke kedutaan jika dokumen kita masih ada yang kurang, karena bakal cuman buang-buang waktu saja.

Dokumen apa saja yang harus disiapkan? Tulisan ini membahasnya cukup lengkap.Β Adalah sebuah tindakan yang menguntungkan jika kita mencicil persiapan dokumen ini, karena sebagian besar dokumen cukup menyita waktu untuk diurus.

Sebagai contoh, proses penterjemahan dokumen transkrip dlsb, biasanya memakan waktu 1-3 minggu. Dan pembuatan blocked account di Deutsche Bank biasanya memakan waktu antara 2-3 minggu.

2. Pisahkan dokumen menjadi 2 rangkap dari rumah.

Salah satu syarat pembuatan visa adalah menyediakan dokumen yang dibutuhkan sebanyak 2 rangkap. Nah, ada baiknya kita memisahkan dokumen ini menjadi 2 rangkap dari rumah, dan menyatukannya dengan klip (bukan stapler).

Tujuannya biar petugas loket visa yang ngurus dokumen kita tadi lebih mudah di dalam mengecek kelengkapannya. Disamping itu, penggunaan klip dan bukan stapler juga diperlukan agar petugas bisa memisahkan dokumen-dokumen tersebut dengan mudah jika diperlukan.

3. Disarankan untuk memfotokopi terlebih dahulu formulir yang diharuskan untuk diisi.

Kecuali kita sudah benar-benar terbiasa mengajukan visa studi jerman, ada kemungkinan kita salah mengisi formulir aplikasi visa. Dan daripada kita harus repot-repot memfotokopi formulir tersebut pada hari saat mengajukan aplikasi visa (jika kita salah mengisi), ada baiknya kita membawa cadangan formulir aplikasi tersebut.

Sebagai gambaran, di kedutaan jerman tidak ada jasa fotokopi. Sehingga jika kita ingin memfotokopi dokumen, kita harus berjalan terlebih dahulu, dan memfotokopi dokumen kita di hotel Mandarin Oriental (tempat fotokopi terdekat).

4. Tujuan kita ke Jerman harus jelas.

Petugas visa akan menanyai kita apa tujuan kita pergi ke sana, dan biasanya jawaban ingin les bahasa tidaklah cukup. Sebagai contoh, waktu itu saya ditanyakan untuk apa saya les bahasa di sana, dan saya menjawab untuk melengkapi salah satu syarat studi S2 di Jerman.

Contoh lainnya, waktu saya mengurus visa, ada seorang lulusan SMA mengapply visa untuk les bahasa, Dan di sana dia ditanya untuk apa dia mengambil kelas bahasa di jerman? apakah untuk masuk universitas? Dan dia menjawab hanya untuk belajar bahasa jerman. Si petugas visa ini terus mengejar untuk tujuan apa? dan si orang ini kebingungan. Lalu petugas itu berkata, bahwa biasanya yang tujuannya gak jelas kayak begini, agak sulit untuk diterima pengajuan visanya.

5. Apply visa studi secepat yang kita bisa.

Proses persetujuan aplikasi visa studi jerman membutuhkan waktu yang cukup lama sebelum akhirnya diberitahukan. Di kota yang saya apply (Aachen), “hanya” dibutuhkan waktu 3-6 minggu sebelum akhirnya visa bisa keluar. Akan tetapi di Berlin, dibutuhkan waktu minimal 8 mingguΒ sebelum akhirnya visa bisa keluar. Dan adalah keajaiban jika proses persetujuan visa di Berlin hanya memakan waktu 5 minggu seperti teman saya Iris.

Jadi, pastikan kita menyediakan waktu yang cukup untuk proses aplikasi visa ini.

6. Bawa barang seperlunya, sebatas yang dibutuhkan untuk aplikasi visa.

Di pos satpam akan diperiksa barang apa saja yang kita bawa, dan di pos ini pulak semua barang elektronik kita harus ditinggalkan (Tablet PC, HP, dlsb). Jadi alangkah baiknya jika sebisa mungkin kita membawa yang diperlukan saja. Hal ini berguna untuk mempersingkat waktu kita di pos satpam.

7. Datang satu sampai setengah jam sebelum jadwal pengurusan visa kita.

Simpel, agar kita bisa mengecek kembali apa-apa yang dibutuhkan untuk aplikasi visa, dan bisa melakukan tindakan antisipasi jika (sial-sialnya) ada dokumen keperluan visa yang tertinggal atau kurang.

Dan itu dia 7 tips kecil yang bisa membantu kita untuk menjadikan pengurusan visa kita lebih nyaman, dan lancar. Semoga berguna. πŸ™‚

8. Zulassung / Letter of Acceptance belum sampe? Gunakan print-out digital dari surat ini.

Salah satu syarat untuk pembuatan visa studi adalah menyertakan bukti surat penerimaan kita di salah satu universitas/sekolah bahasa yang ada di Jerman. Akan tetapi, ada kalanya Zulassung ini tidak sampai-sampai jua ke alamat kita, padahal kita sudah harus segera mengurus visa studi untuk mengejar waktu.

Berdasarkan hasil ngobrol saya dengan orang yang saat itu mengapply visa studi juga, dia bercerita bahwa dia akan telat masuk kuliah. Hal ini dikarenakan dia lama menunggu datangnya Zulassung ini. Dan ketika dia mencoba untuk menego ke kedutaanya, dia diberi jawaban: “Kenapa gak di-print aja digitalnya? Itu sama validnya dengan Zulassung ini.”. So, kesimpulannya adalah: print out dari file digital Zulassung bisa digunakan untuk menggantikan Zulassung yang dikirimkan secara fisik. πŸ˜€

Last 5 posts by wahidyankf

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
  • Hostile

    Tidaaaaak, saya nge apply visa udh 2 minggu belum keluar T_T , padahal ke leipzig T_T

    • wahidyankf

      sabar mas… saya dulu juga sekitar 4 minggu kok baru keluar… kalau memang persyaratannya lengkap sih harusnya insya allah lancar… πŸ˜€

      • Hostile

        kalo kk wahidyankf itu di kota mana ngajuin nya ? saya lengkap sih persyaratannya ngajuin pake undangan sprachkurs,

        • wahidyankf

          Saya di Aachen.. Hehehe.. Sabar.. Sabar.. Harusnya kalo lengkap sih insya allah keluar.. πŸ˜€

  • Hostile

    alhamdulillah saya lengkap waktu itu ngajuin nya, mudah2an keluarnya cepat amin amin

    • wahidyankf

      Amin… πŸ˜€

  • irwandi

    anak saya mau study dijerman, dan akan mengurus visa,,yang saya mau tanyakan, sewaktu pengajuan pembuatan visa, asuransi nya apa ya? asuansi perjalan atau apa? kalo untuk perjalan bisnis kan pake asuransi perjalanan, kalau studiy apa ya mas, terimakasih -irwandi-

    • wahidyankf

      Halo pak irwandi,

      Kalau saya waktu itu tidak menyertakan bukti asuransi, dan bilang pada waktu pengajuan visa bahwa saya akan mengurus asuransi setibanya di jerman nanti. Adapun asuransi yang saya gunakan adalah mawista.

      Dan untuk mengurusnya, bisa dilakukan setelah sampai di Jerman melalui web mawista itu sendiri (http://www.mawista.com/) , dan pilih Krankenversicherung fΓΌr AurlΓ€nder in Deutschland.

      Semoga bisa cukup membantu. πŸ˜€

      • irwandi

        Terimakasih Infonya mas Wahid, sangat membantu.. rencananya anak saya akan mengambil sprachschule dulu di MΓΆenchengladbach, kalo ada pertanyaan lagi saya hubungi mas Wahid boleh ya πŸ™‚ … danke πŸ˜‰

        • wahidyankf

          Sama-sama Pak Irwandi, senang bisa membantu. Sip pak, santai saja kalau nanti ada pertanyaan lagi. Semoga anak bapak bisa lancar sampai ke sini. πŸ˜€

          Bitte. πŸ™‚

  • Pieter

    Saya akan mengurus Visa Studi ke Stuttgart (Sprachkurs). Apa Mas Wahid tahu berapa kira-kira waktu yang d butuhkan untuk pengurusan Visa ke Stuttgart? Saya dapat Appointment nya mepet, 27.12.2012. Padahal kursus sudah mulai 18.02.2013. Apakah masih bisa?
    Kalau saya datang sewaktu-waktu ke Kedubes Jerman apakah mungkin saya dilayani untuk pembuatan Visa Studi?

    Terima Kasih. πŸ˜€

    • wahidyankf

      Hallo pieter… sebenernya saya kurang tau yah, tapi dari pengalaman saya dan teman-teman sih, biasanya yang agak berbeda itu kalau mau apply visa ke berlin.. kalau yang ke selain Berlin sih biasanya 4-6 minggu…

      bisa kok harusnya… masih kekejar kalau sejauh itu jaraknya… πŸ˜€

      Dan untuk pertanyaan yang datang ke kedubes sewaktu-waktu… itu kayaknya gak bisa deh… soalnya kalau mau masuk aja kita harus ngeliatin bukti Termin (perjanjian kita) ke satpam kedutaan…

      Sama-sama.. semoga sukses yah pengurusan keberangkatannya… πŸ˜€

      • Pieter

        Baik Mas Wahid. Terima Kasih buat info nya. Sukses juga buat mas di Jerman. πŸ˜€
        Doakan ya Mas semoga saya lancar apply nya. Dokumennya sih sudah lengkap, tapi sayangnya saya baru tau perihal online appointment πŸ™

        • wahidyankf

          Sama-sama mas.. makasih banyak yah doanya… πŸ˜€

          Iyah mas, saya juga waktu itu baru tau dari teman saya ada online appointment segala.. hehehe… tapi insya allah kalau dokumen lengkap lancar kok… πŸ˜€

  • Hostile

    horeee mas wahid saya udah kelar visanya πŸ˜€ tanggal 18 desember insyallah berangkat

    • wahidyankf

      Halo Hostile… waaaa.. udah kelar yak visanya? seneng dengernya.. hehehe.. well, have a safe trip to germany yah… πŸ˜€

  • Pieter

    Mas Wahid..saya kan mau mulai ngisi form visa studi nih..tp ada bbrpa yg agak bingung dan gak yakin..nah bisa gak mas Wahid bantu koreksi..??kalo berkenan mohon kasi alamat e-mail mas Wahid, nanti saya scan form yg sudah saya isi (gak tau itu salah apa bener) dan saya kirim ke e-mail mas Wahid..

    thanks before mas πŸ˜€

    • wahidyankf

      Halo pieter…

      Punten pisan, karena beberapa alasan, saya gak bisa ngasih alamat email pribadi saya.. punten pisan..

      Eniho.. Saya coba bantu di sini aja yah.. Bagian yang agak tricky dari ngisi visa ini adalah kamu mau berapa lama ngajuin visanya.. Untuk bagian ini, ada baiknya kamu isi dengan

      “Bis Ende des Studium” (sampai akhir studi)

      dan untuk pembiayaannya, kalo kamu tidak pake beasiswa, bisa kamu isi dengan

      “Vom Vater Finanzierung” (dibayarin oleh bapak kamu)

      sisanya saya rasa cukup gampang untuk di isi… Monggo kalau ada yang mau kamu tanyakan lagi.. πŸ˜€

      • Pieter

        1. “RΓΌckkehrberechtigung (falls im Paß vermerkt) nach…. biz zum…
        apa yg ini perlu diisi?kaya nya di passport saya gak ada sih..
        2. “Eingereist am..” (Entered Germany on..)
        apa ini diisi tanggal kedatangan saya di Jerman? saya bingung membedakan ini sama “Zugezogen am.. von..”
        3. “Vorgesehener Aufenhaltsort (ggf. Anschrift)”
        saya ada om di Stuttgart, dan saya akan tinggal di sana sementara. Om saya juga sudah buatkan saya VerpflichtungserklΓ€rung buat saya. Apa ini bisa di isi alamat om saya itu?
        4. “Zweck des Aufenhalts” saya kan Studium, trus di bawahnya ada “Name der Verwandten, der Studienanstalt, Referenzen usw. …” dan ” Deren Anschrift …”
        apa itu saya isi nama sekolah (kalo saya baru diterima Sprachscule) dan alamatnya?
        5. “Beabsichtigte Dauer des Aufenhalts in der Bundesrepublik Deutschland vom… bis…”
        apa ini yang mas Wahid maksud diisi dengan “Bis Ende des Studium”? terus “vom” nya diisi tanggal kedatangan saya di Jerman gitu yah?
        6 “Aus welchen Mitteln wird der Lebensunterhalt bestritten”
        apa ini yang mas Wahid maksdu diisi dengan “Vom Vater Finanzierung”
        7. “Ich beantrage die Aufenhaltserlaubnis fΓΌr… (Tage/Monate/Jahre)
        ini saya isi % 5 tahun gitu gimana mas..?kan saya Studkoll 1 tahun dulu baru kemudian Uni?

        ini mas yang saya bingung.. maaf ya mas kalo banyak nanya..soalnya saya baru kali ini ngurus visa
        mohon batuannya πŸ˜€

        suwun Mas πŸ™‚

        • wahidyankf

          Halo Pieter.. saya coba jawab sebisanya yah.. soalnya udah agak lama juga semenjak saya ngisi formulir itu, jadi mayan banyak yang lupa.. πŸ˜€

          1. β€œRΓΌckkehrberechtigung (falls im Paß vermerkt) nach…. biz zum…

          apa yg ini perlu diisi?kaya nya di passport saya gak ada sih..

          => yang ini saya agak lupa yah.. ada baiknya kamu kosongin, dan nanti nanya sama orang kedutaan.

          2. β€œEingereist am..” (Entered Germany on..)

          apa ini diisi tanggal kedatangan saya di Jerman? saya bingung membedakan ini sama β€œZugezogen am.. von..”

          => Iyah, kamu isi itu dengan rencana tanggal kedatangan kamu ke jerman.

          3. β€œVorgesehener Aufenhaltsort (ggf. Anschrift)”

          saya ada om di Stuttgart, dan saya akan tinggal di sana sementara. Om saya juga sudah buatkan saya VerpflichtungserklΓ€rung buat saya. Apa ini bisa di isi alamat om saya itu?

          => Kalau gak salah sih iyah, jangan lupa di depannya kamu pakai “c/o” kalau kamu pakai alamat yang bukan punya kamu. Jadi “c/o namaomkamu, alamatomkamu”.

