News Ticker

Studienkolleg Sachsen (Uni Leipzig): Pertama Kali Masuk sampai Sekarang Part 1

Kali ini saya tidak akan menceritakan sejarah berdirinya STK ini (karena saya sendiri kurang tahu, hehe) Tapi saya akan mencoba menceritakan dari mata seorang siswi, yang sekarang hampir 3 bulan belajar di sini, dan dalam waktu kurang dari seminggu akan menghadapi Klausur (Ujian) kedua, yang menentukan apakah saya mengulang semester pertama, atau bisa melanjutkan ke semester kedua.

1 Maret 2013, saya memutuskan untuk ijin karena ingin mengikuti Aufnahmetest di Leipzig, karena saya pikir sayang untuk melewatkannya. Tesnya bertempat di Universitätsstraße, bersama ratusan orang lainnya, materi yang diujikan adalah bahasa Jerman ( 6 paragraf Lückentext, semua mempunyai tema yang berbeda) dan Matematika dasar. Yang saya tahu, kebanyakan calon M-Kurs memegang Zulassung dari TU Dresden dan Uni Leipzig. Soalnya menurut saya sih tidak terlalu susah, (Kalau dibandingkan sama STK Nordy yang lengkap dari Hörverstehen,Grammatik, Textproduktion, Leseverstehen sampai matematika dasar dan TPA), walaupun saat itu kalau jujur, saya kurang percaya diri karena kebanyakan telah mengambil kursus bahasa di sini, sedangkan saya hanya berbekal pengetahuan seadanya dari Indonesia)

Cerita saya di mulai ketika di suatu hari yang cerah, kala itu saya sedang mengikuti pelajaran Matematika di STK Nordhausen (Ya, saya sudah immatrikulasi di STK Nordhausen dan sempat belajar seminggu di sana) , ketika saya mendapatkan pemberitahuan seperti ini :

Image

Benar sekali, saya berhasil mendapatkan tempat di STK Sachsen, dan akhirnya saya memutuskan untuk exmat dari Nordy dan pindah ke Leipzig. (Sebenarnya Nordy juga bagus, tapi entah kenapa saya kurang sreg, mungkin karena letaknya :p)

Yang saya pikirkan pertama kali, di mana saya harus tinggal? Ternyata , kalau sudah memegang bukti penerimaan, bisa langsung mencari di STUDENTENWERK LEIPZIG. Tinggal mengisi data dan meng-upload bukti penerimaan, tinggal menunggu sampai ada tawaran, dan  memutuskan diambil atau tidak, sebaiknya sih langsung diambil saja karena siapa tahu , karena lagi masa – masanya penerimaan, pasti permintaan akan tempat tinggal juga tinggi. Setelah itu harus membayar Kaution (Uang Jaminan) sebesar 250 Euro dan Miete (uang sewa bulan pertama) sebesar 180 Euro (besar – kecil nominal tergantung di mana tempat tinggalmu) Setelah itu baru bisa mengambil kunci kamar juga password untuk Internet (yang dibatasi 50 Giga/Monat) di Hausmeister, dan memberi nama di kotak surat (Kebanyakan urusan diurus melalui surat – menyurat, e-mail juga, tapi kebanyakan surat, menyenangkan bisa mengecek kotak surat setiap hari walaupun sebenarnya kebanyakan berisi selebaran kursus dansa atau campus party dan tagihan – tagihan haha)

