News Ticker

*UPDATE JULI 2016* Langkah – Langkah Melanjutkan Studi di Jerman Tanpa Agen (Studienkolleg)

Hallo, nama saya Indira Ayu Daranindra, tapi panggil saja Rara, baru lulus SMA Mei 2012 dan sekarang tercatat sebagai siswi di Studienkolleg Sachsen Sommer Semester 2013. Saya mengurus semuanya sendiri, tanpa agen. Siapa bilang ngurusin sendiri itu susah? Well, emang sedikit ribet, tapi paling enggak bisa meminimalisir biaya yang dikeluarin dibandingkan pake agen (jauh jauh jauh lebih murah) Dan merupakan kepuasan tersendiri bisa mengurus semuanya sendiri, paling enggak kamu jadi tahu prosesnya gimana, perjuangannya juga lebih terasa, juga bisa jadi latihan, saya sadar kalo nanti di sana bakal ngelakuin semuanya sendiri, membuat keputusan sendiri, kalo sekarang aja udah maunya yang gampang dan praktis, gimana nanti bisa bertahan hidup di luar sana? (Asik) Oke, mari kita mulai saja…

UPDATE JULI 2016 : Peraturan pembukaan rekening Deutsche Bank baru : bisa dilihat di sini >> PDF

Jumlah uang di rekening yang harus dibekukan untuk kepentingan imigrasi Jerman yang berwenang nantinya, saat ini minimal sebesar 8.640 Euro.Pemilik rekening diperbolehkan menarik jumlah maksimal sebesar 720 Euro setiap bulan

Jadi yang belum terlalu ngeh sama yang namanya Studienkolleg, bisa check di website DAAD . Di situ lengkap banget dah pokoknya dijelasin dari A sampai Z.

Nah, udah mulai paham kan garis besarnya? Kali ini aku kasih langkah – langkah yang aku dapet dari kak Gilang Juliansyah dengan sedikit tambahan dan komentar (dicetak miring)  :

Kamu udah punya niat, udah punya mimpi, tapi pertama – tama kamu harus…

1) Les bahasa jerman

Hal wajib buat kuliah di jerman: les bahasa, gak peduli mau kuliahnya apa, les bahasa jerman tetep wajib, kamu bisa ikutan proram les bahasa di goethe institut, atau di tempat2 les bahasa jerman yang lain, tapi tetap disarankan buat ikut les bahasa di goethe institut, selain resmi, goethe juga punya lisensi untuk penyelenggaraan tes ZD (Zertifikat Deutsch) yang harus diikuti oleh semua calon mahasiswa (terutama mahasiswa S1).

Buat soal bahasa, disarankan ambil program yang super intensif, supaya target kemampuan bahasa (minimal 480 jam) bisa dapet sebelum pendaftaran ke uni-assist.

Detail les bahasa (A1 s.d. B1)

Jenjang kompetensi A1.1 – A2.1

10 minggu
Rp 6.100.000

5 x per minggu (Senin – Kamis 225 menit + 2 kali istirahat, 30 dan 15 menit, Jumat 180 menit + istirahat 30 menit)
240 jam pelajaran per kursus
Tingkat yang ditempuh: 4 tingkat
Buku pelajaran: Studio d A1 + A2

Jenjang kompetensi A2.2 – B1.3

10 minggu
Rp 6.100.000

5 x per minggu (Senin – Kamis 225 menit + 2 kali istirahat, 30 dan 15 menit, Jumat 180 menit + istirahat 30 menit)
240 jam pelajaran per kursus
Tingkat yang ditempuh: 4 tingkat
Buku pelajaran: Studio d A2 + B1

Ada baiknya kalau kalian ikut tes ZD setelah semua program les bahasa kalian selesai. Tes ZD berlaku buat standar kemampuan minimal bahasa jerman kalian yang diakui oleh pihak studienkolleg.

Itu kalau di GI, kalau kamu mau. Alternatif lain kamu bisa les di Bina Bintang Graha yang lebih terjangkau tapi inget, untuk dapet sertifikat, kamu tetep harus tes di GI.

Kalau kamu sudah punya dasar berbahasa Jerman, atau cuma ingin khusus belajar tentang soal – soal tes penerimaan Studkol, kamu bisa juga les di Bu Indriati, beliau sudah mengajar selama 30 tahun di GI dan merangkap sebagai penerjemah tidak tersumpah, (kamu bisa liat nama beliau didownload_bersetzer_neu_id) jadi soal pengalaman sudah tidak usah diragukan, Beliau biasanya akan membahas soal – soal tes penerimaan dari semua Uni.

Kamu sudah punya kemampuan bahasa Jerman! Hooray! sekarang waktunya…

2)  Legalisir dokumen

Dokumen2 yang harus kalian persiapkan:

Bagi lulusan SMA

  • Fotokopi Ijazah/STTB
  • Fotokopi SKHUN, dengan nilai rata- rata minimal 6.0
  • Fotokopi Rapor kelas 3 Semester 1 dan 2
  • Akte kelahiran
  • Pasfoto

 

Semua dokumen di atas kamu fotokopi 20 lembar, setelah di fotokopi, kamu legalisir ke pihak SMA (Point 1,2, dan 3) dan Kantor Catatan Sipil (Akte Kelahiran) (ingat, setiap halaman harus ada fotokopi+legalisirnya!).

Setelah semua dokumen difotokopi+dilegalisir, kamu susun dokumen nya jadi 1 bundel, urutannya:

  • Ijazah SMA
  • SKHUN
  • Rapor kelas 3 semester 1
  • Rapor kelas 3 semester 2
  • Akte kelahiran

Setelah kalian susun, dokumen itu harus kamu terjemahin ke penerjemah tersumpah, list penerjemah yang ada di indonesia bisa kamu liat didownload_bersetzer_neu_id

PERHATIAN: Alangkah lebih baik jika kamu menggunakan penerjemah TERSUMPAH untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan, aku sendiri menggunakan jasa Ibu Dwi Nugraeni Soemarsono.

PERHATIAN (lagi): Alangkah lebih baiknya juga untuk sesegera mungkin menerjemahkan dokumen, makin cepat dan banyak makin baik, karena dokumen ini sangat penting, jangan lupa sediakan juga fotokopi bahasa indonesia yang dilegalisir. 

Dokuumen sudah mantap semua? Cek. Saatnya kamu untuk membuat Rekening Deutschbank! Kenapa? Kalau belum tahu, bisa baca di SINI  Okay, lanjuts ~

3) Daftar ke Deutsche Bank

Langkah selanjutnya, kalian harus punya uang jaminan sebesar 8040 (UPDATE JULI 2016 : 8.640 Euro ) di Deutsche Bank, pertama, kalian kirim E.mail ke pihak Deutsche Bank buat minta persyaratan buat pembukaan rekening student / Jugendkonto, ini contoh e-mail nya bisa kalian copas:

Sehr geehrte Damen und Herren,

Ich bin (isi nama lengkap kamu), ich komme aus Indonesien und würde gerne in Deutschland studieren. Ich möchte gerne einen Student-Sperrkonto als die Voraussetzung fürs Studium in Deutschland eröffnen. Ich bitte Ihnen, um alle Voraussetzung für den Student-Sperrkonto per E-mail zu schicken.

Vielen Dank

Mit freundlichen Grüßen,

(isi nama lengkap kamu)

Kirim e-mail nya ke sini: db.student@db.com, mereka bakal ngasih formulir yang harus kalian isi. Setelah itu kalian harus transfer uang sebesar 8.690 euro ke rekening Deutsche bank, setelah uang itu ada di mereka. mereka nanti bakal kasih kalian bukti keuangan yang berguna buat pengajuan visa.

Biasanya nih, nunggu jawaban dari DB itu lamaaaa banget, jadi ini aku kasih linknya langsung. Ada 2 Formulir, untuk kamu yang berusia 18 tahun ke atas dan  di bawah 18 tahun 

UPDATE JULI 2016 : UNTUK PERATURAN TENTANG SPERRKONTO  TERBARU  SELALU CEK WEBSITE KEDUTAAN JERMAN 

Sudah diisi? JANGAN DITANDATANGANI DULU Walaupun untuk membuka rekening, kamu perlu surat penerimaan dari Studkol, tapi itu bisa ditunda dulu, yang penting setelah diisi, kamu bisa ke Kedutaan Besar Jerman di Jakarta untuk melegalisir formulir tersebut. Nanti setelah dilegalisir, kamu bisa nunggu surat undangan studkol, baru bisa dikirim ke Deutschbank di Jerman. (Ada sumber yang menyatakan tidak perlu surat undangan, tapi aku mengirim bersama surat undangan) Jangan lupa siapin FOTOKOPI PASPOR YANG BESAR( SETENGAH A4) 3 buah  (1 untuk satpam Kedubes, 1 untuk bagian konsuler, 1 untuk cadangan) dan JANGAN LUPA BAWA PASPOR ASLI (Jangan kayak saya yang paspor aslinya ketinggalan di Bali wakakak, dulu saya kira gabutuh paspor asli :p) Alat tulis juga perlu, tapi jangan bawa tas yang ribet lah, atau banyak gadget, karena pasti bakal disuruh titip ._.

Caranya :

Pertama – tama, kalau kamu tinggal di Bandung, kamu bisa naik Cipaganti ke Blora, pilih yang jam 4, biar nyampenya bisa sekitaran jam 7an lah, ya siapa tahu macet nanti di jalan, ya itung – itung antisipasi lah. Udah nyampe, kamu bisa tanya orang atau enggak jalan sedikit, nyebrang lalu kamu bisa liat pager-ijo-tinggi, nah itu lah KEDUBES JERMAN tercinta, kamu bisa liat di depannya terdapat garis antrian yang penuh dengan orang (Kalo ga ada orang? Siapa suruh dateng pagi banget :p) Pokoknya kamu ngantri aja dulu, saat giliran kamu, kamu bakal ditanyain sama satpam, bilang kalau kamu mau legalisir formulir Deutschbank di bagian Konsuler, lalu kasih fotokopi paspor sebagai bukti identitas. (Ga perlu janjian dulu kayak buat visa)

Dan kamu akan menemukan dirimu di dalam kedutaan, tapi sebelum masuk kamu akan diminta untuk menitipkan segala alat elektronik (ya termasuk HP) oleh 2 orang satpam, 1 wanita dan 1 pria, tasmu akan diperiksa dan kamu akan disuruh melewati metal detector, ambil tasmu dan gantunganloker HP kamu. Proceed to the next step.  (Banyak yang bilang kalo satpam kedutaan galak, padahal sih enggak juga, waktu itu mereka senyum dan nanyain gimana-udah-selesai-urusannya? Pokoknya tergantung gimana kamu sama mereka, jadi usahakan ramah , maka mereka akan ramah kepada kita 😉 Oh iya usahakan juga pake baju resmi lah, yang sopan gitu, santai tapi  jangan pake sandal jepit juga )

Kamu akan menemukan pintu kaca di sebelah kiri dan tangga di sebelah kananmu, jangan naik tangga karena itu untuk mengurus visa (nanti juga bakal ngerasain) masuk ruangan dengan pintu kaca, maka kamu akan menemukan sebuah mesin dengan 2 tombol, pilih tombol kedua (dengan tulisan konsuler) unutk mengambil nomer antrian lalu duduk. Kamu bisa mengambil majalah di sebelah kiri kamu, bisa menonton TV dengan channel Deutsch Welle, juga kalau haus kamu bisa menemukan aqua di sebelah pojok kiri belakang.

Kamu bakal dipanggil oleh seorang wanita Jerman, jangan khawatir, mereka fasih berbahasa Indonesia sekaligus logatnya,kamu akan dihalangi oleh kaca, dan terdapat gagang telpon untuk berbicara dengan petugasnya. Dan bilang kamu ingin legalisir form DB, lalu kasih dokumen tersebut dengan cara mengangkat tutup laci besi lalu taruh dan tutup kembali (yang membuatmu merasa antara kamu tahanan penjara atau apakah-tangan-saya-kotor-banget-sehingga-gabisa-ngasi-langsung)

Biarkan dia mengecek dan ricek, kamu dipersilahkan kembali menunggu di tempat semula, kamu bisa minum baca majalah dan nonton TV. Lakukan berulang – ulang.

Kamu dipanggil kembali, dan disuruh tanda tangan 3x di tempat yang sudah disediakan, lalu SELESAI! (Ada yang bilang kalo hal ini dipungut biaya sebesar 260 Rupiah, tapi pengalaman saya *Nov 12* hal ini gratis! Tidak dipungut biaya sama sekali, tapi jaga – jaga bawa duit lah ya jangan lupa )

Sudah beres! kalo kamu lapar, kamu bisa ke Sevel , tapi emang agak jauh, melewati jembatan penyeberangan, tapi lumayan ngadem sedikit sama sekalian sarapan, mau belanja? Silahkan ke Grand Indonesia yang berada tidak jauh dari sana 🙂

Lalu secepatnya kalian kirim formulir yang sudah dilegalisir tersebut bersama fotokopi paspor dan fotokopi Zulassung (saya menyertakan ini karena saya sudah mendapatkan Zulassung terlebih dahulu) dan beserta surat seperti ini >>dsc_0917

ke alamat yang di atas itu. Biasanya beberapa hari kemudian kamu akan mendapatkan e-mail yang berisi pemberitahuan kalau akun Deutsche Bank atas nama kamu sudah dibuka, tetapi masih diblok, dan jika seperti itu, silahkan transfer uang sejumlah yang di atas, lalu beres! Untuk menggunakan akun ini, setelah di Jerman kamu harus ke bank dan mengaktifkan akun tersebut, kartu, online banking, dan pin akan datang berturut – turut selama beberapa hari 🙂

PERHATIAN: UNTUK KAMU YANG BERUMUR DI BAWAH 18 TAHUN, KAMU HARUS MEMBAWA AKTE KELAHIRAN DAN KEDUA ORANG TUA JUGA HARUS IKUT SERTA DAN KAMU BESERTA FOTOKOPI KTP KEDUA ORANG TUA KAMU.

Langkah berikutnya adalah..

4) Daftar ke Studienkolleg/Sekolah bahasa

Buat persyaratan visa selanjutnya, kalian harus punya surat undangan buat ikut Aufnahmetest (Tes masuk Studienkolleg) dari pihak Studienkolleg, Cara daftar ke studienkolleg:

a. Daftar ke uni-assist

uni-assist adalah satu lembaga yang kerja nya menampung semua berkas2 pendaftaran buat calon mahasiswa asing, yang nantinya berkas2 itu bakalan diseleksi apakah memenuhi persyaratan untuk kuliah di studienkolleg (istilah nya, si uni-assist ini kerja nya mirip makelar, tapi buat studienkolleg).

ACHTUNG: Jangan lupa cek Bewerbungsfrist biasanya untuk SOSE : 1. Dezember bis zum 15. Januar, WISE :1. Juni bis zum 15. Juli. Hal ini berlaku juga untuk Uni Assist!

  1. Melalui Uni Assist

Pertama, buat akun seperti biasa, kamu akan mendapatkan Bewerbernummer, simpan baik – baik bewerbernummer ini untuk melakukan pembayaran. Mulai semester ini, kamu harus memasukkan semua data secara online (Soft Copy) lalu mengirim berkasnya (Hard Copy) ke kantor Uni Assist. Setelah log-in di Bewerber Portal,kamu bisa langsung mengisi PROFIL dan GRUNDFRAGEN, lalu klikSTUDIENANGEBOT SUCHEN dan pilih semester, pilih Abschluss dan Fachrichtung yang diinginkan, lalu klik SUCHE STARTEN, setelah hasil keluar, klik salah satu lalu pilih ANTRAG ANLEGEN, kamu bisa langsung mengisi Antrag tersebut atau memasukkan beberapa Antrag dari Uni/FH lain untuk diisi nantinya. Kamu bisa melihat Antrag kamu dan statusnya di bagian ANTRAG. Di bagian DATEIEN HOCHLADEN UND VERWALTEN kamu bisa meng-upload SOFT COPY dengan berbagai format dari dokumen – dokumen. Setelah kamu mengisi antrag , kamu bisa print antrag tersebut untuk ditanda tangani dan dikirim ke Uni Assist. Jangan lupa untuk mengirim antrag ini secara elektronik dengan mengklik WEITER di bawah bagian ANTRAG DRUECKEN dan mencentang kotak.

Dokumen2 yang harus disiapin & dikirim ke uni-assist:

  1. formulir Antrag auf Zulassung zum Studium yang udah diisi *Jumlah sesuai banyaknya Studienkolleg yang akan didaftarkan)
  2. 1 bundel dokumen terjemahan (SKHUN, Akte kelahiran, dkk.)
  3. 1 bundel dokumen bahasa indonesia (SKHUN, akte kelahiran, dkk.) yang udah dilegalisir sama pihak SMA + KANWIL.
  4. CV/ Riwayat Hidup
  5. Ijazah sekolah bahasa dari Goethe (Minimal waktu tempuh belajar : 480 jam)
  6. fotokopi paspor
  7. Motivationsletter (kalau perlu)
  8. Pasfoto
  9. Bukti pembayaran jasa Uni-assist

 

 

Biaya pendaftaran ke uni-assist :

  • Biaya pendaftaran pertama : 68 euro, Per 2015  = 75 Euro udh termasuk buat biaya pendaftaran ke 1 Studienkolleg
  • Biaya pendaftaran Studienkolleg (kalau daftar lebih dari 1) : 15 euro per Studienkolleg

Contoh: kalian mau daftar buat 5 Studienkolleg: 68 euro + 15*4 euro = 128 euro. Di bukti transfer nya, tulis data diri kamu:

  • Asal negara
  • Tanggal lahir
  • Nama belakang / nama keluarga
  • Nama belakag
  • Buat semester kapan kamu daftar (misalkan: Sommersemester (SS) 2013)
  • Nomor pendaftaran dari uni-assist (kalau ada)

Contoh: Indonesien, 10.07.1989, Juliansyah, Gilang, SS 2013.

ke

Benificiary uni-assist e.V.
International bank code IBAN DE62100208900019055272
BIC/SWIFT-Code HYVEDEMM488
at the HypoVereinsbank
Branch* Filiale Berlin-Charlottenburg
Leibnizstrasse 100
D-10625 Berlin

Semua dokumen di atas, kalau udah ada semuanya, dikirim ke uni-assist lewat DHL, alamat Uni-assist:

 

c/o uni-assist e.V

Geneststraße 5

D-10829 Berlin

UNTUK LEBIH JELAS SILAHKAN KLIK GAMBAR DI BAWAH INI

1.   MENCARI JURUSAN

studienangebotsuchen

1. Klik di sini 2. Pilih Semester yang diinginkan 3.Pilih Abschluss (Staatexamen untuk Medizin) 4. Dan/Atau pilih jurusan yang diinginkan 5. Klik di sini (3 dan 4 bisa dipilih dua-duanya atau salah satu)

 

  2.  MENARUH FORMULIR

Antrag Anlegen

Setelah melakukan langkah no 1 akan muncul daftar, pilih salah satu maka akan muncul halaman seperti ini, setelah memeriksa FACH dan FACHSEMESTER (Pilih FS 1 baik untuk STUDIENKOLLEG maupun UNI) lalu klik (1)

3.  MENGISI FORMULIR I

Antrag bearbeiten

1. Pilih ini untuk menyimpan data 2. Klik ini untuk lanjut ke tahap berikutnya

4. MENGISI FORMULIR II

Antrag fragen

Setelah mengisi pertanyaan di atas klik (1), klik Zwischenspeichern untuk menyimpan

5. UPLOAD DATA (SOFT COPY DARI LIST DOKUMEN)

Antrag Dateien

Berikut ini list data yang diupload, bisa ditambahkan jika kurang lengkap 🙂 1. Klik di sini untuk memberi judul dan memilih data 2. Klik di sini untuk meng-upload 3. Klik di sini untuk lanjut ke tahap selanjutnya Klik Zurueck untuk kembali ke tahap sebelumnya

 6. MENCETAK FORMULIR UNTUK DITANDATANGAN DAN DIKIRIM KE UNI ASSIST LEWAT POS!

Baca baik baik paragraf no 3 ini ya 🙂 1. Klik untuk print form 2. Klik untuk lanjut ke tahap selanjutnya

7. KIRIM SECARA ELEKTRONIK KE UNI ASSIST (UPLOAD FORMULIR)

ANTRAG EINREICHEN

Silahkan dibaca baik – baik no. 1 lalu centang kotak dengan tulisan bercetak tebal dan klik ELEKTRONISCH UEBERMITTELN

SELESAI, ULANGI LANGKAH 1 SAMPAI 7 UNTUK STUDKOL YANG LAINNYA,JANGAN LUPA TRANSFER UANG LALU KIRIM BUKTI TRANSFER (BISA JUGA DI UPLOAD)  BESERTA SEMUA DOKUMEN DAN FORMULIR YANG SUDAH DITANDA – TANGAN  KE ALAMAT DI ATAS 🙂

b. Daftar langsung ke Studienkolleg yang dituju

Kalian juga bisa daftar langsung ke Studienkolleg yang kamu pingin buat dapetin surat undangan Aufnahmetest. Bedanya, gak semua Studienkolleg nerima pendaftaran langsung, kebanyakan udah pake Assist, ini beberapa Studienkolleg yang cara daftaranya langsung ke alamat mereka:

  • STK HS Zittau
  • STK Uni Mainz

Cara pendaftaran sama dokumen2 yang harus dikirim sama kayak buat Uni-assist, beda nya kamu gak perlu transfer uang pendaftaran alias kamu cuma perlu bayar biaya pengiriman dokumen.Yang perlu diperhatikan buat daftar ke Studienkolleg, kalian baru bisa daftar ke Studienkolleg kalau kalian udah belajar bahasa minimal 480 jam, misalkan waktu belajar bahasa kalian 5 bulan, dimulai dari bulan juni. Berarti kalian baru bisa daftar ke Studienkolleg pas bulan oktober.

Sekarang mulai agak – agak ribet, pertama kamu bisa tahu universitas yang studkolnya mesti pake Uni Assist apa enggak di SINI

Jadi uni assist itu kayak makelar, tapi resmi, yang menghubungkan kamu sama uni (kamu memang nanti studkol, tapi kebanyakan daftarnya ke Uni)  jadi gausah takut, memang harus begitu. 🙂

jadi pertama kamu buat akun online di websitenya, terus kamu kirim dokumen kamu semuanya beserta nomor aplikasi yang kamu dapet di akun tersebut, nanti setelah mereka ngasi tau lewat email kalo dokumen udah mereka terima kamu bisa transfer uangnya secepet mungkin biar mereka ngerjainnya, scan bukti transfer lalu tinggal tunggu. Nanti tiba – tiba aja dateng surat dari studkol 🙂

Kalo ga pake uni assist, berarti tinggal kirim ke alamat uninya langsung. Pilih di kota kecil, soalnya biasanya syaratnya ga terlalu tinggi banget lah, kalo di Berlin kayaknya udah harus B2.
Per 2015 semua Studienkolleg minimal B2

c. Daftar ke sekolah bahasa / Sprachschule

Alternatif lain buat persyaratan visa : daftar ke sekolah bahasa. Kamu bisa daftar ke sekolah bahasa di Jerman buat memenuhi syarat visa kamu, cara ini paling cepet, soalnya kalau kamu daftar ke sekolah bahasa, asalkan kamu udah bayar biaya sekolah nya, pihak Sprachschule langsung ngeluarin surat pernyataan yang bisa kamu gunain buat bikin visa dalam hitungan hari. Biaya les bahasa: (saya ambil contoh Hartnachschule Berlin: 219 euro per bulan). Tapi ada yang harus kamu inget, daftar ke les bahasa bukan berarti kamu gak usah daftar ke Studienkolleg lagi, kamu harus tetep daftar ke sana kalau mau ikutan Aufnahmetest

Aku ga lewat kursus bahasa dulu, jadi liat di websitenya langsung ya 🙂

Sekian dulu pengalaman saya, lagi – lagi saya minta maaf kalau ada yang kurang karena kesempurnaan hanya milik Yang Maha Kuasa dan Andra and the Backbone (Oke ini maksa banget) Ini semua berdasarkan kisah nyata dari kehidupan saya dan pendapat saya sendiri, pilihan terdapat di tangan anda 😉

cek indiradaranindra94.wordpress.com untuk post seperti ini

Last 5 posts by rara5494

3.67 avg. rating (71% score) - 3 votes
About rara5494 (16 Articles)
Nama: Indira Ayu Daranindra Tinggal di Jerman: 3 Februari 2013 – Sekarang Kota di Jerman: Leipzig Sekolah/Pendidikan di Jerman: M-Kurs Studienkolleg Sachsen (Universität Leipzig) Hobi: membaca, mendengar, mengomentari (film, musik, buku) , menyasarkan diri Website/Blog Pribadi: heyhellorara.tumblr.com |ask.fm/rara5494 @rara5494 Pesan dan Kesan: Sama sekali tidak tertarik dengan Jerman sampai akhirnya mencoba untuk mengikuti tes untuk Sommerkurs 1 bulan gratis di Walbeck tahun 2010 yang diadakan oleh PASCH – Schulen : Partner der Zukunft di sekolah. Setelah berhasil lolos, mulai jatuh cinta perlahan dengan Jerman. Pada saat itu juga saya bertekad untuk kembali, dan di sini lah saya mencoba bertahan hidup demi mengejar cita – cita :D Terimakasih sudah menerima saya walaupun saya masih minim pengalaman, semoga tulisan saya bisa sedikit banyak membantu teman – teman semua. so, sehen wir uns später in Deutschland? :D
  • C

    Kakak, mau tanya dong kalo S1 Psychologie sebaiknya ambil STK Kurs apa? W/M/G-Kurs? Danke im Voraus yah.

    • Halo, kalau mau jurusan Psychologie STK nya ambil M Kurs 🙂

      • Yohana

        kl d stk münchen bisa M/G-Kurs

      • tata

        ass rara..aku tamatan 2012 juga, mau tanya kalo ngubungin kamu langsung buat bantu ngembimbing aku lewat apa ya?ada twitter ato no whatsapp yg bisa aku hubungin?tolong bantuan nya..thanks

  • C

    Wah danke ya tapi saya dulu di M-Kurs kok pelajarannya nggak ada hubungannya semua ya sama psikologi.. beberapa orang nyuruh saya G-Kurs malah.. oh iya itu dokumennya kalo mau daftar misalnya 3 STK, harus 3 bundel ya dokumennya? Sebaiknya dipisah apa gimana? Makasih 🙂

    • Nah setelah saya tanya sama temen saya jadi tergantung kamu mau masuk Uni apa, misalnya Uni Leipzig, itu dianggep IPA, jadi harus M Kurs masuknya, kalau di Uni lain itu bisa dianggep IPS, begitu.
      Maksudnya ngirim lewat Uni Assist kan? Cukup 1 bundel saja, tapi ya buat cadangan kasih lah 2 bundel hehe, tapi beneran kok, saya daftar kemaren ke 5 Studkol cuma ngirim 2 bundel, sama – sama 🙂

      • C

        Okay deh sekali lagi makasih banyak yah 😀

        • Limbeatrice

          Kak, akhirnya ambil apa? G ya?