          4. β€œZweck des Aufenhalts” saya kan Studium, trus di bawahnya ada β€œName der Verwandten, der Studienanstalt, Referenzen usw. …” dan ” Deren Anschrift …”

          apa itu saya isi nama sekolah (kalo saya baru diterima Sprachscule) dan alamatnya?

          => Iyah… πŸ˜€

          5. β€œBeabsichtigte Dauer des Aufenhalts in der Bundesrepublik Deutschland vom… bis…”

          apa ini yang mas Wahid maksud diisi dengan β€œBis Ende des Studium”? terus β€œvom” nya diisi tanggal kedatangan saya di Jerman gitu yah?

          => Iyah.. betul sekali.. πŸ˜€

          6 β€œAus welchen Mitteln wird der Lebensunterhalt bestritten”

          apa ini yang mas Wahid maksdu diisi dengan β€œVom Vater Finanzierung”

          => Yup.. Benar sekali πŸ˜€

          7. β€œIch beantrage die Aufenhaltserlaubnis fΓΌr… (Tage/Monate/Jahre)

          ini saya isi % 5 tahun gitu gimana mas..?kan saya Studkoll 1 tahun dulu baru kemudian Uni?

          =>Yang ini juga diisi dengan bis ende des studium…

          Btw santai, saya juga dulu bingung kok ngisinya.. hehe.. Tapi orang-orang di loket kedutaan itu pada baik kok, selama kita gak kelewatan, dan tujuan kita jelas aja.. πŸ˜€

          Oia, coba nanti kamu cek semua jawaban saya di atas, takutnya ada yang salah. Ada baiknya juga kamu kopi dulu semua formulir kosongnya, dan bawa beberapa ke sana. Hal ini lumayan penting juga kamu lakuin, biar kalo kamu ada salah-salah ngisi, gak terlalu repot.. πŸ˜€

          Well, semoga sukses yah buat tanggal 27 nanti.. πŸ˜€

    • wahidyankf

      Oia, lupa.. untuk bagian nama, agak tricky sih buat orang indo sebenernya.. karena sebagian besar daerah di Indonesia tidak mengenal nama keluarga.. kalo dulu saya isi dengan

      Vorname: Wahidyan Kresna

      Nachname/Name: Fridayoka

      dimana nama lengkap saya adalah Wahidyan Kresna Fridayoka. Waktu itu saya ngosongin yang bagian maiden name nya.. πŸ˜€

      • kakk..nanya lagi dong πŸ™‚
        kalo ak au-pair..nah trs pertanyaan yg “Aus welchen Mitteln wird der Lebensunterhalt bestritten” diisi apaan?
        thankyou kak! πŸ™‚

        • wahidyankf

          Halo.. kayaknya diisi vom Au-pair eltern finanziert deh.. Tapi coba kamu tanyakan ke vani di bagian au-pair blog ini.. πŸ˜€

  • Hostile

    haloooo again mas wahid, saya bisa bantu bantu untuk orang yng lagi ngurusin visa atau deutschbank, dengan senang hati and gratis, bisa via email atau di forum ini mungkin… boleh enggak kira2 mas wahid ?

    • wahidyankf

      Halo lagi Hostile.. πŸ˜€

      Bantu-bantu dalam bentuk apa nih? Kalau gratis sih boleh-boleh aja.. Yang gak boleh di sini cuman 1 sebenernya… ngasih info palsu atau promosi agen.. Tapi selain itu kami welcome banget kok.. πŸ˜€

      Atau kamu mau ikutan nulis di sini? πŸ˜€ Kalo kamu mau nulis di sini kami welcome banget sih sebenernya… Karena kami open untuk masalah ini.. malah senang kalau ada yang mau ikut nulis juga di sini.. Soalnya kami yakin kalo makin banyak orang yang sharing di sini, blog kecil ini akan semakin baik.. πŸ˜€

      Syaratnya cuman 3 kok,

      1. Bersedia untuk memberikan info yang sebenar-benarnya,

      2. Gak promosi pihak agensi manapun,

      3. Kalau bisa sudah ada di Jerman atau pernah tinggal di Jerman.. (biar info yang diberikan lebih objektif)

      πŸ˜€

      Gimana-gimana? Kami welcome (banget) kalau kamu mau menuhin 3 syarat kecil tadi.. πŸ˜€

  • Antonius Prasetyo

    Selamat siang, Mas Fahid.
    Saya ingin kuliah di Jerman dan saya sudah menyelesaikan FSP di Studienkolleg Indonesia. Saya maunya membuat visa studi tgl 10 Januari 2013 tapi blm ada Zulassung Uni. Nah rencananya kan Studkol Indonesia ini kerja sama dengan uni Hannover. Kalau sekarang dokumen dikirim nanti dapat Zulassungny lebih cepet, bahkan lebih cepat dari batas akhir pendaftaran Uni/FH di Jerman. Saya maunya kuliah di FH Esslingen tapi pada saat membuat visa saya menyertakan Zulassung dari Universitas lain(Hannover). Bisakah hal tersebut dilakukan? Nanti kalau perpanjangan visa di Jerman sendiri bagaimana? Saya mendaftar visa ke Hannover ttp saya nanti studi di Esslingen. Hal itu dikarenakan saya ingin Sprachkurs dulu di sana sebelum Sommersemester dimulai. Kalau nunggu Zulassung Esslingen nanti malah saya tidak bisa Sprachkurs. Pada saat pembuatan visa, apakah kita harus mencantumkan alamat tinggal kita di Jerman nanti? Haruskah kita menyertakan surat penerimaan WG Zimmer dari Pendaftaran WG Online? Terima kasih

    • wahidyankf

      Halo antonius..

      Saya coba jawab yah, tapi tolong dicek lagi jawaban saya ini. Takutnya salah. Sebenernya bisa saja itu kamu lakuin, karena sebenernya yang penting adalah ada zulassung untuk studi di sana (entah untuk kelas bahasa, uni, ataupun fh)..

      Nanti kalau memang kamu ingin memperpanjang visa di jerman, kamu tinggal sertakan zulassung atau status mahasiswa yang sedang berlaku.. Kalau saat itu yang berlaku adalah sprachkurs dari hannover, kamu sertakan itu, begitu juga dengan yang lainnya. Yang penting di sini adalah, untuk mempermudah pengurusan visa, kamu wajib melaporkan diri kamu ke kota tempat kamu tinggal. Misal pada awal kamu di hannover, maka kamu wajib melaporkan diri kamu ke burgeramt di hannover, begitu juga pada saat kamu pindah ke esslingen.

      Dan ya, kamu harus mencantumkan alamat kamu tinggal di jerman nanti. Kalaupun kamu belum punya alamat, kamu juga bisa seperti saya menggunakan alamat teman atau kenalan kamu di sana dengan menggunakan c/o.

      c/o namatemankamu, alamattemankamu

      Dan kalau memang ada surat penerimaan WG Zimmer, ada baiknya juga kamu lampirkan pada saat pengajuan visa.

      Sukses yah.. Semoga bisa cukup membantu. πŸ˜€

      note: nama saya depannya W (wahidyan), bukan F (Fahid). πŸ˜€

  • Pieter

    Hallo Mas Wahid,
    wah terima kasih banyak ya mas..saya jadi agak PD kalo begini,,hehehe πŸ˜€
    ow iya mas..saya mau tny bbrp hal lagi..

    1. untuk tanda tangan di formulir nya itu di kedutaanmya atau kita boleh tanda tangan dari rumah
    2. fotonya langsung di tempel atau kita serahin aja ke pihak kedutaan supaya mereka yg tempel?
    3. saya udah dapet konfirmasi dari Deutsche Bank, bahwa uang saya sejumlah 8100 Euro sudah masuk. Apa cukup dengan membawa print2an attachment dari e-mail tersebut sudah membuktikan bahwa saya sudah setor uang syarat pendidikan saya?atau saya harus minta keterangan lain dari pihak Deutsche Bank?

    • wahidyankf

      Halo pieter…

      Sama-sama,, senang bisa membantu.. πŸ˜€

      1. Boleh sih kalau gak salah.. tapi kalau dulu saya di sana tanda tangannya.. soalnya takut-takut ada yang salah sama ngisi-ngisi formulirnya… but it is for you to decide.. πŸ˜€

      2. Saya lupa, tapi waktu itu sih kayaknya saya bawa foto tanpa ditempel, dan bawa lemnya juga.. πŸ˜€

      3. Yup, kalau dulu saya tidak perlu minta surat keterangan berbeda ke pihak DB.. cukup bawa printout dari keterangan bahwa kamu udah buka blocked account sejumlah 8000an euro itu.. πŸ˜€

  • Pieter

    oke deh Mas Wahid..terima kasih banyak buat info2nya..dri forum saya dapet info2 yg bagus2 banget.. πŸ˜€
    mohon doa nya ya Mas,,tanggal 27 nanti saya mau apply visa..syarat nya sudah lengkap semua..tinggal persiapan mental nih,,hehehe πŸ˜€
    sukses terus buat Mas Wahid untuk studi dan kehidupannya

    • wahidyankf

      Sippo.. sama-sama yah.. πŸ˜€

      Insya allah lancar kok kalo semua dokumen kamu lengkap.. tenang aja.. πŸ˜€

      Amin.. Sukses juga buat kamu.. πŸ˜€

  • Hostile

    halooo mas wahid, mau mau dong boleh2 aja, tapi saya brangkat ke jermannya besok sore hahahahah xD, mungkin kalo buat bantu2 yng nanya tentang ngurus Visa and DB dan sejenisnya saya bisa mas.. hahahahah saya gk promosiin agen kok mas, saya kan brangkat and ngurus2 sendiri…. and saya anti agen, hahahahah xDD, kalau berkenan saya dengan senang hati mas πŸ˜€

    • wahidyankf

      Halo hostile… asik.. boleh tuh nanti kamu ikutan nulis di sini… πŸ˜€ btw kalau mau jadi penulis di sini, karena kami pakainya blog di wordpress, jadi kamu harus lebih dulu buat akun wordpress, nanti baru bisa kami invite jadi penulis di sini.. πŸ˜€

      so, kabarin yah kalau kamu sudah buat akun di wordpress, biar nanti bisa saya invite.. πŸ˜€

      eniho.. safe flight… enjoy your trip to germany… πŸ˜€

      • ajid elgontory

        waah senengnyaa klo udh kyak gni ..urusan2 di indo udh pda kelaar.. hehe safeflight yaa hostile ! waitus there
        salam,
        el

  • irwandi

    Dear Mas Wahid,
    Apa kabar, saya mau mengucapkan terimakasih atas jawaban pertanyaan saya dulu, mengenai anak sy yg akan studi ke jerman, visa anak saya sudah keluar, dan lumayan cepet :),16 hari kerja ( 26 hari biasa) :), 3 minggu pas dari apply visa ,apply tanggal 22 november 2012 , selesai tanggal 14 november.2012.hehehe,, rencana berangkat 23 desember besok :), sekali lagi terimakasih ya mas Wahid :)..sharing buat yang lain : kuncinya adalah dokumen harus bener2 lengkap, terutama undangan dari sekolah yg di tuju, jaminan keuangan ,.. πŸ™‚ , kalo buat formulir isian , bisa di koreksi pada saat kita apply di kedutaan..oh yaa , anak saya di kota Moenchengladbach ..- Irwandi _

    • wahidyankf

      Halo pak Irwandi..

      Sama-sama pak, senang dengernya anak bapak lancar urusannya.. πŸ˜€

      MΓΆndchengladbach? di NRW juga donk pak.. wah, di sana (NRW) banyak kampus bagus pak, dan yang paling oke adalah, banyak kampus yang masih gratis juga di NRW.. πŸ˜€

      well, sukses buat bapak dan studi anak bapak.. safe flight to Germany.. πŸ˜€

  • irwandi

    koreksi,, : apply tanggal 22 november 2012 selesai tanggal 14 desember 2012

  • irwandi

    Hi.. mas Wahid, Iya NRW juga, rencana nya sih di Duisburg, Essen , Koln< atau Dusseldorf , di NRW lah πŸ™‚ , tapi skrg ambil sprachkurs dulu di moenchengladbach, terimakasuh mas Wahid,, sukses juga buat mas Wahid .. πŸ™‚

    • wahidyankf

      Sama-sama pak.. πŸ˜€

  • Pieter

    Hallo Mas Wahid,

    saya mau nanya lagi nih..kali ini mengenai interview pas apply visa..
    kira2 ada gak Mas trik2 untuk menjawab perntanyaan dar pihak kedubes waktu interview?(denger2 ntr kita d tanya “apakah disana mau bekerja?” dll)
    nha takutnya kalo salah jawab ntar malah jadi susah keluar visa nya..hehe..

    makasih Mas, πŸ˜€

  • Hallo Pieter,

    Saya coba untuk menjawab. Tips khusus pertanyaan yang berhubungan dengan pekerjaan orang tua, bilang saja profesi orang tua adalah profesi mahal misal dokter, konsultan, pengusaha, dll. Dan gaji sebulan diatas 30 Juta. Ketika ditanya apakah setelah lulus akan tinggal disana bilang saja akan kembali ke Indonesia untuk mengabdi di Indonesia dan bkerja di Indonesia. APakah di Jerman akan berkerja bilang saja tidak karena penghasilan orang tua cukup untuk membiayai selama masa studi.

    Karena ini berbohong untuk kebaikan kita sendiri, ada baiknya berlatih di rumh agar tidak terlihat ragu dan grogi…

    Somoga berhasil….

    • Eva

      hi mas indra,
      joooss bgt idenya! =p
      eh iya mas klo kita melebih2kan pekerjaan dan penghasilan orang tua sebagai “tricky tips” saat apply visa.
      sejauh mana ya kedubes akan melakukan observasi atas pernyataan kita..
      apakah mereka akan minta foto copy rekening koran orang tua?

      matur suwuun vielen danke mas

      • saya sudah melakukan “triky tips” ini karena rekomendasi teman-teman. Dan kami semua tidak dicek dan diobservasi lebih lanjut. Kan sudah ada bukti dengan mempunyai tabungan senilai €8090 untuk syarat mendapatkan visa dan itu juga buat kita pakai disana.