 Kesan pertama setelah melihat STKnya, lumayan menyenangkan, sedikit kuno tapi ya itu tadi, nyaman dan menyenangkan. Saat daftar ulang saya diberikan informasi tentang peraturan , karena juga saya di sini sendirian tanpa agen, tentunya saya belum punya asuransi, ternyata STK Sachsen bekerja sama dengan Mawista (Asuransi Swasta) Jadi saya ditanya sudah punya asuransi atau belum, diberi formulir, diisi dan dikembalikan dan tiba – tiba seminggu sudah jadi, dan per bulannya dipotong dari rekening sebesar 30 Euro. Transportasi menggunakan LVB tentunya sangat penting, tapi karena untuk kartu yang dibutuhkan untuk membeli Semesterticket (Unicard) baru jadi bulan April, saya diharuskan membeli Monatskarte dengan kartu kunden yang dicap oleh STK, yang tentunya menjadi lumayan lebih murah. Dan juga pada hari yang sama, terdapat tes bahasa Inggris yang wajib diikuti semua murid, tidak usah takut, level bahasa Inggrisnya cuma A2! (Ternyata banyak juga Ausländer yang kesulitan berbahasa Inggris lho) Kalau lulus, tidak perlu mengikuti pelajaran tambahan 1x seminggu.

Untuk mendapatkan Unicard, tentunya saya harus membayar Semesterbeitrag, rinciannya bisa dilihat di sini:

Image

Yah begitulah, setelah mendapatkan Unicard, kita bisa membeli Semesterticket sebesar 100an Euro.

Part selanjutnya saya akan menceritakan mengenai sistem pembelajaran dan nilai, see yaaa 😉

Last 5 posts by rara5494

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
About rara5494 (16 Articles)
Nama: Indira Ayu Daranindra Tinggal di Jerman: 3 Februari 2013 – Sekarang Kota di Jerman: Leipzig Sekolah/Pendidikan di Jerman: M-Kurs Studienkolleg Sachsen (Universität Leipzig) Hobi: membaca, mendengar, mengomentari (film, musik, buku) , menyasarkan diri Website/Blog Pribadi: heyhellorara.tumblr.com |ask.fm/rara5494 @rara5494 Pesan dan Kesan: Sama sekali tidak tertarik dengan Jerman sampai akhirnya mencoba untuk mengikuti tes untuk Sommerkurs 1 bulan gratis di Walbeck tahun 2010 yang diadakan oleh PASCH – Schulen : Partner der Zukunft di sekolah. Setelah berhasil lolos, mulai jatuh cinta perlahan dengan Jerman. Pada saat itu juga saya bertekad untuk kembali, dan di sini lah saya mencoba bertahan hidup demi mengejar cita – cita :D Terimakasih sudah menerima saya walaupun saya masih minim pengalaman, semoga tulisan saya bisa sedikit banyak membantu teman – teman semua. so, sehen wir uns später in Deutschland? :D
  • Egi

    Apa alamat web Mawista?

  • Jeremy

    Ka rara, sy mau tanya dong. Jadi pas awal ka rara ke Jerman apply visa pake zulassung uni apa? Kebetulan sy sdh dpt zulassung dr uni jena utk studkol di Nordhausen. Sy rencana sdh mau apply visa pakai ini, krn blm dpt info zulassung dr yg lainnya. Yg ingin sy tanyakan, ka rara bgmn cara pertama kali cari tempat tinggal di Jerman ya? Soalnya sy ga punya kenalan, ada temen tp beda kota dgn yg sy tuju. Kalau studentenwek itu hrs yg sdh jd student uni ya? Soalnya sy kan msh hrs ikut Aufnahmetest dulu. Terima kasih ka 🙂

    • Halo, aku uni Marburg, yang paling pertama soalnya tesnya, iya kok gapapa, egal aja. Aku numpang dulu sih sama temenku, kalau mau nanti insha allah aku cariin, kapan aufnahmenya? Iya sebelum kamu dapet studkol, memang lebih baik numpang, atau enggak tinggal di hostel. Ya kalau udah ada temen kan gapapa, nanti pas aufnahme , berangkat ke Nordy deh

  • Sekar

    ka kalo mau cari soal soal tes masuk STK di mana na ? makasih 🙂

    • cari post-ku yang judulnya ada kata langkah – langkahnya, liat di bagian komentar, sama – sama 🙂

