News Ticker

Aufenthalterlaubnis (Ijin Tinggal lebih dari 3 bulan)

Selamat sore Indonesia,

cerita lagi ya, waktu gw ngurus perpanjangan visa di Ausländerbehörde nya Berlin.

Sebelum berangkat kesana, gw pastiin dulu dokumen apa aja yang wajib di bawa, ini list nya :

1. Anmeldebestätigung der Meldebehörde

apaan nih? baca dulu cerita gw sebelumnya yang judulnya ich bin berliner broo. Disitu gw jelasin sedikit tentang daftarin alamat tinggal lo ke Rathaus. Nah dokumen ini lo dapet setelah lo dari Rathaus.

2. gültiger Nationalpass

Paspor lo yang masi berlaku tentunya.

3. formgebundener Antrag

Formulir kaya waktu lo ngajuin visa di thamrin, bisa di donlot dari LABO.

4. Studienbescheinigung

surat keterangan lagi kuliah ato lagi persiapan sebelum kuliah yang bisa didapet dari kampus, studienkolleg, ato kursus bahasa.

5. Wohnraumbescheinigung (Mietvertrag)

surat perjanjian antara lo (sebagai anak kos) dan mereka (sebagai ibu ato bapak kos). Kalo dokumen ini sih harusnya uda langsung lo dapet begitu lo dapet kos-kosan.

6. Kontoauszüge

Surat keterangan dari Deutsche Bank tentang berapa banyak uang yang ada di rekening lo. Usahakan masi di sekitaran 7000-8000 €. Buat dapet dokumen ini cukup dateng ke ATM center Deutsche Bank, nanti ada mesin atm non tunai, bentuknya lebih pendek dari mesin atm tunai. Lo cukup masukin kartu atm lo dan pilih Kontoauszug, tanpa ngetik pin, selesai.

7. Krankenversicherungsnachweis

Ada banyak perusahaan asuransi, tapi yang biasa dipake sama peserta kursus bahasa itu Care Center (Hanse Merkur) ato Mawista. Kalo mau gampang buka aja website Hartnackschule Berlin, nanti di pojok tengah atas ada tuh asuransi Care Center itu. Daftar bisa via web aja langsung. Nanti kartu di kirim langsung ke rumah dalam waktu 2 hari kerja. Lo bakalan langsung dapet e-mail juga yang isinya kaya semacam surat kontrak antara lo dan perusahaan asuransi itu. Surat yang dikirim juga isinya sama aja. Nah nanti lo bawa aja tuh semua isi surat dari si asuransi waktu lo berangkat ke Ausländerbehörde.

8. 2 biometrische Passbilder (Maße : 3,5 x 4,5 cm; nicht älter als 3 Monate)

Foto yang sama waktu lo pake buat ngajuin visa di thamrin. Jangan kuatir ntar fotonya dibalikin kok, cuma di scan aja foto lo nanti.

Nah itu dokumen2 yang harus ada, tapi ada baeknya lo bawa semua deh, kaya waktu lo ngajuin visa di thamrin it. Karena ada beberapa pengalaman temen-temen yang disuruh nunjukin terjemahan rapot, skhu, ijazah dkk. Tapi itu pun jarang-jarang kejadiannya.

Terus yang agak penting juga nih, si Ausländerbehörde berlin ini penuh banget sehari-harinya. Jadi bagusnya dari pertama lo sampe berlin, langsung bikin termin aja, biar lo ga perlu ngantri lagi. Ngantrinya mungkin ga terlalu bermasalah ya, tapi kalo uda cape-cape dan bosen-bosen ngantri (kalo lagi winter tambah dingin-dingin) dan sampe di dalem gedung ga kebagian nomer tunggu itu yang bikin ngenes. Jadi mendingan pake termin aja, biar tinggal masuk dan ga perlu bangun pagi-pagi. Klik disini aja buat bikin termin.

