News Ticker

Beasiswa Ke Jerman

Pada dasarnya pemerintah Jerman sudah memberikan beasiswa kepada setiap orang yang mengecap pendidikan tinggi di Jerman. Hal ini bisa dilihat dari biaya tuition fee yang relatif murah dari kampus-kampus yang ada di sana, yaitu rata-rata 0-500 euro per semester (bandingkan dengan negera lainnya yang tuition feenya mencapai ratusan juta rupiah per semester).

Namun demikian, disamping beasiswa merata tersebut, masih ada program lainnya yang menawarkan beasiswa untuk kita sekolah di Jerman. Di bawah ini kami coba untuk mendaftar beasiswa apa saja yang ditawarkan menawarkan pendidikan ke Jerman.

1. DAAD Jakarta

DAAD adalah organisasi bersama dari institusi pendidikan tinggi dan asosiasi mahasiswa Jerman. Tujuan kami adalah meningkatkan kerjasama akademis di seluruh dunia, terutama melalui pertukaran mahasiswa, akademisi dan ilmuwan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program dan pelayanan DAAD secara umum, silakan mengunjungi :

http://www.daadjkt.org/index.php?home-bahasa-indonesia

2. Debt Swap 5000 Doctor

Program Debt Swap adalah program pengurangan jumlah hutang luar negeri Indonesia. Dalam rangka mengurangi jumlah hutang Indonesia kepada Jerman, khususnya dibidang pendidikan. Kemdiknas mengajukan usulan Debt Swap VII (Program Beasiswa IGDS : Indonesian-German Doctoral Scholarship) dengan tujuan untuk meningkatkan mutu Perguruan Tinggi di Indonesia (dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM)). Informasi selengkapnya bisa dilihat pada:

http://ds5k.kemdiknas.go.id/?show=beranda

3. Beasiswa Dikti

Beasiswa ini merupakan beasiswa yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Untuk lebih lanjut mengenai beasiswa ini bisa dilihat pada :

http://beasiswa.dikti.go.id/

4. Beasiswa Erasmus Mundus

Beasiswa ini merupakan beasiswa dari EU. Untuk lebih lanjut mengenai beasiswa ini bisa dilihat di:

http://ec.europa.eu/education/external-relation-programmes/mundus_en.htm

http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/index_en.php

5. Beasiswa LPDP

Beasiswa ini merupakan beasiswa dari pemerintah Indonesia. Yang menarik dari beasiswa ini adalah: beasiswa ini bisa diapply sepanjang tahun! 😀 Untuk lebih lanjut mengenai beasiswa ini bisa dilihat di:

http://www.beasiswalpdp.org