News Ticker

Praktikum alias Magang di Jerman

Hey Ho!!!!

Yang mau saya tulis di sini ialah tentang apa itu Praktikum dan jenis-jenis Praktikum. Istilah Praktikum di Jerman bukan lah melulu tentang praktik di lab tapi juga bisa berarti magang atau internship di sebuah perusahaan. Mari kita kupas satu per satu jenis-jenis praktikum:

1. Vorpraktikum

Bagi yang sudah belajar bahasa Jerman tentu langsung bisa menerka kapan Praktikum dilaksanakan. Seperti namanya yang mengandung kata “vor” yang berarti sebelum, praktikum atau kerja magang ini harus dilaksanakan sebelum studi S1 dimulai. Biasanya yang diwajibkan melaksanakan Vorpraktikum adalah para calon mahasiswa S1 di FH/HS (tapi tidak menutup kemungkinan di Uni juga diminta) untuk jurusan teknik. Bukti Vorpraktikum biasanya bisa diberikan kepada FH/HS kita berkuliah paling lambat pada akhir semester kedua jadi dengan kata lain kita diberi kesempatan Vorpraktikum di awal perkuliahan.

Kalau mencari Vorpraktikum di Jerman relatif sulit, alasan perusahaan menolak biasanya karena kita belum punya cukup pengalaman dan pengetahuan. Kalau bekerja Vorpraktikum biasanya Praktikant (orang yang melakukan Praktikum) tidak mendapat bayaran dari perusahaan namun tetap harus bekerja Fulltime. Pekerjaan yang dilakukan di Vorpraktikum biasanya pekerjaan kasar seperti bersih-bersih, buat teh atau hanya memperhatikan dari jauh pekerjaan pekerja lain.

2. Pflicht Praktikum

biasa juga dikenal dengan Praxissemester. Biasanya dilakukan di semester ke 5 dalam perkuliahan. Dulu saya diwajibkan untuk melakukan Praktikum selama 100 hari bersih (tidak termasuk cuti dan sakit). Karena diwajibkan melakukan Praktikum di perusahaan maka di semester ini tidak ada perkuliahan, tapi bukan berarti tidak bisa mengambil kuliah. Di Praxissemester saya dulu saya tidak perlu membayar Studiengebühren, hanya cukup membayar Semesterbeitrag.

Untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan tentunya kita harus melamar seperti halnya para pencari kerja lainnya. Kita harus mencari di internet atau bertanya kepada dosen perusahaan-perusahaan yang menawarkan tempat-tempat Praktikum. Isi lamaran standar, seperti melamar pekerjaan yaitu surat lamaran pekerjaan, CV dan ijazah.

Praktikant biasanya banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan karena di Jerman ada sebutan bahwa Praktikant adalah tenaga kerja murah. Perusahaan-perusahaan senang karena mereka punya skill namun hanya perlu digaji kecil. Meskipun terbilang kecil dulu saya dapat gaji 700€ dengan tambahan uang rumah sebesar 200€ per bulan dan uang liburan. Waktu kerja per minggu 37 jam per minggu dan diperbolehkan mendapat cuti 2,5 hari per bulan. Pekerjaan yang dilakukan sama seperti pekerjaan sehari-hari pekerja lain dan biasanya ada proyek sendiri.

Beberapa FH/HS hanya perlu melakukan Pflicht Praktikum selama 3 bulan saja tapi biasanya perusahaan mencari praktikant untuk 6 bulan. Untuk masalah izin kerja tidak perlu khawatir, karena ini tidak terikat dengan jumlah hari izin kerja di Aufenthaltstitel kita jadi kita tidak perlu meminta izin tambahan untuk bekerja.

3. Freiwilliges Praktikum

Sebenarnya ini sama seperti Pflicht Praktikum tapi tidak mendapatkan kredit poin dari universitas. Izin kerja freiwilliges Praktikum terikat dengan izin kerja mahasiswa yang 120 hari. Jadi kalo kita harus melakukan praktikum lebih dari jumlah hari kerja yang diizinkan, kita wajib meminta perpanjangan izin kerja ke kantor imigrasi.

