News Ticker

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Kehilangan Barang Berharga di Jerman

Sekitar satu bulan yang lalu, saya tidak sengaja meninggalkan tas yang berisi dompet, buku serta peralatan praktikum biologi di salah satu Haltestelle di Leipzig. Setelah saya cek tempat tersebut kembali 10 menit kemudian, tas sudah tidak ada di tempat. Hal pertama yang saya lakukan ketika sampai di rumah adalah menelepon pihak bank terkait untuk memblokir kartu debit , dan membuat post kehilangan di beberapa grup Facebook (Verloren – Gefunden in (isi nama kota) und Umgebung)

Keesokan harinya saya pergi ke ABH untuk melaporkan kartu Aufenthaltstitel yang hilang. Pihak ABH memberikan Termin, Bescheinigung über den Verlust des elektronischen Aufenthaltstitel yang berfungsi sebagai pengganti kartu Aufenthaltstitel dan berlaku sampai 2 bulan sejak dikeluarkan. dan daftar mengenai dokumen yang harus dipersiapkan (Pass, Passfoto, Verlustanzeige, Immatrikulationsbescheinigung) dan uang senilai 60 Euro.

Setelah mendapatkan kartu mahasiswa yang baru dari Uni, saya pergi ke bagian servis Bibliothek serta bagian penerimaan tamu Uni untuk meninggalkan data diri serta daftar barang yang ada di tas tersebut serta ciri – cirinya.

Sebelum ke kantor polisi, saya menyiapkan fotokopi atau scan dari dokumen yang hilang, juga Bescheinigung yang didapatkan dari ABH . Di kantor polisi saya ditanyai tentang tempat dan waktu kejadian, juga nomor kartu debit (bisa ditanyakan langsung pada pihak Bank, jangan lupa untuk memesan kartu yang baru) Mereka akan memberikan surat keterangan yang diperlukan untuk membuat kartu Aufenthaltstitel yang baru.

Setiap beberapa hari sekali saya menelepon Fundbüro untuk memastikan jika seseorang telah menemukan dan memberikan tas saya pada mereka.

Dua minggu kemudian, saya mendapatkan surat dari Fundbüro yang berisi bahwa  saya telah ditemukan dan memungut biaya administrasi sebesar 5 Euro.

Walaupun isi tas tidak lengkap, Alhamdulillah kartu – kartu dan buku -buku yang penting tidak hilang. 🙂

 

Last 5 posts by rara5494

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
About rara5494 (16 Articles)
Nama: Indira Ayu Daranindra Tinggal di Jerman: 3 Februari 2013 – Sekarang Kota di Jerman: Leipzig Sekolah/Pendidikan di Jerman: M-Kurs Studienkolleg Sachsen (Universität Leipzig) Hobi: membaca, mendengar, mengomentari (film, musik, buku) , menyasarkan diri Website/Blog Pribadi: heyhellorara.tumblr.com |ask.fm/rara5494 @rara5494 Pesan dan Kesan: Sama sekali tidak tertarik dengan Jerman sampai akhirnya mencoba untuk mengikuti tes untuk Sommerkurs 1 bulan gratis di Walbeck tahun 2010 yang diadakan oleh PASCH – Schulen : Partner der Zukunft di sekolah. Setelah berhasil lolos, mulai jatuh cinta perlahan dengan Jerman. Pada saat itu juga saya bertekad untuk kembali, dan di sini lah saya mencoba bertahan hidup demi mengejar cita – cita :D Terimakasih sudah menerima saya walaupun saya masih minim pengalaman, semoga tulisan saya bisa sedikit banyak membantu teman – teman semua. so, sehen wir uns später in Deutschland? :D