        • Eva

          mas indra, vielen dank ya, kemaren aku apply visa tipsnya berguna bgt.. =D
          mas wahid makasih fragebogennya.. =D
          tinggal nunggu aja nih bismilah..
          mudah2an bisa berangkat ke jerman. amin =)

        • semoga sukses ya aplikasi visanya… ya eva…

  • Pieter

    Hallo Mas Indra Prasetyo,

    terima kasih sekali mas atas jawabannya. Sebelumnya saya nggak kepikiran kalau ada pertanyaan seperti ini πŸ˜€

    Sukses selalu buat Mas,

    Pieter Sandi

    • Sama2 Pieter. Logika sederhananya adalah Pemerintah Jerman tidak mau kita terlantar di negara mereka. kedua adalah memastikan kita mempunyai perencanaan finansial yang matang… Itu aja sih…

  • wahidyankf

    Halo pieter, sori balesnya lama, lagi sulit dapet koneksi internet beberapa waktu belakangan ini. X_x

    yup, bener yang dibilang indra, penting kiranya untuk bilang seperti tadi. πŸ˜€

  • Pieter

    Hallo Mas Wahid & Mas Indra,

    terima kasih banyak atas bantuannya!!kemarin tanggal 27 Des saya sudah apply visa. Untungnya lancar semua πŸ˜€ hehehe. Ngisi formulirnya juga salah dikit doang.
    Cuma ada satu yang bikin saya bingung. Pas di Kedubes kan calon mahasiswa yang mau studi ke Jerman juga, nah mereka itu di interview (pake bhsa Indonesia) sama orang di loket nya itu, pas giliran saya kok saya gak di interview ya??cuma di kasi formulir isinya pertanyaan-pertanyaan dalam bhasa Jerman gitu, pertanyaan nya sih 90% sama kaya interviewnya (sempet nguping calon mahasiswa, lain jadinya tau pertnyaan nya apa aja :D). Untungnya saya bisa ngisi dengan lancar. Kira2 knapa ya kok saya gak di interview??saya jadi agak takut nih x_x

  • Ga berpangaruh sepertinya diinterview atau tidak. Karena yang berpengaruh adalah seperti yang saya sebutkan diatas. Masalah setelah lulus, dan apakah mau kerja di Jerman. Apakah pendapatan orang tua cukup untuk menghidupi kita selama di Jerman…. Itu sepertinya acak dilakukan mereka. Bisa jadi karena penampilan mas Pieter lebih meyakinkan dibanding kami mungkin.. hehehe…..

  • Victoria

    Mas Wahid mau tanya doong, kan saya sekarang di Germany pake Tourist Visa 3bulan disini, nah orang tua gua kebetulan tinggal di MΓΌnchen Germany, tapi saya ga bisa ikut seenak jidat kan yah karena umur gua udah di atas 18 tahun jadi ga bisa ikut orang tua. salah satu jalan, rencana mau ambil Master di LMU tapi mungkin step pertama harus sekolah bahasa dulu kan yah. tapi belom daftar untuk master, masih ngelengkapin admission letter nya.
    Nah, for basic conversation in Deutsch lumayan agak bisa, nah selama 3 bulan disini saya tertarik untuk ambil Sprachkurs di jerman. kan nanti tanggal 8 february 2013 gw balik ke Indonesia, buat urus Visa student saya.
    So, mau tanya bisa kan kalo misalnya saya ambil Sprachkurs for beginner (A1) di Jerman, jadi ga harus di di Indonesia sekolah bahsanya?

    trus bisa tolong kirimin ga mas, formulis studi untuk student visa tapi yang belom mulai daftar s2? bentuk pertanyaannya? dan yang udah diterjemahin ke bahasa indonesia hehehe soalnya ga begitu ngerti bahasa jerman, takut salah isi.
    tolong kirimin ke email saya yah mas , here is victoriadwimurti@gmx.de

    • wahidyankf

      Halo victoria…

      Jujur yah, saya gak tau kamu bisa atau gak ngambil A1 di jerman atau nggak, soalnya kamu belum terdaftar sebagai student di jerman. Yang saya tahu, kalau mau ikut suami atau istri ke jerman, harus punya sertifikat A1. Oia, kalau memang kamu sudah bisa basic conversation, dan agak pede, biar amannya coba kamu ambil aja ujian bahasa jerman di goethe, yang buat A1, harusnya sih lulus yah kalau sudah bisa bahasa jerman di sana. Atau, coba kamu tanya aja ke orang yang ada di kedutaan, mungkin mereka punya solusi lebih. hm..

      Kalau untuk formulir studi, bisa kamu dapetin kok di web kedutaan jerman, dan mereka ada versi inggrisnya kok.. Jangan takut salah pas ngisi, soalnya bisa dibantu sama mas-mas yang ada di sana.. πŸ˜€ Oia, untuk beberapa jawaban dari pertanyaan bisa kamu lihat di komen yang ada di tulisan ini. Pieter (salah seorang yang komen di blog ini) pernah menanyakan pertanyaan tentang itu soalnya.. πŸ˜€

      Silakan kalau ada yang mau ditanyakan lagi.. πŸ˜€

  • cbunga

    Hallo mas Wahid,
    sebelumnya terima kasih banyak buat blog postnya. Helpful banget loh, karena kebanyakan info ini bahkan nggak bisa didapet dari websitenya Kedutaan Jerman. Anyway, pertanyaan saya adalah, apakah untuk mengikuti “hanya” Sprachkurs, saya juga harus buat blocked account seperti student lain? Karena Sprachkurs yang sudah saya daftar ini panjangnya cuma 16 minggu. Terus apa saya juga perlu bawa ijazah atau transkrip? Maaf kalau pertanyaannya agak2 teknikal nih mas, karena saya nggak tinggal di jakarta, jadi saya berharap bisa lengkapin dokumen sebelum berangkat ke jakarta untuk apply visa.
    Terima kasih lagi sebelumnya πŸ™‚

    • wahidyankf

      Halo cbunga..

      Sepanjang pengetahuan saya, sayangnya semua kegiatan yang berdulasi lebih dari 3 minggu memerlukan uang jaminan.. Dan kalau saran saya, ketika ke kedutaan, ada baiknya kita membawa semua dokumen yang kita punya.

      Better safe than sorry.. πŸ˜€

  • cbunga

    Mas Wahid, vielen Dank untuk replynya. Moga2 proses pembuatan visa saya lancar2 aja yaah. πŸ™‚

    • wahidyankf

      Amin.. Sukses yah.. πŸ˜€

  • halo mas Indra, kalo saya apply visa terus dikasih pertanyaan dan jawabnya pake β€œtriky tips” , padahal disana saya juga pengen kerja part time mas, soalnya kalo ortu ngirim dari Indonesia pasti habisnya malah banyak. saya takut nggak dapet izin kerja part time πŸ™

    • hallo Shintadna,

      bisa kok, saya dulu pake tricky tips ini dan saya juga kerja part time kok… Nanti tetap bisa kerja Full-Time kalau pas liburan…. Izin kerja buat student diJerman itu hak semua auslΓ€ndische Studenten, cuma berdanya Siswa SPrachkurs dan Mahasiswa Uni adalah waktu kerja. Kalu Student tetap mendapat hak Kerja 90 Hari kerja Full time dan 180 part time di semua waktu tidak peduli liburan atau waktu kuliah normal. Sedangkan mahasiswa Sprachkurs cuma dapat jumlah hari yang sama di Waktu liburan saja….

  • Pieter

    Hallo Mas Wahid & Mas Indra,

    Visa saya sudah keluar Mas! πŸ˜€
    Saya apply tanggal 27 Des 2012, lalu kemarin tanggal 31 Feb 2013 pagi di telpon Dubes Jerman ngabarin kalo Visa nya bisa diambil. πŸ™‚
    Terima kasih byk yah Mas Wahid & Mas Indra atas bantuannya. Sangat membantu!!! πŸ˜€
    Nanti tanggal 9 Feb saya berangkat.

    • wahidyankf

      Alo pieter… sama-sama.. save flight to germany yah.. πŸ˜€

  • Hallo Pieter,

    Gott sei Dank… wah perasaan baru kmrn saya balasnya udah keluar aja visanya… Selamat ya… semoga sukses sampe di Jerman… Btw maksudnya 31 Januari kali… hahaha…

    Tahapan selanjutnya adalah mengontak temen2 Indonesia di Kota tujuan via Facebook melalui grup PPI setempat atau kota terdekat atau PPI Bundeslandnya untuk penjemputan atau pendampingan selama di Jerman…

    Tips lagi… Perkenalkan diri, tujuan kekota itu, situasi saat ini (apakah sudah menemukan rumah atau kesulitan mendapatkan rumah, atau bertanya lokasi terbaik untuk tinggal di kota itu. Kemudian kapan bisa bertemu untuk saling kenal….

    Btw pieter bantu kami untuk jawab2 pertanyaan tentang apply visa yak (tips and trick) kalau ada waktu yak… hehehe

    • Pieter

      ow iya mksd ku 31 Jan >.<
      hehehe
      iya Mas..saya sudah coba join grup PPI di Stuttgart, soalnya saya sampai bulan Agustus di Stuttgart, ambil kursus B2 sambil nunggu jadwal Aufnahmetest nya.

      Beres deh Mas, nanti pasti saya bantu kalau saya bisa bantu πŸ˜€

      • noted,,
        nambah satu referensi di stuttgart nih,,, makasih yak,, sampai berjumpa dimari nanti…

  • Pieter

    Hallo Mas Wahid & Mas Indra,

    mau nanya nih..kan nanti Visa ku harus segera diperpanjang..nah kira2 selain Passpor dokumen yang di perlukan apa lagi ya?

    Makasih Mas πŸ˜€

    • wahidyankf

      halo pieter..

      sudahkah kamu membaca ini?

      http://jermandes.wordpress.com/2012/11/18/9-hal-yang-harus-dilakukan-setelah-sampai-di-jerman/

      kalau untuk dokumen apa saja yang dibutuhkan, nanti akan dikasih sama dia kok listnya waktu kamu buat termin di sana.. tapi kalau kamu mau bocorannya, ini saya kopi listnya yang di kasih sama dia:

      1. Antragsformular – formulir perpanjangan, kamu bisa dapet ini di gedungnya.

      2. Biometrisches Passbild – foto standar visa

      3. Pass (alt/neu) – passport kita

      4. Nachweis Krankenversicherung – keterangan asuransi

      5. PersΓΆnliche Vorsprache – harus datang sendiri dan tidak bisa diwakilkan

      6. Gebuhr 80 euro in bar – uang 80 euro tunai

      7. VerpflichtungserklΓ€rung/Sperrkonto/Stipendium – bukti keuangan (kamu print bukti keuangan rekening kamu)

      8. Nachweis Sprachkurs – bukti keikutsertaan kursus.

      perlu kamu catat di sini, pastikan masa berlaku asuransi kamu pas memperpanjang visa, 1 tahun atau lebih. Karena ini merupakan salah satu hal yang menentukan berapa lama visa kamu akan diperpanjang. πŸ˜€

      well, gudlak buat perpanjang visanya.. πŸ˜€

      • Pieter

        sip mass
        saya sudah lihat2 di link yg mas kasih πŸ˜€

        • wahidyankf

          sippo… πŸ˜€

    • hai pieter, itu barusan dijawab mas Wahid,,, kurang lebih setiap Bundesland sama sih…

      • Pieter atau mas wahid, mau nanya ni, ijasah saya yg asli ud ga tau dimana. Tp masi ad legalisirny. Nah buat yg ud pernah bikin visa, apakah mereka meminta untuk melihat yang asli juga ga? Saya skrg masih cari2 juga, tapi ya kalo emg ga ketemu. Yang skhun ada.

        • wahidyankf

          Hm.. saya agak lupa yah sebenernya.. Soalnya saya adalah tipe orang yang main aman (dalam artian semua dokumen lengkap, bawa asli, dll).. Tapi kalau menurut saya, amannya sih kamu urus dulu ijazah kamu yang asli. Biar aman aja pas ke kedutaannya.. πŸ˜€

        • kalau di kedutaan sih ga dilihat yang asli tapi di Jerman nanti pas Einschreibung atau Immatrikulation di Uni dilihat dokumen asli….

  • Ok deh, saya coba cari dulu, kalau memang ga ada kayaknya harus minta surat keterngan dari skolah. Makasih mas Wahid and Mas Indra.

    • wahidyankf

      sama-sama steve.. πŸ™‚

      • Mas, numpang tanya ni, begitu dapet visa study, itu biasanya berapa bulan durasinya. Dan berapa lama waktu yang dibutuhin di Jerman nya buat perpanjang visa. Saya lagi mau plan kapan berangkat, supaya ga kelewatan nanti pas mau perpanjang visa. Thanks ya.

        • wahidyankf

          Halo…

          Biasanya awal dapet selalu entry visa untuk 3 bulan, dan harus kita perpanjang di sana. Waktu yang dibutuhin sebenernya cepet yah, tapi sangat disarankan untuk mendaftarkan termin perpanjangan visa ke AuslΓ€nderbehorde setelah 30 hari kedatangan kita di Jerman.. πŸ˜€

          • Wah, kalau saya berangkatnya mungkin sekitar sebelum visa habis apa keburu ya? Karena saya lagi coba ngejer B1 dulu, kemaren awalnya mau A2 disana, tapi kayak mepet jadi pikirnya nyambung B2 aja disana, tapi keburu ud bikin termin sama Zulassung uda didapet (bisa diundur Zulassung nya), jadi pikir ya ud bikin aja visa kan berlakunya 3 bulan, selama perginya sebelum visa nya expire kan masih oke.

          • wahidyankf

            Hm… agak riskan sih yah.. Tapi kalau memang kamu mau begitu, mungkin paling lambat banget 1 bulan sebelum visa habis kamu sudah ada di Jerman, karena kamu harus melakukan stadt anmeldung, aktivasi rekening DB, dan buat termin untuk perpanjangan visa kamu (dimana disarankan minimal banget 1 bulan sebelum visa kamu abis).

          • Sip mas, makasih ya. Tadi sudah apply visanya tinggal tunggu aja, cuma disuruh bikin motivasi letter aja, karena saya ada gap antara lulus SMA sama melanjutkan kuliah.

          • wahidyankf

            Sippo… Semoga lancar yah semua urusan.. πŸ˜€

          • ..saya kalau dapet ini nantinya 6 bulan dapetnya mas, tapi itu pun kalau dapet. masih berdoa nih. Ragu soalnya khawatir motivation letternya kurang meyakinkan. Moga2 aja lewat sih…

          • wahidyankf

            aamiin.. πŸ˜€

        • Pieter

          Hallo Mas Wahid,

          saya ud masuk hari ke 31 nih di Jerman. Besok uda Stadtanmelden, aktivasi Bank, n Krankenversicherung. Nha saya bingungnya lebih baik pake Zulassung dari Studkoll (tapi winter semester) atau bukti ikut Kursus untuk bulan April (aku skarang ud B2.1, April lanjut B2.2) ?