Perlu diingat Praktikum berbeda dengan apa yang disebut HiWi dan Werkstudent

Last 5 posts by sandisanjoyo

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
  • Nana

    salam kenal mas sandy..saya nana..saya kan skrg llagi au pair di jerman lalu saya mau ngelanjutin ambil bachelor di FH worms..tapi setelah saya baca2 mahasiswanya diharuskan untuk punya sertifikat vorpraktikum plg ngga 12 minggu. lalu cara untuk dapetin magangnya gimana? dan visa nya diubah jadi visa apa ya? kan secara kalo mau ubah jadi visa student harus ada zulassung dr uni dulu..mungkin ada saran atau nasihat..makasih banyakk 😀

    • Halo Nana,
      Sebenarnya kalau mau vorpraktikum tidak perlu mengganti visa dulu, saya rasa. Tapi untuk lebih pasti sebaiknya langsung bertanya kepada Auslanderbehorde karena saya tidak tahu apa saja yang diperbolehkan untuk Au Pair.

      Untuk dapetin magang tentu kamu harus mengontak langsung ke perusahaan yang kamu tuju, dan biasanya perusahaan tidak mencantumkan vorpraktikum di bagian lowongan jadi harus bertanya terlebih dahulu pada perusahaan apakah mereka memnyediakan vorpraktikum atau tidak.

      Saran saya: karena kebetulan kamu au pair tentunya kamu punya koneksi ke orang Jerman. Bertanyalah pada koneksimu apa ditempat mereka bekerja ada tempat vorpraktikum di bidang yg kamu inginkan. Karena mencari vorpraktikum ini relatif sangat sulit tanpa punya koneksi.
      Saya tidak tahu apa kah di FH-Worms ada kelonggaran memberikan sertifikat vorpraktikum atau tidak. Bila ada kamu bisa mendaftar dulu agar bisa mengajukan penggantian visa baru setelah itu mengerjakan vorpraktikum.

      Semoga bisa membantu 🙂

  • Gerry O

    Selamat siang kak, saya mau nanya tentang vorpraktikum. saya selesai studkoll februari 2014, dan jurusan yg saya ingin adanya di wintersemester, dan syaratnya harus mengikuti vorpraktikum dulu, nah apa selang waktu stelah selesai studkoll sampai sebelum masuk perkuliahan saya bisa mengikuti vorpraktikum (kurang lebih 6 bulan)? dan bagaimana langkah2nya untuk vorpraktikum? apa kita harus meminta semacam bescheinigung dr uni yg kita tuju, kl kita ingin ikut vorpraktikum? Danke kak.

    • Konnichiwa!!!
      Hai Gerry, kamu tidak perlu minta Bescheinigung dari Universitas yang kamu tuju. Yang perlu kamu lakukan adalah melamar ke perusahaan yang kamu tuju. Biasanya juga karena Vorpraktikum tidak mendapat bayaran sehingga tidak perlu mendapat izin tambahan dari arbeitsamt atau abh.
      Selamat melamar, semoga berhasil 😀

      • Gerry O

        ach soo, tapi setelah kita selesai Vorpraktikum, kita dapet semacam sertifikat yang bisa di pake untuk kelengkapan dokumen pendaftaran uni kan? aminn, terima kasih kak jawabannya 😀

  • Kak, misi mau nanya, kl saya lulusan S1 yg sdh bekerja dan mau mengulang S1 di Jerman (tapi beda jurusan), apakah pengalaman kerja saya sdh dianggap vorpraktikum walau tdk berhubungan dg jurusan yg akan sy ambil (tp berhubungan dg jurusan sy yg sebelumnya) atau hrs mengulang lg? trims 🙂

    • Halo Verine,
      sebenarnya vorpraktikum itu lebih ada hubungan atau tidaknya pekerjaanmu dengan jurusan yang AKAN dituju. Yang terpenting aturan-aturan yang diberikan universitas tentang vorpraktikum terpenuhi.

      OOT dikit ya, saya tidak menyarankan untuk mengulang S1 lagi apalagi sudah pernah mendapat S1 karena setidaknya untuk selesai S1 lagi di Jerman butuh waktu kurang lebih 4 tahun, apa tidak sebaiknya melanjutkan S2? Saya pikir agak sayang usia.