  • Dadi A Abdurahman

    Satu Kata buat Mbak Rara… LUUUAR BIAASA…
    Biasanya orang yang bisa memberikan informasi secara rinci seperti ini orangnya rajin dan ulet… Saya bisa pastikan type orang seperti ini akan berhasil dalam menghadapi perjalanan hidup… Semoga..
    BTW Terima Kasih atas segala informasinya yang sangat bermanfaat buat Rencana Sekolah anak saya ke German…
    Semoga Mbak Rara tercapai cita-citanya menjadi orang yang sukses. Amminn..

    • Alhamdulillah, saya senang sekali pengalaman saya bisa membantu yang lain hehe, Amin ya Allah, terimakasih banyak Bapak Dadi, semoga rencananya cepat terlaksana 🙂

  • C

    Maaf mau tanya2 lg soal bayarnya gmn ya? Transfer via bank apa & dlm euro/rupiah? Thx 🙂

    • Oh iya gapapa hehe, jadi kalau mau bayar bisa langsung ditransfer dari bank mana aja bisa kok, yang jelas kita tulis mau berapa Euro nanti banknya yang langsung mengkonversi jumlahnya dari Rupiah ke Euro. Nanti kasih saja semua informasi dari No rekening, BLZ, IBAN CODE, semuanya ke bank, biar aja mereka yang urus 🙂

  • Abi

    Semoga Allah membalas kebaikanmu ya raraa..

    • Amin ya Allah, terimakasih banyaak, sukses juga 🙂

  • faffa

    salam
    mba mau tanya
    uni leipzig pscychologie nya dr jurusan ipa ya? ad yg dr ips? (nama uni nya) danke

    • Halo Faffa, Karena pertanyaan kamu bukan di bidang saya, (saya M-Kurs, inginnya sih masuk Humanmedizin) jadi daripada salah jawab, mungkin kamu perlu lebih giat lagi deh mencari, pasti ada, cuma mungkin kamu kurang teliti saja, oke? Semangat ya, pasti banyak pertanyaan yang sama denganmu, kalau sudah tahu coba dibagi lagi di sini 🙂

  • Ramadhan

    Hallo Mbak Rara, saya Ramadhan. Saya skrg kelas 2 sma dan berencana melanjutkan kuliah di Jerman. Sy skrg les bhs jerman level A1 udah hampir selesai. Perkiraan saya sebelum lulus sma sy udah sampai B1. Apakah bisa dpt ijazah dari Goethe hanya dgn sertifikat B1 yg sy perkirakan waktu belajarnya krg dari 480 jam? Karena sy masih sma, sy nggak bisa les intensif 5x seminggu. Kalo menurut mbak gimana biar sy bisa dpt sertifikat dari Goethe sebelum lulus?

    Vielen dank 🙂

    • ..halo Rama, ini saya bantu jawab ya. Saya jg sekarang lg di Goethe ambil B1. Kalau soal waktu sih itu ga masalah karena uda satu paket sama kursus nya. Jadi harusnya kalau kamu selesai B1, itu berdasarkan standar Goethe kamu uda ikut 480 jam pelajaran, ga peduli kamu itu intensif ato super intensif. Dengan catatan ya, kamu ga banyak bolong aja kursusnya…
      Semoga membantu…:)

      • Ok, makasih banyak buat komen dan sarannya… 🙂

    • Iya benar itu, jadi kalau kamu sudah lulus B1 dianggapnya jam “terbang” (?) bahasa jerman kamusudah 480 jam 🙂 makasih Steve sudah bantu jawab 🙂

      • Ok mbak, makasih atas jawaban dan sarannya.. Semoga sukses dan berhasil survive disana… 🙂

        • Yoi aduh makasih juga yaa, semangat terus 🙂

  • ky

    blognya keren abisss..sangat informatif dg bahasa yang enak dibaca..keep a good work!

    • Wow, terimakasih pujiannya, senang sekali saya bisa ikut membantu di sini :3

  • Umar

    Hallo…
    mau tanya nih ka boleeh kan?hehhe
    1.Jadi kita kirim semua dokumenya setelah dokumen sampe dan ada balasan baru kita transfer uangya gitu?trus setelah transafer uangnya bukti transfer nya dikirim lagi gitu ka maksudnya?
    2. Kelima STK yang saya mau pilih itu saya pilih dari web Uni-Assist atau kita tulis di “Antrag auf Zulassung zum Studium” nya ?
    3. Kalau saya daftar 5 STK, Antrag auf Zulassung zum Studiumnya juga butuh 5 atau satu aja?
    -mohon pencerahanya ya 😀
    Danke im Voraus 🙂

  • Umar

    ralat pertanyaan yang Nomor 1, maksudnya : transfer uang buat uni assist nya itu setelah dokumen sampe dan dikonfirmasi dari uni assist nya?
    trus bukti transfernya kita kirim lagi ke uni assist by DHL lagi?
    gitu

    • Wah pertanyaannya bagus sekali nih, yang belum sempet saya tulis di situ haha jadi begini nih:

      1. Iya bener sekali , nah kalau saya sih yang penting kamu terus saja email – email an sama orang Uni Assistnya, misalnya kalau kamu sudah kirim dokumennya, langsung kirim email, udah transfer duit, langsung kirim email gitu gitu lah nah kalau saya kemarin sih bukti transfernya discan lalu dikirim lewat email deh .
      2&3. Jadi kalau 5 STK, Antragnya juga butuh 5, jadi memang bundelan macam rapor gitu gitu cuma 2 (1 lagi cadangan)

      • Jeremy

        Hai kak. Mau tanya dong, utk lebih jelasnya, hehehe.
        1. Jadi sy transfer pembayaran uni-assist nya setelah ada konfirmasi dr uni-assist kalau dokumen sy telah diterima ya? Jadi kalau uni-assistnya blm ada konfirmasi, sy jgn proses pembayarannya dulu kah?
        Uni-assistnya tdk perlu bukti pembayaran yg asli ya? Cukup discan saja mereka mau terima?
        2. Ka, jadi kalau sy mau daftar 5 STK juga, itu dikirim ke uni-assist cukup dgn 1 amplop saja utk ditujukan ke-5 STK yg sy mau, atau perlu 1 amplop utk 1 STK?
        *Jika hanya perlu 1 amplop utk semua sekaligus, kan Antragnya per masing2 STK, bagaimana dgn bundelan raport,dkk nya, hanya perlu 1 bundelan saja utk 5 STK? Atau 1 bundelan utk 1 STK saja?
        Terima kasih sebelumnya ya 🙂

        • Jeremy

          Sorry ka, sedikit ralat utk #2. Jadi yg perlu dikirim hanya 1 amplop saja yg isinya 5 Antrag + 2 bundelan raport.
          Itu langsung ditujukan utk 5 STK yg sy mau, tapi dgn 1x pengiriman ke uni-assist saja ya?
          *maaf merepotkan 🙂

      • Jeremy

        Hi Ka, mau tanya2 lg dong spy lebih jelas, hehe.
        1. Jadi sy transfer pembayarannya itu setelah ada konfirmasi dr uni-assist bahwa dokumen sy telah diterima? Lalu uni-assist tdk memerlukan bukti aslinya ya, cukup disacn sajakah?
        2. Jadi dokumen yg sy kirim ke uni-assist hanya perlu 1x saja ya? Walaupun sy daftar utk 3 STK misalnya. Hanya perlu dikirim 1x 1 amplop gt? Yg berisikan 3 Antrag + 2 bundelan raport?
        Soalnya yg sy baca2 gt, alamat uni-assist yg dituju, bukannya hrs dituliskan nama universitas yg dituju apa. Kalau kita mau 3 STK namanya ditulis semua kah?
        Terima kasih sebelumnya 🙂

        • Aduh bingung nih jawabnya gimana , pertanyaannya dobel gitu ._.
          Yaudah aku jawab yang aku ngerti aja deh.
          1.Iya bener, harusnya kamu dapet email dulu, nanti di email ada rinciannya kamu harus bayar berapa gitu, setelah transfer, bukti transfernya discan. Kalau mau sih kirim yang asli sih sok aja haha, tapi aku pas itu kirim scannya lewat email cukup kok.
          2. Iya bener, kok ga percayaan amat dah, aku ini saksi hidup lho haha :p Kan kamu daftar 3 STK jadi yang dibutuhin itu 3 Antrag (Ya kan dari Antrag kan UA tahu kamu daftar mana aja, btw tahu kan kalau mau daftar studkol, kita nulisnya nama Uni bukan studkol?) Kalau mau ya tambahin kertas, jadi kamu mau daftar ke mana aja. Kalau bundelan data raport gitu – gitu ya tambah buat cadangan jadi 2. oke?

        • Jeremy

          Sorry ka, jd double gt ya pertanyaannya, soalnya dikira ga ter-post yg pertama 😀
          Oke ka makasih ya atas informasinya uda cukup jelas ttg itu. Nanti kalau sy ada pertanyaan lg, boleh ya ditanya lg 🙂
          Sukses ka kuliahnya 😉

  • umar

    Wah makasih ka Rara, cerah banget sekarang tentang pendaftaran studkol, tdnya saya burem loh tentang hal ini haha
    Saya Insya Allah tgl 22 bln ini berangkat ke Frankfurt, kalau disana ada kendala, lewat blog ini,mohon bantuanya ya 🙂

    • Macam lap kaca gitu ya dari burem jadi cerah, haha, kalo bisa saya bantu, insyaallah dibantu, semangat yaak 🙂

  • galuh

    Halo kak untuk buat DB kurang dr 18 kan butuh akte kelahiran itu aktenya harus di tranlate gak ya? danke

    • Halo Galuh, menurutku sih sebaiknya di translate saja, buat jaga jaga saja, karena nanti buat di Jerman juga dibutuhin akte kelahiran yang ditranslate, okay? 🙂

  • galuh

    mau bertanya lagi dong kak. kita ngirim data2 kita satu bundelan map itu udh termasuk semuanya kan. apakah itu hanya untuk 1 studienkolleg aja ? kalo aku daftar 5 stk berarti aku harus kirim 5 bundelan data2 itu? thx

    • Nah, kalau yang ini sebenarnya aku jawab di komen, tinggal digabung saja, coba liat jawaban di komennya Umar sama C, okay? Sama – sama 🙂

  • Kak, nanya dong, kalau di univ atau college di Jerman, ada batasan umur atau batas lulusan untuk daftar gak kak? Terima kasih,

    • wahidyankf

      Halo Wati.. saya coba bantu jawab yah.. Kalau untuk umur sih nggak ada yah.. karena di sini budget untuk pendidikannya besar, jadi gak ada batasan di umur atau apapun. Kamu bebas masuk kampus mana pun yang kamu mau, berapa pun umur kamu.. 🙂

  • Asbar oktosa

    Hai mbak rara saya mau tanya donk
    Waktu mbak rara mendapatkan Einladung sacsen itu lewat uni assist atau onlineBewerbung

  • umar

    Ich habe in der Uni-Assist Website gelesen, dass Uni Assist am 15. April 2013 schliessen will, Und Schlusstermin für die Bewerbung zum Wintersemester ist für die UNI Kassel am 30. April.
    Deshalb, was muss ich fuer die Anmeldung machen?
    Ich habe keine viele Zeit,wenn ich bei der Post sende.
    Koente ich direkt mein Antrag zum Uni Kassel bei der Post senden?
    Oder muss ich meine Dokumentbewerbung zum Uni Assist schicken?

    Kalau kirim sekarang by DHL katanya sampainya tgl 16 sedangkan uni assist tutup tgl 15 bulan ini.
    *Bingung banget nih ka please mohon bantuanya

    • wahidyankf

      Halo umar.. saya coba jawab yah.. Jelas gak bisa yah kalau emang gitu, karena deadline itu ketat. (sorry to say) Dan harusnya kamu gak bisa baypass ke univnya langsung, kecuali kalo uninya memang mengizinkan. Dan tahu dari mana univnya mengizinkan atau tidak? Silakan kamu liat di website masing-masing univnya.. 🙂

    • CLOSURE OF THE VISITORS’ DESK VALID FROM APRIL 15, 2013

      The universities only advise applicants on application matters. uni-assist is not a Student Advisory Service. It is the privilege of the universities to advise you on application matters. Nevertheless, an increasing number of applicants visit us at our office wishing to get advise – a service we neither can offer nor are allowed to offer. uni-assist therefore closes ts visitors’ desk valid from April 15, 2013 and will return to concentrate on its core tasks. We will be happy to answer your questions on the pre-check of documents via uni-assist by e-mail and telephone.

      Coba dibaca lagi apanya yang ditutup? 🙂

      • umar

        Malu gilaaaaaa guee
        ternyata yang tutup itu bukan uni assiostnyaaa hahahaha *jedotin pala
        satu kendala itu pas ngisi Antrag auf Zulassung zum Studium mau dikirim dari kemarin tapi ragu banget.
        Kalau tidak merepotkan nih ya (kalau tidak merepotkan) boleh ka mba Rara atau mas wahid gitu bantu isi (atas nama dan jurusan mba rara/mas wahid) trus upload di artikel ini.
        Sumpah gk enak banget ngerepotin tapi buat bayangan.
        Semoga Tuhan mencerahkan jalan kehidupan bloggers di blog ini sebagai mana mereka mencerahkan anak bangsa Indo menuju jerman yang mrk impikan, amin :’)

        • wahidyankf

          Halo umar..

          Maksudnya bantu ngisi gimana yah? masih gak ngerti saya.. 😀

          Aamiin.. doa yang sama buat kamu.. 😀

        • Mananya yang bingung? Langsung aja ditanya di sini. Biar yang lain bisa lihat siapa tahu masalahnya sama.

  • hi ka…btw nanya dong,di kota aku tinggal ada agensi yg ngurusin seluruh kebutuhan kita untuk study ke jerman (udah mencakup les bahasa jerman,visa,dll komplit deh smua)biayanya 50 jute,kalo ka yang ngurusin sendiri kira-kira biayanya sampai segitu ngak? sbbbbiabiayabiayanyajute..kalokasendkira@

  • *eh (sbbbbiayabiayayajute…kalokasendkira) ngak usah dibaca ya -_-”

  • Umar

    Yang saya raguin Nomor :
    -#1 (hauptfach sama neben fachnya saya ragu maksudnya apa)
    -#5
    -#9
    -#11
    Danke im Voraus

    • -#1 >> Kamu nyari jurusan apa nanti? Misalnya aku maunya Medizin, ditulis Medizin, fach semester tulis 1, karena aku cuma mau Medizin, jadi cuma nulis satu aja.kalau mau 2, tulis di berikutnya.
      -#5 >> tulis dari tahun berapa sampai kapan kamu sekolah, Dari SD, SMP, SMA, terus tulis tanggal keluar ijazah SMA, terus kan disuruh nulis Originalbezeichnung, jadi tulis “IJAZAH SEKOLAH MENENGAH ATAS” Staat Indonesien, terus pilih nein, terus karena belum pernah studkol jadi kasih garis strip aja, yang setelah itu juga, terus selanjutnya ditanya apa kerjaanmu saat ini, bilang aja deutschlernen
      -#9 >> Tulis alasan kenapa kamu pilih uni itu, yang kreatif, grammatiknya diperhatiin, bagus – bagusin aja tapi jangan pernah bandingin sama di Indonesia, ngerti kan maksudnya? Jadi fokus di kelebihan uni aja, kalau belum tahu baca websitenya, cari tahu dari anak – anak yang udah kuliah di sana gitu gitu
      -#11 >> Kamu mau ikut sprachkurs ga kalo ga diterima pas aufnahme? Biasanya nanti juga ditawarin sih pas Aufnahme, ya macam vorkurs lah, kurs sebelum masuk studkol, ada yang gratis, ada yang bayar, ada yang perlu tes masuknya, ada yang diundang (yang nilai Aufnahmenya kurang lagi dikit aja buat masuk, misalnya) Jadi terserah, dulu aku sih jawab iya, soalnya jaga – jaga kalau kenapa kenapa.

  • tine

    maaf niii emak2 boleh gabung ga?
    kalo sampe hasil SKHUN nya di bawah 6 gimana ni ka???

    • Woh boleh silahkan haha, sebenarnya saya kurang mengerti juga kalau masalah nilai, karena yang menjadi tukang hitung – hitung, konversi dari nilai rapor + UN+SKHUN itu Uni Assist, tapi sepertinya sih bakal dirata -rata semuanya. Tapi saya tidak bisa jamin kalau nilai SKHUN pengaruhnya banyak atau tidak. 🙂 Yang saya tahu pasti kalau nilai dari Indonesia juga berpengaruh untuk mencari Studkol dan Uni. Karena pada saat ujian FSP di akhir Studkol, nilai dari Indonesia bakalan digabung sama nilai FSP 🙂

      • Jadi buat dapetin Zulassung untuk tes penerimaan Studkol, sepertinya studkol melihat nilai rapor dan lain – lain. Baru kalau udah dapat Zulassung, tinggal tes penerimaan, kalau lulus ya masuk studkol, kalo nilainya kurang sedikit mungkin masuk Vorkurs. 🙂

    • Hallo bu tine, menurut yang saya pernah baca, salah satu persyaratan visa studi rata2nya harus diatas 6..

  • Felicia

    Halo, misi nanya ya. Apa transfer dari uni-assist harus nunggu email konfirmasi dari assist ya? Soalnya ak posisinya akan bewerbung ke 4 uni pake assist, jadi setelah diitung2 harus bayar 113 Euro dan udah aku transfer ke konto uni assist. Jadi aku langsung sertakan aja ya kalo gitu bukti transfernya bareng dokumen2 yang bakal dikirim? Vielen Dank!

    • wahidyankf

      Halo felicia.. Gak kok.. Dulu saya langsung kirim aja.. 😀 Dulu saya juga tidak menyertakan bukti transfer, karena uni assist sendiri yang mengabari saya bahwa uang saya sudah sampe.. 😀

  • emily

    hai mba Rara salam kenal ya,,saya mau tanya kebetulan anak saya saat ini sdh selesai UN dan tgl 28 april 2013 ini sdg kursus superintensif di GI setelah itu anak ku berencana kuliah ambil FH dengan jurusan design grafis,, dimana saya harus cari info stk yg ada jurusan design grafis,, krn saya cari2 di internet koq ga ketemu ya,, dan dia berminat di frankfurt,, bisa kasi info ttg jurusan tsb dan stk mana ? bisa saya minta email mba rara atau kalau ada pin bb nya,, makasi ya mba rara atas infonya

  • dienita

    kak mau tanya lagi nih kak, di München itu ada universitas apa aja kak? kebetulan agen-nya aku bilang kalo aku akan kuliah di München, katanya kuliah disana gratis, betul gak tu kak?
    dan katanya, karna München itu daerah pelajar gitu kak?
    aku mau ambil kurs M kak, aku baca coment yg lain, katanya uni laipzig itu IPA mksudnya apa ya kakak?
    kalo boleh tau laipzig tempat untuk pelajar bgus ga kak? dan biaya kuliahnya gratis atau bayar ya kak?

    • Tanya agennya aja kenapa kalau gitu, dia yang bilang ini haha, enggak deng, Aku masalahnya tinggal di Leipzig nih, mungkin kamu bisa ikut grup Facebooknya PPI Jerman dulu terus cari pertanyaan yang sama di situ, atau enggak sepertinya kamu kurang tekun nih nyari infonya, coba lah cari artikel tentang München,nih aku aja nemu

      http://www.study-in.de/de/leben/staedte-info–11873/

      Kalo yang IPAitu maksudnya kalau kamu mau nyari psikologi, di uni itu beda – beda nyuruh masuk studkolnya, ada yang disuruh masuk M Kurs,yang tentunya ada pelajaran IPAnya, ada yang disuruh masuk G Kurs atau apa gitu (IPS) Kalo di Uni Leipzig, harus masuk M Kurs.

      Nah kalo soal kuliah, karena aku masih studkol semester 1 jadi belum terlalu ngeh di sana haha, yang penting fokus dulu, karena kamu udah tau soal NC (Numerus Clausus) ? Dapet Platz buat Medizin aja udah wow banget tuh. (Doain yak semoga bisa dapet :p)Kalau mau liat Leipzig kayak gimana silahkan liat link di atas, cari sendiri lah, banyak kok artikel. Tapi karena dulu aku pas ngirim Zulassung ga ada target kota tertentu (Karena menurutku egal di mana, yang penting aku dapet Studkol haha) Soalnya kalo di analisis lagi, kota besar pasti biaya hidupnya tinggi, memang keliatannya lebih wah gitu kan tinggal di kota besar, bisa shopping, bisa jalan – jalan, tapi masalahnya kamu harus inget lagi kemampuan dan tujuan kamu ke Jerman buat apa? Buat nyari ilmu apa cuma jalan – jalan, gaya doang kuliah di luar negeri dan buat foto – foto? :p Maksudnya berdasarkan kemampuan, kamu tau sendiri, pasti saingan juga banyak , terus kualifikasi bahasa yang diminta juga pastinya lebih tinggi, Karena aku denger temenku yang udah dapet studkol di sana, udah masuk semingguan , diturunin ke Vorkurs karena gurunya menganggap kalau dia ga bisa ngikutin pelajaran. Afgan kan? (sadis maksudnya) Jadi yang penting, daftar sebanyak banyaknya, ikutin semua aufnahme tesnya , biar kalo lulus banyak tinggal milih, Jangan mikirin jauh jauh dulu lah, tes aufnahme dulu, studkol dulu. Jangan diremehin. Kepanjangan yak? sori semoga bisa jadi food for thoughts 😉

  • Elgontory

    Asslamualaikum.. Sya kbetulan dri smk di Mks nih mba, dan ingin mlanjutkan studi ke jerman jga (yaa ingin sperti pak habibie gitu) .. Nah cman mau bertrim kasih banget nih atas informasiny mba 🙂 ini bkalan sngat bermanfaat bgi ank2 yg ingin mlanjutkan studi kesana jga gtuh..amin.. Smoga pahala yg diberikan jga setimpal mba amin.. Thanks skali lgi n goody lucc ya mba(y) dunia alhirat.. See u in Jerman ,amin 🙂

    • Walaikumsalaaaam, terimakasih banyak, komen – komen seperti ini yang bikin saya semangat jawabin pertanyaan walaupun diulang – ulang :’) Terimakasih amiiin, semangat juga, insha allah sukses juga ya ! :’)

  • teh bisa gak tanpa rekening bank … jumlah.a besar banget … budget.a kecil ni bahkan terlalu kecil … tolong bales ke email ya …

    • Waduh masalahnya itu syarat visa, kalo ga bisa nyediain itu berarti ga dapet visa = gabisa ke Jerman. Nanti itu bakal digunain buat biaya setahun di sini bukan ga balik lagi 🙂

  • emily

    Mba Rara makasi banyak atas infonya,, sy sudah buka web ttg diesign grafis tapi msh agak bingung,, maklum kurang lancar Jerman saya ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ. Kasi tau donk mba Rara intinya frankfrut itu nama FH atau uni nya apa ƳϞƍ ada jurusan Design grafis,, itu åĵª ƳϞƍ penting juga kalo ga keberatan paling lambat kapan dokument hrs dikirim utk melamar di UNI/FH tsb,, ohya saya baca tulisan mba Rara ttg ibu Indriati ƳϞƍ sdh berpengalaman ngajar di Goethe slama 30 thn, spt nya sy pernah diajar sm dia, krn 30thn yl sy pernah sampai Mittelstufe (Zaman sy namanya itu,, ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ ) kalau skrg B1 kali ya, bisa sy minta telp atau apa,, agak sy bisa hub bu Indriati,, sekali lagi makasi banyak ya mba Rara atas balasannya n sukses selalu

    • Karena saya ga ngerti kalau soal desain grafis, saya ngertinya cuma buat Medizin hehe.Tapi menurut temen saya yang penting pertama harus Studkol dulu Bu, jurusan G Kurs, kalau mau daftar cari saja Uni / FH yang menyediakan G Kurs, sama bilangnya disuruh gambar – gambar, karena FH minta sekitar 10 atau 25 karya seni. Setelah lulus Studkol pasti nanti banyak juga informasi yang bisa didapat untuk melamar FH. Nomor teleponnya Bu Indriati bisa dilihat di Daftar Penerjemah Tidak Tersumpah :Tel.: 022-727 32 23

      • emily

        Mba makasi ya infonya,, aku sdh telp ibu Indriati, ternyata mba rara kursus di bu indriati ya,, katanya mba rara rajin n tekut ya,, pantas hebat baru Studkoll sdh bikin blog spt ini,, saluuut n semoga mba rara sukses selalu ♈âââ.., mba rara skrg stk dimana, maaaf ga baca dari atas ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ boleh ga aku minta telp mba rara,,

        • Saya di Leipzig, hehe maaf Bu, kalau ada yang mau ditanya lagi, komen di sini saja biar nanti kalo yang lain ada masalahnya yang sama, bisa kejawab hehe 🙂

  • ajid

    assalamualaikum, mba’ saya mau nanya, saya mau lanjut studi di jerman tapi saya lulusan dari smk telkom makassar, kira kira bisa nggak? atau ada persyaratan lainnya? terimakasih sebelumnya 😀

    • Walaikumsalam, setelah saya tanya bisa, ini saya ambil dari grup Facebook PPI Jerman :
      http://anabin.kmk.org/no_cache/filter/schulabschluesse-mit-hochschulzugang.html#land_gewaehlt

      setahu saya tidak semua studkoll menerima ijazah kita yang dari SMK.. contohnya di Kaiserslatern kemarin saya tanyakan di sekretarisnya tidak bisa . dan di bayern dan baden juga tidak bisa.

      kalau menurut data di Anabin, Ijazah SMK itu terakhir dikeluarakan pada tahun 2003, dan hanya jurusan administrasi perkantoran yang bisa digunakan untuk melamar Studienkolleg.
      Saran sy: perhatikan tahun pengeluaran Ijazah Anda, judul Ijazah, dan jurusannya.

      saya juga lulusan SMK, dan kebanyakan hanya di terima di studkol2 daerah timur (köthen,zittau dll..)

      Ellen Diagma Hallo, saya jg lulusan SMK jurusan TKJ. Saya hanya mendapatkan zulassung dari zittau dan FH erfurt (nanti studienkollegnya di nordhausen) atau di privat Leipzig. Kalo pengen di barat, bisa minta surat penyetaraan dari sekolah,di bawa ke diknas. di übersetzung dan di beglaubigung di kedutaan.

      maaf ya ga saya edit, itu saya langsung copy paste hehe, semoga jawabnya memuaskan 🙂

      • ajid

        wahh gitu yah kak? berarti saya harus nyari daftar studkol yang menerima ijazah smk, makasih banyak kak atas infonya..
        haduhh, mohon maaf juga ya kak uda ngerepotin hehe

        • Bener Ajid, hehe iya gapapa santai aja, kalau udah tahu mungkin bisa di sharing lagi ke sini mana aja yang nerima yaa, Oke? Sama – sama 🙂

  • tasha

    Hallo saya Tasha. Vielen dank buat artikel yang sangat membantu ini.
    Semoga kak rara bisa sukses tentunya disana 😀
    Kak, Saya mau nanya. Jadi kakak zulassungnya dari studencollege saja? kakak nggak ngambil sprachkurs disana? dan saya dapat kabar sekarang kalau mau apply stk harus les bahasa kira2 600 jam? benarkah kak? Oiya kak, kakak dulu les super intensif juga di GI? atau les dengan Ibu Indriati saja? Danke im Voraus 😀

    • Halo Tasha maaf ya baru bales, saya lagi sibuk – sibuknya nih, H-9 ulangan umum hehe, doain yaaa 😉
      1.Iya , untuk Visa, saya menggunakan Zulassung dari STK, karena kebetulan saya sudah menyelesaikan B1 (Syarat minimal yang ditentukan untuk mendaftar STK, yang sama dengan 480 jam belajar bahasa Jerman)
      2. Jadi sudah terjawab ya, kalau mau daftar minimal B1 = 480 jam.
      3. Kebetulan sekolah aku ada pelajaran bahasa Jerman, saya dulu selama sekolah privat ke guru sekolah dan dengan Bu Indriati untuk latihan soal – soal tes masuk STK.
      Sama – sama 🙂

  • Sophia

    Danke Rara… habe ich schon alles gelesen, jetzt wüste ich das.

