News Ticker

Bukti Keuangan (Blocked Account)

Apakah yang dimaksud dengan Blocked Account?

Blocked account merupakan salah satu syarat yang dibutuhkan untuk membuat visa ke Jerman, di mana dengan adanya blocked account ini kita membuktikan kepada pemerintah Jerman bahwa kita memiliki biaya yang cukup untuk hidup di Jerman. Blocked account ini akan berwujud sebuah rekening bank di Deutsche Bank, yang berisikan kurang lebih sekitar 8000 euro.

Bagaimana cara membuatnya?

Silakan baca web ini di bagian persiapan ke Jerman – Bukti keuangan. Jawaban dari pertanyaan ini sudah ada di sana. πŸ™‚

Kenapa namanya blocked account?

Karena akun ini akan diblok oleh Deutsche Bank, dan hanya bisa diambil sebesar 600an euro per bulannya.

Apakah Blocked Account harus saya buat (jika tidak mendapatkan beasiswa dan Au-Pair)?

Sayangnya iya.. πŸ™

Saya ingin, dan sangat niat untuk melanjutkan studi saya di Jerman, akan tetapi saya tidak memiliki uang jaminan (blocked account), apakah ada jalan untuk ke Jerman tanpa biaya?

Ada, dan sepanjang pengetahuan kami, 2 jalur yang tersedia adalah Au-Pair atau Beasiswa. Untuk beasiswa, silakan baca di:

Studi Ke Jerman dengan Budget Minim

Halo Jermandes, berapa yah besarnya uang jaminan untuk blocked account yang sekarang?

Jawabannya kami tidak tahu pastinya berapa. Akan tetapi, besarnya akan kurang lebih berkisar antara 8.040 euro + biaya administrasi. Untuk lebih pastinya, kamu bisa lihat di:

website kedutaan jerman bagian visa

dan kamu cari bagian bukti keuangan. πŸ˜€

Bisakah saya memakai uang yang ada di dalam blocked account saya setibanya di Jerman?

Bisa! Bisa banget malah.. Kita bisa mengambil uang sekitar 670 euro per bulan dari blocked account kita. Dan uang sebesar ini seharusnya sangat mencukupi untuk menutupi biaya bulanan kita.. πŸ˜€

Perlukah saya menyetor lagi uang sebesar 8000an euro ke dalam blocked account saya di tahun berikutnya (saat perpanjangan visa setelah setahun)?

Sebenarnya gak ada jawaban yang pasti dari pertayaan ini, karena hal ini akan sangat bergantung terhadap kota tempat kamu perpanjang visa. Sebagai contoh, di Duisburg mengharuskan adanya setoran 8000 euro untuk perpanjangan visanya, di Essen 4000 euro, sedangkan di daerah ex Jerman timur, ada yang cuma mengharuskan 1500 euro untuk perpanjangan visa. Jadi, jawaban dari pertanyaan ini adalah tergantung dari tempat kamu tinggal, dan memperpanjang visa. Coba kamu tanyakan ke orang-orang Indonesia yang ada di kota tersebut, berapa yang dibutuhkan untuk memperpanjang visa. Adapun orang-orang Indo ini bisa kamu dapati di grup PPI yang ada di Facebook. πŸ˜€