  • Yola Septika

    Kita harus masuk studien kolleg di Indonesia ya? Di Jerman bukan ada? Apa untuk mempermudah jadi Studien kolleg di Indonesia? Biaya 90jt itu untuk Studien kolleg kan? Untuk test di Goethe Institut nya berapa? Terimakasih

    • Baca di sini http://www.daadjkt.org/index.php?studienkolleg-1
      Enggak harus, kalo kamu mau, lah aku ini Studkol di Jerman kok, coba baca lagi pos di atas tuh 🙂
      Kalau tes di GI tanya lah sama GI, SMA ku kerja sama dengan GI, jadi cuma dipungut sekitar 100rb rupiah, kalau yang aslinya sila telpon GI 🙂

  • kak rara aduh saya jadi bingung, kak saya baru UN tahun 2014, nah pendaftaran di jerman bukanya kapan kak?
    kalo gak salah aku pernah baca, di jerman daftar kapan aja,tinggal cari tau di websitenya, saya mau daftar di hochschule für technik stuttgart, saya lihat websitenya gak ada tempat buat daftar.
    Kalo saya daftar sekarang ke tempoan kan kak, jadi disana ada musimnya pendaftaran gak kak ? kaya di indonesia, bulan bulan ini pada pendaftaran

    • Halo Bena, kamu harus liat di pos satunya bagian ini “Sekarang mulai agak – agak ribet, pertama kamu bisa tahu universitas yang studkolnya mesti pake Uni Assist apa enggak di SINI”
      Di situ ada linknya yang bisa diklik,di sana kamu bisa liat kapan buka SS/WSnya (SpoilerBewerbungsfristen: Wintersemester bis 15. Juli, Sommersemester bis 15. Januar.) kan kamu tahu kalau semua Auslaender (Ya kecuali dari bagian Eropa) wajib ikut Studkol, jadi kamu harus tahu dulu itu termasuk bagian mana (Setelah aku cari, dia itu bagian baden-wuerttemberg) Nah sekarang kamu cari Studkolnya yang di daerah situ, liat di sini http://www.studienkollegs.de/de/09037/index.html#baden-wuertemberg) Nah, karena yang kamu cari itu bukan Uni, tapi Hochschule, kamu harus daftar melalui STK FH Konstanz http://www.htwg-konstanz.de/Bewerbung.124.0.html) Tuh baca baca lagi, liat kapan tutup, apa aja yang dibutuhin. Bagus sih kamu bisa nyicil dari sekarang, kamu mana bisa daftar sekarang, coba lagi liat persyaratan di pos ku sebelah , emang udah punya SKHUN? :p

  • oh iya kak lupa bilang terima kasih, terima kasih ya kak 🙂

  • anon

    Masih bingung nih les di BBG atau di GI. Dulu ka rara les dimana? Oiya kak aku mau medizin, tp nilai UN kimia ku jeleeeek bangettt mau tau ga brp? 3! Iya 3 nilai UN kimia, trs kan di ijazah digabung tuh sama nilai sekolah, jd 5,4. Nah, masihkah ada kesempatanku untuk Medizin? Katanya kalo nilai UN jelek yang dilihat nilai rapot ya? Tapi sama aja rata2 rapot aku 7,7an -_-. Gimana nih kak bisa engga ya ambil medizin nilai segitu? Ada nilai 3 kimia T__T sarannya ya kak thank you banyak kak sukses ya kak