  • Sophia

    Oh.. iya Rara saya mau tanya juga, kalau kira kira surat penyetaraan itu harus dalam bahasa Jerman juga atau boleh dalam bahasa Inggris iya? terus masalah Beglaubing, saya kan sudah berada disini, apakah masih bisa beglaubing di kedutaan Indo yang berada di Jerman?
    terimakasih 🙂

    • Sofiii haha, iya sof aku udah nanya, ternyata kalau mau beglaubigung itu bisa di Rathaus (bayar) atau enggak di ASTA (yang gratis) Nah masalahnya, di setiap kota, ASTA itu beda – beda namanya, coba cari sendiri yaaa 😉

  • salam mbak rara. sya asadul islam alfaroq. saya sudah kuliah di indo tingkat 4 atau semester 8, tpi sya mau lanjut studi s1 lagi di jerman. sya punya rencana supaya bisa lebih cepat ke jerman. sya akan masuk kursus super intensif di goethe institut di jakarta selama 10 minggu 240 jam. dan ambil tingkat A1 dan A2. trus setelah itu sya berniat untuk mengambil kursus tingkat B1 nya di jerman. jadi sya belum daftar ke studkolnya dulu. daftar ke studkol nanti aja pas dijerman. nanti ada temenku yang mendaftarkan aku kursus B1 dijerman. gimana menurut mbak?

    • Halo, bisa aja kok, malah bagus , soalnya jadi nanti kamu bisa lebih lancar ngomongnya, banyak juga kok yang begitu, sukses ya 🙂

  • ka rara , aku udah konsul ke bu Indriati . Katanya salam ke rara , dan tolong kirim pesan ke ibu indriati katanya . ka kata beliau untuk masuk medizin harus dpt nilai rata2 9 setelah semua nilai disatukan ya ? harapan aku tipis dong ka , nilai kelas 3 smt 1 ( 89) ,smt 2 (88) ,UN (72) ,nilai sekolah (85) . jadi baiknya apa terus maju masuk studkol untuk masuk medizin ? terima kasih ka

  • Halo Airus, jadi begini, ga ada yang tahu cara penilaian STK buat ngasih kita Zulassung bagaimana, makanya saya ga berani jawab, kalau kamu mau nyoba daftar mungkin bisa aja, tapi saya sama sekali gatau kamu bisa dapet Zulassung apa enggak. Deutsch kamu sudah sampai mana? 🙁

    • masih nol ka . keluarga jadi ragu masukin saya ke studkol kalau pada akhirnya nilai saya tidak masuk dlm interval 1 di jerman ka . jadi ga harus rata2 9 kan ka ? soalnya saya mati di UN saya ka ,terimakasih

  • Gishela

    Kak Rara, saya mau numpang nanya nih. Sebelumnya saya kasih tahu dulu kondisi saya: saya lulus UN mei 2013 ini, dan sedang menunggu keluarnya ijazah dan SKHUN asli sebagai salah satu syarat. Saya sudah mengirim berkas untuk buka rekening ke DB 5 hari lalu dan tinggal menunggu konfirmasinya. Saya juga sudah lulus B1 januari 2012 (befriedigend : 239 / 300). Nilai semseter 5 dan 6 rata2 91 dan untuk UN 8,9. Saya berencana dan amat sangat berminat lanjut studi ke medizin. Masalahnya disini:
    1. kalau misalnya saya mau ngejer wintersemester itu apa memungkinkan kak? Karena saya dapat info kansnya kecil karena deadlinenya mepet (15 juli).
    2. dengan nilai2 saya itu apa juga bisa kak mendaftar kedokteran? Karena saya dengar nilai rata2 harus diatas 90?
    3. saya juga rencana mau les bahasa di jerman, itu apakah pengajuannya nanti dapat visa studi atau visa turis kak? Dan apakah boleh langsung lanjut daftar stk di sana kak? Apakah untuk ke depannya akan dipersulit untuk visa dengan alasan les bahasa dibandingkan dengan visa dengan sudah ada zulassung dr uni?
    4. saya juga masih bingung dengan apakah banyak lamaran yang dikirim menambah peluang jumlah zulassung yang diterima? Karena ada beberapa kasus, teman abang saya melamar ke 10 uni dapat zulassung 1 (bioteknologi) dan teman lainnya melamar ke 20 uni dapat zulassung 2 (medizin). Berarti kalau saya hanya mendaftar ke 5 uni untuk medizin, kans saya dapat zulanssung sangat kecil dong kak? Bahkan bisa tidak dapat sama sekali?
    Sekian kak, terima kasih sekali sebelumnya atas jawabannya 🙂

    • Halo Gisela,jadi menurutku kayak gini, soal dapet atau enggaknya zulassung itu tergantung dari jumlah pendaftarnya dan kecepatan kamu ngirim juga, ya tentunya nilai juga bakal diliat tapi itu keputusan Studkol, jadi siapa cepat ngirim , dia dapat, begitu karena Zulassung itu terbatas, ga semua yang ngirim bisa dapet Zulassung, masalahnya kita ga tahu ketentuan nilai yang dianggep pantas buat dapet Zulassung apa enggak, jadi itu semua tergantung Studkolnya masing – masing, misalnya yang dapet zulassung dibatasin 20 anak, yang ngelamar 50, pasti diurutin dulu dong yang mana paling cepet sampai lamarannya, dan nilainya paling bagus. Gitu, kayak kemarin aku daftar 5, Uni Marburg, Uni Leipzig, Uni Saarland, Uni Jena (direkt, ga pake Uni Assist) sama Uni Halle, yang aku dapet cuma Marburg, Jena, Leipzig sama Halle, Saarland ga dapet, jadi menurutku kamu harus ngirim secepatnya sebelum Bewerbungfrist. Iya aku daftar semuanya M Kurs soalnya aku mau ngelanjutin Humanmedizin, doain ya 🙂

      Kalau kamu mau les bahasa, itu beda lagi, dapetnya visa persiapan studi, tapi lama enggaknya itu tergantung lagi sama pihak yang berwenang, kemaren aku daftar pake zulassung Uni Marburg, cuma dapet 3 bulan, tapi nanti, begitu kamu dapet studkol, baru bisa diperpanjang, kayaknya aku juga dianggep visa persiapan studi deh jadinya cuma 3 bulan, tapi aku denger sih kalau sprachschule ada yang bisa sampai 2 tahun, apalagi masalah dipersulit ata enggaknya, itu tergantung pihak yang berwenang. Kamu udah daftar sekolah bahasa belum? nanti tanya aja lagi sama mereka, kira – kira bakal dapet berapa lama visanya, gitu. Jangan khawatir lah tapi, selama kamu punya sesuatu yang dikerjain (studkol, les bahasa) yang penting ada alasan yang bener buat perpanjang visa, ya ga masalah 🙂

  • Gishela

    Izin menambahkan juga kak, saya juga minta saran dari kakak, berhubung kakak juga mengambil medizin. Kakak dulu waktu melamar ke uni apa saja yah kak? Dan apakah semuanya medizin atau ada jurusan lain yang penting masih masuk ke m-kurs? Sekalian buat referensi saya. Terima kasih kak 😀

    • Lihat di atas komenmu ya, iya aku cuma daftar Medizin 🙂

  • Rosyid

    Assalamu’alaikum halo kak… makasih bgt ya infonya! udh bantu bgt nih… tp kak mslhnya di kota ak ( SOLO ) kan gak ada goethe.. tp ak udah ikut les Jerman dr kls X SMA… jd kira2 biar aku dapet sertifikat B1/B2 gmn ya kak?? ato klo misalnya ke goethe cmn ikut tes B1 sma B2nya aja gmn ya?? Oh iya… blh tanya kak ?? kira2 klo daftar studenkollege di Heidelberg susah g ya?? atau ada kota yg recomended buat studenkollege ( aku mungki nma uambil biologie molekulare ) Makasih…

    • Walaikumsalaaam Halo Rosyid, di Goethe Institut (Jakarta, Bandung, Surabaya) , selain mereka menyediakan les, juga tesnya, coba kamu telpon dulu, tanya tes gelombang berikutnya kapan. Kalau daftar mah ga ada yang susah, orang tinggal kirim, yang penting itu nilai kamunya sama kelengkapan berkas, sama kecepatan ngirim, makin tinggi juga levelnya, makin besar kesempatan. Kalo aufnahmetest, aku belum pernah nyoba di Heidel, mungkin kamu bisa liat contoh soal aufnahmenya 🙂
      Kalo mau yang berbau – bau IPA, di Studienkolleg emang wajib kudu masuk M Kurs. Di mana aja studienkolleg bagus kok di sini mutunya merata, aku saranin kamu daftar aja banyak – banyak (karena dapet Zulassung itu juga untung – untungan) ikutin tesnya, kalo lulus semua udah deh tinggal pilih 🙂

  • Widhi

    Hallo,
    Terima kasih atas share nya… Saya sudah mengirim email untuk meminta formulir pembukaan rekening Deutsche Bank, tetapi sampai sekarang masih belum mendapatkan jawaban. Btw, boleh minta linknya formulir buat pembukaan rekening ? Di artikel ini belum ada linknya 🙂
    Terima kasih.

    • Ada kok, di paragraf ini , yang dicetak tebal itu berupa link :))
      “Biasanya nih, nunggu jawaban dari DB itu lamaaaa banget, jadi ini aku kasih linknya langsung. Ada 2 Formulir, untuk kamu yang berusia 18 tahun ke atas dan di bawah 18 tahun ”

      Sama – sama 🙂

  • alfarro

    syalom,
    mbak rara, mau nanya, setelah kita ngirim dokumen2 yang telah ditandatangan (dari DB di kedutaan) ke DB di Hamburg, berapa lama kira-kira waktu pembuatan DB account (sampai mendapatkan konfirmasi bahwa account kita sudah dibuka)?
    trus waktu transfer uang, berapa lama waktu pihak DB memberikan konfirmasi bahwa account kita sudah diisi uang 8090 euro?
    vielen dank, ich wuensche dir einen schoenen Tag!

    • Waduh kalau ga salah saya abis ngirim dokumen itu semingguan, terus karena entah kenapa lagi hoki atau gimana, 3 hari setelah transfer uang langsung dikasih konfirmasi 🙂

      • alfarro

        kalo saya apply.nya tanggal 01.07.2013, kira-kira jadinya kapan yah mbak? soalnya untuk membuat janji dengan pihak kedutaan untuk apply visa.

        • Karena saya bukan peramal yang bisa tahu masa depan, yang bisa saya saranin cuma, mending tunggu dulu sampe semua beres baru buat janji, dulu saya juga sampai ga tidur semaleman mantengin website kedutaan biar dapet termin yang dibatalin biar lebih cepat juga.. 🙂

  • afdy clinton

    kak rara saya dari sesi tanya jawab di suruh lari ke sini hehe mau nanya dong saya kan insyaallah bulan depan msk gute nah trs rencananya mau ambil IT nah itu T-kurs kan? itu testnya apa aaja ya? kalo ada nih mau dong latian2 soalnya :p hehe

    sama kalo manajemen IT ambilnya W-kurs kan? hehehe itu juga apa aja testnya kalo boleh tau :p

    terus nnti kalo dari gute misal kan saya mau ambilnya T-kurs nnti di ajarin testnya selain bahasa gak kak? kan pasti ada selain bahasa gitu makasiiih sbelumnya 😀

    • Y

      semua tes Aufnahmeprüfung, Penerimaan siswa di Studienkolleg biasa nya sebagian besar Deutsch + Mathe dan beberapa ada di tambah Chemie, Physik, dan bahasa Inggris. ( Untuk T-Kurs )
      Tergantung uni masing2. coba ubek2 Webseite Uni nya aja jangan mau nya di cariin orang terus 😀

      nggak, Goethe cuman sekolah bahasa jadi ya gak di ajarin yang di tes in di Aufnahmeprüfung nya,

  • afdy clinton

    sama mau nanya kakak kan cuma ada sertifikat B1 dan ZD nah itu kan kalo masuk T-kurs kata temen saya subjectnya kena :

    deutsch,math,fisika

    nah kalo boleh tau kakak belajar itu semua dari mana apa di goethe di kasih latihan2 math dan fisikanya jga? tolong pencerahan kak @.@

    terus kalo boleh tau materinya itu apa aja? dari kls 10 11 12? atau 12 aja atau gmana? hehehe makasih kak sbelumnya 😀

  • afdy clinton

    kak tolong di check deh ini bener ga soalnya pake gugel trsnlate kalo ada minusnya tolong koreksi ya kak :

    Entschuldigen Sie mich, ich war zu Hause unterrichtet Studenten

    Ich möchte fragen, ob es möglich ist, für mich in Ihrem Kollege Studien zu bekommen. jetzt habe ich das ‘Diploma Package C’, die in der Bilanz der “High-School-Diplom” ist vergangen, ich habe ein Zeugnis jedes Semester (Semester 1 bis 6), und ich habe die Werte und die Lektionen, die ich von meinem Hausunterricht, welche ich habe eine komplette Report Card bedeutet das gleiche wie Gymnasiasten. mein 1 Semester report card von der High School, dann zog ich nach Hausunterricht und bekam 2,3,4,5,6 Hälfte report card

    (Gründe für Homeschooling, weil ich ein Stipendium von Junior Golf commonwealthbank vor)

    Bitte geben Sie antworten, wenn Sie bitte

  • afdy clinton

    weil ich ein Stipendium von der Commonwealth Bank Junior-Golf

    • Errr.. kamu kan mau masuk Goethe, tanya di sana aja gimana? Pake bahasa Inggris juga gapapa kok, kalau google translate mah grammarnya berantakan, daripada aku juga salah, kalau ga kamu minta tolong di Goethe, atau enggak pake bahasa Inggris aja, sori ga bisa bantu 🙂

  • Saya post pertanyaan yang saya dapat dari tempat lain :

    Yuqqa Macdalena

    Halo Indira,
    I’ve just read your blog about your story Preparing Study to German without an Agen.
    I think you’re the right person whom I can ask for some questions regarding the Blocked Account that we must have by DeutscheBank. I keep struggling how I actually suppose to arrange the-paper-thingy to the embassy.

    Aku sudah mendownload formular untuk Kontoeroeffnung itu. Nah terus ada tulisan “Füllen Sie das angehängte Formular „Eröffnung einer Bankverbindung/Sperrkonto für ausländische Studenten“ ausschliesslich am PC aus…” (kita harus isi itu dari komputer sebelum di print?? bukannya seharusnya kita print dulu formnya baru nanti kita isi manual tulis tangan deh dengan pulpen?? apa mungkin aku yang salah mengerti bahasanya)

    Di blog kamu menulis, setelah form itu sudah disi jangan ditandatangan melainkan kita legalisir di Kedubes. (Kenapa kita harus melegalisir aka copy form yang sudah kita isi ini? bukannya toh form yang asli dengan tulisan tangan kita ini yang perlu kita kirim langsung ke Deutschebank German?

    Jawab:

    Iya bener, itu untuk lebih memudahkan , jadi bukanya lewat Adobe reader, nanti tinggal isi sama print, sebenarnya sama saja sih hehe.

    Iya , benar sekali, nanti formnya itu yang dikirim, masalahnya untuk buka konto, di belakang formulir itu harus ada cap stempel dari Kedubes, mungkin biar bisa mastiin kalau kita buka konto itu memang ada alasannya (Kerja, studi) gitu, nah untuk dapet cap, itu kita harus tanda tangan di depan petugasnya. Abis itu kita kirim sendiri .okeh semoga bisa membantu, sama sama

    tolong bantuannya ya. Terimakasih

  • jean

    Kaa rara atau siapapun ak msh kurang ngerti, ak pngen kuliah di german tahun depan. Ka rara ak mohon bantuan kk rara. 🙁

    • Apanya yang ga ngerti? Kamu lulusan SMA atau gimana? Udah punya sertifikat bahasa apa belum?

  • emily

    Mba rara,, aku msh bingung utk daftar ke uni assist,, bisa di pandu ga caranya,, saat ini aku lg siapin dokument utk terjemahan, krn sampai saat ini SKHUN anak ku blm turun dari sekolah,, nah setelah dokument diterjemahkan,, rencana anak ku mau sprachkurs dulu di berlin,, kalau sdh dpt undangan dari BSI (kebetulan aku pilih BSI utk anak ku) maka aku segera ajukan visa ya,, nah apakah bisa kalau aku sekalian daftar di indo juga via uni assist ? Atau anak ku sendiri ƳϞƍ daftar disana saat dia mulai sekolah bahasa ? Tapi kan kalau disana,, sdh terlambat pendaftaran nya,, saat ini kan anak ku lg di GI msh A2, dan B1 nya selesai bln okt,, nah kalau daftar studkoll kan blm ada B1 nya,, itu gimana ? Mungkin ga siii bisa daftar dari sini ? Mohon saran nya ya mba,, aku bingung antara mau daftar studkoll atau kosentrasi sprachkurs dulu,, abis batas pendaftaran sekitar sept kalau ga salah utk studkoll nya

  • Kalau mau daftar Studienkolleg, harus minimal sertifikat B1 sudah di tangan, Bu. Jadi menurut saya , mending anaknya sprachkurs dulu, baru daftar.

  • Salam kenal Mba Rara. Mohon informasinya. Apakah kita harus mengirim email kepada Deutsche Bank dan menunggu balasan dari mereka untuk membuka sebuah account (email untuk minta registration form)?

    Di atas telah Mba Rara memberikan link untuk mendownload form registrasi untuk membuka account di Deutsche Bank. Apakah ini berarti kita bisa men-skip tahap membuat email dan menunggu balasan mereka? Apakah kita bisa langsung mendownload sendiri form tersebut, lalu pergi ke kedutaan untuk disahkan?

    Terimakasih sebelumnya.

    • Salam kenal juga Pak Budiarta, iya benar sekali, jadi pertama yang harus dilakukan, download form registrasi, isi tapi jangan ditandatangan dulu, lalu pergi ke kedutaan untuk disahkan. Setelah disahkan, jangan lupa buat surat pendamping seperti yang terlihat di foto di atas, lalu kirim ke DB yang ada di Jerman. Sama – sama. 🙂

  • Gishela

    Kak Rara, saya izin nanya lagi yah.
    Saya kan cuman punya sertifikat B1 itu pun befriedigend, tapi saya rencananya (kayak Kak Rara) mau ngambil medizin juga. Nah, tapi saya denger2 lagi sekarang syaratnya rata2 B2, dan kalau saya nekat maksain daftar studkol jurusan medizin kans dapat panggilannya diragukan. Kalau misalnya saya daftar pharmazie atau biowissenschaften yg masih masuk ke m-kurs, asal nanti nilai akhir studkolnya 1,xx, apa memungkinkan kak nantinya saya daftar medizin untuk uninya?
    Saya tanya beberapa orang ada yg bilang bisa, ada yg ragu soalnya medizin memang sulit masuknya. Kalau pun bisa, kakak ada contoh nyatanya gak kak? Maksud saya temen kakak atau senior kakak yg studkolnya melamarnya bukan medizin (tapi masih m-kurs) tapi tembus masuk medizin untuk uninya? Soalnya saya masih ragu kalau belum lihat bukti langsungnya.

    • afdy clinton

      makasih ya kak balesannya 🙁 saya msh blm dpt hasil sama sekali

      • Maaf ya Afdy, gabisa bantu banyak, lebih baik biar pasti nanti tanya di Goethe deh yang pas seminar tuh, oke?

    • Haha iya silahkan, jadi gini, pertama kamu harus tahu kalau di kota besar itu minimal B2, tapi setahu aku Leipzig menerima B1, lebih baik kamu cek aja ketentuannya, tapi kalau nekat sih boleh, aku juga gatau Studkol maunya yang kayak gimana. Iya memang susah , apalagi per Uni dibatasin jumlah Ausländernya (Numerus Clausus). Kalau menurut orang – orang sih ya, nilai 1,7 minimal buat bewerben. Tapi itu untung”an juga, tergantung nilai rata – rata yang daftar gitu. ada juga yang cerita, nilainya 2 bisa masuk. Tapi memang ada pilihannya gitu, tapi menurutku, yang penting kamu maunya masuk apa ? Medizin? Ya udah dicoba dulu masuk Studkol, masuk studkol aja belum, jangan lah dulu berpikir jauh 😉 Aku September udah masuk semester 2 yang seharusnya mulai mikirin itu. Nah btw, kalau misalnya memang udah mentok, FSP ga lulus misalnya (amit -amit) nah itu bisa belokin jurusan, mau ke Biochemie apa gimana gitu yang penting dasarnya perlu M Kurs. Kamu ga mesti daftar jurusan Uni yang sesuai kayak pertama kali kamu buat daftar studkol kok. Jadi tolong bedain M Kurs sama Medizin, M-Kurs itu di Studkol, yang mau ngambil Medizin di Uni wajib menjalani M Kurs. Ga boleh patah semangat, aku mau coba sampai mentok dulu baru mikirin alternatif. Inget, yang lain aja bisa kenapa kamu gabisa, tapi yang paling penting yang harus kamu pikirin, kamu maunya nanti kuliah jurusannya apa? Medizin? Atau Teknik? karena itu butuh Kurs yang berbeda di Studkol, nah kalau misalnya Medizin, ya udah kamu masuk Studkol M Kurs, nanti soal jurusan itu urusan belakangan apa masih bisa diperjuangin ga Medizinnnya? Apa harus nyari jurusan lain? Yang paling penting kamu belajar buat Aufnahmetest, jangan diremehin, temen angkatanku masih ada yang nyari Studkol karena kemaren gagal. Oke?

  • Jeremy

    Hai ka rara, mau tanya lg dong 🙂 Ka, biasanya dapet zulassung studkol (yg applynya direct ke univ) itu brp lama ya? Dulu ka rara dptnya brp lama stlh kirim? Kalau yg via uni-assist katanya lama ya bisa 2-3 bulan? Sy apply studkol utk winter 2013 ini, applicationnya sdh sy kirim yg via uni-assist dan yg direct univ. Thanks ka 🙂

    • Jangan takut, ga mungkin ampe 2 bulan, pokoknya ga mungkin ampe kelewatan lah tesnya, studkolnya pasti juga mikir, 2 – 3 mingguan, sabar aja ya, memang bikin deg -deg an kayak nunggu visa jadi hehe.

      • Jeremy

        hehe, oke kak makasih infonya 🙂

  • Lyza

    Hallo Rara salam kenal. Trima kasih untuk informasinya, sehingga saya tak terlalu bingung untuk mencari tau studkol untuk anak saya. Ada pertanyaan, apakah akta lahir yang dicopy harus di legalisir juga, atau cukup kuat dengan terjemahan yang dilegalisir kedutaan? Terima kasih>

    • Halo Bu Lyza, saya kurang mengerti pertanyaan ibu, setahu saya fotokopi akte kelahiran dilegalisir di kantor catatan sipil ? Dan kalau akta kelahiran yang diterjemahkan itu, kalau ibu menerjemahkannya di penerjemah tersumpah, berarti sudah benar. 🙂

    • Yohana

      numpang jawab ya ra.
      halo bu lyza. lebih baik akte kelahiran yg di copy dilegalisir juga utk mencegah masalah, siapa tahu dibutuhkan untuk ke depannya (misal untuk menikah di jerman, siapa tahu mereka minta yg sudah dilegalisir). tapi bisa jg membawa tambahan beberapa lembar akte kelahiran yg tidak dilegalisir untuk urusan ke kedutaan Indonesia, seperti mendaftar diri atau pembuatan passport.

      grüß.

      • Delyza

        Thanks Rara dan Yohana.

  • Soundy Satriani H

    Halo ka, saya mau nanya, kalo kuliah di jerman itu berapa lama ya?sama kaya di indonesia atau lebih lama atau gimana?makasih ka 😀

    • Kurang lengkap nih pertanyaan, kuliah jurusan apa? Karena kuliah kan macem – macem tuh 🙂

      • Soundy Satriani H

        kalo ttg jurusannya ada infonya nggk ka?aku boleh minta linknya nggk?….oh iya,kan aku baru naik kelas 2 SMA ka,nah jadwal buat kursus di GI itu ko pagi doang ya ka?kalo misalnya ganti jam bisa nggk ka?soalnya aku sekolah pagi T_T kalo kaka dulu waktu di GI jadwalnya gimana ka?makasih ka…. 🙂

        • Yang mau kuliah di Jerman saya apa kamu? Haha usaha dulu gih cari sendiri, kan itu kamu yang mau, kamu yang tahu minat sama kemampuanmu. Aku ga pernah les di GI, ya tanya dong sama GInya, oke? 🙂

    • Yohana

      numpang jawab ya.
      umumnya, untuk bachelor, di UNI itu 3 tahun, di FH 3,5 tahun.
      di FH 3,5 tahun karena mereka punya 1 praxissemester (1 semester utk buat praktikum), sedangkan uni gak punya 1 semester khusus utk itu.
      ini gak berlaku untuk jurusan kedokteran. kedokteran kira2 13 semester.

      grüß!

  • Aldrin

    Halo Kak,
    Aku mau nanya nih, ini antrag yang diisi langsung di web uni assist buat masuk stk sama dengan yang ini gak sih?
    http://www.uni-saarland.de/fileadmin/user_upload/Studium/bewerbung/internationale/zulassungsantrag_dt.pdf
    apa aku isi form yang dari link itu atau isi form yang ada di uni assist saat bikin applicationnya?
    terimaksih kak

    • Sama kok, tapi harus diinget juga selain kamu ngisi online , kamu harus juga nyediain hard copy, alias itu nanti diprint, jumlah sesuai studkol yang kamu mau , sama sesuaiin sama berkasnya, baru kirim ke UA, karena dia cuma sebagai penyalur berkas kamu itu ke Uni. 🙂

  • Wulan

    Ka rara aku mau tanya dong, kalo raport kelas 3 smt 1 dan 2 harus di legalisir ke kanwil juga?

    • Ga usah, legalisir di sekolah aja cukup 😉

  • rhesa saputra

    mba rara, aku pengen bnget kuliah di jerman , tpi belum ada sm sekali pengetahuan tentang jerman , tapi dsekolah saya jg bljr bhsa asing yaitu bhsa jermna

    • Sudah bisa buka blog ini, berarti sudah bisa pake internet dong kan? Banyak banget informasi di luar sana, tinggal kita aja rajin apa enggak nyarinya, semangat belajar bahasa Jerman ya, kalau kamu niat pasti bisa! 🙂

  • nufus

    Suka banget tulisannya..sy seorang ibu yg lagi nyari info kuliah di Jerman buat anak saya. Walau anak sy msh kls 3 SMP, ga ada salahnya ngumpulin info dari sekarang hehe..