Buat yang masi kursus bahasa ikutin gambar di atas waktu bikinnya ya. Jangan lupa di ceklis yang di bawah abis itu lo klik weiter. Kalo uda beres lo print deh tuh surat termin lo.

Waktu di Ausländerbehörde, nanti pertama setelah nomor lo dipanggil, lo serahin aplikasi lo dulu di loket gitu, loketnya ada di dalem ruangan, trus lo disuru nunggu lagi. Abis itu baru lo dipanggil ke dalem ruangan yang lebi privat. Ditanya mau mengunjungi negara schengen lain lagi ga dalam waktu dekat. Trus disuru bayar sebanyak 110€, karena sekarang bentuk tanda pengenal lo uda make kartu, jadi lo ga perlu bawa paspor kemana-mana. Dan, ijin tinggal lo juga ga langsung jadi, nunggu sekitar 6 minggu, dan lo juga dapet surat keterangan kalo ijin tinggal lo lagi di proses. Kebetulan dalam waktu kurang dari 6 minggu, gw harus pergi ke Austria, jadi gw juga minta ijin tinggal sementara yang berlaku cuma 2 bulan. Untuk keperluan ngelewatin petugas imigrasi di bandara nanti.

Sampe sekarang gw nulis ini, ijin tinggal gw belom jadi, baru jadinya nanti tanggal 16 April. Semua orang disini sih bilangnya gw pasti langsung dapet 2 tahun, emang begitu kalo lo ngurus ijin tinggal lo di berlin, pasti langsung dapet 2 tahun. Tapi dalam 2 tahun itu, lo uda harus dapet universitas. Pemerintah jerman uda ngitungin, persiapan bahasa itu 1 tahun, ditambah studienkolleg juga 1 tahun (buat yang harus studkol dulu). Makanya lo dapet ijin tinggal selama 2 tahun. Dan kalo dalam 2 tahun lo ga dapet universitas, yauda pulang kampung, ijin tinggal lo ga bisa diperpanjang lagi.

Hmmm, ini uda bulan ke-2 gw di berlin, dan gw mau mengkoreksi kata-kata gw di cerita gw sebelumnya, ya berlin cukup menyenangkan, banyak tempat yang bisa dikunjungi. Museum, acara-acara, transportasi. Nyaman lah.

Yowes segitu dulu, moga-moga bermanfaat

Tschüß

iris

Last 5 posts by elellecep

0.00 avg. rating (0% score) - 0 votes
  • Nice info gan 😀
    Bdw, gw baru dikirimin pin kartu dari ABH ! Kartunya kapan yaa? Pas ngambil visanya gituu?

  • Ratu

    gan kalo bukti keuangan yang 100jt itu kan berlaku buat setahun. terus kalo kita studi ampe 5 tahun, berarti harus sediain 500/5thn dong?

    maap yak kalo salah hehe

    danke 😀

    • elellecep

      Halo Ratu,
      Gw sendiri belom ada setaun disini, tp berdasarkan pengalaman temen2 yang lainnya, paling engga ada 5000 waktu kita perpanjang visa.
      Gw dapet visa untuk 2 tahun langsung dari Berlin, padahal uangnya cuma untuk 1 tahun, jadi sepertinya mereka ga terlalu perduli.
      Cuma kadang ada pegawai kantor imigrasinya yang rese, jadi baiknya (paling engga waktu pengurusan visa aja) ada uang yang jumlahnya cukup logis.
      Begitu.

      Semoga membantu

      iris

      • Ratu

        makasih jawabannya iris, membantu banget 🙂

        oiya bener gak sih kalo di kota kota kecil atau desa gitu gak dimintain uang buat perpanjang visa? terutama buat di jerman timur?

        oke nanti kalo udah setahun bikin post tentang perpanjang visa dong iris, biar nambah2 info hehe

        danke schoen 😀

        • elellecep

          Halo Ratu,

          maaf komen kamu keselip sepertinya, jadi baru saja dibaca. Soal perpanjangan visa tanpa biaya di kota-kota kecil di Jerman timur saya kurang tau.