      Semoga jawaban ini membantu ya 😉

      • Oh, gitu, makasih kak atas infonya

        Iya si kak, sy jg awalny berpikir bgt..tp S1 yg mau sy ambil ini berbeda bgt sama yg ud pnh saya ambil, dan sy liat, jrusan S2 di sana meminta S1 yg sama. Sy memang skrg jauh lbh tertarik dg jurusan baru itu jd rasany bkl mubazir kl S2 di jurusan lama. Bs jg kuliah S1 di sini smbl kerja trus ntar S2 di sana, tp kl kelas malam kan susah dpt yg jurusanny diakui di sana y kak dan kl cuma mengandalkan kursus/les/training tanpa pendidikan formal atau gelar bkl susah utk S2 di sana atau bahkan utk kerja di Indo, yg mayoritas minta background min S1, makany sy memutuskan utk S1 di sana. Tp skrg lg liat situasi dl, siapa tahu bs ke sana tanpa harus keluar dr kantor. Oya, sy sptny mau ke universitas applied science, jd kuliahnya yg sekitar 3 tahun 🙂

        Semoga jawaban ini membantu ya 😉

  • kakak sandhy ,salam kenal saya ajid dr mks ,skrg lg lanjutn B1 di jkt .. saya mau nanya kalau kita mau lanjut ke FH harus lewat UNi assist ato nggak usah? trus kalau boelh mnta saran nya ya saya bagusnya ke STK di mana? saya interest nya sama IT ,mobile programming, security IT juga .. makasih 🙂

    • Halo, silahkan baca di post bagian Studienkolleg ya, di sana sudah ada linknya STK yang pake UA apa enggak. Kalau di sini merata semua kualitasnya, sekarang tergantung selera dan kemampuan mau kota besar apa kecil. 🙂 Udah tahu kan STK dibagi jadi beberapa Kurs? Berarti harusnya udah tahu IT termasuk mana, kalo Uni yang bagus atau enggak buat IT,sayangnya aku gatau 🙂

    • Halo Ajid,
      seperti yang diutarakan rara5494, beberapa menggunakan uni Assist beberapa tidak. sisanya idem 😀

  • Setia

    permisi mau tanya,

    saya kan kuliah di indonesia nih semester depan harus sudah internship jadi pengennya nyari dari sekarang.

    kalau mau cari tempat internship/magang di jerman apa aja ya yang harus di persiapkan??

    terimakasih

    • Halo Setia,

      untuk melamar internship tentunya yang harus dipersiapkan adalah surat lamaran, CV, dan Notenspiegel (saya tidak bahasa indonesia resminya, performance record). Tentunya kalau mau mendapatkan internship untuk semester depan sebaiknya sudah mulai melamar dari sekarang karena setiap perusahaan berbeda2 waktu pemrosesan lamaran, 1-8 minggu hingga dapat kabar interview atau tidak, setelah interview bisa memakan waktu hingga 3 bulan.

      • Setia

        Halo Sandi,

        hoo.. tanya lagi, kalau ntar keterima (amin) untuk visanya ngurus visa yang mana ya? kira2 berapa lama? terus asuransi yang di pakai apa? apa bisa pakai asuransi yang sama kalau kita harnackt?

        terimakasih

        • Halo lagi,

          untuk visa yang mana saya kurang tahu karena saya sudah di Jerman sebelum praktikum. Kemungkinan besar visa kerja tapi untuk lebih pastinya sebaiknya ditanyakan langsung ke kedutaan besar Jerman di Indonesia. Waktu mengurus visa biasanya 2 minggu sampai 3 bulan biasanya.
          Asuransi kalau kita Harnackt itu asuransi seperti apa ya…. saya kurang paham… Tapi yang jelas asuransi kesehatan yang diterima di Jerman juga

  • Brilliant F M Thomas

    Halo mas/mba admin, blog ini berguna sekali mempermudah saya nyiapin nanti desember berangkat hehe semoga admin nya juga diberi kemudahan dlm urusannya

    Saya mau nanya, vorpraktikum itu harus kita lakukan sebelum/setelah masuk uni?? Apakah kita harus memiliki serifikat vorpraktikum dulu sebelum kita bisa daftar uni, atau kita bisa masuk uni dulu dan mulai ikut perkuliahan sambil diselangi vorpraktikum??

    Schreiben Sie mir bitte bald 🙂 Danke schoen

  • Grace Daniel

    Halo am Mrs, Merit. pemberi pinjaman yang sah dan dapat diandalkan pinjaman kepada pemberi pinjaman, eh tawaran pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman Hotel, tawaran komersial, yang harus memperbarui semua situasi keuangan di dunia / perusahaan untuk membantu mereka yang terdaftar pemberi pinjaman uang pribadi pinjaman, hipotek, pinjaman konstruksi , suku bunga rendah dari 2% dll modal, pinjaman usaha dan pinjaman kredit buruk pekerjaan, start up. Kami membiayai proyek di tangan dan perusahaan Anda / mitra dan saya ingin menawarkan pinjaman pribadi untuk klien mereka dari USD $ 12.000 sampai $ 8.000.000 euro dan pound saja. Aku memberikan pinjaman usaha,

    Pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, kredit mobil dan pinjaman untuk membayar tagihan. jika kamu

    membutuhkan pinjaman yang harus Anda lakukan adalah untuk Anda untuk menghubungi saya secara langsung

    Dalam: (merithope6@gmail.com)

    Tuhan memberkatimu.