    • Iya, Bu seneng bisa membantu, semoga anaknya bisa ngelanjutin ke sini setelah SMA 🙂

  • Gery

    Halo indira,info nya membantu banget yg mau kulia di jerman 🙂

    saya mau tanya,klo ke jerman pakai visa 3 bulan itu,apakah tetap harus ke deutsch bank dgn uang 8030 euro ? atau cukup utk 3 bulan hidup di jerman aja

    terimaksih:)

    • Iya senang bisa bantu hehe, iya. karena sistemnya, kamu harus menyiapkan duit segitu untuk biaya kamu hidup setahun, nah untuk pertama kita memang dikasih 3 bulan, tapi nanti setelah di sini kamu haru perpanjang lagi sendiri, itu duit emang buat setaun kecuali kamu orangnya boros, baru cukup buat 3 bulan aja haha :p

  • agung

    mohon info kak
    1. kalo saya mau studkol nanti penutupan tanggal 15 januari 2014,
    apakah pendaftaran benar dibuka tanggal 15 november 2013?
    2. apabila pd tahun pertama saya sudah punya student account, apa bole taon kedua saya pake surat jaminan kalo di sana ada penjamin?
    makasih & saya tunggu jawabannya kak (:

    • 1. Studienkolleg itu buka 2 kali, buat Wintersemester sama Sommersemester, kamu bisa lihat tanggal pendaftarannya di link yang sama , di mana kamu bisa liat kalo kamu mau daftar Studienkolleg , yang mana harus pake uni assist apa enggak, coba dibaca lagi post di atas ya.
      2.Kayaknya boleh, tapi karena saya kurang pengalaman, langsung aja tanya sama yang berwenang 🙂

  • devina

    halo kak saya mau tanya nih jadi kalo mau daftar studkol tulis nama univnya ya? kalo mau daftar studkol itu boleh banyak kan ya?
    trus bahan aufnahmetestnya itu seperti apa? dan tesnya di jerman? saya bingung sama yang maksudnya gagal dua kali itu apa ya?
    kira2 univ yang bagus buat teknik dan di kota yang ga terlalu mahal dimana ya kak?
    terimakasih 🙂

    • 1) Bener, kamu memang daftar ke Uni, jadi uni ngasih kamu undangan dan nyalurin kamu ke Studienkolleg yang istilahnya 1 wilayah sama dia, bukan berarti kamu udah dapet uni, bukan, kamu harus fsp dulu, dan untuk masuk studkol harus ikut aufnahme
      2.Tolong dibaca komen – komen sebelum ini, saya udah copy-paste link – link buat contohnya, iya tesnya di Jerman.
      3. Maksudnya gagal 2x yang di kalimat mana nih?
      4.Di Jerman semua kualitasnya merata, yang beda cuma kotanya aja, mau yang murah? hindari kota besar.

      Tolong kamu baca lagi komen – komen di post ini lagi. Sama -sama 🙂

  • Jeremy

    Ka rara, sy mau tanya dong. Jadi pas awal ka rara ke Jerman apply visa pake zulassung uni apa? Kebetulan sy sdh dpt zulassung dr uni jena utk studkol di Nordhausen. Sy rencana sdh mau apply visa pakai ini, krn blm dpt info zulassung dr yg lainnya. Yg ingin sy tanyakan, ka rara bgmn cara pertama kali cari tempat tinggal di Jerman ya? Soalnya sy ga punya kenalan, ada temen tp beda kota dgn yg sy tuju. Kalau studentenwek itu hrs yg sdh jd student uni ya? Soalnya sy kan msh hrs ikut Aufnahmetest dulu. Terima kasih ka 🙂

  • agung

    eh tnyt kak rara di leipzig ya, kebetulan ak ya mau lanjut di sana
    waktu kk k sna kan harus ikut aufnahmetest nya dulu itu ya klo ga salah? kak rara langsung lulus trs ikut studkol ato gmn? kalau gak lulus aufnahmetest brrt gak dtrima di studkol?
    trs yg ak mau tny in syarat & apa aja yg dibutuhin waktu dftr di uni-leipzig? karena tujuan saya sm di tempat kk di leipzig mungkin kak rara bisa kasi penjelasan detail 😀 makasih

    • Iya karena aku di STAATLICH, bukan yang PRIVAT. kalau privat , gausah tes, langsung masuk tapi bayar 2000 pro monat, ga ada M Kurs tapi di sana. G ada yang spesial sih buat daftar ke sana, coba liat postku yang satunya (tentang studkol Leipzig)

      • kalau ga lulus, yaudah harus daftar lagi, karena setahuku ga ada vorkurs di Leipzig, mungkin di tempat lain ada.

  • Jeremy

    Ka rara, sy mau Tanya lg, kan misalnya tanggal aufnametest studkol 26 Aug, itu setibanya di Jerman (kota studkolnya), mesti ke uni atau studkolnya untuk daftar aufnametestnya, atau langsung hari H ikut test?
    Lalu ikut aufnametestnya itu ada yang perlu dibayar2 lg ga disana?
    Mohon petunjuknya ya ka 🙂 langkah2 apa yang hrs dilakukan setiba di Jerman hinnga selesai aufnametest gitu. Terima kasih ka..

    • Coba liat lagi suratnya, misalnya dah tgl 26, ya berarti minimal H-1 lah dah di kota itu, ya liat keadaaannya, biar bisa istirahat juga ga buru”, pas hari H nya, bangun jauh lebih pagi karena pasti bakal ngantri buat daftar ulang, kalo tes di Nordy pertama kamu bakal disuruh bawa duit 1 atau 2 euro, buat fotokopi paspor, sama bayar surat pemberitahuan kalau kamu lulus apa enggak, karena lewat pos, pokoknya jangan lupa catet alamat tempat kamu tinggal sementara buat alamat penerima suratnya. Itu aja sih yang penting.

  • Yola

    Hi ka rara, aku mo tanya nih ka. Kalo biokimia/ bioteknologi itu ambil kurs apa ya? Oh iya, disana diperuntukan untuk S1 gak ya jurusan bioteknologi cz kan di Indo jurusan itu untuk s2. Thanks ka

    • Halo Yola n Rara,
      maaf ya nyamber 😀 Bioteknologi ada kok untuk S1. Saya S1 bioteknologi di Jerman. Kalau mau ambil bioteknologi di Uni harus M-Kurs kalau mau di FH T-Kurs.

  • Wulan

    Ka Rara, kalo kita mau bikin visa harus punya surat yg menandakan kalo kita udah punya tempat tinggal disana? Jadi kita harus cari dari Indonesia? Tapi aku cari di studentwerk harus nunggu 6-12 bulan kak 🙁

    • Enggak harus surat, yang penting alamat tinggal di Jerman, bisa minta tolong sama mungkin temenmu yang ada di sana 🙂

  • Yohana

    akte kelahiran ga perlu kl udah 18 thn.
    bahasa bisa dari awal di jerman, jd dr A1 udah d jerman.
    tambahan: surat keaslian ijasah penting dibuat. beberapa uni jerman minta. jadi bisa dibundelin bareng ijasah dll. udah banyak pengalaman ga jadi daftar 1 uni karena ga ada 1 dokumen ini.

    • Yohana

      noch eins.
      kl mo daftar studienkolleg münchen harus melalui uni (TUM/LMU). nah TUM itu biasanya minta “Echtheitsbestätigung vom indonesischen Schulministerium bzw. von der Schule/Hochschule, von der das Zeugnis stammt” (surat keaslian ijasah). so, be careful.

      btw, postnya bagus dan membantu banget. aku share2 ya. grüß!

      • Terimakasih Yohana sudah membantu menambal post saya yang tidak sempurna ini! :’) Dan saya juga mau menambahkan, “Echtheitsbestätigung vom indonesischen Schulministerium bzw. von der Schule/Hochschule, von der das Zeugnis stammt” berarti harus menyertakan fotokopi SKHUN , Ijazah dan Rapor dalam bahasa Indonesia yang sudah dilegalisir oleh sekolah, kalau tidak punya dan berada di Jerman, bisa langsung ke KBRI Berlin untuk Beglaubigung 🙂

    • Aan

      Mbak yohana, boleh tau gk yang syarat tum butuh Surat itu kejadiannya taun berapa? Danke 🙂

  • Aria Malik

    Kakak, saya mau nanya kak
    Saya baru saja lulus sma tahun 2013, Tapi saya baru bisa mendapat ijazah ZD tanggal 2 Agustus. Sementara saya ingin mengambil WS 2013. Gimana ya kak caranya?

    • Sayangnya gabisa, karena penutupan pendaftaran WS cuma sampai 15 Juli 🙁 Gapapa tunggu yang SS aja, sekalian persiapan lagi biar lebih mateng, habiskan banyak waktu sama keluarga :’)

  • aan

    Mbak yohana, boleh tau gk yang syarat tum butuh Surat itu kejadiannya taun berapa? Danke

  • boleh tanya kk, itu nanti untuk zulassung kita mengirim dokumen kita langsung ke universitasnya atau ke studienkollegnya ? trims

    saya sekarang masih menyelesaikan kursus A2 di Goethe Institut

    • Halo, kalau kamu udah baca komen – komen di atas sebelum kamu ini , pasti kamu tahu jawabannya 🙂

  • Anton

    langsung ke uninya hehe
    atau ada juga beberapa uni yg harus melalui uni assist
    nah kemudian uni ini yg bakal merefer/melanjutkan aplikasi kita ke studkol

    • Terimakasih atas bantuannya , Anton 🙂

  • Mba Rara, thanks untuk link download form aplikasi Deutsche Bank (DB) nya. It really speed the process. Sekarang saya sudah dapat surat keterangan dari DB untuk aplikasi Visa. Cepat sekali selesainya. Hanya sayangnya saya terlambat tahu bahwa booking online untuk buat appoinment aplikasi visa itu bisa jadi padat sekali. Saya baru dapat appointment 1.5 bulan ke depan. Agak mepet dengan jadwal kuliah di sana, Mudah-mudahan nanti visanya bisa keluar lebih cepat. Maaf sekalian mau tanya Mba (agak di luar topik thread sebenarnya) apakah untuk apply visa studi kita harus beli travel insurance untuk cover at least selama 1 minggu pertama kita ada di Jerman? Apakah kita harus lakukan medical check-up? Di list dokumen resmi dari Kedubes, kedua hal itu tidak diminta. Namun ada rumor kalau kedua hal itu diperlukan untuk aplikasi Visa. Terimakasih.

    • Iya sama – sama, nah kalau masalah termin memang begitu, tapi bisa diakali dengan mengecek website tersebut setiap hari, selalu pasti akan ada saja yang membatalkan termin, nah itu menjadi kesempatan untuk kita pindah, tapi jangan lupa harus membatalkan termin sebelumnya. 🙂

      Tidak perlu sih, kemarin saya juga menyertakan surat keterangan sehat juga ga diliat. kalau boleh tahu kuliahnya S1, S2 atau S3? Karena kalau bukan S1 saya kurang tahu. Kalau saat Studkol, saya tanya sama Studkolnya, dan mereka yang mendaftarkan saya saat di sini. Tapi sebenarnya tidak perlu sih. 🙂

      • Oh begitu, baik terimakasih. Nanti websitenya saya lihatin terus tiap hari hehehe… siapa tahu ada yang batal. Apakah bisa booking dulu, baru membatalkan appointment yang lalu yang sudah kita buat? Kalau harus batalkan appointment kita duluan, kuatirnya sudah keburu diambil orang lain pada saat kita melepas appointment kita yang lalu.

        Saya akan ambil kuliah S2, Advanced Materials (international class), di Ulm University. Mengenai travel insurance bagaimana, apakah diperlukan?

  • Ok, sudah saya lakukan Mba. Dapat maju 2 hari wkwkwk. Besok saya pantau lagi. Harus batalin dulu baru bisa booking lagi. Tapi prosesnya bisa cepat kok. Thanks untuk sarannya 🙂

    • Tapi jangan lebih dari 3x, nanti dipersulit 🙂

  • firstaprilla

    Hallo kakak-kakak nama saya fifi, saya ingin Studienkolleg M-kurs di Wintersemester ini , saya baru 4 bulan tinggal di jerman, kebetulan saya dapat zullasung di Greifswald, Halle, Hannover, dan Leipzig, saya butuh bantuan kakak-kakak yang mungkin punya soal2 aufnahme di univ2 tersebut , karena sejauh ini bahan belajar saya baru dari contoh2 soal yg ada di Web masing2 univ, barangkali ada kakak2 yg menyimpan soal2 lain untuk aufnahme di univ2 tersebut, bisa mohon di bagi link atau softcopynya terimakasih banyak atas bantuannya 🙂

    • Aku juga belajar dari sana kok, kalau kamu bisa ngerjain semua, in shaa Allah kamu pasti lulus 😀

  • leonita

    Mbak Rara, saya mau share untuk mereka yang kurang beruntung, sudah persiapan macam-macam, tapi batal berangkat karena satu dan lain hal. Kemarin saya tutup rekening (deposit) anak saya , dan yang saya siapkan sbb :
    1. Paspor asli yang sudah ada visanya untuk pembatalan visa pelajar.
    2. Email-surat dari Deutsche Bank penerimaan dana (yg dipakai utk permohonan visa pelajar terdahulu )
    3. Surat Permohonan/pemberitahuan untuk penutupan rekening.

    bawa dokumen tersebut ke kedutaan, langsung ke loket 5 di lantai 2 (tempat interview)., setelah itu kita diminta menunggu di Konsuler (lantai 1).

    Dikonsuler, mereka akan berikan surat pembatalan visa dan pengantar penutupan rekening. Biaya Rp. 330.000,-
    Setelah itu kita harus kirimkan sendiri via Pos/DHL. dll dokumen2 :

    1. Surat pembatalan/ pengantar penutupan rekening dari kedutaan Jerman.
    2. Email-surat dari Deutsche Bank penerimaan dana (yg dipakai utk permohonan visa pelajar terdahulu ).
    3. Surat Permohonan/pemberitahuan untuk penutupan rekening dari pemilik rekening. dan sertakan didalam surat tersebut, data-data untuk pengembalian dana deposit ( nama bank; nomor dan nama pemilik rekening; switch code bank dan lokasi/alamat bank pembuka).

    kirim ke : Deutsch Bank
    Privat – und Geschaftskunden AG
    Frankfurter strasse 1,
    04024 Leipzig, Germany
    attn : Speszial auslandische studenten
    phn : 049 69 91000

    semoga informasi ini berguna.

    terima kasih.

    Nita

    • Terimakasih Bu Nita atas infonya 😀

  • joe

    Mbak, kalo ambil kursus bahasa jermannya di VHS , tau gimana caranya gak?

    • Biasanya sih dateng langsung, tapi harus liat jadwal di website masing masing VHS. 🙂

  • jean

    Ka rara maaf baru baless. Wakaka. Ak gak ngerti. Ak baru pemula masalahnya. Dan tahun depan insyaallah llus SMS #yakinllus 😀 jd ak mau cari2 kuliah di german, klo pemula ky ak nih, mesti gmna yaa ka? Klo mau konsultasi lebih baik kemana ya ka?

    • Saya juga dulu pemula kok, cuma saya lebih rajin browsing sehingga jadi tahu semuanya dan bisa buat post ini, tanya di GI aja kalau ada seminarnya 🙂

  • agung

    kak ak mau tny
    waktu itu kk daftar k leipzig lewat online-uni assist, ato ngirim langsung direkt k uni nya lewat pos?
    trus kalo ngirim langsung kira2 kita dapet jawaban brp lama dr penerimaan dokumen yg kita kirim k mrk? thankyou

  • agung

    o ya kak, setau sy kalo mau daftar di leipzig kn harus lewat uni-assist, slh 1 syarat pendaftaran itu emangnya harus bikin surat motivasi? mohon penjelasan, trims 😀

    • 1. Udah baca post di atas kan? Kalau belum baca lagi, aku udah nulis di sana. Atau baca komen di atasmu, sudah sering ditanya. 🙂
      2.Kalau dari Indonesia 2 minggu.
      3.Tidak perlu surat motivasi.
      Kembali 🙂

  • gabriel

    ka aku baru naek kelas tiga rencananya mau kuliah di jerman dan aku baru belajar bahasa jerman. kira2 les 1 tahun cukup gk ka untuk bisa ngerjain tes Studienkolleg? Danke

    • Bukan masalah bisa ngerjain soal tes Studkol, tapi untuk dapet surat undangan tes itu kamu minimal harus B1 (Di beberapa studkol lain harus B2) 🙂

      • gabriel

        ka, ku masih bingung nih. jadi kita daftar, trus dapet undangan tes, abis itu berangkat dan tes di jerman? kalo gk diterima pulang lagi dong ka

        • Iya bener, kalau ga keterima coba lagi lah sampai dapet 🙂

        • jean

          @gabriell: kita sama, tahun depan juga ak mau coba univ ke german 🙂

      • jean

        Ka rara, berrti FH ituu sm aja ky D1-D3 kyk di indo gak sh?

        • Pokoknya istilahnya kalo di Uni 60% teori, 40% praktek dan FH sebaliknya (yang dulu saya denger sih gitu)

  • gabriel

    maaf nanya lagi nih ka, kalo ke uni program international yang bahasanya inggris tetep harus ke studkol gk kak?

    • Kalau program Internasional kalau buat S1 kayaknya jarang deh, coba nanti aku cari tau dulu.

  • gabriel

    sama kaka belajar jerman berapa tahun?

  • jeand

    ka rara, ka rara studykoll kk bayar uang semter apa gak ya? kok ada yg bilang studykoll itu gratis tp ad yg blg jg itu bayar?

  • jeand

    ka kk blum jwb pertanyaan aku loh, klo FH di german sm aja ky D1-3 ky di indonesia gak ya ka? kk maaf ak banyak tanya hehe

    • Karena in shaa Allah aku nanti ngambilnya Humanmedizin, yang lanjutnya ke Uni jujur ga ngerti, tanya ke post sebelah deh hehe :3

    • wahidyankf

      halo jeand.. Saya coba samber yah..

      FH gak sama seperti D1-3 di Indo.. 🙂

      • jean

        Ka wahid,ohh bgtu. Jd klo gt nanti ak ambil FH di german aja :D. Ka ak mau tanya, klo studienkolleg it bayar apa engak sh per semesternya? Soalnya ada yg blg bayar, ada jg yg gratis. Jd ak bingung mana yg bner.

        • wahidyankf

          Yup.. 😀 Silakan baca lembar faq untuk info lebih lanjut.. 🙂

        • jean

          Ka wahid, jd studienkolleg gratis apa enggaknya ituu tergantung univ di germannyaa yaa?

          • wahidyankf

            Yup.. benar sekali.. 😀

        • jean

          Di german yg studienkollegnya gratis apaa ajaa ya ka wahid 😀 wkwkwk biar pengeluarannya lebih murah :D:P

          • wahidyankf

            Saya gak tau.. Karena gak pernah studkol di sini.. 😀 Tapi harusnya sih semuanya cuman bayar max 200an.. 😀

        • jean

          Jd kk studykoll di indonesia?

          • wahidyankf

            saya ke Jermannya setelah tamat S1 di Indo.. 🙂

        • jean

          Oh bgtu. Untuk ka rara ak ada pertanyaaan nh. Ka rara kan gak pake agen, nah setelah tiba di german kk ada pendampingnya gak stlh tiba di bandara german?

  • Fidelis

    Halo. mau tanya kalau daftar studienkolleg pake Uni Assist. Kita perlu kirim dokumen fisik nya atau cukup kirim online aja ke uni assist nya? Lalu pembayaran ke uni assist dilakukan setelah kirim dokumen dan dapat balasan dari uni assist nya kan? Bukti transfer nya dikirim secara fisik ke uni assist ya?
    Makasih banyak atas bantuannya 🙂

    • Baca lagi post di atas dan komen di atas yaaa~

  • jeand

    ka rara, ak mau tanya nih. kan kk gak pake agen, jd stlh tiba di german kk adaa yg ngebimbingg gak dsna? trus kk gmna caranya bs memilih asrama stlh kk ketrma di univ sn.

    • Pertama, aku masih studkol semester 2, belum uni, tapi selama di Jerman aku dijemput sama temen aku dan numpang tinggal selama aufnahmetest, kalau tempat tinggal pas udah dapet studkol baca di postku yang satunya~

      • jean

        Wah beruntung bgt nasib kk 1 ini. 😀 kaa katanya klo study di german stiap smstr 7 apakah ada magang di industri2 gtuu? Ak tau dr agen klo stiap smstr 7 sllu magang di sanaaa. 😀

        • Waduh magang di industri? Kurang tahu juga sih…

  • Alisah

    Kak mau nanya? Misalnya kan kursus bahasa jermannya bukan digoethe trus ada syarat apa untuk ikut ujian di goethe? Pertanyaan kedua, jenjangnya dari A1 sampai B1 untuk dapat ZD trus ujiannya harus berkali kali atau langsung B1?

    • Syarat ujian di Goethe ga ada cuma tinggal bayar aja, ga perlu ujian berkali – kali kok bisa langsung B1 kalau mau 🙂

      • Alisah

        Sip.. Makasih kak

  • agung

    kak, ak mau tanya
    daftar di halle/leipzig itu kn harus lewat uni-assist, ak uda baca univ apa aja yg daftarny lewat uni-assist
    nah, ak ini mau daftar buat yg SS(sommersemester), ak uda punya akun jg di uni assistny, yg jd pertanyaanku itu knp yg tertera di situ baru buat wintersemester doang? yg SS nya blom muncul padahal ini uda lewat tanggal 15 Juli & ak bgg musti ngapain krn ak gabisa daftar
    & ini mama ndesak supaya ak cpt daftar krn udah lewat 15 Juli & skrg sudah 29 Juli tp gak buka2 yg SS nya
    mungkin kak rara pny penjelasan atau bisa bantu saya msti ngapain gtu? krn kk kn juga kuliah di leipzig dan lewat uni assist juga & udah pengalaman
    soalnya ak tinggal daftar doang, krn ak uda pny akun & semua data2 ku udah ak upload k sna juga
    sori panjang, btw thank u kak

    • Kirim email ke UAnya lgsg, kemaren aku juga masalahnya gitu kok, biar pasti, aku udah lupa hehe

  • agung

    di postingan kk yg cara daftar di uni assist itu ada poin sbb:
    – Bukti pembayaran jasa Uni-assist
    apa ada nomer rekening? kalau ada brp yah k?

    • Di websitenya ada kok cek lagi

  • agung

    tanya lagi k, ngirim uang nya via apa yah? kartu kredit kyk BCA dll gitu atau apa?

  • Anna

    Hai ka Rara, namaku Anna. Blog kaka bagus sekali. Saya ingin tanya, kalo ingin kuliah yang bisa menjurus ke hedge fund itu ambil apa ya? makasih 🙂

    • Wah kurang tahu tuh Anna, bener udah mentok nyari di google? Coba cari lagi, maaf ga bisa bantu 🙂

  • Alisah

    Kak mau minta saran, kalau link tempat order buku yang bagus untuk belajar bahasa jerman ada?

    • Hmmm, aku kemaren sih download e-book di linguebooks dot blogspot, di sana lumayan lengkap kok, atau ke GI kan ada Bibliotheknya tuh, daftar jadi anggota 🙂

      • Alisah

        Makasih sarannya kak 🙂 semoga sukses..

  • agung

    1. kak bukannya ak ga mau baca postingan di atas, tp kalau ak ngirim lewat paket itu mahal krn 1x kirim itu bayar 430.000, kmrn ak udah daftar di dessau & itu harus ngirim k sna
    ak berpikir kalau bisa lewat online knp ngga gitu, soalnya kalo ngirim lewat paket itu mahal, apa ga bisa daftar lewat online seperti pertanyaan saya yg sebelumnya? mohon jawabanny segera kak, thank u a lot (:
    2. ak uda buka web uni-assist, pemakaian kartu kredit di indonesia sudah tidak bisa, begitupun juga dgn moneygram, lalu pengiriman via apa ak bisa membayar pendaftaran yg 68 euro tsb??

    • wahidyankf

      Halo agung, saya coba nyamber yah..

      1. Mengirim dokumen ke Jerman untuk pendaftaran memang mahal, tapi peraturannya emang gitu.. So, deal with it.. Yang bisa kamu lakuin paling pilih perusahaan logistik yang lain, misal: pos Indonesia. Nyampe kok harusnya, tapi yah itu.. Mungkin lebih lama kali yah nyampenya.. 🙂 The best thing you can do is to make every application of yours counts.. 🙂

      2. Coba pake wire transfer. Kamu coba dateng ke bank, dan bilang mau transfer uang ke rekening di luar negeri.. Orang banknya ngerti kok.. 🙂

      Semoga menjawab.

    • 1. Ya bener kata kak Yoka, memang gitu kok aku juga habis 500rban, ya diakalinnya kamu daftar lewat UA yg banyak dan 1x kirim, biar sekalian, kalo bisa cek lagi jgn sampai ada yang ketinggalan biar ga perlu kirim lagi, ya memang peraturannya begitu, kan perlu bukti di atas kertas yang nyata 🙂
      2. Iya tinggal ngasi data data kayak IBAN segala macem ke banknya, blg mau transfer , mereka nanti yang motong duit sesuai kurs, ya memang kalau mau yang bagus harus berkorban dulu bukan? 🙂

  • novel

    Kak rara,kalau biaya kuliah nya di Jerman sendiri,kira2 berapa? Misalnya kedokteran begitu?
    Terimakasih,mohon reply ya kak :))

    • Karena aku masih belum kuliah, jadi ga berani jawab, tapi coba nanti aku tanya kakak kelasku, sekarang kakak kelasku pada nunggu undangan buat ke Uni nih 🙂

  • agung

    brarti ak gak bisa daftar lewat online dong kalo gitu? HARUS lewat pos ya kalau begitu? harus keluar uang lagi nih ==”
    kalau dulu kak rara daftar di Leipzig lewat pendaftaran online di UA atau kirim langsung dr pengalaman sendiri?
    soalnya mama bilang kalau bisa lewat online, daftar lewat online saja tdk usa kluar kocek lagi, gitu

    trimakasih kakak2 yg menjawab ini (: god bless

    • Kalau kirim dokumen via pos tercatat, Jakarta – Germany, habis sekitar 200-250 ribu biayanya, kira-kira seminggu sudah sampai.

      • wahidyankf

        Thx Made Budiarta untuk infonya.. 🙂

    • wahidyankf

      Berdasarkan pengalaman saya, sekalipun tiap univ ada pendaftaran online, kita tetep harus mengirimkan form yang udah ditandatangani, dan dokumen-dokumen aslinya.