          Kaya yang saya bilang di komen saya sebelumnya, uang saya jumlahnya untuk 1 tahun, tapi saya dikasi visa untuk 2 tahun, jadi perpanjangan visa saya masi taun depan 2014, jd nunggu setaun lagi untuk posting hehehe

          bitte schön

  • Astrid

    Halo salam kenal ya.
    ini Astrid, dri indo juga, skg udh d speyer. bulan ini harus perpanjang visa gtu. soalnya skg msh sklh bahasa. nyari info ttg apa aja ya dibutuhin utk ke kedubes ketemu disini. thank you ya. sangat membantu.. skalian mau nany dong.. beneran harus punya Anmeldebestätigung der Meldebehörde dlu? kalau belum punya bearti harus k frankfurt ato berlin dulu dong ya? ada saran ngga? mksh byk ya..

    • elellecep

      Halo Astrid,

      maaf saya kurang mengerti soal

      “bulan ini harus perpanjang visa gtu. soalnya skg msh sklh bahasa. nyari info ttg apa aja ya dibutuhin utk ke kedubes ketemu disini”

      saya nangkepnya kamu mau perpanjang paspor, betul? Kalo perpanjang visa perginya ke Ausländerbehörde, bkn kedubes, dan yang dibutuhin seperti apa yang saya tulis di atas. Itu saya salin dari selebaran cara perpanjang visa dari Ausländerbehörde nya Berlin sih. Saya kurang tau, tapi harusnya di semua kota persyaratan dokumennya sama.

      Anmeldebestätigung itu kamu dapet dari Rathaus ( di daerah München namanya beda, KVR kalo ga salah, mungkin di Speyer juga gitu namanya), sebelum kamu aktivin rekening DB kamu, harus punya ini dulu, semacam pendataan buat pemerintah Jerman tentang dimana kamu tinggal. Kalo ke Frankfurt ato Berlin itu namanya lapor diri.

      Silakan tanya lagi, kalo ada yg masi belum jelas

      • Astrid

        sorry2, rada ngga jelas ya? Soalnya skg ini msh bingung dengan istilah2 kantor di german..
        maksudnya aku mau perpanjang visa dlu skg ini, visanya udh mau abis di tanggal 11 feb bsk. Berarti khn aku harus ke Ausländer Behörde nh, tpi msh blm pny anmeldebestäatigung, hrus bikin itu dlu khn ke rathaus ya? itu th bikinnya bilang mau minta apa ya? mau ak tinggal sama keluarga juga harus tetep bikin ya?
        Makasih banyak y buat infonya 😀

        • elellecep

          OOH, kamu aupair? kalo aupair kan ada surat kontrak antara kamu sama gastfamilie nya, nah surat itu kamu bawa ke rathaus/burgerburo/burgeramt (itu kayanya sama2 aja artinya) bersama dokumen2 kamu yang lain, paspor, dan semua dokumen yang penting2 deh, kurang tau juga soal aupair. Nanti di rathaus itu kamu bilang “saya mau anmelden”, tar mereka langsung ngerjain, cak cak. Oiya sebelumnya kamu harus ngambil formulirnya dulu, diisi, baru anmelden di rathaus. Nanti ada kemungkinan kamu di interview sedikit, itupun biasanya kalo ada data yang kurang jelas. Cepet kok, langsung jadi Anmeldebestg. kamu. Nah setelah itu baru lah ke Ausländerbehörde (ABH) buat perpanjang visa.