    Hormat kami,

    Mrs: jasa Harapan

    Email: (merithope6@gmail.com)

    Catatan: Semua respon harus dikirim ke: (merithope6@gmail.com). hubungi kami melalui e-mail untuk informasi lebih lanjut

  • Abdiel Justin Gilbert Said

    Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda? Kita
    memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

  • rosereedloanfirm

    Saya
    Ibu Rose Reed, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada
    indaividu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang
    menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami
    memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami
    adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku
    bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat
    email panas kami: (rosereedloanfirm@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami. Ibu Reed.

  • SURYANTO ARIF

    Allah akan pujian
    saudara-saudaraku ,, bagi mereka yang mengatakan terdapat tahu pemberi pinjaman sebenar di internet adalah pendusta, saya mahu anda tahu bahawa masih ada pemberi pinjaman kredit yang baik dan sebenar, dan ada satu yang Allah menjawab doa saya dengan. Saya telah menjadi mangsa penipuan Internet dan saya telah ditipu 53 juta sebelum saya bertemu dengan seorang rakan MOHAMMED MIZAN yang memberitahu tentang satu pemberi pinjaman, pada mulanya, saya ragu-ragu dia kerana pengalaman saya yang lepas, saya takut tetapi kawan-kawan saya tidak memberitahu saya takut bahawa mereka adalah satu-satunya yang dapat membantu saya dalam masalah kewangan saya, saya mengambil keberanian untuk mencuba, jadi saya dihubungi THE HARTFORD PERKHIDMATAN kEWANGAN bagi permohonan pinjaman dan i mematuhi proses yang kerana mereka telah diarahkan dan i adalah meminta detail bank saya secepat pinjaman saya telah diluluskan dan saya mengucapkan tahniah ke atas pinjaman saya dan ia adalah dalam masa kurang daripada 4 jam i mendapat penurunan pinjaman saya ke dalam akaun bank saya, ia adalah seperti mimpi kepada saya dan saya lari ke kawan saya MOHAMMED i telah mendapat pinjaman saya jadi saya menghubungi syarikat bahawa saya telah menerima pinjaman saya dan dalam beberapa miuntes i mendapat e-mel di dan teks dari syarikat itu sejak pembayaran pinjaman saya ini mengapa saya membuat keputusan untuk memberi Maklumat berkaitan ini yang masih ada satu pinjaman pemberi pinjaman sebenar dalam internet dan saya juga cuba untuk memberitahu saudara-saudara berhati-hati supaya anda tidak akan menjadi mangsa seperti saya. jika anda benar-benar memerlukan pinjaman hari ini sila membuat tahu kesilapan tergesa-gesa dan menghubungi THE HARTFORD sekarang dan saya jamin anda pinjaman anda menghubungi mereka kini melalui e-mel hartfordfinancialservice@gmail.com anda masih boleh menghubungi saya melalui Email dafaaldo98@gmail.com lebih info. Tuhan memberkati anda semua