      Sama-sama… God bless you too.. 🙂

  • Fidelis

    Halo Ka Rara,
    Aku rencana nya mau daftar Medizin. Setelah baca postingan dan komen2 nya dari atas, aku mau tanya beberapa hal nih :
    1. di M-Kurs itu kita belajar secara umum kan? apa udah di arahin misalnya kalau saya mau Medizin, berarti belajar nya hanya seputar medizin saja?
    2. Untuk masuk M-Kurs rata2 sekolah harus 9 ke atas juga ka? Atau itu diperhitungkan kalau udah lulus studkol dan mau masuk uni jurusan medizin?
    3. Untuk kirim dokumen ke uni Assist, apakah setiap uni minta dokumen2 yang sama seperti yang telah disebutkan di atas?
    4. cuma mau make sure, jadi kita bisa langsung bayar ke uni assist walaupun UA belom kirim konfirmasi apa2 ya?

    Terima kasih banyak atas bantuannya 🙂

    • 1. Baca di link DAAD.
      2. Dua – duanya, buat masuk Studkol sama buat masuk Uni.
      3. Iya, kalau belum jelas baca lagi komen – komen pertama di post ini.
      4. Kalau aku sih nunggu konfirmasi dulu.

  • fidelis

    Ka Rara sorry nih mau nanya lagi. Memangnya studkol yg untuk medizin hanya dibuka 1 thn sekali, yaitu pas wintersemester aja ya?
    Terima kasih

    • Kalau studkol buka sepanjang tahun kok tapi ada juga yang enggak, kayak di Saarbrücken, coba liat aja lagi website studkol satu per satu, kalau Uni baru kebanyakan winter semester, walaupun ada juga yang buka sommer walaupun sedikit. 🙂

  • Afifah

    Assalamualaikum
    Salam kenal Mbak Rata, saya Afifah dari makassar. Saya juga lulus tahun 2012, sama kayak Mbak Rara. Cuman saya baru berfikir untu kuliah di Jerman setelah tidak lulus lagi SBMPTN tahun ini. Saya agak bingung, setahu daya klu mau daftar uni di Jerman nilai minimal 6,0 itu nilai akhir (gabungan nilai sekolah dan nilaI UAN) ato cuma nilai UAN doang? Kok saya baca dikoment ada yang bilang 9? Lha kok? :/
    Trus, untuk daftar uni kan kitanya kirim berkas sebundel gitu, boleh untuk banyak uni? Ato ditentuin max 5 uni gitu?
    Trus, kalau lulus istilahnya kita lulus berkas ya? Jadi ujiannya masuk uni disana? Trus setahu saya uni yang nentuin kita studkol dimana?
    And the last, hope the best buat Mbak Rara 🙂 May Allah always protect and guide Mbak Rara menuju jalan yang terbaik, Amiinnn 😉

    • Walaikumsalaaam, iya nilainya digabung dari sekolah sama UAN, khusus M Kurs, kalau mau dapet Zulassung gampang ya memang segitu, di Leipzig. Minimal juga 1, (yg udah dikonversi ke nilai Jerman) ke atas . Berkasnya sebundel, tapi Antrag auf Zulassungnya sesuai jumlah studkol, kamu daftar 50 juga bisa, ujian masuk Studkol, bukan Uni, lulus Studkol dulu baru masuk Uni. Bukan, emang kita daftarnya. ke Uni, nanti Studkol yang paling deket (satu daerah sama Uni) ngirimin Zulassung. Amiin, makasih banyak, semangat 😀

  • Ka salam kenal. mau tanya, kalau yang bayar ke 8.000 euro itu uangnya akan dipakai kita atau diberikan untuk pihak disana? lalu saya kita bisa ga bayar asalkan lolos beasiswa, kalau kaka punya info tentang beasiswa itu ngak?

    • Baca lagi post ku di atas, ada linknya kenapa kamu harus ngirim dan buka Konto 🙂

  • Afifah

    Ought, jadi setelah dapat surat penerimaan dari sana kita tinggal ujian masuk ke studkol ya? Btw, tempat Mbak Rara ada tetoin feenya nggak? saya baca2 di comment katanya studkol ada yang gratis jg ya? Apa tergantung kebijakan negara bagian ato tergantung studkolnya?

    • Iya, baca di postku yang satunya

  • Dian11

    Assalamualaikum Rara.. Alhamdulillah mkasih bgd infonya rinci n’ bisa buat referensi adikku yg mw ksini.. Btw mw nanya agak jauh ni tpi msih ad hub sma medizine :
    Sya lulusan FK UGM, kbetulan sdah tinggal di Jerman krna awalnya ikut suami, tpi spaya sya bsa dpet VISA n tgl dsini sya daftar Biologi yg skota dgn suami, dan sdah sprachkurs slama stahun, alhamdulillah DSH3.. Tapi msih ad keinginan suatu saat balik lagi ke Medizin.

    1. Rara ad teman yg mkn pny case yg sma ga y? Mksudnya sdah lulus Dokter dan dsini ingin lanjut? Atau yg sdg menempuh pendidikan spesialis?

    Sampai skr sy msih trus mengumpulkan info ttg “Gleichwertigkeitspruefung” dsb.. tapi kayanya ttp btuh msukan dri successor2 yg mkn sdh lbih dlu berhasil..
    Trimakasih banyak sebelumnya.. Smoga cita2nya tercapai masuk di Humanmedizine.. Amiin..:)

    • Walaikumsalam, iya seneng bisa membantu, wah sayangnya aku ga ada kenalan nih kak, coba nanti aku cari tahu lagi ya, atau mungkin bisa tanya di grup facebook khusus dokter di Jerman 🙂

  • monicalkautsar

    Assalamualaikum kak,aku lg nyari2 info buat kuliah di jerman, dan ternyata ribet bgt ya hahaha:D aku mau nanya nih kak, apa biaya buat kuliah di jerman harus segitu?maksud aku, ada alternatif lain ga ya buat kuliah disana tapi dengan biaya yang cukup murah? hehe makasih sebelumnya kak 😀

    • Walaikumsalam, kalo diniatin ga ribet kok, nih aku bisa aja 😉 Hmm mungkin beasiswa? Kalau itu silahkan dicari sendiri ya, mungkin ada di DAAD 🙂

  • anggra

    kira2 berapa total biaya rara untuk mengurus semua ini kan ga pake agen, mungkin jauh lebih ribet? kamu ngambil jurusan medical science di univ mana, biaya studi & biaya hidupnya mahal gak? kira2 berapa tahun lulusnya? saya jg pengen ambil jur ini tp skg lg studi di telkom.hehe tinggal di sana sm siapa kalau ga pake agen? sendirikah/sm keluarga mungkin

    • Yang pasti jauh lebih murah dari pada pake agen, aku masih Studkol semester 2 di Leipzig, termasuk murah di sini. Sendiri. 🙂

  • abdulaziz

    permisi kak Rara, mau nanya tentang legalisir dokumen. Haruskah dokumen2 yg sudah di fotokopi (ijazah,skhun,rapor,akte) dilegalisir di kanwil? Trus saya ada surat keterangan yg berhubungan dgn nama di ijazah (bikin kesel), perlu di legalisir di mana sajakah kira2 kak? Vielen Dank für den nützlichen Artikel! ich freue mich auf deine baldige Antwort 🙂

    • Baca lagi komennya dari atas, udah pernah dijawab, bitte 🙂

  • eki

    klo misalnya rata-rata SKHUN 8,0 tp ada nilai yg di bawah 6,0 bisa gk?? makasih 🙂

    • Sudah pernah dijawab komen semacam ini, silahkan baca lagi komen di atas 🙂

  • panduppr

    Kak Rara, mau tanya dong, aku rencananya mau coba masuk TUM setelah lulus 2014 nanti (sekarang kelas 3 SMA), nah aku liat STK munich ga terima aplikasi lgs ya? harus lewat Univnya lgs. Jadi prosedurnya gimana ya? makasih sebelumnya 🙂

    • Kalau ga pake Uni Assist mah daftarnya ke Uni-nya, itu yang namanya daftar langsung, bukan daftar ke Studkolnya. 🙂

      • panduppr

        Iya kak, tp kan habis itu diarahkan ke studkol, nah misalnya diarahka ke STK A, tp pengen daftar ke STK lainnya buat jaga2 gitu bisa ga ya?

        • Memang, maksudnya gimana? Kan Uni bakal nerusin ke STK sesuai daerah nya, contohnya Uni Leipzig, TU Dresden, mereka nerusinnya ke STK Sachsen. Kalo maksudnya daftar ke STK lainnya yang lain daerah ya bisa aja

  • Makasih kak Rara sama Kak Wahid infonya sangat ngebantu pisan pisan pisann :D. Mau tanya kalo univ buat kedokteran di jerman yang paling banyak diminati dan gratis kira univ apa ya? makasih kak sebelumnya 😀

    • Hmm yang pasti yang di kota besar, kalau berdasarkan statistik sih belum tahu, mungkin bisa diresearch sendiri?

  • Baldwin

    ci bisa gk kalo kita studienkollegnya di indonesia,terus kalo kita studienkolleg di indonesia harus buka rekening di jerman gak? Thankkss informasinya bagus

    • Bisa aja kok, mereka itu resmi, coba cari aja websitenya, ga perlu, buka rekening itu hanya bagi orang yang mau buat visa, terimakasih sama – sama 🙂

  • ul

    Permisi Kak Rara, aku mau nanya nih.
    Menurut Info yang kudapat dari temenku, untuk Bachelor itu benar gak ya.. kta bisa langsung apply ke Uni/FH (Nanti mereka yang meneruskan aplikasi kita ke STK)

    Kalo benar, bagaimana caranya ya?
    Karena aku sudah melihat di beberapa Uni, kalo untuk daftar kita memerlukan Abitur.

    Apakah ada syarat/dokumen tertentu?

    Temen ku dapat zulassung dari Jena, dia daftar ke Uni langsung, dan aplikasinya diteruskan, Dokumen yang dia kirim ke Uni, sama dengan dokumen yang dia kirimkan ke STK.

    Makasih ya kak 🙂

    • Sebenarnya semua udah terjawab di post dan di bagian komen, tapi ya ga apalah aku perjelas lagi:

      1. Iya benar, ada 2 jenis, ada langsung dan tidak langsung (menggunakan Uni Assist).Untuk tahu Uni mana yang langsung dan tidak langsung, bisa dilihat di link yang ada di post, (baca lagi yang teliti) Kalau langsung, kamu tinggal kirim dokumen yang disebutkan di post di atas ke alamat Uninya. Kalau tidak langsung, kamu harus melalui Uni Assist. Aku juga kemarin daftar Jena, cukup kirim Ke Uni, nanti Uni yang nerusin, karena Uni Jena langsung 🙂

  • indonesia

    klo mau ikut, vorkurs atau sprachkurs an der universitas gimana ya caranya ? apa mesti hrs ikut ujian dulu ? trs ada rekomendasi bwt vorkurs an der uni yg langsung masuk tanpa tes gk ya ?

    • Waduh saya masih studkol belum kuliah, jadi mungkin ada penulis lain yang bisa nyamber? :3

  • agung candra

    enschuldigung , ka rara.
    ich bin agung candra, ich bin kursteilnemer im goethe institut,..
    für Diplom-C-Paket, was könnte ein Studium in Deutschland fortsetzen, …?
    Vielen Dank ka rara,..
    🙂
    (y)

    • Hallo, na ja, ich weiß es nicht, aber das Wichtigste muss man zuerst am Studienkolleg studieren. Du kannst einfach deinen Lehrer im GI fragen, oder? 🙂

  • claudyakapitsa

    waaah infonya berguna banget ka..
    aku baca awal2nya ga bingung tapi belakangan jadi bingung hahaha
    tapi okay gapp sambil belajar mandiri..
    aku mau tanya nih total kakak disana semua kaya biaya hidup, asuransi, makan, pulsa, tempat tinggal dan transport berapa ya ka perbulan?
    dan kakak itu urus semunya pas kakak kelas brpa? less bahasanya harus uda lulus SMA ato pas masih SMA jga uda bleh less ya?
    trimakasih ya ka, sukses studinya 🙂
    Tuhan Berkati o:)

  • claudyakapitsa

    400 per/bulan ya ka?
    kakak persemester brpa bayarnya ?
    uda dapet partime ka?
    klo studienkolleg mendingan di indo apa di jerman ka?
    skrg kakak masih srudienkolleg apa uda kuliah ?
    maaf ya banyak nanya ka hehehehe
    thankyou for info 🙂

    • Kalau udah baca postnya pasti tau lah jawaban buat yang pertama, kedua,keempat, sama yang kelima, total aku ada 3 post lho, coba dicari sama dibaca dulu :))
      Kalau di Leipzig nyari sama daftar kerjaan gampang, tapi keterima apa enggaknya itu yang agak – agak haha,Kalau masih Studienkolleg, cuma boleh kerja pas liburan. Gabisa sambil Studkol kerja gitu.

  • Anggi

    Hai kak saya kan lulusan 2 kurikulum: UK A Level sama kurikulum nasional. Kalo berdasarkan DAAD data base saya musti lulus DSH buat apply ke uni atau FH. Ada ga sih kak beasiswa dari universitas untuk belajar bahasa dari nol di jerman? bedanya sprachschule, volkshochschule sama studienkolleg itu apa kak? ada beasiswa untuk living costs sama buku untuk mahasiswa s1 di sana ga kak? makasih

    • Ini saya copy dari website PPI Karlsruhe ya :

      Bagi lulusan SMA di Indonesia yang berminat untuk meneruskan studi di Jerman, sebelum mendaftar ke universitas kita diwajibkan untuk mengikuti program Studienkolleg selama kurang lebih 1 tahun. Sebagai catatan, orang Indonesia yang telah mendapatkan gelar sarjana dan ingin mengambil program master di Jerman tidak diwajibkan untuk mengikuti program Studienkolleg, tetapi hanya diwajibkan untuk mengambil kursus bahasa Jerman apabila jurusan yang diambil diselenggarakan dalam bahasa Jerman. Hal yang sama diberlakukan juga pada lulusan sekolah dengan kurikulum internasional di Indonesia. Beberapa Universitas menawarkan beberapa cara untuk masuk universitas mereka tanpa melalui studienkolleg seperti: memiliki nilai testDAF 5, lulusan international school, dll. Keterangan seputar perlu tidaknya seseorang memasuki Studienkolleg bisa dilihat langsung di syarat penerimaan Mahasiswa di website universitas yang dituju atau juga bila dia mengikuti program sekolah international / kuliah berbahasa inggris beberapa universitas memperbolehkan mahasiswanya masuk tanpa melalui jalur Studienkolleg.

      Jadi, kamu harus nyari info sendiri di Uninya.

      2. Kalau masalah beasiswa saya kurang tahu, silahkan googling sendiri yaaa ~
      3. Sprachschule : Sekolah kursus bahasa Jerman, tapi di Jerman (yaiyalah) contohnya Hartnackschule Berlin dan masih banyak lagi (Silahkan dicari yaa~)
      lebih lengkapnya baca di post ini :
      http://jermandes.wordpress.com/2012/11/24/kursus-bahasa-di-jerman/
      Kalau Studkol, seperti yang udah saya kasih linknya di post di atas, tapi sepertinya ga keliatan, ya saya post lagi di sini :))

      http://www.daadjkt.org/index.php?studienkolleg-1

      Sama – sama 🙂

  • Agus Suci Wulandari

    Rara, membaca tulisanmu di blog ini sungguh informatif dan sangat membantu. Kebetulan anak saya kuliah di FU Berlin dan sudah mau selesai Bachelor-nya (kira-kira sudah 5 th di Jerman), anak saya juga pengurus PPI Berlin. Saya sering ditanya teman-teman yang bermaksud menyekolahkan anaknya ke Jerman, karena saya selalu menyarankan tidak perlu melalui agen karena semua persiapannya sebetulnya memungkinkan untuk dikerjakan sendiri. Dengan adanya blog ini saya bisa menyarankan para orangtua dan siswa supaya membaca blog ini untuk persiapan berangkat kuliah ke Jerman. Terimakasih ya atas jerih payahnya memberi informasi kepada yang membutuhkannya. Semoga kalian lancar kuliah di Jerman, kelak menjadi orang sukses dan menjadi putra-putri kebanggaan bangsa Indonesia.

    • Aaaamiiin, terimakasih, Bu. Senang bisa membantu 😀

    • Dadi R Abdurahman

      Terima Kasih atas infonya yang menurut saya sangat inspiratif…

  • kalau untuk s2 bagaimana ya prosedurnya apa sama ? jujur saya sudh tanya agensi dan mereka meminta biaya yang sangat mahak dan saya berinisitif untuk mengurus sendiri , boleh diberitahu step2nya mbak ? thanks

    • Silahkan diobok – obok blog ini menggunakan kotak pencarian yang ada di sebelah kiri halaman utama, udah dibahas lengkap 🙂

  • josua

    hallo kk rara 🙂 blog nya inspiratif dan jelas,, tapi saya mau nanya dong,hehe
    kalo aku les sampe level A1 disini, apabisa ke jerman? atau harus masuk studienkolleg? dan cara daftar studkol nya dimana ? bisa online? terus apa itu bisa jadi syarat untuk pembuatan visa ?
    oia, kalo ada orang asli jerman yg mau membuat surat pertanggungjawaban pengeluaran, apakah kita tidak perlu membayar visa yg sekitar 8000euro ?

    mohon infonya ya kk rara 😀

    • 1. Ke Jerman bisa aja kok, ga usah A1, nah sekarang masalahnya, kamu mau liburan apa lanjut sekolah di sini? 🙂
      2. Masuk Studienkolleg atau enggak, balik lagi ke pertanyaan pertama.
      3. Cara daftar Studkol? Curiga nih belum baca post di atas :p
      4. Syarat pembuatan visa? Coba dicari lagi di blog ini, kasian dong kakak – kakaknya udah buat capek – capek ga dibaca, di website kedutaan Jerman ada juga lho 🙂
      5. Karena aku belum berpengalaman, silahkan tanya langsung pihak kedutaan 🙂

      Sama – sama 🙂

      • josua

        aku mau masuk kuliah disana, soalnya disini (indonesia) baru lulus SMA,hehe
        iya aku udh baca yg di atas,hehe skrng, aku masih bingung, kalo ada yg nulisin surat pertanggung jawaban untuk biaya hidup di sana, apa harus tetep bayar yg 8000an euro ?
        soalnya katanya kalo mau buat surat pertanggung jawaban itu, kita harus masuk kuliah disana dulu, baru minta form untuk surat yg saya maksud *surat pertanggung jawaban biaya*
        mohon balasannya 😀
        thx ya udh balesss 🙂

        • Tanya sama pihak kedutaan langsung deh biar pasti ga pake “katanya” :p

        • Coba baca di bagian informasi khusus untuk Kursus Bahasa :

          ~Dengan menggunakan surat sponsor resmi sesuai Undang-Undang ijin tinggal Pasal
          66, 68 dimana pihak ketiga secara tertulis menyatakan akan menanggung biaya.
          Imigrasi dan dinas pendaftaran di Jerman menyediakan formulir tersebut (dalam
          bentuk asli dan fotokopi rangkap dua) atau
          ~ melalui pembayaran sejumlah biaya yang dibutuhkan tersebut ke rekening yang
          telah dibekukan di Jerman. Surat konfirmasi dari bank harap dibawa dalam bentuk
          asli dan fotokopi. (konfirmasi dari pelayanan khusus mahasiswa asing dari
          Deutsche Bank di Hamburg cukup dengan menunjukkan fotokopinya saja.

          Tapi kalo bagian untuk Studi , ga tertulis seperti itu, coba dicek lagi ya~

  • hana cillah

    Entschuldigung, aku mau nanya kak. kalau hanya punya sertifikat A1 dari GI apa bisa keterima studkol?
    danke kak 😀

    • Halo, sudah baca komen – komen di atas belum? Udah sering banget ditanyain, coba baca lagi, sama – sama 🙂

  • hana cillah

    terlalu banyak kak. maaf banget hehe

    • Maaf juga ah, saya hanya menjawab pertanyaan yang belum pernah ditanyakan :))

  • agung

    mbak rara, aku mau tanya, ak udah ngirim dokumen2ku k uni assist, tp kok mereka bilang kalo legalisir ijazah b1 ku itu nggak sah, padahal yg ngeluarin tu ijazah & yg ngelegalisir Goethe surabaya sendiri
    saya jadi bingung, langkah apa yg harus saya lakukan setelah ini? cuma itu aja yg jadi masalah
    kalau dokumen2 lain terjemahan tidak ada masalah alias beres
    ditunggu jawaban segera, trimakasih banyak (:

    • Hmm, mending tanya langsung sama Goethe Surabayanya sendiri deh, tanya apa pernah ada masalah gitu? Semoga lancar ya 🙂

  • Aldrin

    halo kak, aku aldrin, sekarang mau daftar studienkolleg buat M-Kurs, karena kakak juga M-Kurs, boleh dong tanya tanya dikit:
    1. M-Kurs itu persyaratanbahasanya apa ya biar bisa diterima, secara aku cuman punyasertifikat B-1 dan sedang ambil kurss B-2
    2. Saat Aufnahmeprüfung, susah gak ka, ngerjainnya, apa aja yang harus disiapkan?
    3. Aku denger denger buat masuk Human Medizin harus punya sertifikat C-1, level C-1 nya itu belajarnya saat di Studienkolleg atau di kursus sebelum studienkolleg?
    Sekian pertanyaanku, semoga cita-cta kakak terkabul.

    • 1. B1 sebenarnya bisa , tapi kalau B2 bagus banget, soalnya kebanyakan di kota besar mintanya B2 🙂
      2. Pokoknya latihan contoh soal Aufnahme, cari aja di bagian komen di salah satu postku atau bisa dilihat di website masing – masing studkol. Jangan lupa berdoa 😀
      3. Kalau lulus Studkol Deutschnya sudah dianggap C1.

      Aaaaamiiiinnn 🙂

  • Michael Suryajaya

    kak aku mau tanya daftar studienkolleg di jerman bisa dilihat dimana ya?
    aku nggak tau studienkolleg apa aja yang di jerman.
    thanks

    • Sebenarnya udah baca postku belum? Coba dibaca lagi ya, di situ udah lengjap banget, yang lain aja langsung bisa ngerjain kok. 🙂

  • Kak itu kalo tanpa agen ya? Gampang gak sih kak ngurusnya? Trs pelajaran si studienkollegnya susah gk?

    • Yaah, seperti yang bisa diliat sendiri, mana bisa tahu kalo belum dijalanin kan, buktinya aku bisa, liat post ku yang satunya kalo soal susah apa enggak 🙂

  • Kak susah gasih ngurusnya? Kita mesti bolah balik german gitu gk? Trs studien kolleg disana pelajarannya susah gak?

  • Kak kalo mau ngambil kedokteran di Universität Heidelberg itu susah gak buat ke situ? Aku denger2 sih susah. Tp ada yg bilang gampang. Jd bingung kak.

    • Yang penting dapet Zulassung, lolos tes penerimaan, baru mikirin itu, kan FSP dulu baru bisa tahu masuk di mana, memang denger -denger nilainya harus 1 (kalo kedokteran memang harus segitu)

  • Haris Alkarni

    kalau bleh tau, kakak tinggal dimna dijermannya, trus di univ apa
    danke

    • Di awal post ada, di postku yang lain udah dijelasin, cari sendiri ya.

  • wiwi marwiyyah

    hai rara salam kenal yaa, umur kita samaan loh… hhee
    aku mau tanya nih, kalo mau les bahasa jerman di tempat yang gak begitu terkenal apakah sertifikat kita akan ditolak?

    • Hallo, iya kalau mau les Bahasa Jerman, di mana saja boleh, tapi kalau soal sertifikat yang saya tahu yang diakui ya Goethe Institut, jadi yang penting nanti kamu tes sertifikatnya di GI terdekat saja 🙂

      • wiwi marwiyyah

        oke rara thx yaa buat masukannya 🙂
        oiya, kalo soal deutsche bank itu awal kita membuka rekening memang sudah segitu yaa ketentuannya.

        • Iya bener 🙂

          • wiwi marwiyyah

            ra waktu les di GI sampai level berapa?

          • Aku malah ga les di GI, aku selama SMA privat sama guru sekolah, sama sempet di tempat les gitu. Masih B1 🙂

  • wiwi marwiyyah

    ohh gitu, jadi pas mau ada ujian sertifikat ZD kamu langsung daftar di GI yaa ra? hhee

    • Iya , aturannya gitu, tapi kebetulan SMA aku kerja sama dengan GI, jadinya setiap naik kelas ada tes Sertifikat juga 🙂

      • emang kamu SMA dimana ra? terus sekarang kamu kuliah di jerman ambil jurusan apa?

        • SMAN 4 Denpasar, Baca di postku yang satunya aja 🙂

  • ega

    kak rara kalau diperkirakan jumlah semua untuk urus2 kuliah ke jerman habis beraapa biaya nya menurut pengalamn kak rara?

    • Maaf ya kemarin pas aku ngurus aku ga nyatet gitu, tapi bisa kok diperkirakan, kan udah ada langkah”nya tuh, ya tinggal hubungi sama pihak yang bersangkutan langsung, tapi dijamin jauh lebih murah 🙂

  • Rosyid

    Hei kak.. tanya lagi donk..
    minta saran aja.. Skrg ini kan aku msh les privat ama guruku di Solo, kata guru aku sih Insya Allah aku dah bisa lolos dengan les rutinku ini smpe A2 klo msalnya daftar ke goethe bulan desember.. cmn kan aku kelas 3 Skrg kak.. jd ke Goethenya kmungkinan April dpan buat Sprachkurs sma dapetin sertifikat B1.. kira2 dengan rentan waktu 2 bulan aku bisa dapet B1 + ngurus smua aplikasinya g ya bulan Mei/Juni??

    Soalnya kan jg aku msh nunggu SKHUN kak.. klo kak Rara sndiri.. dlu gmn?? kok bisa udah kedaftar di Leipzig sblm Juni?? Mohon pertimbangannya.. karna saya mau ngejar yg WinterSemmester thn dpan

    • Kalau tahu kamu dalam 2 bulan bisa apa enggak, itu tergantung kamu sendiri, jangan buru”, Yang penting terjemahan itu yang biasanya lama, pokoknya mantepin semuanya dulu, aku kan lulus tahun Mei 2012, aku persiapannya lumayan lama lho 🙂

  • Fidelis

    Hai mau tanya, kalo utk daftar studkol, akte lahir dlm bhs indo dan dlm bhs inggris perlu bgt ya diterjemahin? soalnya kan aku udah di jerman nih. dan ga bawa akte lahir. aku pikir akte lahir cuma dibutuhin pas buat visa.
    mohon info ya. makasih 🙂

    • Yang penting umurnya ga kurang dari 18 tahun 🙂

    • Kalo umur kurang dari 18 tahun penting 🙂 tapi aku jaga” aja juga terjemahin 🙂

  • Rosyid

    Oalah… jd Kak Rara msk yang Summersemester thn ini??
    Ohhh ya2 makasih kak buat advicenya.. emang nerjemahin butuh 1 bulan ++ ya?? Jd aku Brarti kmungkinan aku utk msk di WinterSemester September 2014 dpan agak sulit ya kak?? Ato mgkn stiap STK punya deadline applicationnya sndiri2??

    Oh ya kak tanya skali lg nih.. aku kmrn udh buka2 web pencarian univ ama studkoll.. mksdnya open admission itu apa ya??