  • Astrid

    halo lagi!
    bukan kq, disini aku mau studium, cuma tinggal dengan saudara disini. Oh, ak harus ambil formnya dulu? ato pas dateng ambil form, langsung isi, lgsg didata sama dy? haduhhh, mksh byk ya infonya.. terutama yg tentang db! org deutsche bank pas ak aktivasi ngga tau lagi ngelamun atau gmn, dy ngga minta th keterangan anmelden, dan sampe skg ngga ada balesannya, pas ak telpon, dy bilang hrus pake itu. Untung udah baca cerita kamu.. dan visaku tinggal sampai tanggal 11 feb. dan skg bru mw anmelden. takut banget ngga keburu jadinya. km selesai visanya berapa lama? thx

    • elellecep

      bisa juga langsung diisi di rathaus sebelum ngadep petugasnya, kalo ga salah ya, saya juga lupa, waktu saya pindah ke fulda, terus saya pergi ke rathaus untuk anmelden, petugasnya malah bantuin saya untuk ngisi formulirnya juga. Kalo di Berlin harus ngisi sendiri karena setiap harinya banyak orang yang ngantri untuk anmelden dan urusan lain-lain. tapi kalo di kota kecil biasanya rathausnya sepi, jadi langsung coba datengin aja, tanya-tanya ke bagian informasi dan ikutin instruksi mereka selanjutnya.

      Aktivasi DB waktu itu makan waktu 3 minggu. Jadi kalo menurut itung2an idealnya, masi keburu. Paling telat tanggal 11 februari kamu ngurus perpanjangan visa. Visanya sendiri makan waktu 6 minggu (di Berlin). Ga masalah kok, nanti kan kamu dikasi surat keterangan dari ABH kalo visa kamu sedang diproses. Untuk bepergian ke luar Jerman, sebaiknya jangan dulu selama visa kamu belum jadi. Sebaiknya loh ya, karena waktu itu saya sempat ke Austria, dan dari pihak bandara ga ada pengecekan visa dan paspor. Begitu Astrid. Tenang aja lah pokonya. Oiya jgn lupa di cek lagi ttg kelengkapan dokumen lainnya, kaya misalnya asuransi, sekolah ato kursus bahasa. Dan jgn lupa ngecek jadwal operasi ABH nya, setau saya ABH ga buka terus2an dari 5 hari kerja (di Berlin kalo ga salah hari selasa itu mereka tutup).

      Oke gitu aja, semoga sukses ngurus visa nya.

  • timo

    Mas Elellecep, apakah untuk mengurus visa lebih dari 3 bulan (setelah kita berada di Jerman) diperlukan undangan belajar lagi dari uni atau sekolah bahasa? apakah hanya butuh 8 hal diatas yang sudah dijelaskan oleh mas Elellecep?

    Danke Schon..

    • elellecep

      halo timo, iya betul, studienbescheinigung harus ada.

      yap hanya 8 hal itu saja

  • Pieter

    Hallo Mas Elellecep,

    saya skrg tinggal di Stuttgart dan mau perpanjang Visa. Ada beberapa hal yg mau saya tanya in nih ttg pengisian formulirnya:

    ->”Wird ständiger Wohnort außerhalb der Bundesrepublik Deutschland beibehalten und ggf. wo?”
    – ini perlu kita isi apa ya mas?saya kurang ngerti maksudnya?

    ->”Aus welchen Mitteln wird der Lebensunterhalt bestritten?”
    -ini maksudnya gimana mas?harus di isi gimana?

    ->”Ich beantrage den Aufenthaltstitel für…… Tage / Monat(e) / Jahr(e)”
    – ini perlu diisi berapa lama mas?

    Danke 😀

    • elellecep

      Hai Pieter, mohon maaf sangat baru bisa respon. Gimana urusan perpanjang visa nya?

      1. itu diisi ja, dan diisi alamat kamu di Indonesia

      2. gimana kamu membiayai hidup kamu

      3. max. 2 tahun, minimal 3 bulan

      Sips, semoga jawaban saya masi belom telat

      Mohon maaf 🙂

      • Pieter

        Hallo Mas 😀
        wahh makasih banget mas 😀 belum telat kok..dapet Termin tanggal 26 April

        • elellecep

          Sukur deh Pieter, semoga lancar ya perpanjang visanya

  • Nika

    halo kak, mulai dari di indo sampek aku di jerman. aku ngikutin blog ini terus. wkwkwkw, infonya berguna banget. danke yaaa, aku juga di berlin. baru 1bulan mgkin ..