          • wahidyankf

            Halo Pieter..

            Lampirin 2-2nya aja.. Better save than sorry.. πŸ˜€

      • Mas, pembayaran bikin visa nya harus pakai cash ya?

        • wahidyankf

          yup… harus pakai cash, dalam rupiah, sesuai tarif yang telah ditentukan.. πŸ˜€

  • timo

    Mas Wahid, bisa di share bagaimana caranya mendapatkan visa sari undangan belajar sekolah bahasa (dalam hal ini Hartnackshule), dan apakah undangan belajar ini “kuat” untuk proses apply visa di kedutaan, terima kasih ya mas

    • wahidyankf

      Halo timo.. caranya, kamu daftar saja ke tempat lesnya, kemudian kamu minta mereka untuk mengirimkan zulassung untuk mengikuti les bahasa mereka ke alamat kamu di Indo. πŸ˜€ Kalo kata saya sih kuat yah, karena saya juga ke sana dengan menggunakan itu. πŸ˜€

    • Bebeko

      Halo timo,

      Apakah sudah mendaftar untuk hartnackschule? Kebetulan saya juga mau ke sana dan sedang proses menunggu visa. Kalo boleh saya minta kontak kamu ya, buat tambaj-tambah temen di berlin πŸ™‚

      • Alfan

        Wah kebetulan nih saya juga tanggal 1 april mau kursus di hartnack, berlin

  • Alfan, di Hartnackschule ambil tingkat berapa? apakah sudah diaplly visanya? Karena saya juga baru dapat termin untuk apply visa. Takutnya ga keburu dapet pas april.

    • Bebeko

      Ini yang pada mau ke hartnackschule saya boleh minta kontaknya?

      • qarina

        wahh saya juga mau kursus bahasa disitu nih πŸ™‚ ini lagi nunggu visa keluar

        • Bebeko

          Halo Qarina,

          Tanggal berapa kemaren apply visanya? Boleh saya minta kontaknya?

  • Victoria

    Mas saya Victoria, saya dapet terminnya tanggal 26 maret depan, jadi mau siapin biar lebih fix. Mau Tanya itu dokumen masing masing disiapkan 2 rangkap maksudnya gimana yah?
    1 asli , 1 fotocopy .
    Atau
    1 asli, 2 fotocopy . ???
    Trus nanti yang asli dokumennya bakal dikembaliin kan ? Seperti zulassung asli, bakal dikembaliin? Jadi nanti yang diambil cuma fotocopy kan? Atau dua duanya diambil?

    • wahidyankf

      Halo victoria..

      1 asli (fotokopi legalisir) dan 1 fotokopi (fotokopi dari “hasil fotokopi yang sudah dilegalisir”).. tapi kalau mau amannya sih kamu bawa aja 2 asli + 2 fotokopi.. jadi kalo yang fotokopian gak diterima, kamu bisa langsung ngasih yang aslinya. plus ada cadangan fotokopi (toh fotokopi murah ini). πŸ˜€

      Oia, ntar dokumennya gak dibalikin (kecuali zulassung kali yah, kalo gak salah yang diambil fotokopi zulassungnya), jadi pastiin kamu punya serep legalisiran yah.. πŸ˜€

      sukses buat apply visanya.. πŸ˜€

      • Victoria

        Ok siiiippp.
        Danke schΓΆn πŸ˜‰ mas wahid .

        • wahidyankf

          sippo… sama-sama… πŸ˜€

      • Y

        mas Kresna,
        kalau kita bawa 2 asli (fotokopi legalisir) nya aja gmn?

        • wahidyankf

          Kalau di aturannya gimana? πŸ™‚ Asli kemungkinan besar gak akan pernah diminta, akan tetapi ada baiknya ikut dibawa, siapa tau ada sedikit masalah di sana. πŸ™‚

  • andre

    Halo mas saya mau minta pendapatnya
    kmrn tgl 20 saya ngurus visa dan kursus bhasanya mulai tgl 18
    kata org kedutaan kemungkinan visa saya ditolak..apa betul itu mas ??
    saya telat krn zulassung lama bgt dapatnya
    saya minta pendapat dan sarannya mas
    Danke

    • wahidyankf

      halo andre..

      Kalau masalah visa ditolak atau tidak, itu saya tidak tahu. Karena itu merupakan hak prerogatif dari pihak kedutaan besar..

      Kalau saran saya, prepare for the worst, coba kamu undur les kamu ke periode berikutnya (harusnya sih bisa), dan apply visa baru lagi (kalau ditolak).. Tapi kali ini coba kamu perhitungkan juga lamanya keluar visa.. πŸ™‚

      • andre

        Halo mas ternyata visa saya diterima juga..hehe
        Mas , saya mau nanya..maximal berapa bungkus rokok yang bisa dibawa kesana ?? 1 slop bisa ga mas ??hee

        • wahidyankf

          Halo.. yei.. ikut senang mendengar kabar gembira ini.. selamat.. selamat.. πŸ˜€ Kalau rokok dulu saya bawa 2 slop, tapi itu dipecah-pecah ke berbagi tas yang saya bawa.. πŸ˜€

  • theresia

    Hallo mas, anak saya skrg kls 3 smu, rencana mau kursus bhs lanjut studkoll, skrg ini dia dh pny ijazah b1 nti juni akan ikut ujian b2, bs gk ya apply visa kursus tanpa ijazah smu .kl apply visa studkoll kan hrs ada ijazah smu.tq

    • wahidyankf

      Halo bu theresia..

      Sebenernya bisa kok bu, asal emang ada zulassung dari kursus bahasanya (dan tujuan kursus bahasanya jelas). πŸ˜€ Kalau boleh tahu kenapa gak ada ijazah smu yah bu? Apakah anak ibu akan ke sana sebelum lulus SMA? Atau?

      • theresia

        Perkiraan ijazah keluarnya akhir juni dh gt kan mau ditranslet n legalisir dl ,kl kt dpt ijazah br buat appointment sm kedutaan kan gk tau dptnya kpn sedangkan proses pembuatan visa bs 4 sp 6 mg br ada kabar kl app dptnya akhir juli kan bs gk keburu kl stk nya mli sept jd rnc nya mau ikut kursus dl mli juli or agustus gt. stk nya winter,gk ush tg summer kan hemat umur jg ,saya jg mau anak saya cepet sklh kl januari br mli kan dia nganggurnya kelamaan .kira2 bs gk ya kt apply visa kursus ntar dh sp disana br urus lg visa stk nya,stk nya kan bs dftr dr indo.saya jg maunya kursus bhs dl dsn sblm stk biar kuping n mulut dh familier gt sm nativ sn (slm ini dia bljr sdi )

        • wahidyankf

          Hm.. bisa sih bu sepertinya. Karena yang akan diajukan itu visa untuk izin tinggal lebih dari 3 bulan yang visa persiapan studi. Asal bilang kali yah ke mereka bahwa ijazah anak ibu belum keluar. Tapi coba ibu check lagi ke kedutaan apakah memang bisa atau tidak.

          Yang perlu diingat adalah bahwa pemerintah jerman hanya menyediakan waktu selama 2 tahun dari pertama kali datang sampai diterima di universitas yang ada di sana (termasuk lulus stk). πŸ™‚

  • theresia

    tq ya mas nti saya cek lg, anak saya jg dh usaha nanya ke kedutaan,kl misalnya bisa kan diksh visa entry 3 bln, dsn bs diperpanjang lgs jd 2 thn ya.eh mas melotot terus ya di depan komputer kami seneng responnya veryvery fast tp inget lho jaga kesehatan jg.

    • wahidyankf

      Halo bu..

      Iyah bu, biasanya diperpanjang sampai maksimal 2 tahun. πŸ˜€ Hehe.. Gak melotot di depan laptop terus kok bu, kebetulan aja lagi kosong, jadi punya waktu lebih untuk ini. πŸ˜€ Terima kasih sudah diingatkan.. Akan saya ingat untuk selalu menjaga kesehatan saya.. πŸ™‚

  • Terima kasih infonya. Oia, seandainya tempat dikeluarkan visa dan tempat kita berangkat berbeda boleh g ya? Misalnya saya akan membuat visa di Bangkok, tapi saya akan berangkat ke Jermannya dari Jakarta. Kira-kira boleh tidak? Atau saya harus berangkat dari tempat Visa dibuat?

    Oia mas wahid di Aachen nya Master atau Ph.D? Saya berencana akan ke Aachen juga.

    Terimakasih.

    • wahidyankf

      Halo Rodiahwati.. sori baru bales.. entah kenapa komen kamu keselip.. X_x

      Hm.. saya masih agak bingung yah, kenapa kamu buat visa di bangkok, tapi berangkatnya dari jakarta.. X_x Coba kamu tanya ke kedutaan untuk masalah ini, pasti mereka lebih ngerti daripada saya.. πŸ˜€

      Saya baru mau masuk master, masih berusaha untuk dapet tempat di sini.. πŸ˜€

      • Oh,, karena saya kuliahnya di Thai-German. Saya masih harus di Bangkok sampai H-1 minggu keberangkatan. Tapi saya ingin pulang dulu dan berangkat dari Jakarta. Oh, ok deh.. Semoga sukses buat studinya. Semoga bisa bertemu disana nantinya.. Terima kasih.

        • wahidyankf

          I see.. Ok2, sama-sama.. Sukses juga yah, semoga lancar semua urusan sampai ke sini.. πŸ™‚

  • rosyid

    Assalamu’alaikum.. maaf mas sya msh pemula dan kbetulan msh kls 2 sma.. dnger2 klo mau studi k jerman kan hrus ada smacam setifikat kursus bahasa min A1, cmn mas karna sya tinggal di daerah solo, jdkan g ada tmpt kursus jermannya… plg sya cmn ikut plajaran jerman sma tmbhn aja hbis plg skull, jd ada saran g mas buat sya biar bsa dpet setifikat A1 mgkn??

    • wahidyankf

      waaalaikum salam warahmatullah wabarakatuh..

      halo rosyid..

      Berhubung kamu masih sma, maka saya asumsikan kamu akan masuk s1 uni atau FH di sana.. Berarti sebelumnya kamu akan masuk ke studkol, dan untuk studkol biasanya kamu membutuhkan syarat bahasa B1 atau B2, dan bukan A1. πŸ™‚

      Sekarang pertanyaannya, caranya gimana? Mungkin setelah lulus kamu bisa les super intensif di salah satu tempat les yang terdekat. Karena saya rasa agak sulit yah belajar sebuah bahasa baru tanpa sendiri. Atau mungkin coba bisa kamu cicil sendiri dengan mencari bahan lewat internet, atau bisa coba ikut lesnya di UGM (saya dengar dari teman saya, kalau di sana membuka kursus bahasa jerman juga). πŸ˜€

    • Pieter

      Hallo Rosyid,

      kebetulan saya tau guru les Jerman di Solo (Fajar Indah) karena dulu saya juga les di sana..
      Ini kontak nya:

      Bp. Budi Prasetya, (0271) 715698

      semoga membantu.. πŸ˜€

  • iVo

    Mas Wahid ternyata bener klo cuma mau les bahasa aja visa nya di tolak alasan nya karena kantor saya hanya dengan skil bahasa inggris saja sudah cukup dan ada Goethe di jakarta untuk les bahasa jerman, padahal saya udah ada surat dari kantor yg menyatakan sehabis les akan kembali ke indonesia dan sponsorship letter dari teman saya pun udah dengan tujuan les bahasa..saya disuruh buat surat keberatan nya..mas wahid ada ada tips cara buat surat keberatan nya gak, ?
    Makasih mas

    • wahidyankf

      Halo ivo..

      Hm.. i see.. sayangnya saya gak punya contohnya.. karena gak pernah buat juga.. maaf gak bisa membantu banyak.. πŸ™

    • mila

      Hi Ivo, boleh tahu kursus bahasanya waktu itu untuk berapa lama ya? dan di kota apa?

  • shintaputri

    kak, kalo tujuannya ke karlsruhe kira-kira proses visanya berapa minggu ya? soalnya udah nunggu 5 minggu nih πŸ™

    • wahidyankf

      Halo shinta putri..

      Jujur aja yah, yang tau lama ngurus visa itu cuman pihak kedutaan.. πŸ™‚ tapi kalau kamu memang ke sana dengan zulassung dari Karlsruhe, saya rasa akan aman-aman aja kok.. πŸ™‚

    • wahidyankf

      Oia, 5 minggu masih normal kok.. Santai dan banyak2 berdoa aja.. πŸ™‚

      • shintaputri

        alhamdulillah tadi jam 11 siang saya udah di telfon kedutaan kak..
        makasih atas semua isi blog ini, sama kakak-kakak admin juga yang sudah memberikan tips-tips bermanfaat.
        saya bersyukur sekali telah menemukan dan membaca isi blog ini.
        semoga saya juga jadi orang yang bermanfaat untuk orang banyak seperti kakak-kakak admin jermandes πŸ˜€
        amiin πŸ˜€

        • wahidyankf

          halo shintaputri.. πŸ˜€

          alhamdulillah kalau kamu sudah di acc visanya oleh kedutaan.. senang dengernya.. πŸ˜€ Sama-sama.. Senang rasanya kami bisa berguna.. πŸ˜€ Kalau kamu mau ikutan nulis di sini boleh juga loh.. caranya bisa dilihat di: http://jermandes.wordpress.com/oprec-tim-jermandes/ πŸ˜€

          Eniwei.. safe flight yah.. πŸ˜€

  • Dinny Chairunnissya

    permisi mas, saya mau tanya dong. kalau mau bikin visa aupair ke munchen itu berapa lama ya mas kira2?

    • wahidyankf

      Halo Dinny..

      Sebenernya berapa lamanya cuman tuhan dan petugas kedutaan yang tau.. πŸ˜€ Tapi mungkin sekitar 5 mingguan (minimal) gitu?