    • Makusdnya kan orang yg terjemahin juga sibuk, siapa tahu aja lama, pokoknya kalo kamu sempet ngirim, dan masih agak.jauh sebelum bewerbungfristnya ya daftar aja, jangan mepet, nanti ga dapet einladung, bewerbungfristnya bisa diliat di website yg ada di postku.

      Hmm open admission cari sendiri lah yak, tadi aja pas aku google banyak tuh penjelasannya hehe

  • Rosyid

    Kak.. AK udah baca2 beberapa persyaratan bewerbung di STK2.. sbenernya rata2 sama isinya.. cmn aku msh bingung… kan disitu ada persyaratan sertifikat bahasa Jerman.. ( minimal B1 kan?? ) nah tp kok aku liat di jadwal tanggalan STKnya ada Sprachkurs juga?? dan disitu ada Feenya buat ikut Sprachkurs… ( Heidel ama Saarland )

    Jd pertanyaanku.. klo misalnya nanti aku apply bewerbungku ke dua STK itu dan misalnya dapet Zulassung.. apa nanti stlh tes masuk aku juga harus ikut Sprachkurs dr STK dan harus bayar Feenya ??

    Klo kak Rara sndiri di Leipzig STKnya gmn?? mksdku kakak slain ambil M-Kurs apa juga di wajibin ambil Sprachkurs jg sama STKnya?? makasih…

    • Sprachkurs itu program beda lagi, biasanya ditawarin sebelum aufnahmetest, kalo ga lulus mau gak masuk sana, yang notabene biayanya ga tanggung – tanggung hehe, ga diwajibin, itu pilihan, kalo Studkol udah cukup menurutku, tapi kalo merasa kurang, bisa aja asal punya waktu 🙂

  • Margareth_H

    kalau kita transfer ke account dideutsche bank dengan sejumlah 8100 euri tak apa? karena takutnya ada keperluan mendadak gitu. ? tolong dibalas ya kak penting nih , terimakasih

  • Hallo ka rara, aku mau tanya bbrp pertanyaan nih..
    Sekarang ini aku lagi ikut Deutschkurs ..
    Aku rencananyanya sih ngurus semua sendiri kaya ka rara hehe
    Nah langkah2 sampai pembukaan rekening DeutscheBank aku udh ngerti ka.. Tapi utk yang STK belum..
    Kalo aku nanti bagusan ikut yg uni assist atau langsung daftar di STK nya ka?
    Kalo uni assist aku bisa daftar dari skrg ya walaupun belum lulus les bahasa? Kalau STK daftarnya setelah aku slesai les bahasa ya?
    Terusnya ka, kalau aku daftar buat STK di bulan2 ini atau bulan depan, kira2 masuknya di bulan apa ka?
    Oh iya ka maaf 1 lagi, interest aku ada di bidang IT, ada rekomendasi daerah2 mana aja ga yang membuka uni atau FH it?

    Maaf ya ka aku butuh bimbingannya..

    Vielen dank,
    Bintang

    • 1.Langsung atau pake UA liat di link yang ada di post di atas, ga bisa milih, tergantung STKnya.
      2.Yang penting minimal udah punya Sertifikat B1
      3.Ada Winter sama Sommersemester, liat di link yang sama dengan no.1
      4.Cek di website DAAD oder Fachhochschule.de, rajin aja cari di google sendiri ya. 🙂

  • Henning

    Rara yang baik. Adakah pengalaman yg dt dibagaidari teman2 yang mengambil studkoll di Indonesia? (tepatnya di DIS )Apakah sama prosedurnya dengan studkoll di jerman. Tk

    • Teman saya ada yang beberapa di DIS, sama, malah kalau tidak salah, waktunya lebih cepat, semuanya kurang lebih sama. silahkan dicek di websitenya langsung. 🙂

  • Fara Dina Septiani Devi

    Siang Indira,
    Saya Fara. Saya baru lulus SMA tahun ini, sekarang saya sedang mengikuti kursus bahasa di GI. Saya denger”, anak yang usianya di atas 18 tahun itu ga usah pkek nerjemahin akta kelahiran, bener ga sih ? Makasih banyak atas jawabannya 🙂

    • Fara Dina Septiani Devi

      kak rara, maaf buat yg prtanyaan untuk akta kelahiran itu batal soalnya bru slese baca semua info yg ada d atas, tp saya ingin brtanya lagi. kalau misalnya saya ingin ambil kedokteran d sana, kira” saya mungkin ga kak kalau saya kerja part time ? Maaf sebelumnya udah ngerepotin kak, dan makasih banyak atas jawabannya kak 🙂

      • Iya lain kali dibaca dulu ya, kalo udah mentok baru tanya 🙂 Kalo pas Uni saya gatau sih bisa apa enggak, karena saya belum ngalamin, tapi pokoknya kalau masih Studienkolleg selama liburan saja bisa kerjanya 🙂

  • Fidelis

    Halo, saya mau nanya. Kalo mau kirim dokumen ke uni assist kan harus ada Motivation letter. itu bikin dalam bhs jerman? pertanyaan kedua, kan dlm membuat motivation letter kita tulis kenapa ingin masuk ke uni tersebut. tp kan kalo kita kirim lewat uni assist, ka Rara bilang dokumennya 2 rangkap saja sedangkan aku mau daftar 10 uni utk studienkolleg. jadi motivation letter nya buat utk 10 uni juga ka?

    makasih ya

    • Iya pake bhs Jerman, pokoknya dokumen yang mengharuskan kamu nulis nama Uni yg beda (Antrag, Motivation letter) ya sesuain sama jumlah Uni yang kamu mau daftar.

      • Fidelis

        Oh gitu ka ok deh. ka ada contoh motivation letter dlm bahasa jerman? soalnya aku cari2 contoh di internet pake bahasa inggris semua.
        Thanks

        • Sebenarnya sih kemarin aku malah disuruh buat motivation letter pas buat Visum, kalau buat Uni kan ada pas bagian Antrag yang disuruh nulis alasan kenapa kamu mau kuliah di Uni tersebut, kamu tulis di kertas baru aja, jangan lupa ditandatangan, kalo bingung mau nulis apa, udah ada yang pernah nulis di blog ini, silahkan dicari sendiri ya 🙂

        • fidelis

          Oh jd waktu itu ka rara ga kasih motivation letter ya? Cukup tulis di antrag aja? Kalau blh tau, wkt itu ka rara kirim dokumen ke uni assist brp lama sblm deadline? Soalnya aku baru terima sertifikat b2 tgl 20 des. Sedangkan deadline 15 jan. Apanga terlalu mepet ya?
          Maaf ya ka byk nanya. Makasih

          • Iya, aku kalo gasalah ngirimnya akhir Oktober, Dan dapet zulassungnya Desember 🙂

        • fidelis

          Wah ka ra rara wkt itu deadline tgl 15 januari juga? Berarti kalo aku kirim tgl 20 terlalu mepet ya. Jd bingung. Blh nyusul ga sih ka ngirimnya? Jd aku kirim semua dokumen aku dulu, tp sertifikat b2 nya kirimnya belakangan.

          • Tapi kayanya bisa kok, asal nanti kamu kirimnya pake yg kilat, aku kan pake yang biasa, jadinya sengaja jauh jauh hari hehe

        • Fidelis

          Ka maaf nih mau nanya lagi. utk yg antrag uni assist ada yg mau aku tanyain
          1. Wünschen Sie die Zulassung zur externen Feststellungsprüfung zum nächstmöglichen Termin (ohne Besuch des Studienkollegs)?
          2. Wünschen Sie die Zulassung zur Ergänzungsprüfung zum nächstmöglichen Termin (bei bereits vorliegender Feststellungsprüfung in einem anderen Schwerpunktkurs)?
          3. Tätigkeiten bis zur Antragstellung. itu ada dari kapan sampe kapan, itu isinya gimana ya ka?

          makasih atas bantuannya.

          • 1.Nein
            2.Nein
            3. Ya kegiatanmu ampe ngisi Antrag tuh ngapain aja.

        • Fidelis

          ok makasih ka. satu lagi nih kalo Angestrebter Studienabschluss in Deutschland für Studiengang itu bachelor kan?

          • Tergantung jurusanmu apa, Medizin Staatexamen

    • Fidelis

      Kalo farmasi isinya bachelor? trs fachsemester nya pilih 1 aja ya kalo farmasi dan medizin?
      Pekerjaan itu kalo diisi deutsch lernen boleh ka?

      • Liat di website uni apa aja, liat studiengangnya buat ngecek, fach semester 1, Iya boleh .

  • mau nanya nih
    di web kedutaan kan tertulis klo syarat buat ngajuin visa sprachkurs pk riwayat hidup
    nah saya bingung yg dimksd riwayat hidup ama dia itu yg kaya gmn ? apa yang dimaksud akte,ijazah,skhun,rapot kelas 3 ? apa bikin form” gitu ?
    trus apakah harus bawa legalisir rapot yg dalam bahasa indo ?
    soalnya saya ga baca di web nya
    mungkin admin bisa bantu
    thankyou

    • Aku sudah baca , bilangnya :
      “Daftar riwayat hidup dengan penjelasan secara rinci mengenai pendidikan dan pekerjaan Anda (dalam bahasa Jerman rangkap dua)”
      Riwayat hidup bahasa Jermannya Lebenslauf, silahkan cari contohnya di Internet 🙂

  • Selamat siang tim jermandes… saya mau nanya nih, saya kan udah mau ngirim formulir buat zulassungnya ke tiap2 universitas yang mau saya tuju minggu ini rencananya (lewat uni-assist dan ada yang langsung ke FH/Uni-nya), tp karena saya rencananya mau T-Kurs jadi mereka cuman nerima yang winter-semester, nah kira-kira bisa nggak kalo kita cuman mau apply Studkol yang Sommersemester duluan biarpun penerimaannya mereka hanya Wintersemester ? atau saya juga berarti harus mengikuti Studkol yang wintersemester ?

    Trims

    • Gabisa, karena UA juga gamau nyimpen berkasnya lama lama, jadi paling enggak kamu harus nunggu ampe SS buka, ya sebulan 2 bulan sebelumnya lah takut nyampe dokumennya lama.

      • oooh gitu ya kak… berarti alternatif saya itu adalah daftar di Uni atau FH yang punya STK kurs T/TI nya pas sommersemester, terus pas udah dapet abitur baru daftar ke UNI/FH yang wintersemester 🙂

        soalnya saya kemarin ngecek Uni Stuttgart, FH Frankfurt AM, Karlsruhe, dll. semuanya pada cuman nerima murid pada saat wintersemester. thx buat infonya kak 🙂

        (saya mau coba kirim e-mail dulu ke international officenya siapatahu ada informasi tambahan ato alternatif lain yang bisa saya dapatkan 🙂 )

        Danke

        • Hmm, aku jadi bingung, kamu mau Studkol apa Uni sih? Kalo setahuku hampir semua STK yang menyediakan T Kurs buka SS sama WS, (cek di website di post atas) Kan otomatis Uninya tahu kalo kamu belum punya Abitur dan langsung diarahkan ke Studkol..

  • Gamalfa Haq

    hai kak! mau tanya nih, dulu kakak ngurus berkas2 itu setelah UN? trus berangkat ke studienkollegnya kapan kak? terima kasih!

    • Baca di post satunya yaaa 🙂

      • Gamalfa Haq

        maaf yang mana ya kak?

        • Cari di bagian Studienkolleg 🙂

  • Rosyid

    Kak tanya lg dong.. Kalo misalnya aku ambil STK M-Kurs di SommerSemester buat Bilogie Molekulare pdhl Univ yg mau aku tuju cmn bukanya cmn di WinterSemester kra2 kelamaan g ya?? sama klo blg taw test akhir buat SommesSemester kpn kak?? apa bisa msalnya aku lompat studkolnya cmn jd 1 Semester aja?? hehe..

    Dan satu lg…kakak kan prnh nyoba apply ke Saarland.. kmrn aku baca2 di webnya uni Saarland mreka bisa nerima murid yg bhs.Jermannya 0 ==”?? apa mgkn ini kak?? klo bsa.. bararti bisa ngirim sertifikatdi bwhnya B1 jg donk..

    Oh ya.. sekedar info.. buat temen2 pngen daftar di WinterSemester tp takut ijazahnya telat.. coba hubungi international officenya… biasanya blh pke terjemahan pengunguman sementara ( itu klo di Heidel ) asal kita bawa Ijazah aslinya wkt dah disana…

    • Berarti kayak aku, aku SS dan sementara Uni yang buka Humanmedizin kebanyakan WS, jadi.. ya nunggu ampe buka pendaftarannya, memang biasa kok kayak gitu, jadinya bisa 1 angkatan sama WS Studkol tahun ini, biasanya sambil ngisi waktu ada yang pulang, ada yang Praktikum, ada yang kerja, repotnya WS Studkol Leipzig, mereka cuma punya waktu 3 hari buat daftar, sementara aku dapet Hasil FSP akhir Januari, dan masih punya banyak waktu buat nunggu WS, gitu, kalo di Saarland, aku kan daftar pake B1, kalo masalah bisa apa enggak, tapi di website udah berkata begitu, mungkin bener, mungkin mereka nyediain Sprachkurs dulu..
      :/

      Terimakasih Infonya ! 🙂

      Bilangnya aku denger”, mulai SS 2014, minimal B2 🙂

  • Rosyid

    Iya kak RT bgt… kmrn International office di Heidel bilang minimal B2 T_____T aku jg harus nnggu smpe WS 2016 brarti??

    Oh ya kak.. sbenernya slain Bilogie aku jg sdikit naksir di Plastics Engineering and Elastomer hehe.. tp wkt aku liat di FH2 di jerman.. kok kyknya ada persyaratan buat magang dlu ya sblm apply?? bener g ya kak?? Anak SMA bisa g ya msk FH tanpa magang2an?? klo pun bisa magang.. kyknya di Indo g ada perusahaan kyk gtu deh… jd how kak?? ada advice?

    • Ya pokoknya ampe B2 haha, waduh sebenarnya bukan bidangku sih, tapi setahuku kalo mau ngelanjutin FH dan belum punya abitur, ya ikut STK dulu 🙂

  • Rosyid

    Ya do’akan saja smoga Maret depan bisa B2 O.O9
    Bismillah… smoga WS/SS depan bisa nyusul ke sana + nulis2 artikel beginian biar kliatan jago… Wkwkwkwkwk..

    Oh ya.. pertanyaan trakhir utk hr ini.. Kak.. klo msalnya aku apply di STK Heidel.. kan ak blm taw lulus apa ndaknya?? kira2 aku harus udh punya wohnung dlu ato harus tidur dmn bagusnya?? klo kak Rara dlu tidur dmn sambil nunggu pengunguman di Lepzig?? ato hitungan jam udah kluar hasilnya?? “pertanyaan sepele tp penting”

    • Amiin, haha niatnya jangan gt lah, niatnya biar bisa bantu orang lain..
      Aku nginep di tempat temen, atau minta tlg di grupnya PPI Jerman aja, atau nginep di Hostel.

  • Rosyid

    Hehe.. iya2 cmn just kidding..

    Ohh oke2.. paham2… viele danke junge Frau.. ^^

  • Fidelis

    Ka Rara aku mau nanya. kalo mau email ke uni assist mengenai dokumen yg udah kita kirim ke alamat email mana sih? aku email ke service@uni-assist.de tp yg bales kyk mesin automatis gitu (auto reply). dia blg suruh liat di website.
    Makasih ka

    • Fidelis

      aku mau emailin ke uni assist bukti pembayaran aku ka.

      • fidelis

        Aduh ka maaf aku masih tetep ga ngerti. Kalo mau tulis email ke UA hrs lewat kontak formular mksdnya? Tp ttp ga bs nulis email.danke

  • Inesya

    Selamat malam Rara
    aku mau tanya tentang deutsche Bank, aku udh buat konto DB mei 2012, nah tp br mau aku isi 8040nya bulan ini, kira2 apa kontonya masih aktiv? atau aku harus buat konto baru lagi ya? danke im Voraus 🙂

    • Hmm, belum pernah ngalamin, jadi belum tahu, mungkin bisa langsung hubungin DBnya?

      • Inesya

        oh iya mau nanya lagi, kantor DB Ausländische Studenten itu di Hamburg atau di Leipzig ya kak? soalnya aku bingung di Surat DB yang mereka kirim alamatnya di Hamburg, tp kl liat di websitenya di Leipzig. mungkin kakak tau? Vielen Dank

  • Delyza

    Sela

    Hallo Rara, saya mau tanya lagi. Boleh ya. Pd dokumen yang harus dikirim tertulis:

    “1 bundel dokumen bahasa indonesia (STTB, akte kelahiran, dkk.) yang udah dilegalisir sama pihak SMA + KANWIL.”

    Apakah akta kelahiran dan copynya harus dilegalisir juga? Kalau iya legalisir dimana? Terjemahan bahasa Jermannya sy sudah ada.
    Terima kasih.

  • Pintardi

    Hallo mbak Rara, mau nanya nih. kmearin aku ngemail FH Kaiserslautern nih. Dia kan tutupnya tanggal 15 Nov buat SS 2014. tapi kan aku B1 nya baru desember. nah aku tanya kan, kalo tanpa b1 gimana. dia jawab boleh pake A2.1 Teilnahmebescheinigung. terus kan aku liatin scan dari A2.1 Teilnahmebescheinigung ku. terus dia bales lagi minimal harus A2 . Menurut mbak di apply aja apa jangan ya ? terus apa bisa kalo misal saya kirim dulu, terus nanti A2 Teilnahmebescheinigung nya nyusul ? vielen Dank 🙂

    • Kalo aku sih, mending selesein B1, ato malah B2 dulu, kan pesaingnya banyak yang mungkin punya sertifikat yang lebih tinggi niveaunya, kesempatan dapet einladung pun kecil jadinya, begitu, tapi terserah kamu 🙂

      • Pintardi

        terima kasih mbak pertimbangannya . 🙂

  • Ramitha

    Selamat malam, menyambung pertanyaan yg sebenernya sdh ada di atas, tp aku pengen mastiin nih, aku rencanannya mau legalisir DB hari senin besok, nah kirimnya sesuai di Formulir ke Leipzig atau tetap ke Hamburg ya? cuma mau mastiin nih, soalnya kan yang di kirim formulir asli, takutnya kalau salah kirim harus minta legalisir lagi ke Botschaft, Danke 🙂

    • Err, gimana kalo kamu langsung liat di websitenya DB? Aku gatau kalau ada perubahan atau gimana, kalo udah nemu kasi info di sini ya 🙂

      • Ramitha

        Wohin sende ich die Kontoeröffnungsunterlagen?

        Die kompletten und von der Botschaft beglaubigten Kontoeröffnungsunterlagen senden Sie bitte (zwingend im Original) an:

        Deutsche Bank
        Privat- und Geschäftskunden AG
        Ausländische Studenten
        Frankfurter Str.1
        04024 Leipzig
        Germany

        Di FAQnya https://www.deutsche-bank.de/pfb/content/privatkunden/konto_international-students.html#accordion_10274
        sih begitu kak, yaudh aku kirim ke Lepzig aja kl gitu

        • Tuh kan ketemu, lain kali cari dulu ampe dapet ya 🙂

        • Makasih yaaa~

        • Ramitha

          Haha iya kak, yg buat aku bingung tuh aku nanya ke orang-orang katanya kirimnya harus ke Hamburg, nah sedangkan di formulirnya ke Leipzig,, Semoga bisa membantu yg lain ya, dan sama-sama sukses di Jerman 🙂

  • Reza

    Pagi semua, lg nyari2 info ke jerman nemu artikel ini, sekalian mau tanya hehe,, formulir deutsche Bank itu diisi pake komputer atau boleh tulis tangan ya kak? sama apa kl kita udh transfer 8040nya tp sampai termin buat visa ternyata konfirmasi dari DB blm kita terima, apa bisa memakai bukti transfer? terima kasih

    • Reza

      oh ya sama surat yang kakak buat sendiri diatas itu apa harus atau cuma opsional? 😀

      • Ya buat aja biar mereka juga jelas, kalo bukti transfer aja gabisa deh kayaknya, soal ditulis tangan apa enggak udah pernah dijawab

  • Dita

    Aku punya informasi ! kalau kalian yang ingin melegalisir rekening Student tapi tidak tinggal di Jakarta atau sekitarnya bisa mendatangi konsulat Jerman yang ada di 3 wilayah ( Surabaya, Medan, dan Bali) jadi kalian tidak usah ke Jakarta (setidaknya untuk pengiritan biaya 🙂 ), aku tahu informasi ini karena baru menelepon konsultan di Surabaya, namun bila kalian kurang yakin bisa telp ke nomor konsulat masing-masing di http://www.jakarta.diplo.de/Vertretung/jakarta/id/03_20Botschaft/Oeffnungszeiten/Oeffnungszeiten__andere__Vertretung.html .. Semoga bisa membantu ya 🙂

  • kyknya masih kurang jelas pertanyaan saya yang diatas kak… maksudnya pas di formulirnya yang tertera mau masuk SS atau WS itu yang saya isi itu Semester studienkolleg yang saya mau masuk atau harus sesuai dengan semester penerimaan mahasiswa dari universitas tersebut (dalam kasus saya univ tersebut hanya menerima WS)

    • Liat pembukaan semester Studkol, fotonya iya bebas.

  • Wandairz

    Mba rara, mau tanya niih, anakku mau ambil bisnis, misalkan student kollege nya di berlin, lalu kuliahnya di munich bisa tidak?
    Makasih ya,.. Info2 nya bermanfaat banget,

    • Bisa, Bu yang penting nilai FSPnya bagus, nanti tinggal milih Uni mana aja, studkol di mana aja ga berpengaruh kok 🙂

  • tata

    Rara..ada no wa nya ngak?banyak bgt ni yg mau ditanya,thanks ditunggu balasan nya

    • Tanya di sini aja 🙂

      • tata

        okedeh kalo gitu,kira2 kalo aku mau ngedaftar di jerman kan mesti les bahasa jerman dulu tu,terlambat ngak ya kalau aku les skrg buat bisa kuliah di jerman tahun depan?
        kalo soal data2 sih aku udah lengkap,tinggal les bahasa yang belum nya..kamu ngedaftar itu ada yang ngebimbing?

        • Kalo masalah terlambat atau enggak, bisa atau enggak, jelas aku gatau, karena itu semua berdasarkan kemampuanmu sendiri, kalo kamu bisa cepet belajarnya kenapa enggak? Aku kemaren pas mau daftar juga tanya sana sini, ngubek sana sini sampai akhirnya dapet list di atas, ga ada yang bimbing sih, cukup dari post di atas aja, salah satu penanya di sini ada kok yang bisa ampe dapet Studkol. Yang penting kalo buat S1 ya bahasa Jerman.

  • Mba, mau tanya.. Kalau untuk bagaimana tempat tinggal nya dll disana itu bagaimana ya?:)

    • Kalau waktu baru dateng saya numpang sama temen saya sampai saya dapet pengumuman, setelah saya tahu saya dapet Studkol mana, saya daftar ke Studentenwerk kota tersebut.

  • Khatrina

    Kalau di stk, tetep bisa masuk W-Kurs walau kita jurusan IPA saat SMA kan?
    menurut kak rara, pihak mereka lebih prefer org yang masuk W-Kurs dari IPS/IPA?
    Terima kasih kak, sukses disana 😀

    • Bisa kok, yang penting nilainya pas Aufnahmetest cukup buat masuk.

      • Khatrina

        aku masih blm ngerti sama bundelan rapot dkk itu. Setiap item difotokopi masing-masing 20 atau ke4 items itu difotokopi menjadi 20 alias 5-5?

        • Sesuaikan sama jumlah Uni yang mau didaftar sama kasih buat cadangan.

  • tata

    rara..saya tamatan 2012 juga,ingin bisa kuliah di jerman tahun 2014 mendatang,tetapi saya telat buat les di gothe,menurut kamu apa saran yang baik buat saya?kalo bisa saya mau minta no whatsapp kamu atau skype supaya bisa membantu membimbing saya,ditunggu balasan nya..
    terimakasih

    • Ga les di Goethe juga bisa, aku juga dulu belajar sendiri yang penting nanti harus punya sertifikat, kalo gamau, mending S2nya aja di sini.

    • wiwi marwiyyah

      hai tata kamu tinggal dimana? aku juga sama mau kuliah di jerman tahun 2014, aku juga mau les di goethe tapi gak tau masih bisa atau gak?

  • leonfernandz

    hallo saya niat untuk melanjutkan s2 di jerman di tahun 2014. yang saya ingin tanyakan, apakah semua kampus memiliki prosedur yang sama dalam pengiriman dokumen. apakah kita dapat langsung mengirimkan dokumen ke kampus yang kita tuju atau harus menghubungi kampus tersebut untuk memberi konfirmasi bahwa kita ingin mendaftar dan mengirim semua dokumen? trima kasih

    • di sini khusu untuk S1, kalo S2 beda lagi, silahkan dicari di blog ini

  • natasha

    permisi, mau nanya. waktu itu kak Rara mendapat zulassung by e-mail / pos/ email dan pos ?

    • Ada yang pos aja, ada yang e-mail aja, ada yang 2″nya

  • Amaar

    mbak, saya denger dari agen kalo mereka nyediain aufnahmetest yang dilaksanakan di Indonesia. Apa itu benar adanya ya? apa kita bisa aufnahmetest di Indo gitu? kalo bisa, gak pake agen karna saya emg di doktrin untuk tidak pake agen hehehe

    • Iya memang bisa, ada yang kerja sama dengan Uninya.

      • Amaar

        nah kalo kita independen gitu, tapi mau aufnahme test di indo bisa ga? trus menurut mbak kursus bahasa gitu mending sampe b1 aja atau terusin sampe b2? keuntungan masing2 nya gimana yah?

        • Kalo sendiri mah gabisa, agen soalnya udah buat kerja sama gitu sama studkolnya, karena aku denger mulai tahun depan harus B2, ya berarti harus B2 🙂

  • kak maaf nanya lagi >.<

    kalo nggak salah saya pernah baca waktu kakak awal2 datang ke jerman tinggal di rumah teman dlu ya ? kalau misalkan kita punya kenalan yang sudah tinggal disana dan kita mau menetap sama mereka kira-kira (1-2 bulan, sampai aufnahme dan apa segala sudah selesai) butuh surat dari mereka ga untuk menyatakan kalo mereka mau menampung kita selama sebulan begitu, suratnya mau dipake buat visa ?

    atau kita masih harus daftar buat Wohnung tersendiri di kota tujuan ?

    • Kalau aku dulu nulis alamat tinggal di DE pakai alamat temen yang mau ditumpangin, boleh aja kalau mau gitu, lebih bagus kan 🙂

      Pada 17 Oktober 2013 02.14, JERMAN-NDES!!!!!

  • Bintang Putri

    Kak, Rara mau tanya dong 🙂
    Saya masih kelas 12 SMA tapi berhubung di sekolah bahasa ketiganya bukan Bahasa Jerman, makanya kemampuan bahasa Jerman saya hanya berdasarkan belajar otodidak. Kalau mau ambil kursus di GI ada saran untuk ambil level apa? Kebetulan saya juga berdomisili di Palembang. Ada saran waktu yang tepat untuk mulai kursus kapan? Terima Kasih!

