News Ticker

A – Seputar Studienkolleg

Apa sih Studienkolleg itu? Dan kenapa kita harus ikut studkol? Ada batasan umurnya ga buat masuk?

Silahkan merujuk ke website ini:

http://www.daadjkt.org/index.php?studienkolleg-1

Tidak ada batasan umur.

Terus, ada gak Studkol di Indonesia? Resmi apa enggak? Nanti sistemnya gimana? Mending di Indonesia atau di Jerman?

Ya, ada.  Untuk lebih jelasnya silahkan mengunjungi website ini:

www.studienkolleg-indonesia.de

Kalau pendapat saya pribadi, mending di Jerman, karena mau gamau sehari – hari  harus mendengarkan dan ngomong bahasa Jerman yang mungkin di Indonesia kurang bisa diterapkan (yakali beli mie ayam pake bahasa Jerman) Tapi sebenarnya bisa aja kalo orang tersebut berkemauan kuat buat konsisten untuk ngomong bahasa Jerman juga di luar kelas. (inget jangan dipraktekin sama tukang mie ayamnya) . Terus bisa melihat dan merasakan langsung berbagai mitos dan fakta soal kebudayaan dan pendidikan Jerman. Biar ga kagok lah kalau nanti pas kuliah. Tapi bukan berarti Studkol Indonesia ga ada plusnya, contoh kalau Studkol di Indonesia bisa menghemat kira – kira 1 tahun dan yang lainnya bisa dilihat di brosur yang bisa didownload di websitenya langsung.

Studienkolleg ada yang swasta juga ga sih?

Ada, namanya Studienkolleg privat, jadi Studienkolleg ada 2, Privat sama Staatlich, kalau privat biasanya tanpa aufnahmetest, tapi per semester bayar sekitar 2000an kalau ga salah silahkan di cek http://studyandtraining.com/ itu Privat Studienkolleg Leipzig, kalau yang staatlich silahkan dicek di bawah ini 🙂

 

Studienkolleg ada berapa kelas sih? Belajar apa aja? Biayanya berapa? Gratis?

Di Studienkolleg terdapat 4 kelas sesuai bidang masing – masing: T,W,M,G,S. kalau pengen tahu nanti kira -kira masuk mana yang sesuai dengan jurusan kuliah keinginanmu liat di sini:

http://www.studienkolleg.mhn.de/n1_kursangebot.html

kurang lebih sama lah di semua STK, tapi tenang aja, gausah bingung karena nanti kita daftarnya ke universitasnya, baru nanti mereka yang mengarahkan ke kursus manakah kita harus pergi, nah, buat bagian pendaftaran, silahkan cek bagian PENDAFTARAN di post ini ya

Silahkan ke link ini:

http://jermandes.kelasnusantara.com/2013/06/02/studienkolleg-sachsen-uni-leipzig-pertama-kali-masuk-sampai-sekarang-part-1/

dan ini:

http://jermandes.kelasnusantara.com/2013/07/15/update-studienkolleg-sachsen-uni-leipzig-pertama-kali-masuk-sampai-sekarang-part-2/

Kalau saya Studkol di kota A, tapi mau kuliah di kota B, bisa ga ?

Bisa, karena yang penting adalah nilai akhir kamu ga peduli di mana kamu studkolnya 🙂

Aduh bingung milih kota apa nih buat studkol, yang paling bagus di mana ya? Yang biaya hidupnya murah di mana?

Studienkolleg kualitasnya di semua negara bagian merata kok, Kota besar pasti biaya hidupnya tinggi,dan biasanya level bahasa yang diminta juga lebih tinggi, tapi fasilitas dan suasana juga tentunya mendukung (Asal kuat iman untuk ga jalan – jalan atau belanja terus :p) Kota kecil ya biaya hidup murah, tapi kota kecil di sini ya termasuk gede lah 🙂 Sesuai kemampuan dan keinginan aja, inget baru Studienkolleg , belum kuliah.  Jadi saran pribadi, yang penting, daftar sebanyak banyaknya, ikutin semua aufnahme tesnya , biar kalo lulus banyak tinggal milih ;) Kamu bisa lihat profil kota yang kamu mau di sini (Contoh Leipzig):

https://www.study-in.de/en/life/culture-travel–11783/

Masuk W-Kurs walau jurusan IPA saat SMA ?

Bisa kok, asal lulus pas Aufnahmetest 🙂

Lulusan SMK bisa ikut Studienkolleg?

ni saya ambil dari grup Facebook PPI Jerman :

cek di sini:

http://anabin.kmk.org/no_cache/filter/schulabschluesse-mit-hochschulzugang.html#land_gewaehlt

setahu saya tidak semua studkoll menerima ijazah kita yang dari SMK.. contohnya di Kaiserslatern kemarin saya tanyakan di sekretarisnya tidak bisa . dan di bayern dan baden juga tidak bisa.

kalau menurut data di Anabin, Ijazah SMK itu terakhir dikeluarakan pada tahun 2003, dan hanya jurusan administrasi perkantoran yang bisa digunakan untuk melamar Studienkolleg.
Saran sy: perhatikan tahun pengeluaran Ijazah Anda, judul Ijazah, dan jurusannya.

saya juga lulusan SMK, dan kebanyakan hanya di terima di studkol2 daerah timur (köthen,zittau dll..)

saya jg lulusan SMK jurusan TKJ. Saya hanya mendapatkan zulassung dari zittau dan FH erfurt (nanti studienkollegnya di nordhausen) atau di privat Leipzig. Kalo pengen di barat, bisa minta surat penyetaraan dari sekolah,di bawa ke diknas. di übersetzung dan di beglaubigung di kedutaan.

maaf ya ga saya edit, itu saya langsung copy paste hehe, semoga jawabnya memuaskan. Mungkin lebih tepatnya langsung kirim email ke Uninya ya  :)