  • Victoria

    hallo mas Wahid…
    makasih yah atas info info dari mas Wahid. useful banget.
    finally saya udah dapet student visa saya…berkat dari info blog ini.
    apply visa 26 Maret 2013 trus visa jadi 25 April 2013. brangkat ke jerman 7 May 2013.
    nanti tanya tanya mas Wahid lagi yah sesampai saya d jerman…harus ngurus apa aja sesampai di Jerman :p . makasih

    • wahidyankf

      hallo victoria.. πŸ˜€

      Sama-sama.. senang bisa membantu.. πŸ™‚ well, safe flight yah.. semoga bisa sampe ke sini dengan selamat, dan survive di sini.. πŸ™‚

  • halo kak Wahid πŸ™‚ sblmnya makasih banyak nih buat postingannya..membantu bgt
    aku mau tanya nih kak..dl kakak berangkat pertama applynya ke VHS Aachen ambil sprachkurs ya?
    boleh tau caranya apply ke VHS gak? ya ato cerita singkatnya dulu waktu daftar VHS juga boleh πŸ˜€
    soalnya ak rencana mau apply sprachkurs di VHS Marburg, nah kemarin baca web’nya kok gak nemu gimana cara daftarnya πŸ™
    thankyou sebelumnya kak πŸ™‚

    • wahidyankf

      Halo siendok..

      Kalau dulu saya daftar di VHS Aachen lewat internet.. Jadi dulu saya buka webnya VHS Aachen, dan kontak bagian pendaftarannya lewat email.. Setelah saya transfer duitnya ke rekening yang telah ditentukan, kemudian saya dapet zulassung yang selanjutnya saya pakai untuk apply visa.. πŸ™‚

      Sama-sama.. πŸ™‚

  • oh gitu..ok deh ak coba otak atik webnya VHS Marburg lg kak πŸ™‚ thanku ya
    hmm, btw..boleh tau gak kak dl kakak biayanya brp waktu di VHS? trs kalo vhs ada placement tesnya ato kita langsung pilih level brp?

    • wahidyankf

      dulu saya kalo gak salah 425 euro untuk 4 bulan (kelas persiapan DSH).. Dulu saya melampirkan scan dari sertifikat B1 saya.. Jadi bisa langsung masuk ke kelasnya.. πŸ™‚

  • nah trs jaminan uang di Deutsche Bank’nya tetep untuk yg setahun kak? tetep 8040 itu jg?

    • wahidyankf

      Yupp… πŸ˜€

      • ok deh kak πŸ™‚ thankyou ya info2nya
        lain kali kalo ada pertanyaan lagi ntar aku tny lg y πŸ˜€

        • wahidyankf

          sippo… πŸ˜€

  • Felicia

    Halo Mas Wahid,
    saya barusan dapet Zulassung dari universitas dan rencananya Juni bakal ngurus visa. Saya nggak ada kenalan yg bisa ditumpangin kamar tapi udah daftar kamar di Studentenwerk dan rencananya sebelum berangkat bakal nyari-nyari WG. Kalo misalnya di bagian formulir yg tempat tinggal di Jerman saya asal isi alamat WG gitu apa bisa ya? Atau emang harus menunjukkan bukti udah keterima di WG?

    • wahidyankf

      Halo Felicia..

      Waaaa.. .selamat yah.. πŸ˜€ Hm.. mendingan sih jangan asal isi yah.. Takutnya mereka check atau gimana.. mendingan kamu bilang aja kamu udah daftar di STW, sama kalo gak kamu cantumin tempat tinggal kamu sementara di sana (misal di hostel mana gitu).. πŸ˜€

      • Felicia

        Makasih mas jawabannya. Waduh pake dicek gitu juga yah?
        Ohya saya sih niatnya mau Sprachkurs dulu di Berlin sblm mulai studi. Enaknya ngajuin visa pake Zulassung dari Uni atau dari Sprachkurs ya? Soalnya dgrnya klo pke Zulassung Sprachkurs cuman dapet visa applicant studi gitu, bukan visa studi. Kalo pake Zulassung Uni, visa kita berlakunya 2 minggu sblm Immatrikulation. Bener nggak ya? Makasih mas πŸ˜€

        • wahidyankf

          Halo felicia..

          Iya donk.. Khan itu dia gunanya ada AuslΓ€nderbehorde.. πŸ˜€

          Terserah sih sebenernya kamu mau daftar pake zulassung dari mana.. Tapi yang jelas zulassung dari uni akan lebih kuat daripada zulassung dari Sprachkurs.. πŸ˜€ Tapi emang biasanya dipepetin sama tanggal masuk kita sih.. hehe..

          Kalau nggak kamu bilang aja ke mereka kalau kamu mau sprachkurs dulu.. Jadi pake 2 zulassung gitu… Siapa tau bisa.. πŸ˜€

  • dienita

    kak aku mau nanya nih kak, sedikit ada masalah dengan paspor dan akte kelahiran dan paspor aku,
    di paspor aku itu ada 2 nama tambahn kak contohnya ya kak, dienita/amzani/abunawas sedangkan di akte aku nama abunawas itu tidak ada karna itu nama kakek papanya aku kak, paspor itu aku buat sewaktu aku mau pergi umroh kak, karna umroh harus pakai 3suku nama, dibuatlah seperti itu.
    kata agen aku nama abunawas itu harus dihapuskan kak, sedangkan orang imigrasi daerah aku bilang udah gak bisa lagi karna sudah tersave dan tidak bisa diubah kak, aku pusing baget karna hal ini kak, sampai aku bilang ke imigrasi bikin surat tertulis aja untuk klarifikasi nama itu kakak tapi sayangnya orang imigrasi gak mau kak.
    dan kata imigrasinya klo ngurus visa nama itu tidak akan dipermasalahkan kak, dan kata agen aku kedutaan jerman akan mempermasalahkannya jika tau, kalo lolos ya alhamdulialah:(
    apa mengurus visa itu susah sekali kak? dan apa benar kata agen aku itu kak?

    • wahidyankf

      Halo Dienita..

      Saya juga pernah denger, katanya kalau mau ke Timur Tengah harus ada 3 nama di passport yah.. Hm.. Jujur saya gak tau yah.. Tapi yang pasti solusinya adalah dengan menyamakan semua nama kamu.. Terserah mau yang mana yang mau ganti, yang jelas nama kamu harusnya sama di semua data kamu.. Baik itu sekolah, passport, visa, atau pun yang lainnya..

      Ngurus visa gak susah kok, asal kamu menuhin semua persyaratannya… Salah satunya yah itu, nama sama di semua data kamu.. πŸ™‚

  • chsteve

    Mas Wahid, mau nanya nih, ad pengalaman bikin visa study ke Berlin ga. Saya sudah sejak 12 Maret kemaren apply buat visa, dan hingga sekarang masih belum ada konfirmasi juga. Emang selama itu ya kalau ke Berlin, Saya taunya sih 6-8 minggu gt, tapi ini uda lewat gitu, Saya jadi was was. Saya coba telepon tapi tidak diangkat terus. Apakah ada teman di Berlin yang memang lama waktu mengurus visa ke Berlin? Makasih Mas

    • wahidyankf

      halo steve..

      Kalau dari pengalaman emang di Berlin agak lama ngurusnya, karena dia daerah ibu kota, jadi bisa memakan waktu sampai 3 bulan. πŸ˜€ Jadi, sabar-sabar dulu yah.. Emang agak lama kok kalau mau ke sana.. πŸ˜€

    • Bebeko

      saya mengurus visa ke berlin juga, dari tanggal 27 februari belum keluar. Untung-untungan sih. temen saya maret apply udah keluar dari kemarin. Kalo kasus saya, saya diminta dokumen tambahan, sudah saya serahkan tapi dokumen saya belum diforward ke imigrasi sampai sebulan. Dan kemaren diforward tapi data orang yang salah. Mungkin kasus kamu sama seperti saya.

      • wahidyankf

        terima kasih bebeko sudah ikut berbagi pengalaman di sini.. semoga visa kamu bisa cepat keluar.. πŸ™‚

      • Yuletta Adny

        Bebeko., sy baca pengalaman apply visa anda. Tp sy lupa di bagian mana. Sudah saya cari2 belum nemu. Bisa di share lagi, tentang apply visa anda dan kelanjutana? Berapa lama dapatna visa kedua? Makasih banyak

  • Setiawan

    Tanya lagi mas Wachid, ttg pengisian form visa. Meskipun di situ juga ada bahasa inggrisnya tapi ada beberapa bagian yg saya kurang tahu maksudnya, antara lain:
    1. poin ke-11 – bagian Issued by – itu maksudnya yg ngeluarkan passport kan, tapi biasanya diisi apa.
    2. poin ke-12 – Authorization to return to.
    3. poin ke-17 – maksudnya bgmn.
    4. poin ke-21 – apakah ini diisi hanya oleh mereka yg akan kerja di jerman.
    5. poin ke-27b – asuransi kesehatan saya baru akan dikeluarkan sama univ saya setelah saya ada di jerman.
    6. Foto yg ditempelkan di hal.akhir apa ukurannya harus sebesar kotak itu ataukah foto yg sama dg foto passport (3.5 x 4.5)?
    Maaf mas kalau pertanyaannya banyak. ^_^

    • wahidyankf

      halo setiawan.. saya sudah lupa dengan pertanyaannya ada apa aj.. Bisa disalin di sini kah? πŸ™‚

      • Setiawan

        1. poin ke-11: Pass oder sonstiger Reiseausweis
        2. poin ke-12: Rueckkehrberechtigung
        3. poin ke-17: Wird staendiger Wohnort ausserhalb der Bundesrepublik Deutschland beibehalten und ggf. wo?
        4. poin ke-21: Erlernter Beruf
        5. poin ke-27b: Besteht Krankenversicherungsschutz fuer die Bundesrepublik Deutschland?

        • wahidyankf

          1. Kalo gak salah ini berhubungan dengan passport kamu

          2. saya lupa ini harus diisi apa.

          3. alamat kamu di indo akan di keep atau nggak pas kamu di Jerman. Saya lupa jawabannya apa, tapi kalo gak salah nggak deh.

          4. kerjaan kamu (kalo gak salah). (bukan eltern Beruf khan yak?)

          5. ini tentang asuransi. kalo gak salah dulu saya kosongin, dan bilang baru akan ngurus di sini.

  • Ndha

    Halo, Mas Wahid.. Mau tanya..
    Tahun lalu saya sudah mendapatkan acceptance letter dari salah satu fakultas dari Friedrichs-Alexander-Universitaet (FAU) Erlangen. Tetapi karena satu dan lain hal saya minta untuk diundur tahun masuknya menjadi tahun ini. Kemudian sejak Maret 2013, saya sudah mengirimkan aplikasi ke Masterbuero-nya untuk kemudian di-review. Namun hingga saat ini jawabannya dokumen saya masih di-review oleh special office di Bonn. Saya jadi bingung kenapa application saya bisa sampai ke Bonn? Apakah kalau mendaftar ke suatu universitas, dan pernah memiliki history ambil course di Jerman maka akan diselidiki juga? Karena saya memiliki double-degree dengan FH Soest.

    Mengingat course yang akan mulai di awal September dan hingga sekarang saya belum mendapatkan admission letter tersebut, kira-kira apa cukup ya kurang dari 2 bulan untuk mengurus blocked account dan apply visa?

    Lalu biasanya untuk membeli tiket pesawat itu sebaiknya setelah kita mendapatkan visa atau bisa dilakukan dengan paralel? mengingat waktu yang semakin dekat ini dan masih penuh dengan ketidakpastian.. πŸ™

    Terima kasih sebelumnya ya, Mas.. πŸ™‚

    • wahidyankf

      Halo Ndha..

      Saya juga sebenernya bingung kenapa bisa sampai ke Bonn.. πŸ˜€ Tapi udah kamu coba tanyakan ke mereka kah tentang perihal status review kamu?

      Hm.. harusnya sih cukup yah, tapi mepet banget.. Mending kalau saran saya, kamu mulai parallel buat rekening DB, biar nanti pas zulassungnya dapet, kamu bisa langsung ngurus visa. Oia, ada baiknya juga kamu coba buat termin untuk visa mulai dari sekarang. πŸ˜€ Dan untuk tiket pesawat, karena waktu itu saya duitnya pas, dan tiket ekonomi gak bisa di cancel, maka saya belinya setelah dapet visa. Tapi yah itu, dapetnya jadi mahal. Sekitar hampir sepuluh juta rupiah untuk penerbangan 5 hari ke depan (waktu itu pake emirates).

      Sama-sama.. Semoga dilancarkan yah semua urusannya.. πŸ˜€

      • Ndha

        Hi again, Mas Wahid!
        Akhirnya ketemu juga message saya yang ini.
        Dan ternyata betul, mas. Saya baru saja dapat Admission Letter-nya baru secara pdf per kemarin sore. Sedangkan kalau dari first weeks schedule yang diberikan oleh Uni, saya seharusnya sudah sampai di Erlangen per tanggal 1-2 September ini. Cuma mereka seperti memberikan kelonggaran yaitu sampai akhir September 2013 karena kuliah akan dimulai pada awal Oktober 2013.

        Hanya saja kemarin ini saya belum berani untuk buka blocked account dan buat termin di botschaft karena sama sekali belum ada kejelasan mengenai application saya (walau berulang kali pihak Uni sudah di-follow up terus menerus). Saya sedang coba tanya ke mereka sih bagaimana kalau saya datangnya cukup telat (dimana perkiraan mungkin paling cepat akhir Oktober 2013 atau pertengahan November 2013). Kira-kira ada tips and trick lain nggak ya untuk speed up visa application? Atau malah recommend untuk diundur setahun lagi bila bisa?

        Lalu untuk pengurusan visa, dimana bila ada maka kita sertakan sertifikat les bahasa jerman, kalau punya yang bukan dari Goethe bagaimana? Apa ada limit expired-nya missal 3 tahun ke belakang, 5 tahun ke belakang?
        Selama ini saya juga melihat bahwa untuk mengambil ujian di Goethe Jakarta selalu ada tanggal-tanggal tertentu. Apakah ada test bahasa Jerman di Goethe atau lembaga lain yang bisa dijadikan supporting data yang valid utk visa application?

        Sorry masih banyak bertanya ya, Mas.
        Karena di 1 sisi excited karena akhirnya diterima, namun di sisi lain pusing dan was-was apakah bisa berangkat tahun ini atau terpaksa kembali diundur.
        Thanks before! 

        • wahidyankf

          Halo..