    • elellecep

      halo Nika,

      terima kasih uda ngikutin. Semoga lancar ya studinya.

  • umar

    Hallo Hallo Hallo
    Ich bin Bochumer haha
    ka saya umar, yang biasanya ribet suka komen2 gk jelas di blog ini.
    tapi blog ini cukup membantu sampai saya bisa disini, terimakasih hehe.
    nah saya mau tanya nih ka, saya kan di Bochum sekarang, Visa saya juga visa Bochum, dan saya mau masuk Hartnack di Berlin besok haha (mau pindah ke Berkin besok).
    pertanyaanya, saya bisa kan Anmelden dan perpanjang Visa disana?
    ada syarat tertentu?
    danke im Voraus 🙂

    • wahidyankf

      Halo umar.. welcome to germany.. 😀

      Bisa kok.. Tinggal dateng ke stadtnya aja.. 😀 Kalo kamu ragu, coba tanya aja dulu ke ABH yang ada di Bochum.. Takutnya saya sotoy.. 😀

    • wuah umar.. sejak kpn km d bochum? Tetanggaan kita.. sy di Essen 🙂

      Visa bochum mksdnya? Km udah perpanjang visa yaa? Apa msh pake visa 3 bulan?
      Sebenarnya sih ga masalah mau perpanjang visa dmana aja.. yg penting pas nyampe di kota yg baru (kota dmana km akan menetap), pertama kali yg hrs dlakukan adalah anmelden di rathaus atau ABH kota tersebut.. tinggal bawa bescheinigung wohnung! Klo di Berlin namanya polizeianmeldung, bs km dpt dr hausmeister t4 tinggal km dsana..
      Smoga mmbantu yaa 🙂

  • wikenza

    Hallo,
    Berlinerin hier. Selamat malam. Saya mau tanya, saya akan perpanjang visa dlm waktu dekat. Menurut info dr teman-teman saya, lama berlaku visa yg kita dapat tergantug juga dari lama kita vertrag asuransi. Apakah benar hal itu?
    Krn saya vertrag dg salah satu asuransi hanya dlm waktu singkat yaitu 6bln dan ada sedikit masalah. Nggak lucu kan kalo saya bilang mau perpanjang vertrag utk 2th misalkan. Terima kasih 🙂

    • wahidyankf

      halo wikenza..

      Yap.. bener banget.. menurut pengalaman saya pribadi, saya kemarin sempat cuman diperpanjang sepanjang lamanya vertrag asuransi saya (waktu itu cuman 3 bulan.. T_T).. 😀 So, pastikan vertrag asuransi kamu sepanjang lamanya waktu yang kamu harapkan.. 😀

    • elellecep

      Halo Wikenza,

      ato bisa juga kamu coba dulu, sama nyiapin kira2 pembelaan dari kamu gmn, jaga2 untuk kalo ditanya aja. Soalnya banyak yang bilang ABH Berlin itu 80% doa 20% usaha hehehe 😀

    • hallo wikenza..
      Km skrg d berlin msh sprachkurs atau udah kuliah?
      Klo msh sprachkurs, amannya emg vertrag asuransi 6 bln. Nah utk perpanjang visa, biasanya tuh di formulirnya ada prtanyaan kita mau ngapain di Jerman. Klo misalnya emg mau kuliah, km bs jelasin ke org ABH bhwa utk sementara km msh sprachkurs dan pake privaten versicherung. Org ABH pst ngerti kok 😉
      Ntar klo udah kuliah hrs pake versicherung yg direkomendasikan kampus, misalnya TK dan AOK.

  • wikenza

    Hallo,
    terima kasih banyak utk saran-sarannya. Saya akan coba dulu dg asuransi 6bln hehe. Btw yg td dateng Saso, seru!