    • SMA aku dulu ada pelajaran bahasa Jermannya, tapi tahu sendiri kan kalau pelajaran sekolah pasti dasar – dasarnya doang, jadinya aku ikut Klub Jerman di sekolah, sekalian aku les privat sama guru sekolah aku, nah karena sekolah kerja sama dengan GI, jadinya setiap kenaikan kelas ada tes sertifikat di sekolah, dulu aku ga tertarik, tapi karena bilangnya waktu itu, siapa yang dapet nilai tes tertinggi di tes sertifikat A1, bakal bisa ikut program PASCH, tinggal di Jerman gratis selama 1 bulan sama anak – anak dari seluruh dunia, yaudah aku ikut dan alhamdulillah dapet, nah udah terlanjur basah, sekalian nyemplung kan? jadi aku terusin ampe B1. Jadi, bisa dibilang aku ga pernah kursus di GI. Sebenarnya di mana aja bisa, tergantung kamu dan kemampuan sama budget kamu juga. Kalo di BBG, karena kebanyakan yang les di sana buat persiapan aupair, jadi yang lebih banyak diajarin kayak istilah sehari – hari sama gaulnya gitu, mereka punya buku sendiri, materi sendiri, tapi level A1, atau mana kurang jelas. Karena aku udah punya dasar, jadi gapapa sih. GI, ya mereka kan yang ngadain tes sertifikatnya, yang pasti mereka bakal fokusin kamu buat belajar buat tesnya, nah sekarang tinggal kamu aja nih 🙂

      Kalau kamu baca komen – komen sebelumnya , kamu pasti tahu kalau Studkol ga pernah ngasi tau pertimbangan mereka buat ngasi kamu undangan apa enggak. Maaf bukan maksudnya mengecilkan hati, tapi kalau nilai rata – rata rapot kamu segitu.. Kayaknya belum bisa deh. Minimal yang bisa diterima, misalnya di Uni Leipzig itu, nilai yang udah dirubah ke Jerman 1,5. Cara ngitungnya? Silahkan baca yang di bawah ini 🙂

      Rechtshilfebelehrung:
      Die Bewertung bei uni-assist erfolgte ausschließlich in Hinblick auf die konkret
      vorliegenden Studienwünsche und kann bei anderen Studienwünschen oder
      Zielhochschulen unter Umständen zu einem anderen Ergebnis führen.

      Die Arbeits- und Servicestelle uni-assist hat Ihre Dokumente mit größter Sorgfalt geprüft.
      Sollten Ihnen trotzdem Fehler auffallen oder sollten Sie Zweifel an der korrekten
      Umrechnung Ihrer Durchschnittsnote haben, bitte wir Sie, uns darüber umgehend zu
      informieren. uni-assist kontrolliert dann seinerseits die Notenberechnung erneut.

      Sie selbst können in vielen Fällen die korrekte Umrechnung der Note überprüfen. Die
      notwendigen Angaben dazu finden Sie auf einer Website der Zentralstelle für ausländisches
      Bildungswesen (ZaB) bei der Kultusministerkonferenz (KMK) der Bundesrepublik
      Deutschland. Unter http://www.anabin.de wählen Sie das Land aus, in dem Sie Ihre Zeugnisse
      erworben haben.

      Wenn Sie das Land ausgewählt und aufgerufen haben, finden Sie unter „Informationen“ und
      „Bildungswesen“ Informationen zum Notensystem des Landes. Bewerben Sie sich mit
      einem Sekundarschulzeugnis für ein Bachelorstudium wählen Sie bitte dieses Notensystem.
      Bewerben Sie sich mit Studienleistungen bzw. einem abgeschlossenen Studium, dann
      wählen Sie bitte das Notensystem der Hochschulen. Wichtig ist: Für die Umrechnung
      benötigen Sie die Maximalnote (Nmax) und die Unterste Bestehensdnote (Nmin) sowie den
      Notendurchschnitt der Heimatnote (Nd). Die Notenumrechnung erfolgt mit Hilfe der
      „Modifizierten Bayerischen Formel“

      Notendurchschnitt nach Bayerischer Formel

      Nmax – Nd

      ——————– * 3 + 1

      Nmax – Nmin

      Bitte beachten Sie: In einigen Fällen veröffentlicht die ZaB die Notensysteme nicht, in
      einigen Fällen beruht die Notenumrechnung aber auch auf individuellen Systemen der
      Schulen bzw. Hochschulen (z.B. wenn nicht alle Einzelnoten in die Berechnung der
      Gesamtnote einbezogen werden), wir bitten Sie dann, diese zu berücksichtigen.