          Harusnya bisa sih datang relatif telat, karena kendalanya visa. Speed upnya gimana yah? Kamu bilang aja ke petugas visanya kalau harus cepat keluar.. Dan jelasin alasannya kenapa kamu lama apply.. πŸ˜€

          Ini sertifikat les beda loh sama sertifikat bahasa Jerman (silakan baca postingan saya tentang les bahasa Jerman).. Karena sertifikat bahasa Jerman yang bisa ngeluarinnya cuman DAAD, atau TestDaf, atau DSH. πŸ˜€ Dan itu gak ada batas expirenya.. πŸ˜€

          Tapi kalau kamu udah punya zulassung dari Uni santai aja, itu dokumen paling kuat kok.. gak punya sertifikat bahasa jerman juga gak apa2.. Asal udah dapet zulassung dari uni.. πŸ˜€

          Semoga lancar yah semua.. Wish you all the best.. πŸ˜€

  • Alfarro

    Hallo mas, salam dari Flores, NTT.
    Blog yang super sekali, banyak membantu saya dengan informasi-informasinya.
    Saat ini saya telah diterima di salah satu Univ di Jerman Master Course Engineering Management. Kuliah akan dimulai pada bulan September. Pihak Univ mengatakan saya akan menerima Surat resmi bahwa saya diterima dalam minggu ini.
    Pertanyaan saya:
    1. Saya belum membuat account di Deutsche Bank. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat account? karena posisi saya saat ini masih di Flores, NTT.
    2. Untuk syarat pembuatan Visa yang mengenai keuangan (dlm kasus saya account di DB), apakah bisa menggunakan bukti rekening saja bahwa saya memiliki jumlah uang 8040 euro (dalam rupiah tentu saja) di salah satu bank lokal Indonesia? kemudian baru diurus untuk pembukaan rekening di DB.
    3. Menurut pengalaman Anda, apakah cukup bagi saya untuk mendapatkan Visa dengan perkuliahan yang akan dimulai pada September?
    Vielen Dank, ich wuenshe dir einen Schoenen Tag!

    • wahidyankf

      Halo Alfarro..

      Terima kasih untuk pujiannya, senang bisa bermanfaat.. πŸ˜€ Sebelumnya selamat kepada kamu karena telah diterima di salah satu univ yang ada di sini.. πŸ˜€

      1. Agak lama yah.. Bisa 1-2 bulan kalo gak salah, karenanya saya amat untuk menyarankan untuk membuat akun ini secepatnya.. Bisa paralel kok.. πŸ˜€

      2. Setahu saya tidak bisa, kamu harus make rekening DB deh kalo gak salah..

      3. Harusnya sih cukup yah.. Setau saya, selain berlin pengurusan visa biasanya sekitar 5-6 minggu. πŸ˜€

      Tambahan: Sebaiknya kamu minta juga ke univ kamu zulassung kamu dalam bentuk PDF ke email kamu. Siapa tau zulassung kamu yang dikirimkan lewat surat itu nyasar atau gimana.. πŸ˜€

      Sukses yah buat semuanya.. πŸ˜€

  • Hadi

    Hallo.. Mas…
    saya mau tanya,nih. Begini, saya mau urus visa kursus bahasa Jerman untuk tinggal lebih dari 90 hari pada tanggal 10 July nanti. yang ingin saya tanyakan,yaitu. bisa tidak urus visanya tanpa bukti pendaftaran dari studentkolleg melainkan bukti pendaftaran dari sprachkurs di Muenchen? soalnya saya hanya punya sertifikat bahasa Jerman A1 dan surat surat lain seperti Verpflichtungserklaerung, izazah,skhu,raport dll.
    terima kasih… ^_^’

    • wahidyankf

      Halo hadi.. Harusnya sih bisa yah.. Asal ada surat undangan dari Sprachkursnya.. πŸ™‚ Tapi kalau saya boleh saran, ada baiknya kamu nyelesein dulu minimal sampe B1 di indo. Kenapa? Karena kamu hanya punya waktu selama 2 tahun dari mulai datang ke Jerman, sampai lulus studkol, dan keterima di Uni.. Lagipula kalau kamu B1, kamu bakal lebih bisa survive di Jerman daripada kalau kamu cuman punya A1 (yah kecuali kalau ada yang ngebimbing kamu di sana).

      Cuman keputusan akhir ada di tangan kamu sih.. Good luck.. πŸ™‚

      • hadi

        halo mas wahidyankf…
        terima kasih tanggapannya. semoga saja bisa… amiin..
        hm… saya mau tanya lagi,mas… motivation letter dan lebenslauf itu memang dibutuhkan untuk mengurus visa kursus bahasa,ya mas?
        terima kasih sebelumnya….. ^_^”

        • wahidyankf

          Halo hadi..

          kalau dulu sih saya gak perlu itu. Tapi ada yang bilang kalau menurut peraturan baru, kita harus membuat itu (saya kalo gak salah juga pernah baca). Jadi, silakan kamu check lagi website kedutaan untuk keterangan yang lebih pastinya. πŸ™‚

  • Hadi

    Ok,deh… vielen dank fΓΌr Ihre Antwort.
    hm… Oh ia, ada satu hal lagi yang ingin saya tanyakan,mas. Begini, apa kah benar kalau setiap dokumen dari Indonesia harus dilegalisir di kedutaan seperti ijazah, SKHU,Raport,Akta Lahir,Surat Cek Kesehatan,dlll? tetapi kalau ada bagian surat yang saya cantumkan diatas tadi memang tidak harus dilegalisir,maka surat yang mana? dan jika memang benar semua surat itu harus dilegalisir,itu artinya apakah saya harus ke kantor Kehakiman,Kantor Kementrian Luar Negri,dan setelah itu Kedutaan Jerman untuk melegalisir semua surat itu? hm… satu lagi,,, masih masalah leges-meleges.. ^_^’ menurut pengalaman Mas, Apakah benar kalau setiap fotokopi Ijazah,SKHU,dan Raport harus dileges lagi ke Kemendiknas di Jakarta dalam rangka melengkapi persyaratan pengajuan Visa Kursus Bahasa? sehubung saya tinggal di Medan dan baru beberapa hari kemarin saya mencoba untuk meleges fotokopi-fotokopi tadi ke Depdikbud tingkat Provinsi di Medan,akan tetapi mereka menolak untuk meleges surat-surat saya tadi karena telah menerima surat kuasa untuk memindah alihkan urusan untuk meleges fotokopi ijazah,SKHU,dan raport ke Depdikbud tingkat Kabupaten. tetapi mereka menganjurkan saya untuk meleges semua surat-surat fotokopi saya tersebut ke Kemendiknas karena untuk urusan pengajuan Visa ini. Jadi, Ok,terima kasih sebelumnya….. ^_^”

    • wahidyankf

      Yang melegalisir itu adalah pihak yang ngeluarin.. Artinya, kalau kamu legalisir SKHU, Raport, Ijazah, yah di sekolah.. Karena mereka yang ngeluarin.. πŸ˜€

  • Hadi

    oh,,, begitu… πŸ™‚
    itu berarti surat yang selain SKHU,Raport,dan Ijazah itu harus dilegalisir di Kedutaan ya,mas. πŸ™‚ untuk disahkan dan dapat dipergunakan di Jerman nanti.
    sebelumnya terima kasih…. ^_^”

    • wahidyankf

      Mungkin yah.. Saya agak bingung juga soalnya.. Soalnya saya kemarin gak ada satu pun yang dilegalisir di kedutaan Jerman.. Tapi coba kamu liat web kedutaan aja untuk info lebih lanjut. Takutnya udah beda.

      • Hadi

        owh, begitu ya. terima kasih sarannya. Maaf,mas. saya kelamaan balasnya… hehe πŸ˜€

        • wahidyankf

          santai.. πŸ˜€

  • Saprian

    Hallo Mas Wahid, Mas Indra. saya Saprian Mahasiswa UII Jogja, bulan 10 2013 ini Insya Allah saya akan melanjutkan study master di TU Bergakedemie Freiberg. Nah saya lagi bingung mas, saya baru akan sidang kelulusan S1 pada minggu ie ASeptember dan ijzah S1 baru akan keluar pada bulan sembilan akhir. Sementara saya bulan 9 awal sudah harus ikut kelas bahasa 1 bulan di kampus. Pada syarat tambahan pengursan visa dikatakan butuh ijazah S1, Apakah memungkinkan mengurus visa dengan surat keterangan bahwa ijazah sedang dalam proses? Saya takut tidak keburu. Padahal starat saya yg lain sudah lengkap, hanya kurang ijazah S1. Mohon pencerahannya. Trims

    • wahidyankf

      Halo saprian..

      Saya masih agak kurang konek di sini.. Kamu awal bulan 9 (september) harus ikut les bahasa di mana yah? Kampus di Jerman kah? Ada 2 kemungkinan sih sebenernya untuk kasus ini:

      1. Kamu majuin sidang kamu, biar kamu bisa berangkat di bulan September.

      2. Kamu urus kursus bahasa kamu di freiberg buat di undur, tapi itu pun bakal masih bentrok sana sini.

      3. Kamu undur penerimaan kamu di Freiberg sampe semester berikutnya. Coba kamu jelaskan lebih lanjut ke mereka tentang kondisi kamu, dan minta saran dari mereka.

      Yang saya agak bingung, kamu ngurus visanya kapan yah? karena harusnya khan udah mulai ngurus visa dari juli ini (rata-rata visa makan waktu 5 minggu)?

      Tapi solusi paling mungkin keknya nomer 1, dan nomer 3 sih.. Hm..

  • Saprian

    Maaf typo “. . . Saya baru akan sidangkelulusan S1 pada minggu ke 2 september dan ijazah S1 baru akan keluar pada akhir September”

  • Saprian

    Kak, maaf tanyanlagi. Maaf jika pertanyaannya sangat awam. Kak, untuk visa studi Master, itu masuk kategori visa schengen (yg berlaku max. 90 hari) atau visa nasional (berlaku untuk tinggal lebih dari 90 hari).

    Saya baru cek di link ini
    http://www.jakarta.diplo.de/Vertretung/jakarta/id/01_20Visa/03national/praktikum__studium__wissenschaft.html

    Mohon pencerahannya.

    Salam

    @saprianSap

    • wahidyankf

      Kamu daftar untuk visa studi, untuk tinggal lebih dari 3 bulan. πŸ™‚

  • Reza

    Kak mau cerita sekalian mau tanya, jadi aku udah bikin appointment visa sama kedubes dan dapetnya tanggal 14 Agustus tapi kata dosen saya (org jerman) itu kelamaan dan mungkin nanti saya akan telat kuliah, (saya student exchange 1 semester di Wuerzburg) nah akhirnya dosen ane kontak kedubes dan akhirnya ane dapet appointment tgl 15 Juli, tapi permasalahannya uang saya buat unblocked account 8,040 euro baru siap tanggal 23 Juli. Saya udah diskusi dengan dosen dan dia bilang “its ok, the Embassy will not reject you, please mention the Embassy if your unblocked account will be ready on July 23rd”. Pertanyaanya apakah gpp saya tetep dateng dan menyerahkan dokumen lengkap kecuali ya bukti unblocked account ka, gitu ?

    • wahidyankf

      Halo Reza…

      Kalau emang gitu keadaannya, gak ada salahnya kamu lakuin apa yang dosen kamu bilang.. Mungkin bisa yah, soalnya dosen kamu kemarin bisa kontak kedubes, dan ngubah appointment kamu.. Jadi ada kemungkinan bisa.. πŸ™‚ Tapi buat amannya, coba kamu buat appoinment lagi aja, yang kira-kira kamu siap (bisa buat appointment 2 buah gak sih? saya kurang tahu juga).. πŸ™‚

      • Reza

        Tadinya juga gitu maunya tapi ga bisa ternyata soalnya nomer pasport aku kan dipake ka pas bikin appointment jadi kalo udah ada appointment ga bisa bikin lagi, yaudalah berdoa aja kali ya ka mudah2an bisa abis baca tips nomer 1 ngeri banget ka haha jangan coba2 dateng kalo belom lengkap jadi takut saya -_- nanti saya kabarin lagi ka abis appointment siapa tau bisa bantu temen2 lain yang dapet kasus mirip saya πŸ™‚
        Satu lg ka pas wawancara visa pake bahasa apa ya ka ?

        • wahidyankf

          Ho… iya juga yah.. X_x hm.. tapi kalau kasus kamu agak beda sih.. hehehe.. Iyah, minta tolong kabarin lagi yah habis appointmentnya.. Siapa tau banyak orang yang kasusnya kayak kamu.. πŸ™‚ Danke schΓΆn.. πŸ™‚

          Saya dulu pake bahasa Indonesia.. Secara yang wawancara juga orang Indo.. hahaha..

        • Kalo aku dulu bikin appointment 2x di kedubes tapi nambah kata-kata ‘reschedule’ setelah nomor paspor. Jadi nomor paspor (A123456reschedule). Cuman akhirnya ngga pernah dipake juga sih appointment yang kedua. Coba aja buat jaga-jaga πŸ˜€

          • wahidyankf

            wa… bisa yah ternyata? Thx yah infonya.. Baru nih buat saya.. Thx.. πŸ˜€

  • Hadi

    Hallo,Mas…
    Sudah lama tidak check website ini.. πŸ™‚ Begini, sekitar sebulan yang lalu tepatnya tanggal 10 July 2013 kemarin,saya sudah mengurus visa di Kedubes Jerman di Jakarta. Alhamdulillaah, walaupun ada sedikt masalah akhirnya berkas-berkas saya di terima juga πŸ™‚ dan sekarang saya hanya tinggal menanti visanya keluar, dan alhamdulillah sekitar seminggu lagi dari hari ini tepatnya tanggal 2 september visa saya insya Allah akan siap. Informasi ini saya ketahui dari saudara saya yang ada di Jerman setelah dia langsung menelpon ke kedubes Jerman di Jakarta. πŸ™‚ Dan yang ingin saya pertanyakan, Bagaimana cara mengurus perpanjangan Visa setelah saya di Jerman nanti,mas? soalnya dengar-dengar saya akan di beri izin tinggal selama 3 bulan. Jadi itukan harus diperpanjang, πŸ™‚ terus persyaratannya apa-apa saja,mas? mohon penjelasannya…. πŸ™‚
    terima kasih sebelummnya…. πŸ™‚

    • wahidyankf

      Halo Hadi.. Welcome back.. πŸ˜€

      Kamu cukup datang ke ABHnya, dan bilang mau perpanjang visa. Nanti di sana akan dikasih checklist persyaratannya apa kok sama mereka.. πŸ˜€

    • wahidyankf

      Kamu bisa cek juga tulisan di Jermandes bagian hidup di Jerman. Semua ada di sana.. πŸ˜€ Safe flight to Germany.. πŸ˜€

  • Ndha

    Halo, Mas Wahid,
    Terima kasih atas input-nya di message saya yang terakhir.
    Anyway, saya baru baca bahwa ada ketentuan bila kita lulusan S1 dan akan melanjutkan S2 yaitu mengenai lebenslauf dan motivation letter dalam bahasa jerman. Apakah ini mutlak harus bahasa jerman? Adakah yang pernah mencoba dengan bahasa inggris? Karena yang kemarin ini saya gunakan untuk apply ke universitas adalah dalam bahasa Inggris.