  • NUR VIANI WIDI

    nama saya NUR VIANI WIDI Saya ingin semua orang untuk membaca pesan ini dengan hati-hati bila Anda ingin pinjaman tidak membebani semua publikasi internet pemberi pinjaman kredit adalah semua palsu dan menipu saya ingin membiarkan Anda tahu bahwa tempat terbaik untuk pemberi pinjaman nyata halus pada Berita Papers. Anda akan setuju dengan saya bahwa tidak ada perusahaan atau pendarat palsu dan tidak terdaftar akan muncul di atas kertas berita tetapi Anda dapat baik mereka di internet saya sangat senang untuk berbagi cerita saya karena saya telah menderita dari tangan kreditur situs internet palsu pasti saya akan ingin menyarankan untuk tidak membayar biaya registrasi, biaya transfer, pajak, pembayaran asuransi pada mereka pinjaman pemberi pinjaman di situs ini, saya telah digunakan di sejumlah perusahaan pinjaman dan pemberi pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah meminta saya untuk membayar biaya pendaftaran , biaya transfer, asuransi, pajak dan hak tanggungan beberapa meminta kartu kredit dan jumlah ATM pin kartu saya sangat kecewa dengan setiap pemberi pinjaman saya bertemu di situs ini dan untuk pinjaman saya tidak pernah memberi saya setiap pinjaman dari RM5, sebaliknya mereka menempatkan saya di lebih banyak utang. Aku merasakan sakit karena utang lebih dan kekecewaan saya kehilangan ibu saya tidak punya uang untuk apa-apa, dan saya harus membayar biaya lain untuk mendapatkan pinjaman untuk membuat saya besar semua saya dapatkan adalah lebih banyak utang. Saya sangat senang ketika saya membaca peper berita minggu lalu pada layanan keuangan {THE HARTFORD} yang meminjamkan Kesehatan Ibu Lena Tijani untuk operasi setelah saya membaca ini saya terkejut karena saya bertanya pada diri sendiri pertanyaan, dan berpikir perusahaan yang merupakan perusahaan yang sangat baik karena saya tidak memberikan pinjaman usaha di mana saya akan membuat perusahaan laba meminjamkan kesehatan apa jika orang mati saya pikir, memberi saya keberanian untuk menulis {SERVICE KEUANGAN HARTFORD} dan saya mengajukan pinjaman dari RM 100.000 saya mengikuti semua perjanjian kredit dan prosedur kontrak, saya berpikir bahwa saya tidak mendapatkan pinjaman lagi, tapi aku sangat terkejut ketika pinjaman saya disetujui dan dikirim ke rekening bank saya dengan SMS di telepon langsung saya dalam waktu 12 jam dari aplikasi. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan saya stabil secara finansial ketika saya menulis pesan ini. Oleh karena itu, jika salah satu dari Anda berada di sini untuk mengajukan pinjaman, (hartfordfiancialservice@gmail.com), mereka adalah satu-satunya perusahaan yang nyata, yang lain adalah palsu. Cukup ikuti semua prosedur di perusahaan pinjaman dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman seperti saya berhati-hati dalam pinjaman internet,
    juga menghubungi saya sehingga saya bisa memberikan informasi lebih lanjut tentang (nurvianiwidi@gmail.com)
    Terima kasih untuk membaca (hartfordfinancialservice@gmail.com) dengan cepat dan geniune

  • Ciaran Sheridan

    We are Ireland based major/Direct providers of Fresh Cut BG, SBLC, POF, MTN, Bonds and CDs and this financial instruments are specifically for lease and sale.We are one of the leading Financial instrument providers with offices all over Europe.
    we always deliver on time and precision as Set forth in the agreement. You are at liberty to engage our leased facilities into trade programs, project financing, Credit line enhancement, Corporate Loans (Business Start-up Loans or Business Expansion Loans), Equipment Procurement Loans (Industrial Equipment, Air crafts, Ships, etc.) as well as other financial instruments issued from AAA Rated bank such as HSBC Bank Hong Kong, HSBC Bank London, Deutsche Bank AG Frankfurt, Barclays Bank , Standard Chartered Bank and others on lease at the lowest available rates depending on the face value of the instrument needed, Our Terms and Conditions are reasonable.
    DESCRIPTION OF INSTRUMENTS:
    1. Instrument: Bank Guarantee (BG)/SBLC (Appendix A)
    2. Total Face Value: 10M MIN to 50B MAX USD or Euro
    3. Issuing Bank: HSBC, Deutsche Bank Frankfurt, UBS or any Top 25 .
    4. Age: One Year, One Day
    5. Leasing Price: 4+ 1%
    6. Sale Price: 32+2%
    7. Delivery by SWIFT .
    8. Payment: MT103-23
    9. Hard Copy: Bonded Courier within 7 banking days.
    If you have need for Corporate loans, International project funding, etc. or if you have a client that requires funding for his project or business, We are also affiliated with lenders who specialize on funding against financial instruments, such as BG, SBLC, POF or MTN, we fund 100% of the face value of the financial instrument.
    Inquiries from agents/ brokers/ intermediaries are also welcomed; do get back to us if you are interested in any of our services and for quality service.
    Name : Ciaran Sheridan
    E-mail : ciaransheridan453@gmail.com
    Skype id : ciaransheridan453@gmail.com