    Salam

    • elellecep

      Selamat mencoba 🙂

  • Reblogged this on Leonita68 and commented:
    visit here who will study in German 🙂

  • Fidelis

    Halo,
    Saya mau tanya apaka ini hanya berlaku di Berlin? Kalau di Stuttgart, apakah prosedurnya sama?
    Makasih

  • Kasseler

    need help, kenapa studien vorbereitung cuman dikasih 9 bulan ya ? saya gk bisa perpanjang visa karena udah 9 bulan disini (kata Beamte nya) , maksudnya apa ya -.- ? padahal temen2 saya dapet lebih dari 9 bulan and blum dapet uni atau studkoll, mohon pencerahannya,

    • wahidyankf

      Halo Kasseler, Itu tergantung banget sama petugas ABH kamu, saran saya kalau emang bener2 mentok, ada baiknya kamu pindah ke daerah lain yang lebih santai. 🙂

  • Aldrin

    halo, mau nanya nih, aku kan kontrak dengan sprachschulenya cuman 3 bulan dari oktober – desember. Dapet termin tanggal 17 Oktober ini. Dengan vertragku yang cuma 3 bulan, bisa dapat aufenthalerlaubnis yang 2 tahn gak ya? karena aku juga belum dapat Zulassung dari Studienkolleg. Thanks

    • wahidyankf

      tergantung di mana kamu dapet terminnya. tapi harusnya dapet 1 taun itu mungkin, asal asuransi kamu mendukung

  • Windy

    Halo…
    Aku mau nanya aja…
    Selama udah selesai perpanjang visa itu kan kita harus nunggu selama 6 minggu…
    Nah untuk keluar dari jerman selama masa periods itu Aku baca katanya bakal dapet surat keterangan tinggal 2 bulan ya?
    Itu prosedurnya bagaimana ya?
    Kita menjelaskan kenapa kita keluar dari jerman atau bagaimana?

    • wahidyankf

      Halo Windy.. Sepanjang pengalaman saya, visa diperpanjangnya instant kok.. Saat itu juga langsung keluar.. 🙂 Kalau emang gak instant, kamu bilang aja minta surat keterangan sementara ke ABHnya. 🙂

      • Windy

        Nah, minta surat keterangan nya itu prosedurnya rumit ga?
        ABH nya itu bakal nanya macem2 gitu?

        • wahidyankf

          Kalau perpanjangan visanya udah disetujui harusnya nggak. 🙂

  • Windy

    Oke. Danke ya.
    Trus aku tanya lagi dong,
    Klo udah dapet termin itu bisa ga kita request waktunya dipercepat?
    Kalo bisa caranya gimana ya?
    Soalnya Aku dapet termin tgl 11 Des di Heidelberg.
    Dan tgl 2 itu Aku udah pindah ke Mannheim.
    Aku pinginnya perpanjang di Heidelberg aja kalau bisa

    • wahidyankf

      Halo Windy..

      Kalau ada alasan yang kuat, kamu bisa mempercepat sebenernya.. 🙂 Kalau begitu kasusnya coba kamu tanyakan ke ABH gimana enaknya. Harusnya mereka punya solusi. 🙂

      • Windy

        Oke….
        Sory ada pertanyaan lagi hehe…
        Jadi gini, tgl 29 minggu depan Sprachkurs b1 Aku tuh udah selesai.
        Dan Aku blum punya rencana mau lanjutin atau ga.
        Kemarin temenku itu mau perpanjang visa, tapi ga bisa gr2 bescheinigung dia cuman sampe b1 ( gr2 itu udah selesai minggu depan).
        Jadi dikirain ausländerbehörde nya itu ga ada aktivitas.
        Ada Saran sebaiknya gimana?

        • wahidyankf

          Saran saya kamu daftar aja dulu kelas intensif di mana gitu.. Perkara nanti kamu mengundurkan diri dari les itu setelah kamu dapet visa urusan lain.. 😀 (FYI, dulu saya juga pernah begini.. :D)

  • Windy

    Okee!
    Danke schön!