    Atau apakah ada yang mempunyai contoh? Kalau untuk lebenslauf kurang lebih saya ada gambaran, namun untuk motivation letter jelas blank.

    Terima kasih sebelumnya atas bantuannya.

    • wahidyankf

      Halo Ndha..

      Ini sepertinya syarat baru yah, karena dulu saya gak disuruh bikin. Hehe. Kalau gambarannya sama aja kayak motivation letter yang bahasa inggris, tapi ini dalam bahasa Jerman.. πŸ˜€ Btw, kalau memang sudah begitu peraturannya, saya rasa gak bisa ditawar2 yah.. Kamu ikutin aja.. πŸ™‚

    • Setiawan

      motivation letternya kamu buat berdasarkan poin2 yg ada di petunjuk yg bisa didownload dr website Botschaft Jakarta. Sudah download kan?
      Kalau gak salah alasan milih univ tertentu di sana, alasan milih bidang studi tsb, persiapan yg sudah kamu lakukan, dan visi ke depan setelah lulus dsb.

  • Reu

    Hallo Mas, …
    Saya mohon sarannya nih. Tahun 2008 saya uda lulus S1, dan sekarang saya ingin lanjut S2 di Jerman. Pertanyaan saya:
    1. Saya sudah ikut kursus bahasa Jerman di sini, tapi saya merasa perlu ikut lagi kursus bahasa di sana, karena ingin ambil S2 yang full Deutsch. Untuk pengurusan tahap pengurusan visa sebaiknya bagaimana ya Mas? apakah daftar sprachshule atau langsung ke Uni, kan zulassung ini yang nanti juga dilampirkan saat pengajuan visa. Seandainya saya mencantumkan zulassung sprachschule kira2 berapa lama visa saya berlakunya? kalau visa studium kan 1-2 tahun.
    2. Waktu ikut kursus bahasa di Jerman kan visa yang didapat visa persiapan studi, apa bisa diubah ke visa studium di Jerman (setelah kursus bahasa’nya selesai)? sebab kalau harus balik ke indo u/mengubah visa kan makan biaya lagi.
    3. Di Jerman kan tersedia banyak jurusan. Seandainya saya ingin mengambil S2 yang tidak sesuai dengan S1 saya, apa bisa? mungkin ada yang seperti matrikulasi begitu kah, Mas?
    4. Seandainya saya mendaftar S2 yang sesuai jurusan dengan S1 saya, dan semisal diterima (mudah2an :-)), lalu ketika saya ikut persiapan bahasa, tiba2 saya berubah pikiran ingin pindah jurusan lain / mengambil S1 lagi di Uni yang berbeda, dan kota yang berbeda dengan kota di mana saya mengikuti kursus bahasa, apakah mungkin? apakah repot nantinya u/perpanjangan visanya (karena pindah Uni, kota, dan jurusan)

    Maaf pertanyaannya banyak, Mas. Terima kasih sebelumnya

    Reu

    • wahidyankf

      Halo Reu..

      1. Yang mana pun boleh. Visa awal selalu 3 bulan. Setelah itu bisa diperpanjang sampe maksimal 2 tahun.

      2. bisa. Saya juga gitu kok.

      3. Kalau terlalu jauh menyimpangnya setahu saya sulit banget. Sepengalaman saya matrikulasi hanya bisa untuk beberapa pelajaran saja.

      4. Aamiin.. Mungkin aja, asal udah diterima mah sepertinya gampang. Di sini juga gak sedikit kok yang pindah uni.. πŸ˜€

  • hi mas wahid, mo tanya donk. sy kan mo ngambil s2 di frankfurt, tp mo ngambil b2 dulu di sprachkurs yang di uni nya langsung. nah pd saat apply visa apakah sy mesti ngasi tau ke pihak embassy kalo sy mo lanjut s2 disana ya? soalnya kemarin (baru aja kejadian) classmate sy dari goethe apply visa ke embassy mo sprachschule. tp di ty sm Ibu di loket 4 tujuan ngambil sprahschule apa, nah tmn ku bilangnya mo ngambil specialist nantinya (kebetulan dia seorang dokter). nah langsung dipersulit. diminta ijasah yang sdh ditranslate (pdhal ijasah dia dlm english). Pdhal dia uda ada offer letter dari Goethe di Gottingen. Ternyata pada saat temen sy tayain ke Herr Alamson, ternyata ada bbrp murid laen jg ngalamin hal yg sama (ada yg ngambil specialist ada jg yg s2). sy jd bingung n takut, masa kt ngak bole ngaku / infoin kl kita stlh sprachschule mo lanjut s2? Minta advice nya ya mas … bingunggg n galauuu nih (fyi, semuanya blm ada offer letter dari Uni utk s2 / pun rumah sakit / Proffesor utk specialist dokter)

    • wahidyankf

      – Yup. Dulu saya juga bilang tujuan saya ke mereka.

      – Itu bukan dipersulit yah, tapi emang syaratnya gitu. Saya dulu juga mempersiapkan dokumen yang gak sedikit. Gak usah kamu bawa ribet. Bawa santai aja. Selama syarat kamu lengkap, kenapa musti takut?

    • halo kak, mau bantu jawab ya πŸ™‚
      jadi situasi saya juga sama seperti kakak, ikut Sprachkurs/Sprachschule dulu baru lanjut Studium. Nah, kata herr Kaka (guru di Goethe juga), kalau kayak gini berarti kita termasuk Studium, bukan Visum utk Sprachkurs. Krn kalau kita ambil Sprachkurs-Visum berarti setelah Sprachkurs kita harus pulang. Tapi kalau ambil Studium, kita bisa bilang mau Sprachkurs dulu baru lanjut Studium. Untuk tujuan di formulir visa, saya isinya: Studium (zuerst Sprachkurs). Dan yang awalnya saya siapkan dokumen2 Sprachkurs, dia langsung minta dokumen2 ijazah dll. Kebetulan sekali waktu itu saya bawa dokumennya dan memang sudah diterjemah, jadi bisa langsung disertakan. Untuk Bescheinigung saya pakai dari Sprachkurs, jadi memang belum daftar univ.
      Karena saya dapetnya juga yang baik, katanya disuruh dipercepat 2 minggu utk keberangkatannya, jadi sekitar 3 minggu dari saat wawancara, dan ternyata beneran jadi πŸ˜€
      Semoga infonya dapat membantu ya kak ^^

      • wahidyankf

        Halo Teradyah..

        Terima kasih untuk bantuan jawabannya.. πŸ™‚

  • @teradyah: hi, salam kenal ya. makasih bgt loh infonya … ^^ berguna bangettt … jadi berkurang deg2an nya. Oh ya, mo ty lg bole ya .. di visa application form nya yg lembar terakhir kan ditanya kita mo apply residence permitnya brp lama. Km kemarin isinya brp lama ya? (utk kta yg mo sprahschule dl and then studium s2). Sm urusan asuransi, apakah saat km apply uda ada asuransinya? dankee ya ^^
    @ mas wahid : iya neh. dokumen sih lengkap, cm krn kasus temen yg ditolak mentah2 gitu jd nervos deh. ^^ mas, sbnrnya yg asuransi ini mutlak ngak ya? Kl iya, apa ada rekomen insurance company yang biasa dipakai? dankee

    • wahidyankf

      Asuransi mutlak, tapi bisa diurus pas di sini. πŸ™‚ Kalau masih sprachkurs biasanya kalau mau murah pake mawista atau careconcept. Kalau udah mulai kuliah biasanya pake AOK atau TK. πŸ™‚

  • mau nanya nih
    admin alumni VHS aachen ya ? saya rencana desember ini mau ambil disitu. Menurut pengalaman admin gimana kursus disitu ?
    trus mau nanya skalian nih, kan buat visa sprachkurs syarat nya 2x fotokopi passpor yang ada bagian fotonya , nah itu fotokopi nya ukuran sama kaya asli apa gmn ? ada contohnya ga ?
    thankyou

    • wahidyankf

      Halo Andy…

      Kalau menurut saya sih gak terlalu enak yah.. Tapi murah sih emang.. πŸ™‚ Oia, pengalaman saya itu cuman dari les persiapan DSH doang yah.. Kalau kata temen-temen saya yang dulu les di VHS Aachen sih les kelas dasarnya lebih enak daripada les DSH.. Fotokopi saya lupa harusnya gimana, tapi buat aja 2-2nya.. πŸ™‚

      • mau nanya nih klo bisa fast respon min
        saya bingung klo mau ngambil visa sprachkurs itu emang harus ud B1 ?
        soalnya kan ada 2 temen saya ada yg ud nyoba ambil visa sprachkurs . Temen saya yg pertama stelah beberapa minggu pengajuan visa tiba” ditelpon untuk diminta mengambil sertifikat B1.Kalau temen saya yang kedua ngasih kedutaan bukti klo dia lagi les B1 di goethe.
        sedangkan saya selama ini les privat, kira” klo saya hanya ngasi bukti dari guru les saya klo uda setingkat B1 gmn ya ? apakah kedutaan bakal percaya dan ga nyuruh saya ngambil sertifikat B1 ya ?

        • mungkin admin pnya saran buat saya gimana
          soalnya december saya ud harus di aachen nih
          dan rabu ini saya ke kedutaan

          • wahidyankf

            kalau kamu memang setingkat B1, harusnya ikut ujian B1/ZD gak ada masalah khan? πŸ™‚

        • wahidyankf

          Harusnya nggak (minimal sertifikat A1), tapi akan lebih gampang prosesnya kalo kamu mau sprachkurs di jerman pake sertifikat B1. Coba kamu baca2 lagi web ini tentang sertifikat jerman.

  • Amanda

    mas wahid, terima kasih ya infonya sangat membantu huhuhu
    saya salut buat blognya yg sangat membantu utk yg mau lanjut sekolah di jerman. jujur saya sendiri yg lagi kuliah S1 di negara orang aja sulit untuk membantu dengan informasi selengkap ini T^T mas2 disini semoga dapet pahala yang banyak T^T

    saya ada pertanyaan mengenai pengurusan visa.
    saya berencana untuk mengambil program s2 untuk winter semester 2014. tapi saya rencana mau sprachkurs dulu di berlin untuk B1/B2. jadi lebih baik saya daftar visa studium apa kursus bahasa?

    1. saya berencana untuk apply visa awal maret, (karena saya lulus dari univ saya february 20, dan saya hrs menunggu hasil ijazah), apakah jika saya apply sprachkurs untuk bulan april/awal may masih keburu? (saya dengar butuh waktu 6-8minggu untuk berlin) karena saya mengejar deadline wintersemester πŸ™

    2. untuk pengajuan visa, dibutuhkan cv dan motivation letter. apakah ini ditujukan kepada kedutaan jerman? apakah bisa meminta jasa penerjemah resmi untuk translate motivation letter? apakah mas punya referensi penerjemah yg bagus? πŸ˜€

    3. mengenai pembukaan rekening deutschland bank, apakah harus saya sendiri yg mengisi dokumen, minta legalisir kedutaan dan tanda tangan? berapa lama prosesnya kira2 dari pengiriman dokumen, pengiriman uang, sampai konfirmasi telah dibukanya account? (mengingat saya tidak di indonesia saat ini, dan akan lulus bulan february, jika bisa diwakilkan saya jadi nggak perlu bolak2 indo dua kali, apalagi hanya untuk mengurus rekening bank T_T )

    terima kasih,

    • wahidyankf

      Halo Amanda..

      Thx untuk doanya. Semoga kembali ke yang mendoakan. πŸ™‚

      1. Agak mepet yah sebenernya, karena kalo berlin dapet visa segitu cepet itu untung2an.. Karena kalau buat visa ke Berlin, bakal butuh waktu 3 bulan (menurut pengalaman banyak orang).. Tapi enaknya kalau ke berlin, biasanya langsung dapet visa buat 2 tahun. πŸ™‚

      2. Motivation letter menurut saya lebih baik untuk diterjemahkan sendiri. Karena kode etik dari motivation letter adalah asli buatan sendiri.. πŸ™‚ Saya dulu pake Louis Liem.

      3. Saya kurang tau juga, tapi ada kemungkinan harus ngurus semuanya sendiri. Karena ada yang harus ditandatanganin kalo gak salah.

      Btw, untuk wintersemester, biasanya untuk non EU, deadline paling lambat bulan maret, beberapa kampus malah ada yang januari. Jadi coba kamu liat lagi deadlinenya masing-masing. Dan coba teliti untuk yang deadline non EUnya. Biasanya dibedain.

      Kalau boleh tau kamu mau ngambil S2 dalam bahasa apa? Jerman kah? Kalau iya, B1 atau B2 gak akan cukup, karena biasanya untuk program kuliah bahasa Jerman dibutuhkan minimal DSH-2. Sekedar saran, sebelum terlambat, karena kamu masih punya waktu, coba kamu susun timelinenya secara lebih teliti lagi. Karena sayang kalau deadlinenya kelewatan.

      Good luck. πŸ™‚

      • Amanda

        jadi kalo menurut mas wahid amannya saya daftar sprachkurs nya untuk kapan? T_T kalo deadline winter semester bukannya may-june gitu ya mas? soalnya saya lihat di website kebanyakan gitu T_T yg januari/maret saya liatnya itu buat summer semester. soalnya kalo saya ambil yg jerman kepentoknya di bahasa aja sih T^T

        soalnya saya cek persyaratannya kebanyakan mintanya B2, kalo misalnya nanti pas udah kuliah saya kejar lagi C1 bisa nggak kira2? πŸ™ kalo program bahasa inggris biasanya butuh level berapa ya? huhu aku takut banget nih, soalnya udah pengen banget ambil winter semester T^T

        • wahidyankf

          Kalau kamu mau ngambil bahasa Jerman, jelas sulit untuk terkejar winter semester taun depan.. karena kamu sekarang bahkan belum lulus khan? Mungkin summer atau winter taun depan adalah target yang realistis untuk kelas berbahasa Jerman.

          Kelas berbahasa inggris biasanya tidak membutuhkan sertifikat bahasa Jerman. Kamu bisa liat syarat masing-masing di website DAAD, di situ ada fitur pencarinya.