    • Iya, kamu bisa lihat di post saya kira – kira berapa lama sama sama biaya yang dibutuhin, perlu diperhatikan kalau mulai tahun depan minimal levelnya harus B2, coba dilihat lagi di website GINya langsung nah, pokoknya sih lebih cepat lebih baik, karena kamu harus ikut studkol lagi satu tahun di sini, ga langsung kuliah 🙂

  • Fidelis

    Ka mau nanya lagi. waktu itu kakak dpt zulassung berapa lama setelah bewerbungsfrist? Studkol Leipzig itu swasta ya ka? jd per semester nya bayar mahal?
    Makasih ka 🙂

    • Sekitar semingguan, atau 2, udah pernah dijawab nih, di Leipzig ada 2, swasta sama staatlich, kan di post satunya udah ada rinciannya, itu yg staatlich 🙂

  • Natasha

    Kak Rara, maaf nih mau nanya
    Waktu daftar untuk uni marburg dulu sekitar tgl brp ya ?
    Jadi saya gini kasusnya, saya udah ngirim berkas2 ke uni assist. Saya awalnya sih udah liat di web nya uni marburg kalau bewerbungsfristnya 15.januar. Tp ternyata khusus yg apply studkol harus tgl 15.okt. Saya baru ngirim 18.okt. Saya pernah baca di komen sebelum nya kalau kak Rara daftar nya akhir oktober, benar ? Dan dapat zulassung ?

    • Kalau ga salah tanggal segitu, iya dapet, banyakin berdoa aja siapa tahu. tetep lolos 😀

  • kak Rara maaf nanya lagi >.<

    Sekarang saya udah mau memasuki tahap pengiriman ke Uni Assist. terus setelah saya baca lebih lanjut, emangnya motivationsschreiben itu biarpun mau STK terlebih dahulu diperlukan ya ? atau kita isi aja sebaik-baiknya yang kosong 2 baris itu ?

    dan kakak sendiri gmn ?

    • Udah pernah dijawab, coba dicari lagi di bagian komen 🙂

  • Denis Mekel

    Kak rara apa benar STK sudah tidak menerima lulusan SMK sejak tahn kemarin? Kecuali mengikuti privat studienkolleg…

  • aden

    rara, info kamu bangus banget, anak saya sudah 4 bulan ikut fi uero institut, sekarang lagi ujian dan persiapan apply visanya , ribet sih karena belum 18 , saya mau naya berapa sih jumlah dana yang kamu siapkan sampai studenklg di jerman , renc anak saya masuk di berlin dulu . biaya di euro instt sampai berangkat + visa sekitar 250 juta. mahal banget

    • Oh iya kalau saya karena urus semuanya sendiri sekitaran 150 juta sudah termasuk uang jaminan untuk di Deutsche Bank 🙂

  • Pingback: FAQ tentang Studienkolleg (Untuk Lulusan SMA) | JERMAN-NDES!!!!!()

  • jean

    Ka rara ak mau tanya klo lulusan SMk akuntansi mau lanjut ke jerman apakah msti kuliah di indo dlu setahun? Apakah ada cara lain ya ka? Mohon bantuannya ka rara 😀

  • Dhia

    Kak maaf mau minta bantuannya lagi tentang antrag auf zulassungnya,
    1. misal maustk uni itu di antragnya nulisnya STK Uni Halle atau Uni Halle saja kak?
    2. mau tanya nomer #5 yang tentang englischkenntnisse itu diisi atau engga kak?
    3. untuk nomer #7 yang der TestAS itu kalau blm pernah dikosongin aja ya?
    4. buat yang andere bewerbungen itu kalau kita daftar ke 4 stk misalnya berarti ditulis disitu ya 3 stk lainnya yg kita mau daftar itu?

    Makasih banyak kak maaf merepotkan

    • 1. Semua daftar ke Uni, jangan pake nama STK ya, nanti pihak uni yang ngurusin kamu ke STK mana 🙂
      2. Kalo kamu punya sertifikat TOEFL , isi aja 🙂
      3. Iya,
      4.Sebenarnya sih iya, tapi biar keliatan.. ngerti kan ya, pinter – pinter kita juga lah :b aku kemaren cuma bilang daftar ke sana doang, biar merasa dibutuhin kali ya :b

  • mau nanya klo buat daftar studkol
    Apakah studkol hanya menerima bukti klo sudah les dari goethe selama 480 jam ? kalau dari tempat lain gmn ? z.b. : Volkshochschule Aachen

    • Coba baca di kemampuan berbahasa Jerman yang dibutuhkan 😀

  • ++++ Masalah ijazah nih, kita tulis “IJAZAH SEKOLAH MENENGAH ATAS” aja?

    ada seorang teman apply uni assist dengan tulisan “IJAZAH SMA PROGRAM IPA”
    yang mana yang seharusnya? atau keduanya mungkin? mungkin ada yang bisa bantu
    terimakasih sebelumnya

    • Gapapa kok, kan nanti dari yang terjemahan juga keliatan, kalo mau tulis, jangan lupa dijelasin kepanjangan SMA sama IPA nya

  • Lintang

    Assalamu’alaikkum Kak Rara
    Aku mau nanya nih.
    1. Keempat dokumen diatas (akte, Ijasah, SKHUN, Rapor kls 3) itu syarat untuk apa ya.?
    2. Apakah SKHUN itu wajib dan mutlak harus di bawa.?
    Maaf kak, soalnya sekolahan aku ga mengeluarkan SKHUN, karena sdh ada izin dari Dep.Pendidikan utk mengadakan ujian kelulusan sendiri. Jadi sekolah aku ni memiliki sistem sendiri utk ujian kelulusan tapi itu sdh ada izin dari Dep.pendidikan
    Bagaimana ya menurut ka Rara…??
    Atas bantuannya saya ucapkan ribuan terima kasih.

    • 1. Dibaca lagi judul postnya 🙂
      2. Wah kalo itu aku kurang tahu, coba kamu tanya ke UA, atau gak liatbl di anabin de 🙂

  • Amaar

    kak mau nanya dong, pas kita udah nyampe di jerman itu ngurus perpanjangan visa kita yang cuma 3 bulan itu kapan ya? kalo kak rara langsung di jadiin visa studi yang 2 tahun itu kan?

    trus kalo memperpanjang visa kan ada syarat minimal deposit, itu katanya di tiap kota beda2, kalo di kota kak rara berapa?

    katanya (baca di jermandes) ada kota yang rek.nya harus penuh(8040), ada yang minimal 4000eur, ada jg yang ga mementingkan jumlah uang di blocked account kita itu bener ga ya? kalo bener dimana? saya ngincer kota yang kaya gitu jadi bisa meminimalisir keperluan biaya kalo menurut saya kak,

    saya pengen undergrad di jerman tp keluarga saya ga bisa memasok terus biaya selama saya hidup di jerman
    jadi rencana saya selama tahun pertama di jerman kan belajar stk dulu tuh, biaya hidupnya dr blocked account aja, dan selanjutnya pas udah di uni saya mau hidup dari gaji part time saya aja, kalo menurut kak rara gimana? emg sih nekat hehe

    • Ngurusnya ya sebelum visa 3 bulan kamu habis lah :b Tentunya kamu harus udah punya semua yang dibutuhin. Aku cuma dapet yang 1,5 tahun.
      Waktu ngurus visa kalau ga salah uangnya masih 5000an deh. Orang yang ngurusin juga ga nanya atau ngasi tahu minimalnya berapa. Tapi bilangnya cari aja kota yang banyak Ausländernya jadi bilangnya saking sibuknya mereka ga peduli lagi sama jumlahnya, tapi itu denger – denger ya.
      Ya kamu itung aja coba sendiri, di blog ini udah banyak kok yang bahas soal biaya yang dihabisin per bulan, bisa dong kan ya? Kalo niat kenapa ga bisa? 🙂

  • Kak, sekarang saya masih kelas 3, rencananya mau lanjut ke jerman. Saya maunya sih ambil Humanmedzin di Uni Heidelberg, kira-kira nilai minimum yang harus saya kejar buat masuk ke Uni Heidelberg berapa ya? Terus kalo studienkolleg itu memang harus 1 tahun lamanya atau bisa dipercepat? Oh iya kak, sama satu lagi, kakak dulu alumni foursma ya? 🙂

    • Coba baca lagi di post sama bagian FAQ ya 🙂

  • Andy

    mnt saran min, ini saya skrg lagi les B1 di jerman nah trus slese kursus nya itu 22 Februari 2014.Tapi sebenernya saya di indo uda les privat selama 480 jam , nah skrg kan saya lagi cari stk , ada ga stk ya mau nerima bestätigung dari guru privat (yg bisa dibilang ga jelas ini,soalnya cmn ada tanda tangan guru les saya) ? klo bisa sih sebenernya pingin msk sommersemester (kl ms ada) tapi klo dipikir” masuk wintersemester jg sama aja ya ? soalny uni cmn di winter .Ty

    • 1. Yang diterima cuma sertifikat resmi
      2. Iya sama aja.

      • Andy

        jadi saya mending lanjutin les B2 aja ya disini sambil cari stk buat winter
        o iya,saya denger” stk zittau ga butuh b1 ya ? kalo bener ,ada stk lain yg bgitu juga ga ?

  • Restu Widiyanto

    asalamualikum sis mau tanya, saya kan punya sodara di Bremen, Bremen sebagai kota yang saya tuju untuk studkol.
    apakah untuk DB saya harus bayar full 8090 euro?
    makasih sebelumnya…

  • Nadira

    Halo aku mau tanya, aku kan sdh lulus studkoll tp yg di indonesia skg lg mau daftar di universitas lewat uni assist, lalu jurusan yg aku mau ada tulisan DoSV(hrs daftar dulu di hochschulstart.de). DoSVnya itu berlaku buat ausländische Student yg sudah lulus studkoll gk atau hanya untuk Student asal Deutschland? Thank you 🙂

    • Kalo ga salah itu khusus buat anak sini deh, kalo kita pake UA 🙂

      • yahya

        maksudnya jadi gimana mbak? Harapan kt untuk daftar di DoSV putus sudah? ….
        ohya mau tanya, kalau kita STK satu semester aja terus langsung Festellung bisa kah?

  • Reu

    Kalau uda lulus S1, tapi mau ambil S1 lagi (beda jurusan), apa perlu Studkol lagi?
    Kalau ada yg pernah kyk gini (ambil S1 lagi) / punya temen yg S1 lagi, mohon infonya ya. Danke im Voraus

  • Klo kita mau daftar lewat uni assist untuk program s1 kedokteran.. kualifikasinya itu Bachelor atau Staatsexamen? aku masih bingung… soalnya pas nyari di “Search Study Offers” untuk program “Bachelor” wintersemester 2014 selalu gagal. apa harusnya staatsexamen yah?? soalnya ada yang bilng untuk kedokteran pakenya stattsexamen..

    Terima kasih sebelumnya ka rara.

  • dinadinodintul@yahoo.com

    kakak mau masuk hummanmedizin ya ? aku juga pengin ke sana kak, kira” buruh berapa lama ya kak studi di sana ? oh ya katanya si studi di jerman gratis, sebenarnya butuh biaya berapa si kak ? ( buat hummanmedizin) di tunggu kak jawabanya

  • Guten abend kak Rara 🙂 Saya yudha dari Semarang, saat ini saya kelas 2 SMA. Saya juga pengen ambil studi disana kak, dan dulu sempet les Jerman kurang lebih 3 bulan trs keluar karna kegiatan di sekolah emang banyak banget, jadi saya mutusin utk ga les dulu karna malah keteteran semua. Nah, kalau saya ambil les di GI setelah selesai UN kelas 3 besok masih bisa ngejar buat dapet B2 nya nggak ya kak? Karna di semarang kan ga ada GI tuh, jadi abis UN langsung ke jkt buat ambil GI nya gitu. Mohon pendapat dari kak Rara ya, thank you :).

    • Tergantung kemampuan kamu, kalo masalah lamanya les bisa kamu tanyain sendiri ke GInya, siapa tahu kamu bisa lulus cepet, sekarang pilihannya ada 2, kamu kursus ampe B1 di Indonesia terus lanjut B2 di Jerman, atau ampe mentok B2 di Indonesia. Menurut aku yang pertama lebih baik sih tapi lagi lagi balik ke kamu 🙂

      • Kalau pilih yg pertama berarti harus tetep lgsg daftar STK sekalian ya ka biar abis dapet B2 langsung lanjut stk T-kurs gitu?

        • Nanti kamu daftarnya pas di Jerman aja pas kamu udah selesai B2, banyak kok di sini yg kayak gitu 🙂

          • Oh okay. Danke schön ya ka, artikel, tanya jawab, dan semuanya ngebantu banget dari ka Rara. God bless ya ka, semoga sukses dah ntar! 🙂

      • herson aden

        anak saya sudah dapat panggilan STK di Universiy Tecnology Darmstadt , dia cuman sertifikat B1, apakah setelah STK nanti bisamlangsung kuliah atau harustest lagi , perkuliahan STKnya berdasaarkan panggilan nya awal bulan maret 2014 , mohon infonya mba rara

        • Setelah STK (Berarti sudah melakukan FSP, ujian akhir) maka tidak perlu ujian lagi untuk masuk kuliah, cuma harus daftar seperti daftar STK, karena surat panggilan (Zulassung) STK dengan Uni berbeda 🙂

  • Prananda

    Terima Kasih kepada Mbak Rara semoga sukses disana karena sudah berbagi informasi yang komplit ini, saya kelas 12 sekarang dan lagi bingung milih kuliah dimana rencana saya setelah saya unas nanti kalau saya tidak diterima di universitas negeri di Indonesia saya mau kursus bahasa jerman di GI Insyallah tahun 2015 saya berangkat ke Jerman, sekarang mulai cari cari informasi kuliah di Jerman dan sangat terbantu dengan postingan ini.

    saya mau tanya, sebelumnya minta maaf dulu semoga gak membuat sakit hati karena pertanyaan saya

    Saya mau tau alasan kenapa mbak Rara lebih memilih kuliah di Jerman daripada kuliah di Indonesia. Terima Kasih 😀

    • Sama sama senang bisa membantu, waduh sakit hati? Haha enggak apa kok, silahkan lihat di profil penulis ya 🙂

  • rofiq

    terima kasih untuk informasinya,
    tapi saya sedikit bingung byk org bilang kalo tinggal disana harus pnya asuransi,benarkah?
    oh iya kalo mau tanya2 lagi bisa via email ga ka?

  • eva

    Mbak Rara mau tanya dong. Apa ukuran pas foto yang harus disediakan utk melengkapi pengiriman berkas ke Uni Assist? (soalnya di tulisan mbak aku cari2 gk ada ukurannya). Satu lagi mbak, kapan kita mulai nentuin milih T-Kurs atau M-Kurs atau W-Kurs atau kelas yg lain, saat kita mulai ngisi Antrag atau saat kita udah diterima STK ?

    • Ga ada sih, tapi aku sediain 3×4 sama 4×6 gitu aja, itu uni yg nentuin, dari jurusan yg kamu tulis di antrag, tapi kalo kamu mau tahu jurusan kamu termasuk yang mana, coba cari sendiri ya 🙂

  • eva

    thanks ya mbak Rara infonya

  • wisnu

    kak rara saya mau tanya2 dong kaka saya masih sma di indo saya ada niat mau lanjut ke jerman kak, saya mau ikutin jejak kakak dong kak soalnya saya belum ngerti apa2 hehe mohon bantuannya kak

    • Boleh, tapi dibaca dulu ya semua artikelnya 🙂

      • wisnu

        iyaa kak udah saya baca kok, waktu itu kakak belajar b.jerman dimana kak? di indo atau di jerman kak?

        • Kalo belum tau berarti belum baca 🙂

  • wisnu

    di goethe institut kan kak, nah itu dimana kak? kalo itu di jerman apa kakak waktu pertama kali ke jerman belum bisa bahasa jerman kak?

    • Enggak, aku belajar bahasa jerman di sekolah sampai B1, terus Privat di yang udah disebutin di atas 🙂

      • wisnu

        iyaa kak saya udah ngerti hehe kita harus lulus sma dulu yaa kak buat daftar studienkolleg?

  • eva

    mbak Rara mau tanya lagi boleh kan? Saat mbak udah diterima di studkol yang sekarang ini, biaya apa saja yang dikeluarkan untuk masuk studkol ini (selain iuran semester / Semesterticket, asuransi, buku (diluar biaya hidup ya mbak))???? Kalau studkol yg di Indo kan bayar sekitar 30jt/smt + uang pendaftaran. Nah kalau di studkol yang mbak masukin skrg bayar berapa?

    • Selama di Studienkolleg, selain yang disebutin di atas sama tidak ada lagi, kalo lebih jelasnya ada di post tentang Studienkolleg 🙂

  • Frans

    ka mau tanya, kalo stukol tujuan kita tidak lewat uni assist, bagaimana cara daftarnya kalo dari indo?
    sedangkan kalo mau urus visa harus ada Zulassung kan ka?

    Danke.

    • Langsung kirim ke Uni, iya tapi bisa juga pake undangan kursus bahasa 🙂

      • Frans

        iya, kayaknya harus lewat undangan kursus bahasa ni..
        soalnya di wismar ada persyaratan visa pelajarnya..

  • eva

    Apakah aturan tuition fees yg ada di http://www.studis-online.de/StudInfo/Gebuehren sudah diberlakukan skrg? Seperti di state Saxony yg ada Uni Leipzig memberlakukan pembayaran uang kuliah sebesar 500Eu. Mohon infonya ya mbak Rara, thanks sebelumnya ….

    • Hallo, maaf belum bisa jawab, saya baru mulai kuliah bulan Agustus – September, tapi nanti saya coba tanyakan teman 🙂

    • Kata temen saya yang kuliah di Uni Leipzig, per semester bayar 120 Euro sama semesterticket 94 Euro 🙂

  • jolie

    Maaf mbak, cuman mo ngingetin.. itu foto yg ada tanda tangannya sebaiknya tana tangannya di sensor. Takutnya nanti disalahgunakan. Berlaku jg untuk data pribadi 🙂
    Btw penjelasannya lengkap sekali 🙂

    • Waduh iya terimakasih udah ngingetin 😀

  • eva

    thanks ya mbak infonya. Semoga sukses dan lancar studinya

  • Hallo rara, saya mau tanya. Sebenernya yang harus dilakukan duluan itu daftar ke uni atau studienkolleg sih? Saya lulus juni tahun ini, harus ngambil yang sommersemester oder wintersemester? apa cukup dengan b1 saya masuk studkol?
    Danke im Voraus :))

    • Fauzan

      Bantu jawab ya… Untuk bisa masuk S1 di Uni di Jerman harus lulus Studienkolleg (STK) dulu. Kalo lulus Juni tahun ini dan langsung berangkat Jerman, bisa ambil Wintersemester 2014 atau Sommersemester 2015, tergantun kamu udah siap secara bahasa atau belum. Persyaratan masuk STK memang sebatas B1 saja, tapi di STKnya sendiri nanti bhs Jerman akan lebih ter-improve. Semoga membantu

  • safitri rochmah

    kak, aku lulusan SMK apa ada kesempatan bisa kuliah di jerman bagi lulusan smk? kemungkinan brp besar siswa smk yg diterima kuliah dan kampus mana yg menerima siswa lulusan smk? mohon balasanya yaa kak.. vielen dank

  • Happy

    Salut banget buat Mbak Rara yang begitu sabarnya meladeni pertanyaan2 dengan sopan, walopun banyak pertanyaan yang masuk sebenernya bisa kejawab dengan gampang asal ada sedikit kemauan dari si penanya buat nyari sendiri.
    Semoga amal ibadah Mbak dilipatgandakan <3

    • Terimakasih banyak, komen seperti ini lah yang bikin saya semangat jadi lebih baik aamiiinn 😀

  • Hi, ijin reblog postingan ini ya, penting banget soalnya, jadi kutaro di blog ku, tks in advance. Sukses buat Rara ^^

    • Silahkan, terimakasih banyak 😀

  • halo mbak rara..
    mohon info dong untuk flying school (sekolah pilot) di Jerman. anak saya pengen saya sekolahin di jerman. thankyou

    • Maaf pak, karena itu bukan bidang saya, jadi saya gabisa bantu, mungkin jawabannya ada di google 🙂

  • Rosyid

    Mbak Rara.. kalau mau buat surat penjamin gmn?? kmrn aku searching dan tanya2 di DAAD karanya sruh ke kantor imigrasi, tp di kantor imigrasi kurang tau =-=

    • Wah surat penjamin apa ya? Maaf aku sendiri belum ngalamin jadi kurang tahu :/

  • Imel

    Hai informatif sekali lho,thanks a lot
    tp mau tny kl ambil S2 gmn?aku udh ada background b.jerman tp bingung appl kesana gmn,bs bantu?thx buat jawabanya

    • Coba cari artikel kuliah S2 master, disana sudah dijelaskan tahapannya.

  • ijal..

    kak mau nanya, tolong di jawab yaaa…
    1. untuk ngambil program s1 (bachelor) dijerman itu ada batasan usia ga,khususnya mahasiswa dari luar eropa kaya kita. rencananya saya setelah lulus s1 di indo pengen kuliah s1 lagi dijerman,takut ga masuk gara2 ketuaan hehe 🙂

    • Ga ada 🙂

    • Saya ada teman yang sudah berumur 30 tahunan mengulang S1 di Jerman dari awal walaupun tanpa harus studkol karena sudah pernah S1

  • Gamalfa Haq

    Mas indra! Mau minta saran nih, Kalo mau S1 di RWTH Aachen lebih baik studkol dimana yaa?
    terima kasih!

    • lebih baik keterima dulu baru milih mau dimana kalau diterima lebih dari satu… Kalau RWTH kan uni berarti masuk Studkol yang buat Uni ya bukan buat FH…

  • varen

    Halo Kak Rara, saya mau nanya nih hehe. Kan kemarin saya baru kepoin RWTH Aachen dan download brosur buat daftar bachelornya. Disitu ditulis kalo minimal bahasa Jerman yang dikuasai itu C1. Kalau seandainya saya ambil STK di Indo, syarat bahasa B1. Saya pernah baca commentnya kakak kalo udah STK berarti bahasa dianggap udah C1 ya kak? Jadi ga perlu les lagi buat ambil tes testDaf atau gimana? Hehe saya bingung disininya ._.
    Makasih kak 😀

    • rara5494

      Benar sekali 🙂

    • Tergantung, pas lulus STK di Indo tulisannya setara C1 (DSH 2) atau enggak, kalau iya, baru bisa daftar ke RWTH Aachen. B1 itu untuk masuk STK di Indo.

  • Garin Andreas

    Saya ingin berkonsultasi mengenai rencana studi saya. Saya lulusan
    sma dan ingin melanjutkan studi s1 di jerman untuk jurusan
    fahrzeugtechnik. Saya sekarang sedang kursus super intensiv sejak bulan
    juli di Goethe Institut dan sudah berada di level A2. Saya ingin
    mendaftar ke University of Stuttgart dan setelah saya mencari-cari info,
    uni Stuttgart merekomendasikan untuk mengambil studkol di studienkolleg
    uni Karlsruhe dan meminta persayaratan B2 (admission di uni Stuttgart
    dan beberapa uni pilihan saya adalah winter semester only). Jika sesuai
    rencana, di bulan desember saya akan mendapat sertifikat B1 dan akan
    saya gunakan untuk melamar visa di bulan januari karena saya ingin
    melanjutkan kursus bahasa di jerman. Tepatnya saya ingin melanjutkan
    kursus di Goethe Institut Göttingen di bulan april 2015. Jadi selama
    proses visa saya akan tetap ikut kursus super intensiv 1 kuartal lagi di
    goethe Institut jakarta hingga pertengahan maret 2015 mencapai level
    B2.4. Karena uni Stuttgart admission di Winter semester, maka saya
    berencana masuk studkol di September 2015. Jadi dari bulan april sampai
    juli diharapkan saya sudah mempunyai C1 pas sebelum deadline studkoll di
    winter semester. Sambil menunggu untuk Aufnahmeprüfung untuk studkol di
    bulan September, saya akan kursus dari C1.

    Yang ingin saya tanyakan adalah :

    1. Bagaimana menurut kakak-kakak senior tentang rencana studi saya?

    2. Apakah rencana tersebut mungkin di lakukan?

    3. Apakah rencana tersebut merupakan rencana yg baik atau malah rencana yg buruk?

    4. Apakah jika saya mengikuti rencana tersebut malah berisiko besar (kemungkinan visa habis dll) ?

    5. Jenis visa apa yg harus saya ajukan di kedutaan? Apakah visa studi atau visa sprachkurs?

    6. Bagaimana cara memperpanjang visa dari entry visa 3bln menjadi 2thn jika mengikuti rencana studi saya diatas?

    7. Apakah kakak-kakak ada rencana studi yg lebih baik untuk saya?

    Sekian dari saya

    Danke im voraus

  • musthofa

    Kak,apakah kita harus punya Ijazah sekolah bahasa dari Goethe (Minimal waktu tempuh belajar : 480 jam) itu.soalnya sy tdk les di GI tp saya sdh punya zertifikat B1?(saya bljr dari bulan mei privat)

    • Indira Ayu Daranindra

      Zertifikatnya dari Goethe kah? Kalau iya berarti aman 🙂

      • musthofa

        kak mw tanya kalau wkt kakak nunggu email dari db stlah kakakkirim kejerman berapa lama? sama berapalama wktuitu visa kakak jadi?

        2014-12-08 23:31 GMT+08:00 Disqus :

        • Indira Ayu Daranindra

          Nunggu email buat minta formulir akun bank? Kalo iya sebenarnya sudah ada tautan untuk download formulir nya di bagian yang bercetak tebal, coba di cek lagi ya, visa jadi sekitar sebulan setelahnya 🙂

          • musthofa

            bukan itu, maksud sy stlah kakak legalisir form DB ke kedutaan kan kakak kirim kejerman.nah dapat konfirmasi bhwa account kakak udah kebuka itu berapa lama?

            2014-12-09 9:29 GMT+08:00 Disqus :

          • Indira Ayu Daranindra

            Ooh, seminggu ^^

  • Magistyo Raharjo

    informasi tambahan saja. Untuk keperluan membuka account di deutche bank sebenarnya tidak perlu email langsung ke DB. formulir bisa di download di http://goo.gl/T5ryM8

    atau langsung PDF-nya nih
    http://goo.gl/kvXPtY (diatas 18 tahun)

    http://goo.gl/b33h44 (dibawah 18 tahun)

    menurut ku ini agak lebih cepet daripada nunggu email balasan dari DB
    may this help you all

    • Indira Ayu Daranindra

      Terimakasih linknya ^^

  • musthofa

    boleh nggak klo kita daftar studienkolleg lewat UA tapi belum buka rekening di DB?

    • Indira Ayu Daranindra

      Boleh 😀

  • Anita

    Kalau misal saya mau daftar untuk Wintersemester, kapan saya bisa mulai daftar studienkolleg ya?

    • Indira Ayu Daranindra

      Kadang terlalu awal Uni juga tidak mau terima, yang penting diperkirakan biar dokumen bisa sampai tepat saat pendaftaran dibuka 🙂

      • Helen Chu

        Kak, mau nanya.. kalo mau kursus sama ibu indri.. dimana ya?
        Bisa minta no hp beliau..?
        Makasi kak

  • faisal

    assalamualaikum,
    makasih infonya kak
    saya mau tanya bisa nggak ya studienkolleg sambil part-time job ?
    makasih

    • Indira Ayu Daranindra

      Tergantung ijin kerja yang ada di visa kamu. Dan biasanya cuma bisa pas liburan karena lama kamu kerja juga dibatasin, ,maksimal 120 hari Vollzeit, 240 Teilzeit.