      Wir bitten Sie, Ihre Reklamationen innerhalb einer Einspruchsfrist von 4 Wochen
      vorzutragen.

      • anon

        Wah thankyou bgt kak! Kayaknya aku di GI aja kak. Ohiya kalo nilaiku segitu kan gabisa masuk medizin, kalo masuk jurusan lain yang bagus tp ga liat nilai itu apa kak? teknik kira2bisa kak? Astronomi gmn kak? Minta saran ya kak danke danke danke ka raraaa 🙂

        • anon

          Ohiya Geowissenschaft sama nutrisi gizi masuk kurs mana kak?

        • Waduh, kalau jurusan lain yang bagus tapi ga liat nilai…. errr gimana ya, masalahnya aku kan bukan bagian yang ngatur seseorang bisa masuk apa enggak, haha, yaudah kamu baca ini dulu
          http://www.daadjkt.org/index.php?studienkolleg-1
          silahkan dibaca sampai tuntas, di situ udah ada ditulis kok, semangat ya nyarinya 🙂

          • anon

            Thankyou kaaaak linknya! Ada semua hehehe

            Hmm kak sebaiknya kalo medizin itu mendingan di indo dulu atau di jerman S1 nya? baru nanti S2/spesialis di jerman. Aku pernah baca katanya penyakit di indo sama di jerman kan agak berbeda karena iklim nya jg beda, jd mhswa yg lulusan luar hrs penyetaraan dulu kalo mw kerja di indon walaupun udah spesialis jg hrs penyetaraan dl kalo mw kerja di indo. Emang bener gitu ya kak?

            Kalo kak rara nanti mw kerja di indo apa di jerman?

          • Iya, yang saya tahu juga gitu, banyak yang menyarankan mending S1 di Indonesia baru keluar, tapi kalau yang lain saja bisa, kenapa saya tidak? Tentunya pengen banget bisa mengabdi buat Indonesia, tapi karena itu masih lama, saya tipenya ikutin air mengalir saja, karena saya juga belum tahu pasti 🙂

          • anon

            Setujuuu! Mereka bisa knp kita gabisa. Sip. Pertama aku jg gitu kak tp yaa gara2 nilai UN aku tidak meyakinkan buat masuk medizin disana.. Apa give up aja buat kuliah s1 medizin dsna.. T_T

            Kak aku seneng bgt comment gapapa kan ya?

            Masalah medizin lg nih kak, aku baca ini–> http://www.studis-online.de/Studienfuehrer/medizin-ohne-nc.php (ga ngerti tp copy paste ke google translate wehehe) kan susahnya medizin disana gara2 NC, masalah yg alternative 1 do artikel itu, wartezeit, jadi sebenernya kita itu udah pasti kuliah di medizin ya tp harus nunggu lama dan sabar buat dapetin bangku di uni. Pertanyaan: 1. Jadi sebenernya univ disana itu tidak menolak bewerben kita ya? Tp kita tungguin aja sampe ada bangku buat kita di uni ya?
            2. Trs di artikel itu mulai dr yg note nya 1,xxxx sampe 3,xxxx bisa bewerben. Jadi note 3 pun boleh aja bewerben?

            udah segitu dulu kak nanti tanya lagi yak. Boleh kan boleh? 😉

      • Fidelis

        ka sorry, aku msh ga ngerti cara konvert nilai indo ke nilai jerman. nilai max itu nilai uan atau nilai apa? trs ada 3+1 itu mksdnya apa ya? mohon bantuan ya..
        thankyou ka

        • Langsung aja kirim ke UA, mereka yang ngurus, nanti mereka yang ngasih tahu nilai kamu berapa 🙂