          Sekedar saran, mungkin kamu kebelet, tapi kamu harus ingat percuma merencanakan kalau tidak realistis.. πŸ™‚ Dan di kasus kamu, kamu realistis kalau kamu bisa mendapatkan DSH-2 sebelum Oktober 2014. Kalau kamu bisa, silakan kamu hajar terus. πŸ™‚

          • Amanda

            hmm.. jadi kalo kuliah bahasa jerman nggak ke-kejar ya T_T
            kalo gitu misal saya ambil yg bahasa inggris, saya daftar sprachkurs untuk bulan mei tidak masalah ya? πŸ™‚ jadi sambil menunggu visa di proses saya bisa sambil nyicil daftar univ dari indo. gimana mas? πŸ˜€

            btw kira2 pembuatan account DB bisa memakan waktu berapa lama ya?

            makasih banyak ya atas wejangannya mas hehehe

          • wahidyankf

            Bisa aja kekejar, tapi mungkin agak berat.. πŸ™‚

            Kalau kamu mau daftar univ buat winter, harusnya mulai dari sekarang persiapannya. Coba kamu buka dulu deh website DAAD, biar kamu ngerti yang saya maksud. πŸ™‚

            Tentang rekening DB bisa kamu liat2 lagi blog ini.

          • Amanda

            iya saya udah nyicil2 mau translate dokumen ijazah smu, bikin motivation letter, cv dan lain2 πŸ™‚

            makasih ya mas infonya DAADnya, berguna banget nanti kalo bingung saya tanya lagi πŸ˜€

          • wahidyankf

            sippo.. Good luck.. πŸ™‚

  • Valen

    Hi Mas Wahid, saya sudah apply visa untuk Sprachkurs di Muenchen sejak 27 Agustus dan sampai sekarang belum ada kabar dari kedutaan. Kelas saya akan mulai 30 Oktober, tapi saya belum bisa beli tiket dsb karena blm ada visa approval. Apa Mas Wahid ada saran bagaimana bisa cek status visa saya di Jakarta? Saya sudah coba telpon berkali2 tapi ga ada jawaban. Sedang coba email juga. apa ada saran ga? sekarang2 kira2 sudah 7 minggu prosesnya, dan saya jadi agak panik.

  • Lea

    Halo mas..
    Mau nanya nih..
    Saya awam banget, jadi banyak yang saya pertanyakan. Mohon bantuannya yah.. ^_^

    Saya lulusan S1 desain interior indonesia. Dan saya berniat untuk mengambil S2 di jerman.
    Dan berhubung saya masih belum memiliki B2 bahasa, saya berniat untuk sekolah bahasa terlebih dahulu.
    Tetapi, universitas (untuk S2) tidak mau memberikan pendaftaran, saya harus lulus B2 dulu lalu bisa daftar ke universitas.
    Dan saya memiliki jaminan undangan dari famili dr jerman untuk meyakinkan bahwa saya tidak terlantar.
    Dan untuk formulir sekolah bahasa, saya sudah ada.
    Mohon bantuannya.. Apa saja ya g harus saya lakukan? Dan apa saja yang harus saya butuhkan..? Terimakasih sebelumnya ^_^

    • wahidyankf

      Halo Lea..

      1. Memang begitu prosedurnya. Dapet dulu baru daftar. πŸ™‚

      2. Kalau udah dapet jaminan seenggaknya kamu gak perlu uang 8000 euro buat blocked account. Lucky you.. πŸ™‚

      3. Silakan baca blog ini dari awal. πŸ™‚

  • Jeanet

    halo kak, aku mau nanya.
    1. waktu mau apply visa kita harus uda punya tiket pesawat ke jerman atau bisa beli pas visa nya uda keluar?

    2. terus kata temen aku uda musti ada tempat tinggal di sana ya ka? aku masih kurang ngerti gimana cara nyewa wohnung dari indo sebenernya. trs kalo aku di sana tinggal di frankfurt dulu buat sementara sambil ikut aufnahmetest, tapi yang dilampirin pas bikin visa itu zulassung dari konstanz misalnya, boleh ga ya ka?

    makasih banyak sebelumnya ya ka πŸ™‚

    • Y

      Halo penghuni Jermandes tercinta,
      Mau tanya Pas pengajuan Visa di Botschaft**
      Berdasarkan ini http://www.jakarta.diplo.de/contentblob/3453950/Daten/3190050/schulbesuch.pdf
      diwajibkan membawa kedua orangtua ya.
      Kebetulan dlm kasus saya hanya ayah saya yang dapat mendampingi.
      ada yang tahu maksud dari ini?
      “Surat keterangan persetujuan yang sudah dilegalisir oleh notaris, bila salah satu
      orang tua berhalangan hadir. (Asli dan fotokopi)”
      ada yang sudah punya contoh nya?

      terimakasih teman sebangsa se tanah air.

      • wahidyankf

        Halo Y.

        Saya belum pernah mengurus itu, jadi tidak bisa memberikan pengalaman pribadi saya terkait hal ini. Maaf. πŸ™

  • mona

    Lieber Kak Wahid,
    keren banget blognya. Aku ingin berangkat k Jerman Maret depan, sebagai Aupair. Aku punya satu pertanyaan, waktu ngurus paspor, apakah surat rekomendasian dari kampus itu wajib? karena meskipun sudah semester 10 (*heheh*), saya masih terhitung mahasiswa aktif.

    Herzliche Gruesse,
    Mona

    • wahidyankf

      Halo Mona,

      Kalau lewat Au-Pair sepertinya gak perlu deh. πŸ™‚

  • Mohammad Hakim

    Salām
    Gua desperate banget nih kak, 8 minggu visa belom keluar2, was soll ich tun? πŸ™

  • Anita

    Hi Mas wahid! Kalau mau daftar Visa Nasional dengan menggunakan sprachkurs apakah kita harus daftar program sprachkurs yang lebih dari 3 bulan atau boleh kurang dari 3 bulan? (dengan rencana mengurus pendaftaran studi selama sprachkurs). Terimakasih

  • Mohammad Fajar Halim

    halo
    Saya rencananya akan ke jerman untuk s2, yang saya tahu salah satu syarat untuk membuat visa studi yaitu harus mempunyai deposit di bank jerman sebesar 8040 euro untuk satu tahun.
    Kebetulan orang tua saya hanya membiayai saya untuk satu tahun, jadi jika di tahun ke dua saya ingin memperpanjang visa studi apakah deposit di bank saya harus 8040 euro atau jika misalnya saya hanya memiliki 4020 euro saya bisa memperpanjang visa studi untuk 6 bulan, karena saya rencananya juga akan mengambil part time jadi saya bisa menghemat pengeluaran.
    terima kasih.

  • vicky

    Hallo kak Wahid,
    saya mau bertanya. jika saya ingin pulang ke indonesia karena alasan visa habis apakah harus lapor?jika iya, ke pihak mana saya harus lapor?
    saya berencana pulang ke indonesia sebulan sebelum visa saya habis.

    vielen Dank

    • Indra Prasetyo

      Kalau balik ke Indonesia karena visa habis dengan catatan ini visa untuk persiapan studi yang 2 tahun itu mentok sudah maksimal 2 tahun. Kalau visa kamu sejak kedatangan belum 2 tahun dengan visa persiapan studi masih bisa diperpanjang lho. Soalnya kalau kamu balik ke Indonesia karena visa habis maka kamu harus menyertakan lagi rekening sejumlah €8.090 atau sama aja mengulang dari awal. Setahu saya ketika kita melapor ke AuslΓ€nderamt untuk pulang ke Indonesia, maka kita harus Abmelden seperti pulang habis. Maka prosedur yang sama seperti balik habis. Harus Abmelden di AuslΓ€nderamt (silahkan tanya sama petugas Auslanderamt nya).

      Jadi urutannya begini kalau mau balik ke Indonesia karena visa habis
      1. Surat AbmeldebestΓ€tigung dari Auslanderamt
      2. Tutup rekening di Deutsche Bank
      3. Semua Vertrag dari Wohnung sampai kontrak pasca bayar GSM kamu harus semua di Abmelden, untuk kontrak ini harus 3 bulan sebelum kepulangan dapat diproses. Kalau tidak tagihan tetap berjalan walalupun rekening kamu sudah ditutup…

      Semoga bermanfaat

      • MuhammadNuriyl_Kahfi

        min maaf mau nanya nih, ya sekalianminta dibimbing dikit dikit, saya kan masih kelas 3 nih bulan april kan udah un, jadi saya berencana ingin studi ke jerman, cuma saya ingin ngurus sendiri semua, ya mudah mudahan sih bisa ngurus sendiri.
        1. saya mau ngurus visa tapi tidak tau caranya
        2. mau daftar kursus bahasa jerman atau segala macem pendidikan yang butuhkan untuk study disana
        jadi saya masih bener bener awam gitu lah untuk kepentingan yang di butuhkan untuk study di jerman, mohon bantuan nya ya min, terima kasih

        • Indra Prasetyo

          baca lagi blog ini, cari artikel tahapan studi ke Jerman tanpa agen. Nanti semua tahapan itu ada semua disana…

  • Bonita Julianty Xena S

    Kalo paspor unable to sign katanya ga diterima ya? Pas saya mau urus ke imigrasi pun harus ada surat syarat2 dari kedutaan. Bagaimana ya? Apakah ada tertera pernyataan bahwa paspor unable to sign tidak bisa membuat visa?

    • Indra Prasetyo

      Maksudnya ini bagaimana ya? Tolong dijelaskan kronologisnya… Authornya sedang off sementara waktu. Jadi saya jadi bantu jawab….

  • Danil Almahalli

    Mau nanya nih min
    1. kasus nya aku dah punya sertifikat bahasa tapi belum STK , dan nyari STK disana , itu visa tipe apa ya ? Studium kah?
    2. Jika studium dan jika sprachkurs , itu visanya bisa diperpanjang disana tanpa harus balik ke indo kan min ? maksimal berapa lama yah perpanjangan nya ?
    3. Jika Studium dan jika Sprachkurs, itu memerlukan asuransi nya harus di indo apa boleh disana ? Apakah harus di lampirkan saat pengajuan visa ?

    Makasih min

    • Indra Prasetyo

      1. Visa kategori Nasional untuk tinggal lebih dari 90 hari, nanti di visa namanya Studienvorbereitung dengan ketentuan maskimal 2 tahun untuk sejak tiba di Jerman supaya dapat Studkol. Kalau lebih dari 2 tahun ga dapat STK pasti dipulangkan ke Indonesia.

      2. Pasti lah, tanpa perlu pulang, cukup melapor ke Auslaenderamt / Auslaenderbehoerde di kota setempat dengan dokumen lengkap. Perpanjangan biasa 6-1 tahunan tergantung kebijakan kotanya. Tapi semua diperpanjang tergantung asuransi dan jumlah uang di Konto kamu, kalau asuransi kamu cuma 6 bulan, mereka mau perpanjang 1 tahun ya diperpanjang 6 bulan aja.

      3. Asuransi di Indonesia ga berlaku di Jerman. Kalau maksudnya asuransi perjalanan ya bisa diurus dari Indonesia. Tapi bukan wajib ya cuma kedutaan menyarankan. Tapi peraturan bisa berubah ya, cek lagi di situs kedutaan Jerman di Jakarta…

      • Danil Almahalli

        min kabar sedih nih , kemarin saya udah apply visa dengan tujuan melanjutkan studi saya disana . Dengan kondisi saya saat ini , petugas visa nya masih belum bisa menerima pengajuan saya dengan alasan tujuan belum jelas karena saya belum mendapatkan undangan ujian di stk, padahal dapat sih , tapi waktunya mepet ama perkiraan visa keluar ,takut ga terkejar. Gimana nih solusinya min ? dan saya juga sudah pernah ditolak dengan hal yang sama , yaitu mengajukan visa dengan bukti telah ada sertifikat b1 dan einladung aufnahmetest

        • indrachen

          Itu sih repotnya kalau ngurus sendiri untuk panggilan aufnahmepruefung di Jerman. Resiko ditolak besar bgt, apalagi petugas di kedutaan besar Jerman emang ga bisa ambil resiko. Jadi penolakan lah yang bisa mereka lakukan. Saya dulu paling sering kasi saran kalian daftar Sprachkurs di Jerman aja buat dapat visa sisanya kalian proses disana. Karena dengan Sprachkurs kalian akan booking kelas selama 5-6 bulan kedepan dan pasti mereka pihak SPrachschule akan mengeluarkan surat udangan. Kalau sudah begini kemungkinan kedutaan menolak kecil kan kan sudah bayar sprachkurs, dan itu devisa bagi mereka negara Jerman dan Sekolah bahasanya. Kalau panggilan test kan sifatnya temporary karena mereka belum tahu rencana selajutnya apa setelah test, bisa jadi pulang, bisa jadi lanjut Sprachkurs.

          Masa iya sih ga mau nerima padahal kamu kan sudah ada undagan Aufnahmepruefung… hmmm. Coba apply visa lagi dengan catatan kamu daftar langsung sprachkurs lebih dari 3 bulan biar dapat Visa nasional, bisa coba di Hartnackschule Berlin (tapi banyak orang Indonesianya disini). Atau Sekolah bahasa lain, kalau mau hemat sih di Vhs (Volkhochschule) tapi standar mutunya kurang kalau mau persiapan studi karena isinya didominasi istri atau suami yang pasangannya kerja di Jerman. Tapi coba deh googling aja, mungkin ketemua Sprachkurs yang cocok dari sisi harga dan silahkan eksekusi…

  • Titanio Yudista

    permisi saya ingin bertanya. maaf kalo pertanyaan saya banyak banget :), tolong bantuannya ya kak

    1. bagaimana ya cara membuat termin untuk visa, apakah dengan cara setelah semua dokumen yang di perlukan dan zullasung dari studienkolleg telah datang atau buat termin terlebih dahulu setelah hari H termin yang telah ditentukan baru ajukan semua dokumen yang telah lengkap ?
    2. apakah visa studi/nasional untuk di kota Berlin lama keluarnya dari pada kota kota yang lainnya?
    3. apakah kita bisa buat visa studi/nasional dengan tujuan kota Frankfurt, tapi setelah sampai di Frankfurt langsung menuju Berlin dan tinggal disana/ menetap di Berlin?
    4. untuk wintersemester studienkolleg rata rata buka bulan apa ya kak?
    5. apakah umur diatas 18 tahun tidak perlu menterjemahkan akte kelahiran ke bahasa jerman?
    6. Terimakasih banget kalo sudah di jawab pertanyaan saya πŸ™‚

  • Iqbalfawwazi

    kak kalau dapet Zulassung dari banyak univ (untuk master) dan beda beda kota itu nanti bikin visa nya gimana ya?