      • Tina

        Saya ingin menambahkan informasi untuk saudara Faizal,selama anda di Studienkolleg anda tidak diizinkan untuk bekerja.Lain halnya ketika anda sudah terdaftar sebagai mahasiswa di sebuah perguruan tinnggi,maka anda akan diizinkan untuk bekerja selama maks 90 hari (fulltime job)pertahun atau 180 hari (part time job)

  • Wildan Muhammad Syufie

    Saya mau nanya mengenai jurusan, saya sekarang kelas 12 jurusan IPS, dan saya ingin sekali mengambil jurusan IPA yaitu Teknik Sipil di jerman (T kurs) itu bisa tidak ? apa ada syarat syarat khusus ?

  • Anita

    Mau tanya lagi ya kak, kira-kira berapa waktu yang perlu disediakan jika mendaftar lewat Uni-assist? (berapa bulan sebelum deadline) Karena saya dengar kinerja Uni-assist cukup memakan waktu. Terimakasih

    • Indira Ayu Daranindra

      Sebulan cukup lah ^^

  • Caren

    Saya mau tanya kalo ijazah paket C apa diterima di studkol jerman dan di uni” di jerman?

    • Indira Ayu Daranindra

      Cek di bagian FAQ ya ^^

      • MerahMuda

        yang bagian mana kak?

  • Njuli

    Kak Rara, saya ingin nanya. Waktu buat visa, apa perlu surat korenspondensi uni? Jika iya, apa akan mengganggu keberhasilan visa untuk di keluarkan? soalnya saya lupa dan orang botschaftnya tidak ada memberikan pemberitahuan apa2. Terima kasih kak untuk waktunya.

    • Indira Ayu Daranindra

      Kalo boleh tahu kamu mengajukan visanya untuk apa?

  • MindHeaven

    kalau untuk s2 caranya sama atau tidak ya ?

    kok ada yg saya baca, makin bengong

  • Andi

    Saya ingin menambahkan info mengenai proses legalisir formulir pembukaan rekening Deutsche Bank di kedutaan Jerman bagi yang belum berumur 18 tahun. Salah satu syarat adalah membawa paspor dan copynya. Kalau bikin paspor sebelum umur 17 tahun biasanya pemilik paspor tidak diperkenankan menandatangani paspor dan kantor imigrasi menstempelnya dengan tulisan ” Unable to sign”. Kedutaan akan menolak legalisir formulir pembukaan rekening Deutsche Bank jika paspor kondisinya seperti yang disebutkan diatas. Untuk itu perlu ke kantor imigrasi untuk mengurus penandatanganan paspor ( tidak perlu ganti paspor baru, tandatangan di halaman lain dan dibubuhkan cap dari kantor imigrasi).
    Selain itu akte kelahiran juga perlu dilegalisir dan diterjemahkan ke bahasa Jerman oleh penerjemah tersumpah.

  • Kak rara, kalo misal aku legalisir formulir db nya sekarangg trus kukirimnya sebulan lg krn blm dpt zulassung gpp kan ya kak? Maksudnya krn aku nggak tinggal di Jakarta

  • Moonliqht Gayounghee

    kak, mau tanya, nih..

    kira2 ada gk sih, bimbel bahasa yg bisa ngasih sertifikat zd/zmp gt? domisili sy di jogja, jelas gk mungkin sy ke jakarta/bandung cuman buat les di GI aja..
    kalopun sy niat lewat GI, paling nggak, sy harus lulus kuliah di jogja dulu, dn dapet ijin ortu ke jakarta

    • Indira Ayu Daranindra

      Leider sertifikat yang diakui cuma dari Goethe, tapi kamu bisa aja privat dulu di Jogja, nah kalo mau tes buat sertifikat baru ke GI terdekat. ^^

  • Laurentius Valdy Suhertan

    Kak rara, saya ingin bertanya, itu mksd dri “Per 2015 semua Studienkolleg minimal B2” apa ya? Jadi mulai tahun 2015 ini, semua studienkolleg membutuhkan syarat B2? bukannya ada yang b1 dan b2 ya? terima kasih sebelumnya

    • Indira Ayu Daranindra

      iya maksudnya hampir semua, makasih ya nanti aku edit ^^

  • beby agustin

    Halo ka Rara! Ka kalo daftar ke 2/lebih uni yang punya studkol sama itu bisa ga ya? Misal aku mau apply ke Uni Hannover dan Uni Goettingen, itu kan studkolnya sama di stk uni hannover. Sama kalomisi antrag auf Zulassung itu isi semester untuk studkol atau semester jurusan uni?

    • Indira Ayu Daranindra

      Bisa – bisa aja, tulis aja semester 1 ^^

      • beby agustin

        Ka rara mau nanya lagi dong hehe, itu kalo mau daftar studkol, langsung daftar ke studkolnya atau ke universitasnya ka? Jadi ngirim documentsnya ke universitas atau ke studienkollegnya atau dua-duanya? Kalo lewat uni-assist itu kita daftar ke universitasnya/studkol? Dan kalo studkolnya yang direkt itu langsung kirim documentsnya ke studkolnya atau ke uninya atau dua-duanya?
        Tolong dijawab ya ka^^
        Thankyou be4

        • Indira Ayu Daranindra

          1.Daftarnya ke Uni,

          2.Sama kayak jawaban di atas.
          3. Tergantung, coba websitenya dibaca lagi.

  • beby agustin

    Ka rara mau nanya dong, itu kalo mau daftar studkol, langsung daftar ke studkolnya atau ke universitasnya ka? Jadi ngirim documentsnya ke universitas atau ke studienkollegnya atau dua-duanya? Kalo lewat uni-assist itu kita daftar ke universitasnya/studkol? Dan kalo studkolnya yang direkt itu langsung kirim documentsnya ke studkolnya atau ke uninya atau dua-duanya?
    Tolong dijawab ya ka^^
    Thankyou be4

  • Christabelle B

    Halo Kak Rara,

    aku mau nanya tentang Uni-Assist. kan kita harus mengirim dokumen dokumen melalui online dan ke kantor uni assist juga kan. misalnya aku daftar ke 3 uni yang berbeda, apakah aku harus attach 3 kopi dokumen yang sudah dilegalisir dan ditranslate? atau aku hanay perlu mengirim 1 kopi dari masing masing dokumen? Thank you

    • Indira Ayu Daranindra

      Cuma 1 kopi dari masing – masing dokumen aja kalo untuk Uni Assist.

  • Christabelle B

    Halo, di sini ada yang punya pengalaman mendaftar ke jerman dengan A levels? kalo ada boleh bagi pengalamanya? Thamks.

  • emireza

    vielen dank

  • beby agustin

    Hallo ka rara! itu raport kls 3 yg di legalisir dan di translate nilainya aja atau beserta perincian daftar nilai kls 3 ka? Makasih sebelumnya

  • Ruth

    kak Rara makasi udah sharing.

    kak aku mau nanya, website yang mencantumkan universitas yang memakai uni sudah tidak ada lagi?
    Taukah universitas di jerman yang direk langsung ke universitasnya?
    Danke^^

    • Indira Ayu Daranindra

      Hallo, maaf baru balas, sudah diperbarui ya, ini websitenya http://dayzine.de/studienkollegs/

    • Hefni Indra Wahyudi

      Kak lebih baik ikut studkoll di jermannya langsung atau di indonesia dulu kak? Terimakasih

  • Kartika Permata Sari

    Ada gambar yang tidak muncul di poin Deutschbank? Gambar apa ya? bisa di upload lagi?

    lalu secepatnya kalian kirim formulir yang sudah dilegalisir tersebut bersama fotokopi paspor dan fotokopi Zulassung (saya menyertakan ini karena saya sudah mendapatkan Zulassung terlebih dahulu) dan beserta surat seperti ini >>

    {Gambar yang hilang}

    ke alamat yang di atas itu. {alamatnya dimana?}

    Terimakasih..

  • Joshua Kalempouw

    Halo kak, mantan anak Jugendkurs juga ya? Hehe..
    Aku juga rencananya mau lanjutin kuliah di Jerman nih thn depan, maunya di Leipzig (udah nge-cek website STK sama Uni-nya haha). Pengennya sih ngambil S-Kurs dan lanjutin ke Linguistik di Uni nanti (berhubung anak Bahasa). Post-an kak Rara yg ini sebenarnya udah aku baca dari masih kelas 10 dulu tapi akhirnya bisa komen sekarang (karena udh mau lulus :D), hahahaha.
    Nah, pertanyaannya, aku kan nanti UN-nya April 2016, memungkinkan gak ya persiapannya buat mulai Studkol di Wintersemester (mulai dari pembukaan rekening DB sampe urus visa, usw., usw.)? Aku cek di STK Lepzig, Greifswald sama Halle Bewerbung-nya sampe 15 Juni/Juli dan Aufnahmetest sekitaran August (kalo ga salah) utk WS. Kalo masalah bahasa Jermannya aku udah B1 dan ini lagi proses persiapan buat ujian B2 nanti thn depan sebelum ke Jerman. Mohon bantuannya, ya. Danke :))

  • Rizki Athari

    Assalamu’alaikum ..

    Ka, saya pelajar SMA di Bandung. lulus insyaa Allah juni 2016. rencana saya *masih rencana* mau kuliah di jerman dan tanpa agen. banyak hal yang masih saya bingung. dibawah ini pertanyaannya. maaf ya ka kalo kepanjangan ><

    1. terjemah dokumen total biaya berapa?
    2. pas foto berapa kali berapa
    3. sertifikat B1, CV , dan Motivationsschreiben nya dikirimmnya kapan? terus urutan ke berapa kalo di dokumen?
    4. Kalau daftarnya stutkoll sama VSH bagaimana?? apakah akan bentrok??
    5. kirim berkas ke stutkoll nya cuma bisa lewat pos aja ya??
    6. bagaimana dengan asuransi kesehatan? apakah sama dengan asuransi perjalanan?
    7. daftar stutkoll sama VSH nya untuk Sommer kapan ya ka? terus mulai nya kapan??

    Maaf ya ka banyak tanya. saya harap kaka berkenan menjawab pertanyaan saya. Terima Kasih sebelum nya 🙂

    • Indira Ayu Daranindra

      Waalaikumsalam, aku coba jawab ya
      1. Silakan langsung telpon penerjemah langsung ya, daftarnya sudah ada kan di post? 🙂
      2. Contoh foto dapat dilihat di
      https://www.bundesdruckerei.de/sites/default/files/sample_photos_for_id-documents.pdf
      Foto biometris berwarna dengan latar belakang putih atau abu-abu muda,
      ukuran 3,5 x 4,5 cm.
      Wajah setidaknya mengisi 80% dari keseluruhan gambar.
      – Satu lembar dilekatkan di formulir permohonan di bagian belakang.
      – Satu lembar disisipkan saja (akan dikembalikan)
      3. Dikirim ke Uni Assist saat daftar Uni . Kalau ga salah untuk buat Visum sekarang, kedutaan juga minta Motivationsschreiben
      4.VSH maksudnya VHS alias Volkshochschule? Untuk Sprachkurs? Menurutku kamu harus mutusin dulu di Jerman mau kursus bahasa atau nyari Studkol, biar gampang mutusinnya, kamu udah punya sertifikat level berapa skrg?
      5. Iya, kalau Uni mintanya Direkt, lgsg pakai Post, Kalau uni Assist, dia minta Soft Copy juga Hard Copy
      6. Sementara buat visum pakai asuransi Perjalanan aja dulu, nanti di Jerman bisa pakai asuransi privat, biasanya bakal dibantu sama pihak Studkol atau Sprachkurs.
      7. Kalau Studkol SOSE : 1. Dezember bis zum 15. Januar, WISE :1. Juni bis zum 15. Juli

  • Alfon Samuel

    Halo Kak Rara,
    Terima kasih sudah membuat post ini.
    Bulan Agustus ini saya sudah berangkatt ke Jerman, di kota Essen
    Saya sudah daftar Les Bahasa di sana. Nah yang mau saya tanyakan:
    1. Apakah kalau kita sudah berada disana, untuk mendaftar kuliah apa harus pakai Uni Assist atau bisa langsung dengan membawa dokumen pergi ketempat kuliahnya sendiri?
    2. Lalu syarat apa yang dipakai agar kita bisa ikut aufnameprufung? Apakah kita tinggal mendaftar saja, atau ada nilai yang diIndonesia yang digunakan?
    3. Apakah nilai UN dan rapot sangat berpengaruh untuk masuk mendaftar Universitas tertentu? Saya ingin ambil M-Kurs disana.

    Terima kasih atas waktunya.

    • Indira Ayu Daranindra

      Halo,

      1.Kamu harus tetep pake Uni Assist untuk daftar ke Uni yang pake Uni Assist, begitu juga yang enggak pake, jadi ga ada yang berubah.
      2. Tinggal daftar ke Uni tersebut, dan berharap diterima, aku juga ga tau pasti kriteria yang mereka pake, tapi pastinya mereka bakal ngeliat nilai UN sama ujian sekolah kamu untuk ngasih Zulassung untuk ikut AP sama tergantung jumlah anak dari Indonesia yang daftar ke Uni tersebut juga. karena kuota per negara terbatas.

  • Pingback: Senyuman dari Jerman | kruwelkruwel()

  • adinda putri

    Kak Rara, terima kasih ya atas tulisannya ini. Saya mau tanya nih kak, saya ini rencananya mau sekolah bahasa dulu di jerman, terus baru masuk studienkolleg. Pertanyaan saya kak:
    1) Apakah saya harus menyelesaikan sekolah bahasanya (sampai B2) itu dulu sebelum apply untuk studkol?
    2) Setelah selesai sekolah bahasa dan apply untuk studkol, apakah kita harus balik ke indo untuk memperpanjang visa pelajar? Soalnya dengar-dengar visanya cuma bisa untuk 2 tahun. Sementara kan menyelesaikan sekolah bahasa saja sudah lama. Takutnya di deportasi lagi hihihi.😂
    3) Soal part-time job kak, waktu kita sudah masuk uni, kita bisa cari part-time ggak kak? Atau hanya bisa kerja waktu liburan saja.
    4) Terakhir nih kak, apakah kakak tau website untuk mencari tempat tinggal? Kalau ada di share ya kak.
    Maaf ya kak Rara, pertanyaannya panjang-panjang. Saya masih agak clueless soalnya. Trims ya kak. 🙂

    • Indira Ayu Daranindra

      1) Benar sekali, karena denger – denger standard pendaftaran di hampir semua Studkol sudah B2 , bukan lg B1.
      2) Selama setelah sekolah bahasa kamu langsung daftar dan dapat Zulassung untuk Aufnahmeprüfung kamu bisa perpanjang visa kamu di Jerman dengan itu.
      3) Bisa aja, asal kamu bisa membagi waktu 🙂
      4) Salah satunya http://www.wg-gesucht.de/ , kamu juga bisa nanya di grup FBnya PPI Jerman

  • Khalimah

    Maaf ka sebelumnyaa, Saya ingin meminta pendapat kaka karena saya masih bimbang untuk kuliah kesana karena saya hanya mempunyai pengalaman yg cukup minim dan gk punya kenalan disana, terutama lagi bahasa inggris saya dan Jerman belum lancar/ masih terbata-bata.. Tekad saya untuk kuliah di Jerman sebenarnya sejak tahun ini untuk melanjutkan s1 jurusan manajemen, karena waktu itu ada agen bahasa yg menawarkannya ke sekolah saya (gratis kursusnya untuk 1 semester). Saya mengikuti bahasa jerman di euro management(agen) awal’a untuk iseng” saja mengisi waktu luang di hari libur, tapi ternyata banyak sekali arahan dan motivasinya dari agen itu sendiri untuk bisa kuliah disana dan mulai tertarik kuliah di Jerman walau bahasa Jerman saya kurang bisa. tpii, kemampuan saya jika di kursus itu msih sangat minim, dan nilai tes evaluasi saya bisa dibilang dibawah kkm..Saya sebenarnya ingin sekali kuliah di Jerman tanpa bantuan agen, dan ingin menambah pengalaman mencoba untuk mendaftar& mengurus sendiri.. Walaupun keliatannya si ribet mengurus sendiri tanpa adanya kenalan di Jerman,
    Saya ingin bertanya
    1.jika mengurusnya sendiri tanpa memiliki sertifikat/ kursus di goethe institut itu bisa diterima atau tidak ka?
    2. Biasanya apa saja syarat yg dibutuhkan untuk mengurusnya sendiri tanpa bantuan agen?

    Danke, ;))

    • Indira Ayu Daranindra

      1. Ga harus kursus di Goethe Institut TAPI Uni di Jerman cuma mengakui sertifikat dari sana. Jadi kamu sebenarnya bisa kursus di tempat lain terus tapi ujian sertifikatnya di GI.
      2. Coba baca lagi tulisan blog di atas ini, nanti kalau masih bingung, tanya aja, tapi yang spesifik ya.

  • Rizki Athari

    halo ka rara,,, mau tanya lagi nih ‘maaf ya banyak tanya’ … sebelumnya terima kasih ka atas jawabannya 2 bulan yang lalu hehehe :V

    1. ka kalo pakai nya nilai UN perbaikan bisa kan kaa??
    2. kalo mau lihat persyaratan stutkoll yang resmi dari stutkoll nya dimana ya ka??

    terima kasihhh :))) BTW selamat berpuasa kaa

  • Dhimas Ghifari

    Saya ingin bertanya ka, kak itu minimal yang ijazah dari goethe harus minal 480 jam ya kak? saat ini saya masih SMA , saya berdomisili di jogja, saya sekarang masih sma dan juga les bahasa jerman mulai september ini, nah apakah saya tetap dihitung selama 480 jam? karena kondisi saya les di luar Goethe dan itu privat. Terima kasih kak Rara 😀 sukses selalu kak

    • Indira Ayu Daranindra

      Hallo, selama kamu sudah ikut ujian sertifikat B2 Goethe Institut (sekarang standar level bahasa yang diminta sama studienkolleg sudah naik) dan lulus , berarti kamu sudah lebih dari 480 jam. Jadi hitungan jam itu istilah lainnya level sertifikat.

      • Dhimas Ghifari

        Gitu ya kak hehe, oh ya kak kalau misal saya mulai les bahasa jerman september ini dan itu untuk 1 tahun ke depan, sekarang saya sedang duduk di kelas 3 SMA, kira2 saya masuk studencollege tahun 2017/2018 dan enaknya saya masuk yang di Indonesia atau di Jerman langungs? Kalau boleh saya mau konsultasi lebih lanjut sama kak Rara. Terima Kasih kak 😀

        • Indira Ayu Daranindra

          Boleh, add line aja rara5494.

          • Ramdan Hamdani

            assalamu’alaikum, , ,
            hallo mbk Rara saya minta WA nya mbk Rara donk biar bisa konsultasi yg lbh jelasnya karna saya pengen masuk kursus ke GI tahun dpan dan apakah sebaik,a saya ikut Studienkolleg yg indonesia apa jerman,a langsung???
            Mohon jawabannya ya mbk🙏🙏

          • Indira Ayu Daranindra

            Bisa lewat line @rara5494 atau FB Indira Ayu Daranindra

  • Vetty Setyo

    kalo misal saya lulus smk tahun 2013, trus mau kuliah ke jerman tahun 2019 bisa gk ya kak?
    jadi kalo mau kuliah dijerman itu harus kursus bhs jerman sampai dapet sertifikat B2/paling tinggi C2 gtu? trus daftar studienkoleg di jerman, lalu baru daftar unviersitas yang kita mau gtu ya kak?

    • indrachen

      Pertama yang harus di ketahui, lulusan SMK dan D3 di Indonesia itu ijazahnya tidak diakui di Jerman, jadi kemungkinan diterima kecil sekali. Kalau mau berangkat 2019 bisa coba ambil ujian Paket C, pernah denger sih katanya ada beberapa orang yang kuliah di LN dengan modal ijazah paket C karena home schooling. DI jerman sih belum pernah ketemu, tpi silahkan dicoba…

      Untuk studi di Jerman atau masuk Studkol minimum punya sertifikat minimal B1, tapi sangat disarankan B2. Kalu ikut kelas superintensiv di Indonesia total sampai B2 itu bisa setahun.

      Iya jadi kita harus punya B1-B2 baru bisa Studkoll normalnya setahun atau dua semester kemudian baru bisa masuk UNi atau FH

    • indrachen

      Karena adek lulusan SMK ada baiknya S1 dulu di Indonesia sampai lulus, atau Ambil ujian kejar paket C, karena SMK langsung S1 itu di Jerman kecil sekali kemungkinan diterima karena format sekolah SMK itu di Jerman tidak dikenali. Ini sekedar saran ya…

      kalau bahasa disarankan minimal B2 kakau mau lanjut di Jerman untuuk S1. Silahkan baca artikel yang lain tentang tahapan studi di Jerman untuk Studkoll di Jerman…

    • Indira Ayu Daranindra

      Maaf banget baru bales, Halo, studienkolleg ga peduli umur kok jadi bisa – bisa aja. Setahu aku cuma lulusan SMK 4 tahun yang diterima di Jerman, dan ga semua institusi mau menerima, contohnya : Köthen di Sachsen Anhalt dan Greifswald di Mecklenburg ,HS Wismar.

      Barusan aku cek di anabin :http://anabin.kmk.org/no_ca
      Cara ceknya :

      1. Pilih di bagian kiri “Schulabschlüsse mit Hochschulzugang”
      2. Di atas tulisan warna hijau ada dua tab : Info dan Suchen, kamu klik Suchen
      3. Pilih Indonesien di drop-down menu

      Nah nanti ada tulisannya Surat Tanda Tamat Belajar – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
      Abschlusszeugnis einer Fachoberschule (SMK)
      Nah terus kamu cari kamu termasuk yang mana /jurusan apa.

      Saran aku, kamu e-mail satu -satu uni dengan screenshot website itu dan bilang kalau kamu dari Indonesien
      Schulabschluss: Surat Tanda Tamat Belajar – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
      Übersetzung: Abschlusszeugnis einer Fachoberschule (SMK)
      Spezifizierung: Jurusan: …. cek anabin
      Übersetzung: …. cek anabin
      Pake bahasa Inggris juga gapapa, tapi kamu copy paste aja keterangan tersebut di E-Mail.

      Semoga bisa bantu walaupun sedikit ya 🙂

  • Pingback: Refleksi Entitas Agen Studi ke Jerman – PERMIAN()

  • Mona Fadillah

    Halo, Kak. Aku mau kuliah di Jerman, tapi aku lulusan SMK jurusan perkantoran. Rencananya sih mau ngambil jurusan yang sama di Jerman nanti. Kira-kira bisa gak ya, Kak? Takutnya cuma anak SMA saja yang diterima disana.

    Blognya bermanfaat banget! Aku baru tau ini sekarang. Makasih….

    • Indira Ayu Daranindra

      Hai, setahu aku cuma lulusan SMK 4 tahun yang diterima di Jerman, dan ga semua institusi mau menerima, contohnya : Köthen di Sachsen Anhalt dan Greifswald di Mecklenburg ,HS Wismar.

      Barusan aku cek di anabin :http://anabin.kmk.org/no_cache/filter/schulabschluesse-mit-hochschulzugang.html#land_gewaehlt
      Cara ceknya :

      1. Pilih di bagian kiri “Schulabschlüsse mit Hochschulzugang”
      2. Di atas tulisan warna hijau ada dua tab : Info dan Suchen, kamu klik Suchen
      3. Pilih Indonesien di drop-down menu

      Nah nanti ada tulisannya Surat Tanda Tamat Belajar – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
      Abschlusszeugnis einer Fachoberschule (SMK)
      ab 1997 bis 2003
      Jurusan: Administrasi Perkantoran
      Fachrichtung: Büroverwaltung
      Kalo aku ga salah ngerti sih, artinya yang diakui cuma lulusan 1997 sampai 2003,

      Saran aku, kamu e-mail satu -satu uni dengan screenshot website itu dan bilang kalau kamu dari Indonesien
      Schulabschluss: Surat Tanda Tamat Belajar – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
      Übersetzung: Abschlusszeugnis einer Fachoberschule (SMK)
      Spezifizierung: Jurusan: Administrasi Perkantoran
      Übersetzung: Fachrichtung: Büroverwaltung

      Pake bahasa Inggris juga gapapa, tapi kamu copy paste aja keterangan tersebut di E-Mail.

      Semoga bisa bantu walaupun sedikit ya 🙂

      • Mona Fadillah

        Oh gitu ya, Kak. Aku udah cek websitenya, iya aku juga mikirnya gitu, diakui smpe 2003 ya.

        Kalau Universitas Frankfurt kira-kira nerima gak ya, Kak? Dia kan jurusannya juga Business Administration. Aku harus cek dimana ya tentang frankfurt? Atau Kaka punya jawaban?

        Palingan beasiswa ya yang diterima (?)

        Makasih banyak Kak, maaf ngerepotin

        • Indira Ayu Daranindra

          Langsumg E-Mail Uni Frankfurtnya aja biar lebih pasti.

  • Aino

    kak mau tanya kalau smk jurusan tkj mau ikut STUDIENKOLLEG bisa nggak saya mau nggambil s1 jurusan mesin

    • Indira Ayu Daranindra

      Hai, setahu aku cuma lulusan SMK 4 tahun yang diterima di Jerman, dan ga semua institusi mau menerima, contohnya : Köthen di Sachsen Anhalt dan Greifswald di Mecklenburg ,HS Wismar.

      Coba cek di sini : http://anabin.kmk.org/no_cache/filter/schulabschluesse-mit-hochschulzugang.html#land_gewaehlt

      Cara ceknya :

      1. Pilih di bagian kiri “Schulabschlüsse mit Hochschulzugang”
      2. Di atas tulisan warna hijau ada dua tab : Info dan Suchen, kamu klik Suchen
      3. Pilih Indonesien di drop-down menu

      Saran aku, kamu e-mail satu -satu uni dengan screenshot website itu dan bilang kalau kamu dari Indonesien
      Schulabschluss: Surat Tanda Tamat Belajar – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
      Übersetzung: Abschlusszeugnis einer Fachoberschule (SMK)
      Spezifizierung: Jurusan: ???
      Übersetzung: Fachrichtung:??

      Pake bahasa Inggris juga gapapa, tapi kamu copy paste aja keterangan tersebut di E-Mail.

      Semoga bisa bantu walaupun sedikit ya 🙂

  • Ferdy

    Halo Kak, mau nanya. Apakah bisa jika urus visa sedangkan tempat tinggal kita di Jerman belum ada/belum tahu? Terus sebagai penjaminnya itu apa? Saya berniat ke Jerman setelah kelas 12 ini. Terima kasih kak

    • Indira Ayu Daranindra

      1. Setelah kamu daftar Uni Assist dan dapet undangan tes dari Studienkolleg, kamu bisa langsung hubungi grup PPI kota yang bersangkutan.
      2. Ini Penjamin apa ya maksudnya?