  • 1.Ya kalo memang ada yang nilainya lebih tinggi daripada kita, ya pasti mereka milih yang itulah, nah bedanya misalnya kita beda tipis nilainya (dari 10 kuota/peringkat, kita peringkat 11) kalau ada yang ga jadi ngambil (kursi kosong) baru kita bisa masuk.
    2.Boleh aja, tapi liat kuota, misalkan 20 orang itu isinya yang notenya 1,2-1,7 yaudah berarti mereka yang keterima 🙂

  • Fidelis

    Ka, aku mau tanya. Kalo mau masuk uni Leipzig, studkol nya namanya Sachsen itu ya? Daftarnya langsung ke studkol nya ya ka?
    Untuk Medizin, studkol M-Kurs ada yg sommer ga ya?
    Makasih banyak ka 🙂 Tuhan berkati.

    • Iya. Enggak, pake Uni Assist.

    • Ada kok, aku Sommer, sama sama 🙂

  • fidelis

    Oh gitu ka. Sama mau nanya lagi nih, kalo dftr studkol ijasah dan rapot hrs dilegalisir di kedutaan ga sih? Trs kalo perlu,yg dilegalisir ijasah dan rapot yg udah di translate atau belum?
    Makasih 🙂

    • Kalau sudah diterjemahkan ke penerjemah tersumpah gaperlu.

  • kak rara ada email yang bisa dihubungin gak? mau nanya nanya banyak 🙁

  • theresia

    kak,kl daftar stk pk : raport + ijazah yg dh diterjemahin penterjemah tersumpah. n yg blm diterjemahin tp dh dilegalisir sekolah n dh legalisir kedutaan ya kak.maksudnya pk 2 2 nya gt.kl skhun nya gk ada gmn (mau dftr tp sp skrg skhun nya blm selesai direvisi di diknas )

  • afifahnm

    kaka rara mau tnya , di jerman part time jobnya gimana ? bisa apa nggal klo disambi sama part time job

    • Udah pernah dijawab, coba dicek lagi di post lainnya 🙂

  • Pingback: FAQ tentang Studienkolleg (Untuk Lulusan SMA) | JERMAN-NDES!!!!!()

  • Anggi Rizky

    Blognya keren dan bermanfaat banget.
    sy mau nanya info t4 kurus bhs jerman di bali. Sy ingin ikut program Aupair ke jerman. Tapi blm bs bhs jerman sama skali. siapa tau tmn2 punya referensi.
    Makasii banyak yah Rara.. smoga sukses di jerman.. 😀

    • Dulu aku kursus sama mantan guru bahasa Jerman SMAN 4 Denpasar, kalau sekarang aku kurang tahu apakah beliau masih buka kursus apa enggak, maaf ya gabisa bantu 🙂

  • Laras

    Halo Kak! Aku mau nanya, kakak dulu tinggal dimana di Nordy? Trus pas pindahan ke STK Sachsen ngurus tempat tinggal yg udh ditinggalin di Nordy gmana? Aku juga mungkin nanti kyk gtu sih. Nanti Januari rencana mau tes di Giessen tp Maret nya ada juga tes buat di STK Mainz. Haha itu aja dulu aku nanya nya.
    Makasih ya kak 🙂

    • Aku kemaren pas di Nordy cuma seminggu jadi nginep di tempat temen, emang disaranin kalo awal awal nginep di tempat temen dulu , atau enggak nginep di penginapan kalo belum pasti tinggal di mana 🙂

  • anon

    ka raraaa wie geht’s? kak rara jadi ambil Medizin kak?

    • Doain aja ya, pengumuman diterima atau enggaknya bulan Agustus atau September 🙂

  • faisal

    assalamualaikum kak,
    maaf kak sebelumnya mungkin ini pertanyaan yang nggak bermutu
    kira kira berapa ya dana yang dibutuhkan buat studkol di jerman ?
    makasih